Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

5 Situs Belanja Online yang Aman Beserta Tips Belanja Online [Day 28]

| on
Monday, December 17, 2018

Di tempat kerja, saya dikenal sebagai salah satu penyuka belanja online. Sebenarnya, kalau di bilang suka sih, ya nggak suka-suka amat karena saya masih waras kok kalau belanja. Masih memikirkan belanja yang penting-penting saja. Tapi karena memang apa-apa yang saya inginkan itu kadang ngga ada di Gresik, jadinya ya ... belanja online jadi pilihan.

Untuk belanja online sendiri, saya punya aturan yang wajib yang harus ssya patuhi sendiri. Kenapa? Supaya nggak menyesal pas barangnya datang dan ternyata ngga sesuai bangetttt sama keinginan. Aturannya begini:

1. Ngga belanja baju kecuali penjual ngasih list ukuran secara detail, juga kasih foto close up jenis kainnya bagaimana. Karena badan saya gedhe hellow, jadi ini aturan dasar banget. Kalau pun saya ingin beli bajunya, biasanya saya agak cerewet untuk tanya. Baru memastikan apakah saya jadi beli apa nggak.

2. Jangan beli sandal atau sepatu secara online. Kenapa? Kaki saya nih, udah panjang, lebar pula. Kaki gajah kadang saya bilangnya. Mana jempol kaki saya itu lebar banget, butuh ujung sepatu yang sangat nyaman supaya enak pas jalan. Meskipun kata orang suruh naikkan satu nomer pas beli, tapi tetap saja ngga pas di hati.
.
.
Hanya dua itu saja sih yang jadi aturan dasar saya buat belanja online. Lainnya, gampang ajah. Tinggal tanya ke penjual ready atau ngga, barulah memutuskan jadi beli atau nggak.

Saya beri tahu ya dimana saya biasa belanja online. Sekalian sedikit tips sebelum memutuskan mau beli atau nggak, supaya nggak uring-uringan pas barangnya datang.

1. Shopee

Siapa sih yang nggak ngerti sama Shopee? Iklannya saja bikin heboh begitu. Lalu apa belanja di Shopee ini aman?

Sebenarnya, aman atau ngga aman itu, dilihat dari awal kita mau belanja di market place ini. Terutama saat memilih toko dan barang, jangan kalap dulu liat gambar yang menurut kita bagus. Padahal ada istilah 'Kenyataan tak sesuai dengan harapan' itu ada benarnya. kwkw.


Tips awal saat akan belanja di Shopee adalah lihat dulu deskripsi barang yang akan kita beli, yang terpampang nyata di deskripsi produk. Kalau penjual nggak mencantumkan lengkap deskripsi barangnya, mending skip saja deh. Cari di penjual lainnya ajah.

Tips kedua adalah lihat nilai (bintang dan komentar) dari para pembeli sepenuhnya. Kalau nilainya oke alias banyak yang ngasih bintang 5, lanjut gpp. Komentar pun begitu, bahkan di beberapa kolom komentar, pembeli memberikan foto barangnya setelah tiba. Kalau komentarnya oke, lewat foto barangnya tampak bagus, bisa kalian lanjut buat belanja.

Lalu tips ketiga adalah filter pilihan penjual pada Star Seller atau di Shopee mall. Lalu ulangi langkah melihat komen dan perolehan bintang.

Langkah terakhir, kalau pembelian barangnya ternyata ngga masuk ke jumlah rupiah untuk memperoleh free ongkir (dan malas untuk nambah item), filter lagi pembeliannya pada lokasi yang dekat dengan kalian. Supaya apa? Supaya ongkirnya murah. Haha. Kalau lagi tinggal di Gresik, saya pilih yang lokasinya ngga jauh-jauh. Misalnya, Surabaya, Malang, Mojokerto, dll.

2. JD.id

Saya mulanya tertarik beli di e-commerce ini karena mereka memberikan jaminan untuk keasliannya. Bahkan suami saya beberapa kali beli barang-barang ukuran besar (oven, AC, ponsel, dll) lewat JD.id. Tapi sepertinya sekarang banyak barang-barang yang ngga asli deh, harus jeli belinya.


Tips dari saya ketika belanja di sini adalah ketika kalian ingin belanja barang dengan harga yang mahal, lakukan transakasi dengan sistem COD saja. Ada pilihannya kok. Pilih barang, pilih transaksi via COD, dan ketika barang dikirim kalian bisa menyerahkan uangnya.

3. Zalora

Kalau ingin beli barang fashion dengan kualitas yang bagus, belanja saja di Zalora. Mereka menawarkan banyak merk, model, dan harga, yang bisa kalian pilih sesuai dengan budget.


Pertama kali belanja di Zalora karena saya dapat voucher belanja setelah mengulas website ini. Eh, ketagihan. Tips pertama dari saya adalah paling enak belanja di Zalora itu dengan menggunakan PC. Karena kalian bisa menzoom gambarnya. Dari zoom itu, bisa terlihat jenis bahan dan detail barang.

Tips selanjutnya adalah gunakan fasilitas deskripsi barang dengan baik. Zalora ini bagusnya, dia menuliskan dengan jelas deskripsi produk dengan rinci banget. Mulai dari bahan, ukuran, warna, jumlah stok, bahkan penjelasan tentang merk-nya.

4. Watsons

Gunakan aplikasi Watsons dan rasakan banyak diskon di sana. Hihi. Kalau mau mencari produk kecantikan drugstore, belanja di sini bisa jadi pilihan. Ada pilihan untuk menggunakan websitenya, atau mau praktis bisa menggunakan aplikasinya.


Tips dari saya, lengkap banget bisa kalian baca di artikel saya sebelumnya. Klik ya supaya bisa dapatkan keuntungan lebih.

5. OLX

Berjualan dan membeli barang bekas, OLX ini tempatnya. Gudangnya, ada di sini semua. Mau seantik apa barangnya, bisa cari atau jual di sini. Kalau mau jual pun, cepat lakunya.


Saya pernah nih, bantu Bapak jualkan mobil bekas yang menurut saya modelnya udah ngga jaman bangettt lewat OLX. Ngga sampai seminggu, mobil langsung terjual cepat. Lalu, pernah juga nih saya jual kado-kado yang diperoleh saat lahiran Arya. Hampir 75% barangnya laku semua lewat OLX.

Pengalaman beli? Kalau suami pengalaman beli XBOX sama PS 3 di OLX ini. Dia search-nya memang lewat OLX, tapi suami transaksinya offline langsung ke rumah orangnya karena harus lihat dulu barangnya seperti apa dan kondisinya bagaimana.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature