Kamis, 17 Januari 2013

[Scrapbook] Pandangan Pertama : Saat Scrapbook Menggoda Untuk Dikaryakan


Kalau bicara tentang pandangan pertama, banyak yang bicarakan tentang cinta. Aih, siapa seh yang nggak pernah merasakan pandangan pada cinta? Saya ajah pernah. Tapi sekarang yang saya bicarakan bukan tentang pandangan pertama pada cinta. Saya mau cerita tentang cinta pandangan pertama pada scrapbook.

Hayhay, dari pertama saya tahu tentang scrapbook, saya langsung jatuh cinta. What? Apa itu scrapbook? Bagaimana saya bisa jatuh cinta pada scrapbook? Apa yang saya lakukan setelah jatuh cinta padanya? Ssstt, saya bahas satu per satu yak :)

Saya mengenal scrapbook awalnya saat saya berniat sekali bikin Fabric Fluffy Flower Broach dari kain satin sekitar bulan Mei. Saat cari tutorial pembuatan bros itu, tanpa sengaja masuk di sebuah blog pribadi yang sedang membahas tentang pembuatan scrapbook. Setelah saya telusuri, blog ini ternyata konsentrasinya di pembuatan paper craft. Sepertinya menarik, akhirnya saya coba cari info tentang scrapbook di google.


Scrapbook bisa diartikan sebagai teknik mempercantik foto yang kita punya dengan media kertas, yang nantinya bisa kita beri judul foto/tittle, keterangan tentang fotonya yang disebut journaling, dihias dengan embellishment yaitu hiasan-hiasan yang bisa terbuat dari potongan majalah, pita, kancing, tiket masuk, dan lain-lain. Jadi, itu foto nggak hanya tersimpan rapi di album foto saja tapi juga jadi lebih menarik ketika dihias. Bahkan layout scrapbook yang berupa lembaran, bisa lho dibingkai. Namanya scrapbox. Yang bikin saya langsung jatuh cinta adalah hasil akhir dari scrapbook yang terlihat menarik sekali, apalagi kalau dihiasnya sesuai dengan tema foto.

Akhirnya, saya coba buat sebuah scrapbook dua foto kelahiran anak saya, Arya 'Puku', dengan kertas dasarnya dari undangan pernikahan seorang teman ukuran 20x20 cm. Bahannya seh ketika itu sederhana sekali. Kertas kado, pita, kancing, kertas lipat, dan saya beri tambahan gelang penanda kelahiran Puku di rumah sakit dulu. Dan inilah hasilnya :

Scrapbook pertama saya :)

Hasilnya belom bagus-bagus amat. Karena masih belajar bikinnya. Hehehe.. Setelah browsing sana-sini, akhirnya saya ngerti kalau ada beberapa barang yang dijual khusus sebagai penghias scrapbook. Bahkan scrap paper yang ukuran 30x30 cm atau 12x12 inch, juga banyak dijual online. Akhirnya, coba cari penjual scrapbook online via facebook dan add friend deh ke mereka. Saking saya sekarang obsesi ke scrapbook, sampai saya punya sekitar 20 teman online shop khusus scrapbook.

Jualnya juga macam-macam. Mulai dari paper, pita, benang, stamp lucu-lucu, puncher yang hasilnya bisa buat hiasan, brad buat gabungin dua kertas, tinta buat stampnya, gambar-gambar element buat hiasannya, flowers, dan lain-lain. Dan semua itu, kebanyakan harganya lumayan mahal karena barangnya import. Indonesia sepertinya tidak banyak memproduksi bahan-bahan scrapbook terutama scrap paper yang khusus dicetak di atas kertas lignin free dan acid free yang tahan sampai bertahun-tahun dan tidak membuat kertas menguning. Jadi yah, pecinta scrapbook belum bisa dapetin harga yang murah buat bahan-bahannya.

Saya sempat menemui dua penjual scrap paper buatan Indonesia, yang satu online di Jakarta dan satunya lagi offline di Surabaya. Memang harganya relatif murah, sekitar 2500 rupiah sampai 3500 rupiah, berbeda dengan scrap paper import dengan kisaran harga mulai 8000 rupiah. Tapi ya gitu, scrap paper buatan Indonesia nggak banyak motif yang menarik dan tidak mengeluarkan seri baru. Ada juga beberapa online shop yang menjual hasil print sendiri. Mereka sepertinya download gambarnya, print di kertas lignin free dan acid free, potong menggunakan trimmer ukuran besar, lalu jual. Tapi tetap saja, harganya masih mahal daripada scrap paper produksi Indonesia karena kertasnya mereka juga kualitasnya lebih bagus dan lebih tebal.

Koleksi scrap paper milik saya. Ini hanya sebagian saja.

Ada juga tuh, online shop yang jual khusus hasil dari puncher (namanya punch out), hasil dari dies (namanya dies out) dan hasil dari emboss folder (namany kertas emboss). Ini seh jadi alternatif buat saya. Daripada beli alat punch, dies atau folder emboss yang mahal dan dipakainya jarang, mending beli hasilnya aja. Lumayan menghemat juga. Tapi nggak enaknya, kita jadi menyimpan banyak punch out, dies out, atau kertas emboss dan nggak tau kapan mau pakai sisanya. Hihihih...

Ini contoh hasil dies out :)

Hasil punch out dan alat punch-nya

Namanya jatuh cinta sama scrapbook, apa saja saya lakukan demi scrapbook *asal masih dibawah akal sehat lho*. Meskipun mahal harga bahan-bahannya, masih juga saya incar buat beli. Sempat suami saya *sedikit* protes gara-gara saya sering beli bahan scrapbook. Katanya, scrapbook itu beli bahannya udah jadi bentuk, hasil akhirnya juga udah jadi bentuk juga dan ujung-ujungnya hanya jadi hiasan. Kan malah buang-buang uang jadinya *towel pipi suami*. Bodo amat sama kata suami, saya tetap aja cinta scrapbook. Hahaha..

Sekarang, project saya adalah bikin scrapbook tentang satu tahun pertamanya Arya. Kertasnya saya pakai kertas manila aja, kalau pakai scrap paper, jeile, habis diongkos *pelit*. Saya intipin dikit ya hasilnya :





Memang, saya baru mulai kenal dengan scrapbook. Masih perlu belajar banyak tentang scrapbook supaya dapatkan hasil yang indah, simetris dan seimbang. Jadi, meskipun baru kenal, saya sepertinya akan cinta terus ke paper craft yang satu ini :)


61 komentar:

  1. Buatan mbak bagus2 deh! Telaten banget nih mbak!

    Aku cinta banget juga ama scrapbook, tapi karena gak suka berantakan sana-sini, plus gak mau ribet, akhirnya dilampiaskan ke digiscrapbook hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalau mbak mayya emang jagonya di disain digital. aku pernah tuh mbak sempat cari software digiscrap, tapi nggak ngerti caranya. hahahaha..

      Hapus
    2. mbak baru liat blognya mbak... aku lagi tertarik dg scrapbook dan susah bgt dapetin peralatannya... klo boleh tau toko offline di surabaya yg jual peralatan scrapbook di jalan apa ya? makasih...

      Hapus
    3. kalau jual peralatan lengkap, coba di My Scrapbook Idea di jalan Sulawesi. Disana lumayan lengkap sih. Kalau ingin lengkap lagi, memang belinya online :)

      Hapus
  2. wuihhh...keren mba, bisa teaten gitu...

    BalasHapus
  3. wow keren banget itu scrapp booknya, sampek sekarang masih kepingin ajah tapi gag bikin2, hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin niar, ntar share ke aku. seneng lho kalau ketemu sesama teman yang suka scrap atau kreasi kertas :)

      Hapus
  4. miss, dulu linda bikin dalam bentuk buku, pake karton hitam (jadi agak tebal) hehe dan hiasannya pake giltter warna warni :D ga pake yg mahal, sempet beli kertasnya yg mahal itu tp hiasannya, aduh ga cukup di kantong....jadi yaaa pake kertas kado...atau ada tuh kertas yang biasanya dipake buat bikin hiasan bentuk bintang (mirip kayak pita, dijual di toko aksesoris) itu juga bagus.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kertas yang dipotong panjang-panjang itu kan? aku ada di rumah, kemaren beli dua biji warnanya beda-beda, malah nggak ke pake.

      ini ajah aku pakai manila sama concorde. soal hiasan, aku baru pakai kertas scrap yang ada gambar-gambar sama tulisan lucu-lucu. namanya element. seru yah..

      ini dah aku lakini dari SMA sebenarnya, tapi jaman SMA asal simpan, jadi ilang :)))

      Hapus
  5. baguss mbaa... pengen juga ih bikin scrapbook,, kayaknya disini jual bahan2 lucu2 buat scrapbook,, kapan2 hunting ah... hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak nisa di kota mana neh? di kotaku sulit banget cari bahan scrap, jadinya sering online. ayo, ayo, di coba... :)

      Hapus
  6. Keren banget deh scrapp book nya :)

    Pasti harus teliti banget ngerjain nya yah :)

    Tapi apa daya, daku ini suka pemalas sekali, dan suka gak rapi kalo ngerjain apa apa..hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, bibi bisa aja. tuh, scrapku yang pertama juga amburadul. yang terakhir itu emang hasil dari belajar di inet-inet. jadinya sedikit rapi. masih kalah sama ahli yang lain :)

      Hapus
  7. aku jg scrapbook lover. bahkan skrg udh di bisnis in juga. plusnya krn ini barang seni, jd org ga akan tau harga modal :D. mungkin harga kertas dll bisa keitung, tp idenya kan ga bs diitung. hehehe.

    Minusnya adl. ketika org order dadakan. idenya mesti langsung ngumpul. Belom mood nya kadang lg bagus, kadang engga. Belom lagi krn masih hidup amfibi (between karyawan & wirausaha) jadi lumayan challenge di waktu. But anyway, I'm Happy being now. ^_^

    Salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, ketemu sesama scrapbook lovers :)
      siap mengintip dan belajar, karena aku masih newbie sekali :)

      Hapus
  8. uwaaaaaaaaaa....cakep,blm pernah buat scrapbook :D
    **menarikkk

    BalasHapus
  9. selama ini sy seringnya digital scrapbook, kayaknya kl bikin scrapbook kayak gitu asik juga ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang seru scrapbook model gini itu, kudu tlaten sama alat mbak. dan harus bisa gunakan bahan yang kita pakai yang mungkin hanya sebatas kita punya. aku pengen coba digital scrap ah.. dududu,

      Hapus
  10. Alooo, Mba. .. ;)
    Salut deh dengan ibu2 yang kreatif seperti ini. Disela-sela kesibukannya masih ada waktu untuk berkreasi. Scrapp booknya bagus2, Mba. Meski baru2 ini blejarnya, tapi hasilnya sudah sangat bagus dan tentunya TOP. :D

    Terimakasih sudah ikut meramaikan syukuran di Langkah Catatanku. ;)
    Salam Senyum./ . . ^_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih dah mampir ke sini, Idah :)

      semoga kreatifitas ini nggak pernah berhenti :)

      Hapus
  11. salam kenal tante, nama saya sella, saya juga suka banget sama scrapbook tapi baru sebatas bikin dr hiasan di majalah yang digunting2. hahhaha seringnya sih bikin buat hadiah buat keluarga hhehehe.. mau beli scrapbook paper mahal bgt. hikss.. itu buatan tante bagus banget kalo untuk pemula mah :D update terus perkembangan nya ya tante ^^

    BalasHapus
  12. @dandelionsky. hai, salam kenal buat sesama pecinta scrapbook :)
    hihihi, ini ajah aku masih pakai kertas manila kok. kalau pakai kertas scrap, biasanya aku pakai buat hiasan atau dasar ajah. memang mahal seh :)

    BalasHapus
  13. klo pakai kertas scrapbook yg asli emang mahal sihh...
    tapi aku coba akalin pake kertas linen aja, lumayan murah sih, dan alahamdulillah bisa buat usaha, meskipun masih asing di kotaku tp yakin aja bisa laku, toh namanya juga usaha...hhe

    shering yuk... 085 790 204 189

    BalasHapus
  14. haloo tante sama nih aku jg suka bikin scrapbook , oh ya blh mnta nama online shopnya yg offline di surabaya itu apa ya ? abis suka bingung mau beli peralatannya dimana , whehe . sama boleh minta tempat2 online shop yg tante suka beli gak dimana , scrappapernya lucu lucu tuh hehe

    BalasHapus
  15. Hallo tante, aku juga suka bikin2 scrapbook. Tapi masih sebatas pake kertas2 yang gampang didapet sih, soalnya aku nggak tau tempat jual alat2nya. Toko offline di Surabaya itu toko apa ya? Kalo boleh tau juga didaerah mana? Mau langsung hunting nih, hehe :D

    BalasHapus
  16. hai meimei. maaf ya baru bales komennya. kalau di surabaya, biasanya aku cari di pakuwon mall. ada dua toko dilantai bawah yang jual bahan scrapbook. kalau online, coba di 'Toko Kertas Motif'. dia lokasi di surabaya, online via fb. kalau offlinenya ada di pakuwon sama di galaxy mall :)

    happy scrapbooking :)

    BalasHapus
  17. @fuad anak indonesia. wah, makasih lho dah dikasih tahu soal kertas linen ini. bisa dicoba lain hari :)

    BalasHapus
  18. kakak, kalo toko offlinenya yang di galaxy mall / pakuwon surabaya namanya apa?
    Taunya cuman My Scrapbook ideas sama Made with Love yang di CW aja kak. Mahal-mahal pula, kan masih pelajar... Jadi butuh harga pelajar juga. Xixi :))

    BalasHapus
  19. toko kertas motif. dia juga jual yg harga di bawah 5000 rupiah kok. kalo di galaxy, lantai dua, deket hoka-hoka benti kalau nggk salah. bukan toko, cuma counter kecil gitu..

    BalasHapus
  20. hai kak, bisa share toko online scrapbook nya?

    BalasHapus
  21. di facebook ya :)
    toko kertas motif, planetfana craft, Nick Nickraft.. berteman sama itu aja. ntar bisa cari yg lain :)

    BalasHapus
  22. mbak beli scrap paper yg d surabaya boleh tau alamatnya dimna? thanks... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba jalan-jalan ke pakuwon mall. disana ada dua toko yang jual scrap paper :)

      Hapus
  23. mbak beli bahan scrapbook di surabaya dimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dua sih biasanya aku beli. di My Scrapbook Idea, jalan Sulawesi. Dan ada di Pakuwon Mall. Kalau di Pakuwon mall, ada dua toko yang jual :)

      Hapus
  24. mbak itu kertas yg motifnya macem2 itu namanya apa ya? terus beli barang2 untuk scrapbook di surabaya itu di mana ya? tolong infonya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kertasnya namanya scrap paper. Kalau beli bahannya, bisa di My Scrapbook Idea, di jalan Sulawesi. Ada juga di Pakuwon Mall. Ada dua toko di sana. Bisa juga beli online via fb. :)

      Hapus
  25. kalo via online itu nama website nya apa mbak? bagi info yah, mau buat kado soalnya :) thanks mbak

    BalasHapus
  26. Mbak aku ini mw beli bahan" untuk bikin scrapbook, kira" bagusnya beli toko online mana ya mbak?

    BalasHapus
  27. hai mbak... di city of tomorrow surabaya ada gak mbk? kalo ada tolong nama tokonya apa?

    BalasHapus
  28. mbk selain pake scrappaper bisa pake kertas apa aja? katanya pake kardus bisa?

    BalasHapus
  29. masi mending ini uda kebentuk hasilnya, lah aku??? ditanyain bolak balik sm suami "mana yang scrapbooknya??"

    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkwkw.. Masa segitunya sih mbak dwi??

      Hapus
  30. mbak mau tnya belinya dmna untk bikin scrapbook,. terimakasih sblumnya

    BalasHapus
  31. mbak beli alat utk membuat potongan kertas bentuk kupu2, sangkar burung, bintang dll itu dimn ya?? namax apa ya mbak? kisaran hargax sampai berapaan ya?? pengeennnnn...... mksh infox....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasinya, by email aja ya. Bisa hubungi aku di contact :)

      Hapus
    2. hallo mbak..boleh minta info toko offline di sby yg jual paper puncher di mana ya? pengen bikin undangan wedding sndr pke papercraft..jehehee..makasi ya mbak..

      Hapus
    3. Coba ke My Scrapbook Idea di Jalan Sulawesi :)

      Hapus
  32. mb rumahnya mana tempat saya bahan kaya gitu gak ada, belinya dmana mb , saya mau bikin ni mb tolong dibantu , thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Gresik, Mbak. Saya beli ini secara online. Ada kok di facebook, banyak :)

      Hapus
  33. Kalo boleh tau toko scrapbook yang di Surabaya apa ya?

    BalasHapus
  34. Kalo boleh tau toko scrapbook yang di Surabaya apa ya?

    BalasHapus
  35. shanti lusiana22 Maret 2016 02.32

    Mbak mau nanya kalo beli brad buat gabungin kertasnya di Surabaya dimana ya ..mohon bantuannya mbak Rachma? Terima kasih...

    BalasHapus
  36. miss, dulu linda bikin dalam bentuk buku, pake karton hitam (jadi agak tebal) hehe dan hiasannya pake giltter warna warni :D ga pake yg mahal, sempet beli kertasnya yg mahal itu tp hiasannya, aduh ga cukup di kantong....jadi yaaa pake kertas kado...atau ada tuh kertas yang biasanya dipake buat bikin hiasan bentuk bintang (mirip kayak pita, dijual di toko aksesoris) itu juga bagus....

    BalasHapus
  37. mbaaa, mau nanya, beli scrap paper dan kawan2 itu dimana? yg recommended, saya bingung nyari dimanaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku beli online di FB. Banyak kok yang jual. Kalau papernya, bisa di Wina Kerta atau di Kertas Motif. Kalau pernik2, bisa di Niken Wulandari, paper&me, dll. Coba berteman sama salah satu dari mereka, ntar ditelusuri pertemannya. Banyak kok yang jual :)

      Hapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^