Kamis, 10 Januari 2013

Usaha Mempercantik Blog Pribadi

Siapa seh yang nggak kepengen blognya punya tampilan yang keren oke punya?  Iri kan liat punya teman-teman yang blognya punya tampilan bagus, punya header yang gambarnya oke, punya macem-macem widget penunjang yang ditata rapi. Ih, iri besar tauk..!!!

Akhirnya, dengan hati dan niat yang besar, saya gugling caranya pasang header yang keberadaannya banyak yang free di berbagai macam situs. Udah nemu seh, bagus. Karena perpaduan antara warna biru dan bunga orange yang segar. Download, edit dengan menambah nama blog di gambar header lalu pasang melalui layout yang disediakan oleh blogger. 
Maunya saya judul blog itu bisa di klik, ternyata nggak bisa :(


Ternyata saudara-saudara, nggak berhasil..!!! Maunya saya, itu tulisan judul blog yang tersedia di tengah, kalau di klik bisa kembali ke home blog. Dan yang terjadi setelah dipasang headernya adalah ada judul blog di pojok kiri header yang menumpuk dengan hasil editan tulisan yang saya pasang di gambar header. Yaelah, nggak banget deh hasilnya soalnya itu judul jadi ada dua dan nggak mau ada yang menang. Usaha pertama mempercantik blog adalah gagal. Hiks..

Usaha kedua. Karena nggak putus asa dengan usaha yang kedua, akhirnya saya mencari header lain yang oke yang kalau dipasang ntar, letak tulisannya jadi pas sama gambar headernya. Sudah klik sana sini, ketemu di sebuah situs (maaf, lupa nggak simpan nama situsnya) sebuah header yang oke. Maunya saya download aja gambarnya. Tapi waktu saya download, ternyata nggak bisa dan dia ngasih kode HTML. Ngik nguk, kaya ayam ngantuk bertengger di atas kayu. Saya nggak ngerti HTML, saudara-saudara!! Mlongo aja dapet kode HTML yang nggak tahu harus dipasang dibagian mananya blog. Tunggu, sebenarnya saya tahu tentang HTML, tapi hanya sekedar kode blod, normal, italic, tanda <...>, tanda </...>,. Cuma itu sajah. Hiks, akhirnya saya relakan lagi gambar header yang satu ini.

Usaha ketiga. Akhirnya saya mendapat sebuah situs yang memberi tahu cara memasang header hanya dengan cara memasukkan alamat URL header tadi di layout blogger kita. Oke, mulai lagi pasang badan mencari situs yang memiliki macam-macam header keren. Ketemu..!!! Dan lagi-lagi saya lupa nggak simpan nama situsnya. Saya coba masukkan alamat URL di layout blogger bagian header, dan eng ing eng ... gagal..!!! Hiks, ini apa saya yang nggak ngerti bahasa inggris atau sayanya aja yang ngerti cara pasangnya. Saya relakan lagi usaha ini dengan nilai gagal.

Waktu cari header lain yang oke, akhirnya saya menemukan sebuah situs yang memberi tahu kalau pasang template gratisan itu gampang banget. Kalau template bagus, maka orang pun akan betah baca tulisan kita di blog. Hmm, tertarik dengan pernyataan itu, akhirnya saya coba cari template yang free melalui google. Saya khususkan mencari yang template untuk 3 kolom karena blog saya pakainya tiga kolom. Sebenarnya ada seh sebuah template yang bagus dan sederhana sekali yang saya kadung jatuh cinta. Tapi ternyata, waktu saya ikuti perintah di situsnya buat merubah dari 2 kolom menjadi 3 kolom, itu hasilnya nggak bisa, akhirnya saya simpan saja template saya itu di lepi. Kali aja besok-besok niat pakai. Lalu mencari beberapa template yang oke, coba lagi *tentunya setelah baca panduan dari mbah Google*. Merasa nggak cocok, coba cari lagi, pasang lagi. Gitu terus, sampai akhirnya saya menemukan template yang bagus karena headernya bagus juga. Nama template-nya ‘Birds and Trees’. 

Yang bikin jatuh cintrong itu gambar headernya :)

Saya pasang dan berhasil..!!! *ambil pom-pom sambil jingkrak-jingkrak*. Tapi eh tapi, ternyata tetap ada kendala. Dan ini sangat sangat mengganggu saya. Gimana nggak, lha kok setelah pasang template, tulisan judul blog sama postingan saya malah masuk di sidebar sebelah kiri. Hiks..!! Karena lelah cari header dan template lalu pasang dan gagal melulu, akhirnya saya nulis status di FB gimana susahnya usaha mempercantik blog. Lalu, muncullah komen dari mbak Mayya, salah satu teman yang kenal setelah gabung di KEB, yang siap membantu buat mempercantik blog.

Postingan nyasar di sidebar. tuh, yang saya kasih kotak merah

Yippiii..!! Rasanya seperti minum es tebu yang dingin pas waktu musim panas. Saya coba kirim pesan ke mbak Mayya via fb dan bisa ditebak, akhirnya dia bantu juga *peluk mbak Mayya*. Dengan sabar mbak Mayya bantu dengan cara membetulkan HTML dari template yang saya suka itu tadi. prosesnya adalah : ubah, pasang, gagal, ubah lagi, pasang lagi, gagal lagi. Begitu terus sampai sekitar empat kali proses. Tetap saja hasilnya judul blog dan postingan saya masih nangkring manis di side bar. Akhirnya, mbak Mayya memberi saran kalau kembali dulu ke template default bawaan blogger saja. Awalnya saya kepikiran ‘biarin aja deh kaya gitu, kadung suka sama templatenya’. Tapi juga berasa aneh liatnya tampilan blog saya kalau susunannya nggak bagus. Apalagi beberapa teman dari Blog of Friend mengatakan kalau mending balik aja ke template default.

Dan, saya relakan template itu saya ganti dengan template default dari blogger. Rasanya tuh ya, seperti habis diputus pacar. Nggak rela..!!! Tapi mau bagaimana lagi? Kalau saya biarin tuh postingan nangkring melulu disana, ntar takutnya malah saya dibilang newbie nggak berkualitas dan pengaruh pada ketidaknyamanan teman-teman waktu blog walking. Akhirnya, saya ambil nafas panjang dan mengikhlaskan template itu pergi tuk sementara. Hihihi, karena kata mbak Mayya, kalau udah diatur bagus, pasang lagi template yang saya suka, InsyaAllah hasilnya bisa bagus. Tuh kan, ada lagi kabar bagus di sela kesedihan saya *mulai deh lebaynya*.

Dan pelajarannya adalah sangat susah sekali membuat sebuah website yang sesuai dengan kepribadian kita. Jadi saudara, saya sangat menghargai sekali orang-orang yang kerjanya dibidang pembuatan website. Yang sangat rela berlama-lama di depan komputer, memangkas beberapa jam waktu tidurnya, atau menahan pantat dan punggung yang capek karena kelamaan duduk. Semua itu demi memenuhi permintaan klien. Dan pelajaran lainnya adalah, belajarlah sedikit banyak tentang HTML. Biar nggak melongo-melongo amat kaya saya waktu dapet instruksi tentang pemasangan HTML di blog kita.

Jadi teman, tetap ya, jangan menyerah untuk membuat blog kita lebih wow. Karena beneran, itu memberi kesan tersendiri buat teman-teman yang lain waktu blog walking ^_^

26 komentar:

  1. iya niy bun.. sama ma kendala saya, pengen utak-atik blog, pa lagi msi newbie, mau bikin navigasi juga seharian utak-atiknya, yang header malah blom bisa juga xixixi ^^v
    maen ke blog ku dung bun.. bisa ksi saran juga
    msi belom bnyk sih postingannya.. salam kenal juga ^^v

    http://hobby-makan.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, toss dulu bund.. saya juga masih baru di dunia blog. dulu seh sempat punya wordpress tp dah ga aktif lg.

      ntar maen2 kesana ya :)

      Hapus
  2. Khahaha...akhirnya curhat juga di blog ya mbaaaak! Wah, udah rapi jali nih blog-nya, gimana? mau kita lanjutin ubah templatenya? kali ini insya allah gak gagal deeeh! hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, belom rapi-rapi amir mbak mayya. ntar deh kalau udah aku rapikan alias aku tambah ini itu *ngaconya mulai*, kita balik ke template keren kemaren. hahah, terlalu bersemangat :)

      Hapus
  3. Sama Mbak
    Awal ngeblog saya juga pengennya bikin template yang cantik gtu
    Lama2 malah gak nulis cuma ngotak-ngatik gak bisa2

    Ya udah, cuek aja lah dg template
    Yang penting tetep ngeblog aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh kata mbak esti, keseringan utak-atik malah nggak nulis. ide buyar semua gara2 keenakan cari header ma template. hihihi,

      Hapus
  4. WOW KEREN deh template blognya....

    aku juga pengin ganti template yg sesuai dgn keinginan aku...tapi takut widgetnya pada hilang semuanya....karena aku punya pengalaman, aku pernah ganti template....eh widget yg dgn susah payah dipasang diblog aku pada hilang semuanya....capee deehh...*utak atik lagi dgn susah payah...

    ya udah lah akhirnya kembali lagi ke template bawaan dari blogger saja....yg penting aku menulisnya tetap jalan terus....hehehe
    *weleh...weleh...loh kok aku malah curhat...??

    #salam kenal dari blogger Purbalingga :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah bersedia curhat disini. ternyata kita senasib seperjuangan. kikikikk..
      ini template dari blogger lho, kerennya mah dari gambar pesawatnya. hahaha,

      salam kenal juga :)

      Hapus
  5. wah, kita tos klw gtu dong mbak. sma ceritanya, utak atik sndri biar blognya nyaman diliat dan dibaca. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos dulu!!
      tapi saya gatot alias gagal total. hihihi,

      Hapus
  6. slamat mlm mbk maa'f baru bisa brknjung mbk lgi sbuk heheh.. wah tmbh bagus mbk blog nya trlihat indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiih, berarti saya perlu berterima kasih pada blogger karena sediain template default ini :)

      Hapus
  7. aku juga ingin merubah template, habis bosan. Pernah mencobanya sekali, tapi malah banyak yang hilang. Sudah pilih-pilih template gratis yang sesuai seleraku sih, tapi belum berani, kalau sudah salah, ada yang hilang, susah memperbaikinya lagi. Hiks, ternyata banyak teman senasib.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak Dewi. caranya supaya nggak hilang itu kita save dulu HTML template kita yang lama atau kita download template kita. seperti aku kemarin, aku save dulu. meskipun amburadul waktu ganti template, akhirnya bisa balik lagi ke yang awal :)

      Hapus
  8. whiii..selamat ya, akhirnya berhasil..
    kalo aku, terus terang sampe sekarang punya blog cantik masih impian, karena nggak bisa apa-apa.Harus berpuas diri dulu dgn yg ada. Yah, Sepertinya harus curhat ke mbak mayya nih..,hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, ini berhasil balik ke default mbak Waya. kalau yang template impian, ntar dulu deh edit-edit lagi. :)

      Hapus
  9. Bener mba susaaah aku berkali-kali ganti template bblog utak-atik CSS sam[pe akhirnya pake template yg sekarang ini. Ga tau deh kalo besok bosen lagih hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saya baru pertama kali mbak utak-atik soalnya ngeblog juga barusan. dan gagal. hahaha,

      nanti deh, coba-coba lagi kalau dah longgaran :)

      Hapus
  10. emang urusan ngutak atik html di blog itu mudah-mudah susah...
    asal tau kuncinya sih mudah, tapi bagaimana lagi kalo kuncinya aja lum nemu...*sama aja kaya diriku ni :p*

    Tetap semangat Mbak...! :D
    My Adventure >> Perjalanan di Akhir Tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah mas, kalau mau utak-atik ya harus mau belajar html. :)

      Hapus
  11. setuju mbak, ngotak-atik blog itu makan waktu bgt.. apalagi buat kita yg memang bukan ahli.. Jd biasanya sy cari model yg bikin sy betah sp bertahun2.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak myra tuh blognya oke punya. apalagi widget yang nampilin fb, twitter, you tube. uh, mau tuh dikasi html-nya :)))

      Hapus
  12. ulasan yang oke banget dan detail. usaha mempercantik blog pribadi yang sangat keren dan bermanfaat banget. terima kasih telah berbagi info ini. semoga terus menginspirasi.

    BalasHapus
  13. betul sekali... alasan males ngutak ngatik website karena yg satu dibenerin, berantakan lagi yang lain... Padahal asli udah bosen ngeliat tampilan website sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh mbak ria..
      siapa coba yang nggak tertarik sama tampilan blog yang keren? tapi ya gitu, selalu ada yang berantakan. :))

      Hapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^