Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Target Blogging di Tahun 2019 [Day 30]

| on
Wednesday, December 19, 2018
Menulis blog sebenarnya mudah. Yang sulit itu adalah konsisten untuk mau menulis. Itu yang selalu saya bilang ke siswa saya ketika mereka meminta saya khusus untuk mengajari mereka caranya ngeblog atau ketika saya memberikan materi di kelas yang berhubungan dengan bakat, minat dan kemampuan.

Ngga hanya ngeblog sebenarnya, apapun itu, yang susah memang ketika kita harus konsisten dengan pilihan kita. Apalagi ketika dihadapkan pada aktifitas untuk mengisi waktu luang atau aktifitas yang bukan menjadi pekerjaan utama. Godaannya, ya ngga konsisten itu tadi. Karena dalam pikiran kita, aktifitas itu adalah sampingan.

Padahal harusnya, meskipun sampingan, tetap harus dikerjakan sepenuh hati ya kan? Huhuhu, sayangnya, itu sering luput bagi saya. Saya belum konsisten menulis sehingga belum bisa menghasilkan target jumlah tulisan tertentu setiap bulannya.

Soal alasan? Alasan terbesar adalah kesulitan membagi waktu antara mengajar dan mengasuh anak-anak. Tapi setelah saya ikut #BPN30DaysChallange dari Blogger Perempuan Network, ternyata saya bisa itu menulis setiap hari.

Artinya apa? Saya kurang mem-push diri saya sendiri untuk urusan blogging ini.

Oke, oke, saya ngga banyak alasan lagi kalau begitu. Saya harus merubah mindset. Bahwa saya bisa menulis lebih rajin lagi, apapun temanya, berapapun panjangnya. Mungkin dengan cara saya di tahun 2017? Membuat blogging journal, mulai dari jurnal bulanan, harian, lembar tema, juga lembar-lembar lainnya yang berhubungan dengan aktifitas menulis saya.


Oh iya, ada nggak hutang ide yang belum kalian tulis? Saya ada! Huhuhu ... Karena saya ngga konsisten nulis ya, jadinya banyak ide-ide menumpuk di lembaran-lembaran draft tapi ngga segera saya ketik. Padahal sudah saya spesifikasi ide-ide itu berdasarkan temanya, tinggal eksekusi saja sebenarnya. Harusnya, ada ide, segera eksekusi ya biar nggak basi istilahnya, biar nggak menjadi hutang.

Kemudian, sebuah tulisan akan berasa sia-sia kalau kita tidak share ke orang lain bukan? Ah, tampaknya saya harus lebih rajin lagi untuk share ke banyak timeline media sosial saya. Biar twitter dan instagram isinya ngga hanya gosip dan foto para Oppa. Wkwkw.


Soal share, pasti berhubungan juga dengan pemilihan keyword untuk meningkatkan view artikel kita bukan? Saya dari dulu, ingin mengutak-atik soal keyword ini, juga cara untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog. Tapi selalu saya beralasan, wong nulis ajah kerepotan, masa harus ditambah dengan kerepotan caranya meningkatkan view? Fiuh, padahal itu penting ya, apalagi kalau ingin orang lain membaca tulisan kita dan mengambil manfaat dari kisah yang saya tulis. Lagian nih, lihat jumlah view yang segitu-gitu saja, rasanya merana sekali.

Memiliki blog, merupakan kebanggan tersendiri untuk saya sebenarnya. Karena lewat blog, saya memberi tahu ke orang lain, bahwa saya memiliki kemampuan lain yang bisa diperhitungkan. Oke, tahun 2019 saya akan perbaiki lagi semua hal yang berhubungan dengan ngeblog. Dimulai dari apa-apa yang saya tulis di atas tadi.  Untuk target spesifik lainnya, sudah ada sih tinggal eksekusi saja. Bismillah. Hwaiting Ria!

2 comments on "Target Blogging di Tahun 2019 [Day 30]"
  1. tooosss target blog kita thn depan sama :D. supaya bisa konsisten . susaaaah banget buatku konsisten nulis ini mba. slalu kalah ama urusan kantor soalnya. jd nulisnya suka ketunda2. padahal tumpukan draft di laptopku banyaaaaaaak . dan nth kapan mulai dicicil nulis. makanya 2019 aku pgn bisa kyk dulu. ga usah muluk2, krn aku tau diri ada kerjaan kantor yg lbh penting. tp at least aku mau berusaha seminggu sekali bisa update tulisan

    ReplyDelete
  2. Iya mbaaaa
    KONSISTENSI adalah KUNCI.
    Dan ini syusyaaahh buanget :D
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature