Selasa, 19 Maret 2013

Mengajari Tanggung Jawab Kepada Arya

Arya tuh seneng banget sama yang namanya binatang. Tapi sejauh ini, binatang yang diketahui sama Arya masih sebatas yang ada di sekitar rumah ajah. Kaya kucing, ayam, burung, ikan sama kerbau. Pernah sih diajak jalan-jalan, trus ada perkumpulan pecinta hewan, dia tau yang namanya musang, burung hantu sama ular. Tapi ya karena cuma diajak sekali, sepertinya udah lupa.

Dan kegiatan yang paling Arya senangi adalah memberi makan hewan-hewan tadi. Dan, kalau udah ngasih makan, nggak mau berhenti dianya. Akhirnya, kitanya yang dirumah kudu sabar bangeeettt ngeladeni pengennya dia yang maunya ngasih makan terus *ikan udah melembung perutnya*.


Pernah neh ya, suatu saat dia ngeliat tempat makan ikan. Saking exited-nya, dia ambil gitu ajah trus lari, mau dibawa ke ruang tamu yang ada akuariumnya. Nah, insiden terjadi habis gitu. Pas dia naik di undak-undakan *maaf pakai bahasa jawa*, dia kan kudu pegangan tuh sama tembok, eh, tempat makan ikannya jatuh dan isinya berhamburan gara-gara nutupnya nggak rapat.

Dari wajahnya, dia kaget. Mungkin menyesal juga habis menjatuhkan tempat makan ikannya. Tapi, Papa cepet ambil alih. Dengan sigap Papa bilang ke Arya, "Ayo, diambili makanan ikannya. Kasihan ikannya ntar nggak maem. Dibantu Papa yuk."




Awalnya neh, si Arya kaya nggak ngeh gitu Papa bilang gitu. Tapi karena Papa terus mengulang kalimat itu sambil mengambili makanan ikan dan memasukkannya satu persatu ke dalam tempatnya, akhirnya Arya niru juga. Dan akhirnya Arya sama Papa bekerja sama masukin makanan ikannya satu per satu ke dalam tempatnya! *gile, satu per satu bok!*

Aish, itu adalah momen yang layak buat diabadikan *peluk Papa sama Arya* *cium bertubi-tubi*

Arya waktu kejadian ini umurnya masih 15 bulan lho. Tapi buktinya, si Arya bisa kok diajari tentang tanggung jawab, kerja sama dan kehati-hatian. Mumpung dia masih di masa golden age, ya si emak sama bapaknya ini kudu pinter-pinter ngajari tentang norma kehidupan *jeile bahasanya*

Intinya adalah, anak itu meniru semua perilaku kita baik yang baik ataupun yang jelek. Nah, kalau mau si anak punya perilaku yang baik, ya emak sama bapaknya wajib juga punya perilaku yang baik dan meminimalkan yang jelek-jelek. Kalau si anak nirunya dari luar rumah atau teman bermainnya? Ya emak sama bapaknya kudu siap pasang badan buat ngasih penjelasan kenapa yang ini baik ditiru, kenapa yang itu nggak baik ditiru.


So, happi parenting, teman ^^

15 komentar:

  1. bagus mbak. karena waktu kecil isha ga di latih begitu sm binatang. sampe sekarang ga berani pegang hewan apapun -.-

    semangat arya.. :D

    btw, ikutan proyek buku yuk ^^
    http://vanisadesfriani.blogspot.com/p/blog-page_19.html

    BalasHapus
  2. haha, untung papa nggak nyuruh mama yang ngambilin makanan ikannya. :D Arya hebaaat.

    BalasHapus
  3. Memang alangkah baiknya dari kecil di ajarkan yang baik baik,,,
    ikannya masukin penggorengan ajah yah de hheheee
    Niche Blog :)

    BalasHapus
  4. Setuju, Mbak! Anak-anak sedari kecil memang harus diajari tanggung jawab, dan beres-beres sendiri itu jadi kebiasaan. Good job mama arya! :)

    BalasHapus
  5. keren!

    memang gak gampang mengajarkan anak bertanggung jawab dari usia dini. Tapi pasti bisa.

    BalasHapus
  6. @isya. hihihi, aku tuh termasuk yang nggak berani sama binatang lho. *toss dulu*
    ih, dirimu DO yang temanya oke banget :)
    ingetin ya kalau mepet DL nggak segera ngumpulin *isya siapin guling dulu*

    BalasHapus
  7. @kartika. hahahaha, untung saja bukan aku neh yang disuruh. bisa-bisa emosi dulu yang jalan *lirik papa*

    BalasHapus
  8. @Mayya. hihihi, ini si Papa yang berjasa.. *peluk papa dan arya*

    @masrafa. pasti bisa, selama ada kemauan bukan?

    BalasHapus
  9. siip mbak... ini bisa masuk proyek buku yg parenting juga.. hehe...

    BalasHapus
  10. jagolang,tangkap ya...
    **lempar bola basket hehehe

    anak itu copy paste ulung ya,jd tugasnya orangtua kasih copy yang baik biar yang copy paste ikut baik hehehe...

    BalasHapus
  11. dan harus terus dibiasakan, ya, Mbak. Semoga same gede Arya jadi anak yg bertanggung jawab :)

    BalasHapus
  12. @mechta. ohya, aku mau ikutkan ini di proyek buku. tapi bahasanya kudu diganti biar lebih baku yah?

    @iis. bener banget, kudu ngasih contoh. kalau cuma asal suruh ini itu tok, mana didengarkan sama dia :)

    @mama chi. sip mama, akan selalu diterapkan. doakan saya dan suami selalu istiqomah :)

    BalasHapus
  13. pinter banget seh kecil2 udah bisa sayang binatang kasih makan terus bisa bertanggung jawab :D

    anak kecil emang kayak spons jadi lebih asyik gitu :D

    BalasHapus
  14. Subhanallah, emang bener, Mbak. Golden age itu penting :)
    Makanan ikan kan kecil-kecil ya, Mbak? Hebat euy, masukinnya satu-satu :O

    BalasHapus
  15. @niar. bener ih niar, kaya spon.. dielus-elus alus. buat mainan melulu :)

    @della. hihihiih, ini mah kerjaan papanya main ajak ambil ajah. tapi biarlah, biar si arya tanggung jawab tuh :)

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^