Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Tema Blog yang Saya Suka [Day 2]

| on
Wednesday, November 21, 2018

Ada namanyanya niche blog, yang merujuk pada tema tulisan tertentu yang dibahas dalam sebuah blog. Niche blog itu bisa ditemukan dengan mudah dengan cara mengetahui kesenangan dan minat kita pada sesuatu. Saya sendiri, senang dengan tema parenting, traveling, teknologi dan sekarang mulai menyukai tema kecantikan.

Nggak mudah menulis dengan tema-tema yang menurut saya nggak saling berhubungan satu sama yang lainnya. Tapi bukan blogger lah namanya kalau nggak bisa menghubungkan isi tulisan dengan tema-tema yang saya suka. Misalkan begini, saya nulis tentang traveling. Tapi karena saya sekarang kalau pergi-pergi selalu sama anak-anak, ya saya hubungkan dengan tema parenting. Atau misalnya lagi saya nulis tentang kecantikan, kadang kala saya hubungkan dengan tema traveling karena you know lah, kecantikan itu selalu berhubungan dengan sinar matahari. Haha.

- PARENTING -

Sebenarnya, dari pertama kali saya membuat blog ini, tema parenting menjadi tema besar di kebanyakan tulisan saya. Jumlah tulisan paling banyak, ya ada di tema ini. Seperti post saya sebelumnya, kalau ketika itu saya masih mama muda, jadi apa-apa ingin saya tulis. 

Nulis parenting ini sebenarnya susah-susah gampang. Kenapa?

Satu. Karena menurut saya nggak ada teori parenting yang bener 100%. Wahahahaha, iyalah. Saya sudah baca banyak buku parenting, banyak baca teori lewat internet, sudah sharing dengan banyak ibu-ibu, baca pengalaman para orang tua, tapi ketika pagi hari si Arya leletnya minta ampun karena makannya lama atau makan sambil mainan, semua teori itu seperti hangus tertiup angin puting beliung. Hahaha.

Tapi kan nggak menutup keinginan untuk sharing ke orang tua lainnya ya kan? Mau dipakai silakan, nggak juga nggak papa. Karena cara merawat anak itu juga berbenturan dengan aturan-aturan yang ada di masing-masing keluarga. 


Dua. Ngomongin parenting itu berhubungan dengan banyak nama yang ada di sekitar si anak yang harus kita sensor banget. Ini menyangkut keselamatan si anak ya. Ya memang saya bukan artis dengan banyak follower, tapi keselamatan anak dan keluarga tetap harus diperhatikan bukan? 

Saya tidak pernah menyebutkan nama lengkap Arya dan Fatin. Ulang tahunnya pun, saya keep sekali. Jarang sekali saya upload foto atau ucapan selamat ulang tahun bertepatan dengan tanggal lahir mereka. Lokasi rumah pun, juga nggak saya kasih tahu. Kalau mau cantumin foto rumah, biasanya saya foto sebagian ajah. Entah pintunya, entah pagarnya ajah. 

Sekolah apalagi, nggak akan saya kasih tahu ke siapapun, bahkan di blog, kecuali mereka tanya. Bahkan ke teman kantor sekali pun. Jahat ya? Biarin. Untuk urusan ini, selain untuk menyelamatkan si anak, saya juga menghindari si anak ditanya sama orang lain kenapa kok sekolah di sana, nggak sekolah di situ. Si anak mah nggak ngerti kenapa dia sekolah di sana, karena ya orang tuanya yang milihkan. Seolah membanding-bandingkan bagusan yang mana sekolahnya. Dan itu menjatuhkan mental anak banget menurut saya. 

Nama dan logo sekolah (baik di tas sekolah, di buku, atau di baju) selalu saya tutupi ketika saya diharuskan mencantumkan foto kegiatan sekolah anak. Emangnya nggak pengen sedikit share lewat story instagram gitu pas si anak lagi ada kegiatan yang menarik di sekolahnya? Pengenlah jelas. Caranya bisa dengan mengambil dari sudut yang nggak langsung men-shoot nama sekolah anak. Kudu jeli cari sudutnya, Buibu.


- TRAVELING -

Sebenarnya saya orangnya suka jalan-jalan. Tapi dulu, hanya di keep di PC ajah foto-fotonya. Beberapa saja saya tulis di blog. Baru akhir-akhir ini saya mulai mikir, ternyata menarik juga menulis tentang traveling. Memang sih, nggak sedikit blogger traveler dan lebih ahli menulis tentang tema ini. Tapi nggak menyurutkan semangat buat nulis tema ini bukan?

Gampang nggak sih nulis tentang traveling? Susah, Sodara-Sodara!

Satu. Traveling itu paket lengkap. Iya, mulai dari persiapan, ke mana saja dan ngapain saja, sampai dengan sesi kita pulang ke rumah. Sepanjang itu, saya harus bisa merangkumnya dalam sebuah tulisan sepanjang minimal 700 kata, dengan kalimat yang nggak membosankan. Apa saya bisa? Jujur, saya belum mahir. Dan itu harus saya latih terus dong. Dalam artian, saya harus sering jalan-jalan biar tulisan traveling saya makin banyak. Wkwkw, siapa mau bayarin saya jalan-jalan?


Dua. Sebisa mungkin mencari sisi unik dari perjalanan kita. Itu tadi, biar pembaca itu nggak bosan. Sama-sama jalan-jalan ke Kebun Binatang Surabaya misalnya, tapi blogger satu dan yang lainnya bisa menghasilkan tulisan yang berbeda karena mengambil sisi unik yang berbeda juga. Saya sendiri, akhir-akhir ini sering menulis traveling tapi saya hubungkan dengan anak-anak. Kudu jeli lihat momen ketika sedang traveling sambil mikir gimana nulisnya di blog. 

Tapi kemudian mikir, kalau anak-anak udah gedhe, saya nulis travelingnya gimana ya? Haha, ntar ajah deh dipikirkan.


- KECANTIKAN -

Tulisan dengan tema kecantikan di blog saya, sebenarnya belum banyak. Tapi senang nulisnya. Kenapa? Karena saya ingin ngasih tau kalau kita yang nggak banyak peralatan ngelenong pun bisa lho kalau dipaksa nulis tentang kecantikan

Kesukaan menulis tema ini sebenarnya berawal dari ketika saya menulis konten berbayar dari sebuah brand make up. Nggak tanggung-tanggung, mereka minta sebuah tulisan di blog, foto dan video di instagram. Lha wong saya buta nulis tenteng kecantikan, mau nggak mau dua hari penuh saya pakai buat belajar dari para beauty blogger cara menulis review produk kecantikan itu gimana. 

Sekarang sih, saya sudah punya beberapa acuan untuk menulis tentang kecantikan. Tapi masih perlu diasah lagi sih, biar makin mahir. Sama halnya dengan saya sampai sekarang masih belajar pakai eye liner yang bikin mata saya biar makin terlihat tajam meskipun pakai kaca mata. Wkwkw.. padanan yang unik kan ya? Ini kata salah satu beauty blogger yang jadi panutan saya nulis, mbak Atisatya Arifin.


- TEKNOLOGI -

Sebenarnya ini nggak jadi tema khusus ya buat blog saya, tapi beberapa tulisan tentang teknologi saya masukkan ke dalam label ‘Tips’ dan ‘Review’. Tapi saya suka menulis tentang teknologi, meskipun nggak sekeren tulisan para blogger tekno. Mungkin karena saya ini mama dan guru yang hidup di jaman millenial yang dihadapkan sama anak dan siswa millenial, jadi terpacu ajah kalau ada tema teknologi yang ingin saya tulis.

Saya juga suka sama tulisan-tulisan blogger yang berbau teknologi tapi disisipi dengan cerita yang menarik. Salah satu blogger yang unik itu adalah Ipeh Alena. Dasar ini orang suka nulis review buku ya, cara dia nulis teknologi pun terbawa juga. Menarik, seperti baca buku tutorial sebuah teknologi yang lengkap banget.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature