Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Konsisten dalam Ngeblog Itu Susah. Belajarlah dari 5 Blogger Ini [Day 9]

| on
Wednesday, November 28, 2018
Kalau disuruh menyebutkan siapa saja blogger favorit saya, sebenarnya banyak ya. Tapi kalau disuruh untuk memilih mana yang konsisten dengan topik atau gaya penulisan tertentu, saya memilih orang-orang ini. 

Mereka sudah melalang buana ke segala penjuru dunia per-blogging-an. Menghabiskan hari-harinya untuk ngeblog dari tahun ke tahun dengan gaya penulisan dan topik yang konsisten itu susah lho, Teman-teman. Apalagi sekarang blogger itu seolah sudah jadi ladang untuk mengiklankan produk baru dari suatu brand. Kekonsistenan di tengah gempuran tawaran yang menggiurkan ini lho yang sulit. Tapi orang-orang yang saya pilih ini, adalah mereka yang dari sekian banyak blogger yang mampu mempertahankan ciri khasnya masing-masing.

Siapa saja mereka?

1. IPEH ALENA

Saya mengenal blog nona Ipeh ini malah setelah kami satu grup di proyek yang pernah digagas Blogger Perempuan, Arisan Link. Awalnya saya nggak ngerti, siapa sih Ipeh ini? Namanya unik, Ipeh Alena. Orangnya gimana sih? 

Sebenarnya saya sudah pernah menulis sedikit tentang dia dan blognya di sini (klik ya, biar viewnya naik haha). Tapi sedikit, iya SEDIKIT. Karena ketika itu saya menulisnya ya karena kewajiban saja harus mencantumkan link blog dia di dalam tulisan saya. Tapi setelah kewajiban menulis itu terpenuhi, saya malah merasa kok sepertinya ulasan saya itu kurang ya?

Makin ke sini, saya mengenal Ipeh ini sebagai blogger yang konsisten dengan apa-apa yang ingin dia kembangkan. Ada beberapa bidang yang tampaknya ingin dia kembangkan untuk memperkuat branding dirinya, yaitu tekno (terutama pada ulasan penggunaan aplikasi android), review buku, fotografi (terutama macro-nya yang makin ke sini makin bikin takjub). Ipeh, entah ini benar atau nggak, tolong jangan dikasih ijuk ya saya. Hahaha. 
Tulisan dia cenderung panjang memang, layaknya para pereview buku handal. Tapi nggak kaku. Seperti baca sebuah novel yang menyenangkan, eh tiba-tiba udah selesai ajah baca tulisan dia. Dan lagi, Ipeh ini pintar sekali menyelipkan pesan hidup dalam tulisan-tulisannya lho. Dia sangat jarang sekali menuliskan secara rinci pesannya, tapi dari ceritanya terselip macam-macam pesan yang patut untuk dibenarkan.

Semoga makin ke sini dirimu makin bijak ya, Ipeh sayang. Sebijak dirimu yang selalu share ilmu blogging di grup whatsapp.



2. CAROLINA RATRI

Saya dulu nggak ngerti, ini orang siapa sih,berani bener bikin gebrakan buat ngajakin orang-orang pecinta fiksi untuk nulis fiksi dengan panjang yang nggak lebih dari 300 kata? Lha mana bisa saya tuh nulis fiksi kalau nggak panjang? Nulis di blog ajah sepanjang ini, padahal ini tulisan non fiksi. 

Ternyata bisa! Berkat dukungan mak Carra dan para dedengkot yang sudah handal nulis fiksi. Lewat grup Monday Flash Fiction, kami diperas otak dan mental untuk bisa hasilkan satu fiksi dengan twist diluar dugaan. Sayangnya, lagi-lagi dengan alasan sibuk, saya hiatus dari grup ini. Mau mulai lagi, bingung. Wkwkwkw.


Eh, apa mbak Carra juga hiatus? Nggak lah! Buat apa saya memfavoritkan blogger yang hiatus. Beliau malah merombak total blognya menjadi blog yang isinya membantu kita-kita para blogger. Mau memaksimalkan blog kalian, langsung saja deh baca semua tulisan mbak Carra dan praktekkan isinya. Beliau nggak pakai bahasa yang kaku dan menggurui kok, tiba-tiba ajah udah paham sama langkah-langkahnya. Tinggal kapan mau praktekkan di blog kita.

Tulisan-tulisan mbak Carra nggak hanya memberikan cara jitu memperbaiki SEO blog yang acak kadut, tapi juga membahas hal-hal lain yang dibutuhkan untuk menjadi blogger berkualitas. Mulai dari mengajari bagaimana menulis artikel yang baik dan mengundang banyak pembaca, cara membuat foto yang kita ambil itu bagus dan layak untuk ditampilkan di tulisan kita, tips-tips membuat video yang keren dan layak untuk dipamerkan di media sosial dan akun Youtube kita, juga tool apa saja yang harus kita kuasai untuk mendukung aktivitas blogging kita.



3. MUGNIAR

Saya memilih beliau sebagai blogger favorit karena beliau ini konsisten buat nulis banyak artikel di setiap bulannya, tapi tulisannya berbobot semua. Nggak ada tulisan dia yang nggak berbobot, pun itu tulisan berbayar ataupun tulisan tentang event. 

Dalam hal fokus untuk mengembangkan blognya, ini yang patut saya kasih jempol dua. Padahal nih ya, beliau ini sehari-hari juga merawat orang tuanya, dan juga harus berbagi laptop dengan anak-anaknya. Tapi entah kenapa, sepertinya beliau ini haus banget buat terus nulis. Fokusnya beliau di dunia blogging, membawakan hasil yang menakjubkan, mulai dari menang lomba sampai tampil di acara televisi mewakili para blogger Makassar.


Kalau kalian ingin menjadi perempuan dengan daya juang yang baik, konsisten untuk menjalankan segala planning, dan fokus pada tujuan, baca saja artikel-artikel yang beliau tulis. Isi tulisan beliau, kebanyakan tentang pemberdayaan perempuan supaya menjadi pribadi yang berkualitas dan maksimal. Saya pernah menuliskan tentang beliau, silakan baca di sini.



4. ATISATYA ARIFIN

Salah satu beauty blogger panutanku, ya mbak Tya ini. Dia sudah melabelkan dirinya bahwa dia adalah beauty blogger yang banyak mengulas produk-produk dalam negeri dan yang dijual di drugstore. Menurut beliau, produk-produk dalam negeri itu hampir semuanya patut untuk dicoba asalkan produknya diketahui aman dan sudah tercantum di badan POM. Blognya bisa kalian baca di sini ya.

Hebatnya lagi, hampir semua foto dan video tentang before dan after penggunaan skin care atau make up, dia ambil di malam hari. Tentunya dengan bantuan ring light. Tapi kan ya, malam gitu lho. Disaat kitanya santai-santi tidur, dianya malah ambil foto/video, edit dan nulis. Dia kerja keras begini, karena pagi sampai sore harus ngajar di salah satu lembaga pendidikan bahasa Inggris.


Ulasan dia lengkap, dan memberi perbandingan yang oke buat kita-kita sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli produknya. Yang menarik lagi, mbak Tya ini sering sekali memberikan tips hemat dalam hal pengkoleksian skin care dan make up. Misalkan saja, skin care low budget lewat DIY alias mengolah bahan-bahannya sendiri. Beberapa berhasil sama dia dan dia lanjutin sampai sekarang. Contohnya, dia menulis tentang step by step secara detail bagaimana membuat oil cleanser sendiri tanpa perlu keluarkan uang banyak-banyak.



5. YUNIARI NUKTI

Kalau sudah pernah ketemu mbak Yuni dan ngobrol langsung dengan dia, pasti sudah ngerti pembawaannya seperti apa. Isi blognya, isi tulisannya, isi ulasannya, ya seperti dia sehari-hari. Cerminannya kalau saya boleh bilang. Apa adanya, blak-blakan, agak nyeleneh dalam menggiring pembaca, tapi tetap enak dibaca.

Banyak yang seperti mbak Yuni ini? Banya lah. Tapi blogger mana saja yang konsisten memasukkan gaya lokal daerahnya dalam artikel yang dia tulis? Nggak banyak kan? Mbak Yuni ini yang sampai sekarang masih konsisten memasukkan gaya Suroboyoan ke dalam tulisan dia. Dia nggak malu buat nulis pakai bahasa Jawa tanpa ribet-ribet terjemahkan di akhir kalimat. Seolah dia ingin dikenal sebagai blogger Suroboyo yang ingin mengenalkan Surabaya dan sekitarnya dengan cara dia sendiri. Dan bagi saya, dia berhasil. Hahaha.

Contoh saja deh ketika dia mereview buku Satu Jodoh Dua Istikharah. Ada kalimat begini yang dia tulis: ‘Masalah jodoh nih ya urusannya bukan urusan cinta aja, tapi ya mikir keluarga dan urusan sesuk mangan opo?’. Hwahahaha.. Ini gaya mbak Yuni banget yang bawa gaya khas Suroboyo. Yang lainnya? Banyak. Langsung saja menuju ke blognya ya buat baca tulisan-tulisan dia yang lainnya.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature