Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

5 Alasan Penting Kenapa Kalian Harus Ikutan Gabung di Blogger Perempuan Network [Day 4]

| on
Friday, November 23, 2018
Menjalin relasi dengan banyak pihak, memang menjadi salah satu jalan untuk membuka pintu rejeki. Iya, itu bener banget. Islam sendiri sudah memberi tahu kalau menjalin silaturrahim yang baik dengan orang lain, maka rejeki itu akan mengikuti kita di mana pun kita berada. Kalau dalam dunia digital, jalinan silaturrahim itu ya jelas dong lewat jalur digital pula. Karena dunia digital itu memudahkan kita untuk berhubungan dengan orang lain.

Pun di dunia blogging. Menjalin silaturrahim dilakukan pertama kali biasanya melalui perkenalan di dunia digital. Bisa lewat saling membalas di kolom komentar, saling hahahihi di grup chat khusus blogger, atau bergabung di komunitas-komunitas yang sesuai dengan kemampuan pribadi atau spesifikasi blog kita.

Untuk pembaca saya, terutama yang baru saja memutuskan untuk memilih blog sebagai hobi baru, ada baiknya saya kenalkan dulu salah satu komunitas yang bisa kalian ikutan gabung di dalamnya. Sebut namanya dengan Blogger Perempuan Network (selanjutnya saya akan menyebutnya dengan BPN saja). Apa sih keuntungannya gabung di BPN? Eits, banyak banget. Simak satu-satu ya.


1. Melalui BPN, saya menemukan wadah yang mampu memfasilitasi keinginan dari para blogger perempuan. Kenapa? Karena ‘jajajaran pemerintah’-nya semuanya perempuan. Dan kalian tahu, mereka semua mumpuni di tugasnya masing-masing. 

Emang segitu ribetnya ya keinginan blogger perempuan itu sampai butuh wadah yang berbeda dengan blogger laki-laki? Iya! Hahaha. Percayalah bahwa blogger perempuan itu sebenarnya juga banyak maunya. Misalkan saja perkara template blog. Sekitar empat tahun yang lalu, saya suka otak-atik template blog. Meskipun utak-atiknya nggak lewat rumus HTML yang saya nggak ngerti sama sekali, tapi download edit pasang sempat saya lakukan sendiri untuk blog saya ini. Tapi jarang banget menemukan template yang saya mau. Sering ganti-ganti seperti suasana hati saya (eh). 

Kemudian kenal mbak Shintaries salah satu dedengkotnya BPN (kala itu BPN belum launching), yang mana ketika itu juga dengan senang hati dimintai tolong untuk membongkar template saya. Dan mbak Shintaries ngerti banget saya maunya gimana sama blog saya sendiri. Nggak ngerti pun, diajari sampai paham. Dan mau ditanyain tengah malam pula. Hahaha, tapi kalau sekarang susah banget. Maklum, beliau sudah melalang buana kemana-mana.

Ini masih perkara template lho. Belum perkara kerjaan buat blogger, event, jajak pendapat, dan masih banyak lagi. Bener-bener disesuaikan dengan jiwa perempuan yang ceria, cantik, penuh semangat, tapi manis dan kuat ketika mmempresentasikan blognya.

2. Mau tahu cara menaikkan view tulisan di blog kalian? Daftar segera deh jadi anggota di komunitasnya. Karena mereka memberikan kesempatan kepada kita untuk sharing tulisan terbaru atau tulisan lama yang ada di blog kita. 

Ada dua cara tulisan kalian dibaca oleh anggota yang lain. Yang pertama, kalian submit link tulisan kalian ke directory web. Nggak langsung tayang di web ya karena harus lewat konfirmasi dari admin juga. Palingan, nunggu mentok sehari ajah, tulisan kalian sudah bisa dibaca oleh anggota yang lain.

Cara kedua, kalian bisa share link tulisan kalian lewat postingan admin di grup facebook. Untuk masuk ke grup pun juga lewat tahap kurasi ya (bahasanya ea ketinggian), beneran kalian blogger apa nggak,dengan akun media sosial yang lengkap tidak. Di grup facebook nih, ntar admin akan melempar tema tiap hari yang berbeda-beda. Tinggal mengikuti ajah sama tema yang dilempar, dan kita tinggal naruh link di kolom komentar. Nggak peduli mau tulisan baru atau lama, kalau kalian butuh view, setor aja.
3. Nggak menutup kemungkinan kita bisa mendapatkan job menulis atau buzzing setelah bergabung menjadi anggota BPN. Untuk membiasakan menulis di blog itu, tujuan utama jangan mencari uang yang banyak. Konsisten saja menulis sebulan 4-6 tulisan. Dari situ kalian secara nggak langsung akan menemukan niche blog kalian dan semakin jeli menemukan trik-trik khusus dalam menulis. Kalau tulisan kalian sudah terasah baik, job bakal datang sendiri kok. Beneran!


4. Mau rutin blogwalking? Gampang, langsung saja menuju website milik BPN dan langsung menuju halaman BPN dan komunitas. Ntar sudah terpampang nyata judul-judul tulisan dan kalian tinggal pilih tulisan mana saja yang menarik untuk di-blog walking. Nah, silaturrahim terjalin dan jadi makin nambah teman digital bukan?


5. Ingin makin mahir dalam dunia blogging? Sah-sah saja kok. Malah di web milik BPN ini, sudah disediakan berbagai macam tutorial blogging yang bisa kalian pilih satu per satu. Atau, nggak hanya di dunia blogging saja, dalam hal apapun, cari tutorialnya di sini. Baca ajah artikel-artikel yang udah ada di directory.

Ada dua cara sih ya kalau kalian mau mahir di dunia blogging melalui BPN. Yang pertama dengan membaca artikel-artikel yang ditulis oleh para dedengkotnya BPN. Sedangkan cara yang kedua adalah kalian bisa mencari berbagai macam tutorial di ribuan tulisan milik anggota BPN. 
.
.

Ini 5 alasan penting kenapa kalian harus ikutan gabung di Blogger Perempuan Network. Udah gabung? Mau nambahin alasan yang lain lagi? Boleh. Tulis di kolom komentar ya!
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature