Parenting - Lifestyle - Crafting

Mengenal Jenis Kulit Bayi dan Memilih Baby Care Product yang Tepat

| on
Tuesday, October 16, 2018

Sekitar dua minggu yang lalu, Fatin bermasalah dengan kulitnya. Setelah pulang dari Yogyakarta, muncul bintik-bintik kecil di dekat telapak tangan kiri. Bintik-bintik ini kecil menggerombol. Saya pikir, ya gatal biasa. Saya beri bedak khusus buat gatal, nggak mempan. Adik ipar kasih tau untuk diberi cream khusus untuk kulit, saya coba. Apalagi cream ini dijual bebas, jadi nggak ada alasan untuk nggak kasih itu cream ke kulit.

Tapi lama-lama, kok makin menyebar ke lengan bawah. Nggak seluruh lengan sebenarnya, hanya sebagian saja, dan nggak tampak kalau nggak diangkat lengannya. Cuma yang bikin saya khawatir itu, bintik-bintik ini malah bikin kulit memerah dan bikin kulit dia makin kasar. Eh, selang seminggu, kok malah menyebar ke lengan bawah sebelah kanan dan kaki, terutama area paha. Kasihan, karena tiap malam dia jadi garuk-garuk dan rewel tidurnya. 

Menyerah. Saya bawa ke klinik, ke dokter umum. Diberi obat pereda gatal dan sirup untuk mengatasi alergi. Tiga hari berlalu, saya kembali menyerah. Nggak ada tanda-tanda sembuh, malah bintik-bintik ini makin menyebar ke area punggung dan sedikit di pinggang. Daripada makin nggak jelas kapan sembuhnya, saya dan suami memutuskan untuk di bawa ke dokter kulit. 

Dokter kulit bilang, kalau kulit Fatin ini agak-agak sensitif dan harus hati-hati dengan benda yang dia sentuh. Apalagi saya ibunya, punya riwayat alergi. Yang dikhawatirkan itu, kalau alergi ini menurun ke Fatin. Lalu saya tanya dong ke dokternya, apa yang harus saya lakukan kalau anak ini sudah sembuh dan supaya sakit ini nggak muncul-muncul lagi. Dokter hanya memberi saran supaya selalu mencuci tangan dan kaki setelah dia main dan dijaga kelembaban kulitnya.

Bicara soal jenis kulit, saya mau tanya dulu deh sama pembaca blog saya, jadi #ApaJenisKulitBayimu? Kalau melihat dua tahun ke belakang, Fatin ini rentan banget dengan masalah kulit. Saat masih usia di bawah satu tahun, dia mudah ruam popok. Jadi kami harus jeli mencarikan popok, bahkan kadang popok yang sudah dia pakai tiap hari, kadang juga bikin ruam. Dan memang harus rajin pakaikan cream anti ruam.


Saat saya menghadiri talkshow tentang mengenal jenis-jenis kulit bayi di Pakuwon Mall tanggal 29 September 2018 kemarin, dokter Intan sebagai pembicara mengatakan, bahwa kita sebagai orang tua harus mengenal jenis kulit bayi kita supaya kulit bayi bisa terjaga dengan baik, dan saat bayi kita mengalami masalah kulit, bisa tertangani dengan baik dan tepat.

Kalau mau ditinjau lagi, kulit bayi sendiri ada tiga jenis, yaitu: kulit normal, kering dan atopik. Ciri-ciri dari jenis kulit bayi normal adalah lembut, selalu lembab dan selalu tampak bersih. Sedangkan ciri-ciri jenis kulit kering adalah kasar, bersisik, mudah kering dan kalau udah kering banget malah terlihat mengelupas. Lalu ciri kulit atopik adalah gatal, sangat kering, malah kadang keluar bercak merahnya.

Kalau melihat ciri-ciri dari kulit bayi yang sudah saya sebutkan tadi, sepertinya kulitnya si Fatin ini atopik ketika dia sedang ada masalah kulit seperti kemarin itu. Tapi, masalah kulit ini kan jarang sekali, jadi sepertinya kulitnya Fatin ini cenderung jenisnya kering. Setelah dia sembuh, saya perhatikan lagi, memang jenis kulitnya kering banget. Harus rajin pakai lotion supaya selalu lembab dan nggak bersisik.


Salah satu mother and baby skin product yang concern pada perawatan kulit bayi adalah Mustela, dengan varian Mustela Bebe. Rangkaian produk Mustela Bebe yang tediri dari produk mandi dan perawatan kulit ini, dipercaya mampu menjaga kulit bayi dengan baik karena kandungan yang ada di dalam produknya disesuaikan bahannya berdasarkan masing-masing jenis kulit bayi.

Di dalam varian Mustela Bebe, ada yang namanya Avocado Perseose, yang mana bahan ini merupakan bahan aktif alami yang memiliki sifat biomimetic. Apa sih manfaatnya biomimetic itu? Ada tiga manfaat yang bisa kita ambil langsung dari bahan alami ini, yaitu: melindungi dan menguatkan kulit bayi, menjaga kelembaban kulit bayi, dan menjaga kekayaan sel kulit bayi sejak dari awal penggunaan produk. Selain itu, Mustela ini alcohol free dan paraben free. Nah kan, kandungan ini juga kan yang selalu kita para perempuan juga cari dalam produk-produk skin care?


Ada beberapa produk dari Mustela Bebe yang menurut saya perlu banget dipakai untuk Fatin. Yang pertama adalah Mustela Gentle Soap with Cold Cream Nutri-Protecteur. Produk ini merupakan sabun batangan yang bisa dipakai sejak bayi baru lahir. Selain berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di wajah dan tubuh bayi, sabun ini juga berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit bayi.


Yang kedua adalah Mustela Barrier Cream dengan ukuran yang ada adalah 100 ml dan 50 ml. Produk ini memang dikhususkan untuk bayi yang mengalami ruam popok. Karena Fatin kadang kala masih menggunakan popok ketika tidur meskipun dia masih tahap toilet training, saya rasa produk ini cocok banget buat dia kalau ruam popoknya muncul. Cara penggunaannya gampang ya, layaknya cream pada umumnya yaitu dipakaikan tipis-tipis pada area yang kemerahan.


Yang ketiga adalah Mustela Hydrabebe Body Lotion. Kenapa saya suka produk ini? Iyap, karena produk ini menghidrasi kulit yang sedang kering alias mencegah dehidrasi kulit. Ngga kebayang gimana rewelnya bayi kita ketika mereka mengalami dehidrasi kulit bukan? Saya saja lho, wajah sedang dehidrasi, cari 1001 macam cara supaya kulit kembali lembab. Apalagi ini bayi ya kan? 

Ingin memiliki produk yang berasal dari Perancis ini? Membelinya cukup mudah karena produk ini tersedia secara online dan offline di Mothercare, Guardian, Viva generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat di kota Anda, orami.com dan JD.ID

Gimana, sudah mengenali jenis kulit bayi anda semua? Kalau ingin kulit bayi kita terjaga dengan baik sejak masih kecil, tinggal melihat ciri-cirinya dan mencari produk yang tepat untuk mereka. 

- MUSTELA - 

Intagram : @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature