Minggu, 07 April 2013

Review Buku : Cerita di Balik Noda


Judul       : Cerita di Balik Noda: 42 Kisah Inspirasi Jiwa
Penulis     : Fira Basuki
Penerbit    : Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun Terbit: Januari 2013
Jumlah Hal. : xii + 235 Halaman
ISBN        : 978-979-91-0525-7


Buku "Cerita di Balik Noda" adalah salah satu dari sekian buku yang saya nanti. Karena di berbagai media sosial, promosi buku ini gencar dilakukan. Saya nanti juga karena dari beberapa review teman, buku ini sungguh menginspirasi meskipun katanya penyampaian ceritanya menggunakan bahasa yang sederhana.

Noda yang ditimbulkan dari perilaku anak-anak adalah hal yang wajar di temui oleh para ibu. Noda adalah bukti bahwa si anak mampu belajar tentang hal-hal baru dan belajar untuk mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya dengan cara mengaplikasikannnya di kegiatan sehari-hari mereka. Bahkan kadang, beberapa perilaku dari anak-anak kita yang membuat bajunya kotor, menciptakan decak kagum karena ada ketangkasan di dalamnya. Bagi saya pribadi, berani kotor itu baik.

Apa yang saya sampaikan sebagai pembuka, tercantum dalam kisah-kisah para orangtua di dalam buku ini. Terdapat 42 kisah tentang hikmah-hikmah yang diperoleh dari kotornya baju anak-anak mereka. Masing-masing kisah dituturkan dengan bahasa yang sederhana namun mengalir dengan pas saat membacanya. Mungkin karena kisah-kisah ini diceritakan dalam bentuk yang pendek sehingga memunculkan kesan padat, pas dan tidak bertele-tele.

Hanya saja, ada beberapa penulisan yang salah dan terlewatkan pada saat proses editing di penerbit. Yang saya temukan antara lain :

- Pada halaman 3, saat si penulis menuliskan kalimat langsung "Selamat pagi semua!" yang tidak tertulis menjorok ke dalam
- Pada halaman 8, ada yang kurang dalam menuliskan kalimat "Konon dengan mengasuh anak bak anak sendiri". Mungkin seharusnya yang benar adalah, "Konon dengan mengasuh anak orang lain bak anak sendiri."
- Pada halaman 25, terdapat kesulitan penulisan kata "Buaya". Sedangkan seharusnya adalah kata "Buya"
- Pada halaman 45, huruf 'l' pada kata "Lumpur" yang terdapat pada paragraf pertama harusnya tertulis dengan huruf kecil
- Nama Dewi tertulis dengan nama Wulan. Hal ini bagi saya fatal, karena terjadi dari halaman 57-62. Banyak review yang mengatakan bahwa cerita 'Sarung Ayah' ini adalah kisah yang paling menyentuh. Tetapi karena kesalahan yang fatal inilah, membuat cerita ini bagi saya tidak lagi begitu menyentuh.
- Pada halaman 128 terdapat kalimat "Sering juga saat berlarian kesana kemari, dia tertidur di karpet". Mungkin maksud penulis yang benar adalah menuliskan kata setelah, bukan kata saat. Kan tidak mungkin, seseorang melakukan dua kegiatan sekaligus yang sifatnya berlawanan. Lari dan tidur.

Sejauh buku ini selesai saya baca, beberapa hal itulah yang menjadi perhatian saya jika dilihat dari sudut pandang tata cara penulisan.

Dan timbul pertanyaan setelah saya perhatikan cover buku ini. Saya heran pada penulisan nama pengarang di cover buku yang hanya mencantumkan nama FIra Basuki saja. DI buku ini, ada 42 kisah. Fira menuliskan hanya 4 kisah dan 38 kisah lainnya ditulis oleh peserta lomba menulis bertema "Cerita di Balik Noda" yang diadakan oleh Rinso Indonesia melalui facebook. Tetapi, entah kenapa yang di cover buku hanya tercantum nama Fira saja? Kesan yang timbul pertama kali sebelum saya membuka buku ini adalah 42 kisah di buku ini dituliskan oleh Fira seorang. Padahal tidak.

Setahu saya nih, kalau ditulis bersama-sama, maka di cover buku juga dicantumkan nama penulis lainnya. Kalau terlalu banyak, bisa disingkat dengan kata 'dkk'. CMIIW.

Demikian review saya atas buku ini. Sejauh dari beberapa hal yang menjadi perhatian lebih saya atas buku ini, saya mengacungi dua jempol atas kisah-kisah di dalamnya. Benar memang, kisah-kisahnya sungguh menginspirasi, menyentuh dan membuat kita belajar atas banyak hal dalam memperlakukan anak-anak.

15 komentar:

  1. sukses ya mak lombanya...saya belum posting...

    BalasHapus
  2. review buat lomba ya gan? mantaps neh! moga menang dehh..

    BalasHapus
  3. @rina. ayooo, segera posting. kurang 3 hari lho DL-nya :)

    @master biologi. hm, aku pakai jilbab lho,kayanya mending panggil sist deh daripada agan :)

    BalasHapus
  4. wah bagus-bagus reviewnyaaah

    BalasHapus
  5. kereen...teliti banget ya? iya emang banyak yang salah...sukses mbak...:-)

    BalasHapus
  6. @mbak hana. makasih pujiannyaaaa *sembunyi malu*

    @mbak nunung. aku malah nggak ada cerita tentang yang berhubungan sama salah satu cerita. review temen-temen lainnya juga bagus2..

    BalasHapus
  7. Ihihihi iya beberapa ada yang salah, sama menurutku banyak cerita yang maksa :D :D

    BalasHapus
  8. Detil banget Miss Rochma, kayaknya cocok jd editor :D

    BalasHapus
  9. @una. iya seh, ada yang maksa menurutku ceritanya. malah ada yang ceritanya itu kayanya 'melompat' dan terkesan tergesa-gesa. tapi ya, tetep aku kasih dua jempol *belom empat lho* :D :D

    @mbak leyla. hahaha, inilah akibat keseringan ikutan challenge nulis fiksi dan sering kena kritik masalah tata penulisan :)

    BalasHapus
  10. Typo emang kadang ganggu ya, Ma :)
    Mungkin karena Fira Basuki sudah punya nama di dunia tulis-menulis, Ma. Tapi kenapa enggak ditulis aja Fira Basuki, dkk. gitu ya? *ikutan bingung*

    BalasHapus
  11. @della. maksudku juga gitu, Del.. kan lebih enak gitu. kitanya sebagai pembaca nggak ngerasa kecewa. lagian, kasian para penulis itu, nggak tercantum namanya :)

    BalasHapus
  12. Nah ... saya juga gak sreg dengan penulisan nama seperti itu. Toh isinya bukan murni dari Fira Basuki ... bagusnya pakai "dkk" ... biar yang lain merasa juga "ikut memiliki" buku dan getol promonya :)

    Sukses ya mbak lombanya :)

    BalasHapus
  13. jadi pengen baca juga bukunya :)

    BalasHapus
  14. @bunda mugniar. aku kira juga awalnya semua yang nulis fira, bunda. ternyata oh ternyata :)

    @duniaely. ayo baca.. meskipun ada yang typo, tapi bagus kok isinya :)

    BalasHapus
  15. kereeeennn.... kritiknya begitu mendetail
    sampaipada kesalahan penulisan kata

    goodjob

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^