Selasa, 23 April 2013

Selamat Hari Buku Sedunia!

Buku adalah jendela dunia. Ya, istilah itu sudah sering banget kan ya kita dengar di mana-mana. Dannn... Istilah itu saya perdengarkan lagi tuh di murid-murid saya waktu ngasih bimbingan kelompok di kelas.



Setting : Kelas 9A

Dialog :

Saya    : Anak-anak, kalau memang ingin mengetahui banyak hal, jangan lupa baca buku. Kita tahu sendiri kan ada istilah kalau buku itu adalah jendela dunia.

Siswa A : Kita mah sukanya liat film, Bu. *sambil nyengir*

Saya    : Ibu juga suka liat film. Tapi tetap dong, yang kalian lihat kan harus film sesuai umur kalian.

Siswa A : *nyengir asem*

Siswa B : *angkat tangan:

Saya    : Ya? *sambil noleh ke siswa B*

Siswa B : Bu, kalau buku jendelanya dunia, kalau pintunya dunia apa?

Saya    : *lap keringat* *melongo barang sedetik* *segera cari di gugel*

____

Pelajarannya adalah :

Beneran lho saya dikasih pertanyaan seperti itu! Dan beneran lho, kalau remaja jaman sekarang tuh pertanyaannya aneh-aneh dan mereka tuh intinya ngetes orantua dan gurunya. 

Kalau jaman saya dulu waktu seumuran mereka, dikasih nasehat ini itu, iyaaaa aja. Kalau remaja sekarang? Kita bilang A, mereka jawab B. Kita bilang C, mereka jawab D. Jadinya yah, kita sebagai yang lebih gedhe ketimbang mereka, kudu siapin jawaban yang benar, tepat, logis sesuai umur mereka. Kenapa sesuai umur mereka?

Artinya begini. Seseorang, dalam hidupnya memiliki tiga siklus. Anak-anak, remaja dan dewasa. Remaja ada tiga yaitu remaja awal, remaja pertengahan dan remaja akhir. Dewasa juga begitu. Dannnn, tiap siklus ini punya rentang umurnya. Dan tiap rentang umur, memiliki tugas perkembangan masing-masing dan memiliki tingkat kemampuan kognitif yang berbeda-beda.

Nah, kalau kitanya kurang paham masalah ini, biasanya menyampaikan materi atau pembelajaran ke mereka jadi terhambat.

Dannn, beberapa hari yang lalu, saya dan Papa sempat diskusi tentang ini. Papa bilang, kalau orang jaman sekarang pastinya lebih pintar daripada orang jaman dulu. Kenapa? Pertama, faktor makanan. Kedua, faktor gen. Semakin ke depan, gen kita akan semakin baik karena istilahnya gen bisa memperbaiki yang salah. *soal gen ini sayanya masih setengah paham. heheh..*

Dari kalimatnya Papa, nggak heran juga seh kalau anak-anak jaman sekarang, mereka pinter banget. Beneran! Nggak cuma anak-anak yang memang udah pinter dari sononya. Bahkan yang punya banyak tingkah dan berulah, mereka juga pintar. Sayanya yang sering tangani masalah beginian bisanya cuma geleng-geleng. hihihi..

Oke, oke.. sekian curcol saya sore ini. Efek pengen baca buku tapinya si Arya nggak tidur-tidur. Dan setelah dia tidur, eh, malah keluar curcol beginian. hahahah...

SELAMAT HARI BUKU SEDUNIA..!!!! *lempar konfeti*



Buku-buku saya yang butuh lemari baru :)))
 

10 komentar:

  1. Wahhh... Buku2nya banyak Mak.. Dihibahin saja ke lemari saya qiqiqi...

    BalasHapus
  2. Jika buku itu jendela dunia, maka pintunya itu ilmu! *ini nebak mbak :))

    BalasHapus
  3. @matris. hihihi, tuker sama lemarinya ajah. :)

    @rin. aku liat di gugel, katanya pintu dunia itu adalah wanita. entah bener atau nggak :)

    BalasHapus
  4. Wah.... pertanyaan yang susah tuh. Udah dapat jawabannya belum mbak?
    Selamat hari buku sedunia... :)

    BalasHapus
  5. Setuju mbak... emang anak2 sekarang kritis2... kalau kita gak terus menerus belajar akan ketinggalan jauh ama mereka.
    BTW koleksi bukunya banyak juga mbak.

    BalasHapus
  6. @the others. kata mbah gugel, pintu dunia itu adalah wanita. :)

    @catatan kecil. bener tuh. nggak hanya mereka yang butuh belajar. kita juga lho. malah kita kudu ngikuti mereka juga, biar nggak salah waktu ngasih info :)

    BalasHapus
  7. intinya pintu dunia itu apa?! :D

    BalasHapus
  8. buku adalah jendela dunia, pintu adalah gudang dunia...hahaha,ibarat kita buka buku disitu sudah banyak ilmu bergudang2 yang harus kita serap..
    **komen ampun nih hihihi

    BalasHapus
  9. waaaa buku nya tebel tebel banget :D

    BalasHapus
  10. @Shafa. ayo bantu cariiiii.. :D

    @iis. hahaha, maksain deh kamu kayanya.. sek, tak cocokin jawabannya :))

    @dea. itu yang tebel pinjem, tapi belom dikembalikan :D

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^