Selasa, 09 April 2013

[Arya] Pertama Kalinya Arya Berenang

Postingan ini sebenarnya sudah mau saya buat seminggu yang lalu, saat Arya baru selesai berenang untuk pertama kalinya. Tapi karena banyaknya kegiatan di sekolah karena siswaku pada mau ujian nasional, trus Arya dan saya pilek batuk berjamaah, jadinya mundur deh publishnya.


Girang banget ini anak renang :))

Ceritanya neh, hari Minggu yang lalu, Arya berenang buat pertama kalinya! Aih, masih juga 16 bulan masa dah diajak berenang seh? Ih, nggak papa kali yee.. Secara, berenang buat bayi tuh banyak manfaatnya. Ini neh manfaatnya (sumber dari sini dan sini) :




- Memiliki keseimbangan dan kemampuan memahami lebih baik 
- Keterampilan fisiknya (motorik) saat dewasa juga akan menjadi lebih baik
- Anak-anak yang berenang sejak kecil akan terbiasa mengikuti instruksi atau mendengarkan perkataan orang lain
- Anak-anak yang belajar berenang sejak kecil bisa lebih mudah beradaptasi dan bersosialiasi dengan orang lain. Hal tersebut karena saat berenang, mereka biasanya bertemu dengan anak-anak lain
- Saat berenang, anak-anak belajar bagaimana orang berbicara saat memberikan instruksi untuk bergerak
- Berenang secara rutin juga bisa mempengaruhi nafsu makan dan pola tidur anak

Gegara nggak punya kolam kecil dari plastik, gegara kolam itu mahal harganya dan selalu habisin air *pelit kumat*, akhirnya saya sama Papa bertekad ngajakin Arya ke kolam renang umum ajah kalau mau berenang.

Dan setelah berminggu-minggu ditunda, akhirnya terlaksana juga. Sehari sebelumnya, kita belikan pelampung yang cocok buat si Arya yang usianya masih kurang dari dua tahun. Bentuknya bagus, si ikan nemo. Itu pun pilihan Arya sendiri, mungkin karena warnanya yang orange ngejreng ala gambreng. Dan saking senengnya Arya mau berenang, sayanya woro-woro ke keluarga saya sendiri dan keluarga mertua juga sambil ajak-ajak siapa yang mau ikutan. Terjaringlah saudara ibu saya yang biasa Arya panggil dengan sebutan 'Grandpa'.

Habis mandi, habis makan, habis siapin keperluan, setengah sembilan kita berangkat. Sampai disana, si Arya bersemangat sekali liat air segitu banyaknya. Kegirangan banget! Oke, oke, nggak lama-lama, nyebur deh.

Eh, lha kok pas nyebur si Arya malah ogah gitu? Maunya nggak mau diceburin di air, duduk aja gitu di pinggir kolam sambil kakinya kecipak-kecipak. Lha? Kemana semangatmu tadi, Nak? Karena nggak mau usaha mengenalkan pelajaran berenang ini gagal, akhirnya kita bertiga gotong royong ngerayu Arya supaya mau nyebur. Mulai dari badan yang dipegangi Papa trus kakinya digerakin Grandpa, atau dimasukin di pelampung *yang akhirnya nggak kepake sama sekali*, atau si Papa yang peragakan gerakan kecipak-kecipak tangan, atau si Papa yang berenang di di depan Arya.

Dan, akhirnya berhasil! Si Arya mau deh diajak nyemplung. Hore!!! Dan saya sama Papa gantian pegangin Arya, dan dianya asyik-asyikan kecipakin tangan sama kakinya. Kegirangan kali ya kalau air kena mukanya. Dan mama kepegelan pegangin Arya melulu *alibi pengen renang sendiri sebenernya*.



Wajah Arya ketakutan, wajah papa kegirangan :))


Pelampung nemo yang nganggur selama renang
Papa dan Arya yang kegirangan. Emaknya bagian poto-poto ajah :))
 Setengah jam berlalu. Gerakan Arya mulai melambat, nafas dah ngos-ngosan. Saatnya mentas alias sudahin dulu sesi berenangnya. Mandi, makan, pulang deh. Dan Arya tidur sampai hampir tiga jam! Biasanya mentok dia tidur cuma dua jam ajah. Kepegelan kali ya.

Saya sama Papa seneng, akhirnya bisa juga kenalin gimana berenang itu ke Arya. Dan senengnya lagi, Arya nggak pilek!


13 komentar:

  1. Harusnya pke pelapung pnjepit kpala itu zuh bt ank batita....tp lucu ya.kl q dlu sih renangnya di sungai zuh xixixi.....mwah bt jagolang

    BalasHapus
  2. mana mau is, orang dia pakai topi ajah ditarik-tarik :))
    salam muah juja dari jagolang :*

    BalasHapus
  3. Nadya juga pertama kali renang umur setahun lebih deh, Mak. Cakep kolam renangnya, di mana tu? :D

    BalasHapus
  4. Bim n Bit juga baru dua bulan belajar berenang. Karena papanya juara renang, so yang ngajar sih Papa nya sendiri. Tapi mereka manjaaaaaaaa....akhirnya cari guru renang deh...Goodluck ya Arya..

    BalasHapus
  5. menyenangkan sekali ya berenang tuh....

    BalasHapus
  6. renang satu satunya olahraga yang saya suka
    karena kalo renang, kita gak bakalan keringetan
    hehehheee

    BalasHapus
  7. @della. mihihi.. toss dulu ah. awalnya nggak yakin ngajakin arya renang umur segitu. tapi manfaatnya itu lho.. itu kolam renang dikotaku..

    @mama obito. kata kebanyakan orang tuh emang gitu deh, ma. kalau dilatih sama ortunya sendiri bawaannya jadi manja :)

    @vanisa. ayooo ikutan :)

    @dija. asyik lho. ikutan yuk kapan-kapan :)

    @elsa. hahaha, bener tuh. nggak keringetan dan tiba2 badan dah capek semua.

    BalasHapus
  8. Wan, nanti dikesempatan kedua bisa-bisa nggak mau keluar kolam padahal sudah mulai biru-biru sang bibir. Selain bikin tidur nyenyak, bikin si adek makan banyak lho Mak....

    BalasHapus
  9. @sarijeruk. iya, mak. bener tuh kata dirimu. malamnya habis renang, tidurnya nggak nyenyak. kayanya badannya sakit semua. tapi selanjutnya, waduh, tidurnya sampai nggak kerasa ada yang ganggu :)

    BalasHapus
  10. mbak aku mau nanya-nanya nih, pas baca postingan yang arya mnum susu uht, umur berapa ya?? lagi stress nih kynan menolak asip :(, maap ya komentarnya ga nyambung...hehe

    BalasHapus
  11. @nopie. uht boleh diminum diatas usia 1 tahun. aku dulu pertama kali cobain arya susu preustirisasi dulu. baru pas arya doyan, aku beralih ke uht. eh, mau...
    kalau asip nggak mau, coba berbagai macam cara. misalnya, pakai sendok, pakai sedotan, atau ngasihkannya pas masih hangat, atau sambil digendong.
    emang kynan umur berapa?

    BalasHapus
  12. masih 6 bulan tanggal 7 kemarin, dia lagi belajar makan,,trus 2hari kemarin mogok asip, udah dicoba sedotan ama cangkir minum ga mau, yang pake sendok masih belum dicoba, maunya nenen langsung mbk..

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^