Rabu, 22 April 2015

Cara Membuat Akun dan Menjual Barang di Shopious

credit
- Sponsored Post -

***

Cara Membuat Akun dan Menjual Barang di Shopious - Sekarang ini, belanja secara online sudah dilakukan banyak orang karena kemudahannya. Saya, suami dan kedua adik ipar, suka sekali belanja online. Padahal nih, kami juga punya waktu sendiri lho buat belanja-belanja di mall. Tapi memang, belanja online itu punya daya tarik tersendiri *kekepin ATM*. Lha kita tinggal buka komputer atau handphone, buka search engine atau media sosial, ketikkan nama barang yang kita cari, dan wush... keluar deh semua contoh barang yang kita inginkan berserta gambar dan spesifikasi barangnya.

Tiba-tiba, saya jadi mikir tentang penghematan. Lha kalau saya belanja terus, lama-lama tabungan saya jadi jebol dong. Mutar otak deh gimana uang biar tetap utuh tapi saya juga tetap bisa belanja-belanja. Salah satu caranya adala cari penghasilan tambahan. Caranya? *mikir lagi, puyeng*

Karena banyak teman yang sekarang mulai merambah jadi penjual online, saya jadi tertarik juga nih jualan online. Mulai deh mikir gimana kalau saya jualan online juga. Dan ternyata setelah lihat pergerakan pasar, jualan online sepertinya memang lebih mudah karena saya ntar nggak perlu buka toko offline. Belum lagi, jualan online kan bisa juga disambi sambil melakukan aktivitas lain. Lebih hemat biaya, lebih hemat energi.

Lalu saya mikir lagi *kebanyakan yang dipikir ini emak*, enaknya toko online-nya konsentrasinya di mana ya? Tiba-tiba, nama instagram lewat di otak. Dan Alhamdulillah, toko online di instagram dengan nama RR Scrap and Craft sudah jadi dan tinggal share foto-foto hasil karya scrapbook saya.

Tapi, kok progress RR Scrap and Craft di instagram nggak bagus ya? Lama-lama, memang jualan di instagram itu banyak banget saingannya. Belum lagi mencari follower itu, susahnya minta ampun. Masa iya saya mau beli follower? Nipu calon pembeli dong namanya. Akhirnya, kepikiran buat cari portal jual online yang bisa mewakili sense saya seperti saat buka akun di instagram.

Alhamdulillah, ada! Namanya, Shopious
Tampilan Shopious di handphone

Nggak menunggu waktu lama deh saya untuk buat akun di sana melalui handphone karena laptop saya sedang bermasalah. Begini ya langkah-langkah untuk bisa menjual barang kita di Shopious.

1. Setelah saya meluncur ke website-nya, saya tinggal arahkan kursor ke pojok kanan atas dan meng-klik ‘Buat Akun’.

2. Lalu akan muncul form pendaftaran untuk buat akun baru. Saya isi semua data diri lengkap, kemudian saya klik kotak ‘Daftar’.
Klik 'Buat Akun'

Form pendaftaran

3. Setelah saya menerima email konfirmasi pendaftaran, kemudian saya diantar ke ‘Account Setting’ untuk mengisi profil saya dengan rinci dan memberi foto untuk toko online saya di Shopious. Tanpa pikir panjang, saya isi semua data diri yang berhubungan dengan toko dan memberikan contact person yang jelas. Setelah semua data diri terisi, saya scroll ke bawah dan menekan tombol ‘Simpan’.
Isi semua data diri toko kita :)

4. Jika sudah tersimpan, disebelah kiri atas ada tombol berupa tiga garis mendatar. Saya klik itu dan keluarlah beberapa pilihan menu. Jika ingin jualan saya terpajang di Shopious, saya tinggal klik menu ‘Mau Iklan Toko’.

5. Kemudian, saya dibawa ke page ‘Iklankan Toko’. Silakan baca cara-cara mengiklankan di Shopious dengan rinci, karena ternyata sangat berbeda dengan kita memasang iklan di portal jual beli lainnya.
tekan 'Mau Iklan Toko'

Page saat kita mau iklankan barang :)

6. Kemudian scroll ke bawah, carilah kolom yang meminta kita memasukkan akun instagram jualan kita. Isi nama akun instagram kita di sana, kemudian tekan tombol ‘OK’

Masukkan akun jualan kita di instagram
7. Tak lama kemudian aka nada pemberitahuan bahwa nanti kita akan dihubungi pihak Shopious jika memang iklan kita sudah terpasang di sana.

Nah, praktis bukan cara membuat akun dan menjual barang di Shopious? Saya saja bisa melakukannya dengan menggunakan handphone. Saran saya sih, sebelum membuat akun di Shopious, silakan baca rule-nya, karena memang akan sangat berbeda cara kerja Shopious dengan portal jual beli lainnya. Tapi saya jamin deh, enak kok buat akun di Shopious karena kita nggak perlu susah-susah upload gambar lagi dan memberi caption gambar karena semua sudah disinkronkan dengan akun jualan kita di instagram oleh admin Shopious.

Selamat mencoba.
Ria Rochma

***

11 komentar:

  1. asik nih belanja di instagram gapake ribed dengan hastag itu #curcol :D

    trims ya informasunya, meluncur ke TKP aah...

    BalasHapus
  2. bisa bikin akun juga ya ternyata

    BalasHapus
  3. saya pengen deh kapan2 belanja di shopious :)

    BalasHapus
  4. Mau coba kapan-kapan.. akunya blm biasa belanja online, perlu dicoba :)

    BalasHapus
  5. Hihi.asyik ya..aku juga kepikiran buat daftar olshop instagramku

    BalasHapus
  6. Kudu punya instagram dah ini mak ya....
    Ketahuan gk kekinian dah eikeh.,hehehe

    BalasHapus
  7. belum pernah nyoba cz nggak punya instagram... -.-"

    BalasHapus
  8. Caranya ngga ribet ya, Mbak :D

    BalasHapus
  9. jadi tertarik untuk jualan juga di shopious

    BalasHapus
  10. Shopious kayaknya termasuk racun baru buat belanja online. Menggoda untuk belanja :D

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^