Kamis, 09 April 2015

Belanja Fashion yang Nyaman? Ya di Shopious Saja!

credit
Belanja Fashion yang Nyaman? Ya di Shopious Saja!

Siapa yang suka belanja online? Saya!
Yang lainnya? Pasti banyak sekali.

Belanja secara online, sekarang sudah benar-benar menjadi tren karena semakin sibuknya orang-orang dengan kegiatannya. Penyebab paling sering, seperti tuntutan kerja yang kadang menggila karena lembur atau deadline yang mepet-mepet. Badan sudah capek benar kalau mau dibuat kemana-mana, walaupun sekedar window shopping. Ditambah lagi macet yang nggak banget, tambah bikin males buat mampir-mampir setelah pulang kerja. Kalau weekend datang, lebih banyak diisi dengan kegiatan bareng keluarga atau teman.
Nah, kalau sudah gini, belanja online bisa jadi solusi.



Saya nih, termasuk yang suka sekali belanja online. Praktis, itu saja sih alasannya. Lagi pula, dengan belanja secara online, saya bisa dengan mudah membandingkan barang yang satu dengan yang lain tanpa harus capek-capek keliling pasar. Dan alasan lain saya belanja online adalah jika barang yang saya inginkan itu nggak dijual di kota saya. Seperti bahan craft atau barang-barang handmade.

Salah satu portal belanja online yang saya kunjungi adalah Shopious. Cantik kan namanya? Yes, secantik barang-barang yang dijual di sana. Awalnya, saya kenal Shopious ini karena saya mencari baju yang saat itu saya tahu hanya dijual di instagram. Karena harga di instagram masih mahal untuk ukuran saya, saya coba cari di google dengan mengetikkan kata kunci yang sama dengan yang ada di instagram. Dan, taraaaa.. ketemulah barangnya di Shopious dengan harga yang lebih murah.
Baju yang saya incar
Asyiknya belanja di Shopious adalah kita nggak perlu bingung cari jenis barang dan modelnya karena sama adminnya sudah diketegorisasikan sesuai dengan kebutuhan pembeli. Misal nih, ada kategori ‘Wanita’, yang mana memiliki subkategori blus, t-shirt, tank top, cardigan, blazer, lingerie dan sepatu. Pembeli tinggal arahkan saja kursor ke subkategori, klik, dan beberapa detik kemudian semua barang yang sesuai dengan subkategori akan muncul di layar.

Atau lebih mudah lagi nih. Ada fitur bernama ‘Filter’ yang nantinya akan mengkategorikan barang dengan lebih rinci lagi. Ada filter berdasar harga, dimana nanti barang akan muncul di layar sesuai dengan budget kita. Ada juga filter berdasar lokasi penjual, yang memudahkan kita soal ongkos kirim. Ada juga filter lain yang menarik buat saya, yaitu berdasar reseller atau dropship. Nggak perlu lagi bingung cari barang kalau mau beli dalam jumlah banyak dengan harga yang lebih murah. Atau, kalau kita ingin jualan dengan sistem dropship, tinggal filter aja pakai fitur ini untuk lihat barangnya apa saja.

Fitur filter di Shopious

Kalau memang kita lagi longgar dan ingin menambah wawasan tentang fashion, silahkan saja menuju blognya Shopious. Di sana, banyak materi yang diberikan buat para penjual dan pembeli lho. Apa saja tren fashion masa kini, tips berjualan secara online serta tips supaya kita tampak fashionable. Karena Shopious adalah media untuk menjual barang, mereka juga memberi tips merawat barang yang sudah kita beli supaya tetap awet.

Lalu, ribet nggak sih buat akun kalau kita mau jualan di sana? Nggak. Gampang banget kok. Tinggal klik aja tombol ‘Daftar’, ntar akan keluar ‘Form Pendaftaran’. Isi lengkap, dan taraaa.. jadi deh akun kita. Kita bisa pakai akun itu buat jualan atau buat ngasih reward ke penjual yang kita beli barang di dia.
Form pendaftaran kalau mau buat akun di Shopious

Hanya saja, ada sedikit nggak nyaman sih ya saat search barang di Shopious. Itu tuh, widget ‘Bikin Akun’ yang ada di sebelah kiri layar, yang terus keluar saat saya buka page baru. Belum lagi, widget ini terlalu besar , hampir separuh layar. Jadinya, tiap buka page baru, saya selalu pencet tombol silang di widget ini biar nggak mengganggu acara belanja saya. Baiknya sih, buat saja widget yang nggak terlalu besar tapi mencolok, kemudian letakkan di sidebar sebelah kiri yang tampak masih kosong. Ukuran widget juga nggak sampai menutupi pilihan barang-barang yang ada di layar. Calon pembeli mau belanja jadi nyaman, dan tanpa mereka sadari, Shopious sudah menanamkan di otak mereka tentang cara membuat akun karena calon pembeli terus-terusan melihat widget ini dengan cara yang nyaman.
widget 'bikin akun' yang selalu muncul tiap buka page baru

Terus ada lagi nih soal ketidaknyamanan saya. Ada beberapa toko online yang tidak mencantumkan harga barangnya dan hanya mencantumkan keterangan ‘Tanya Penjual Dahulu’. Padahal kan ini online, sedangkan salah satu prinsip jual beli online menurut saya adalah cepat dan praktis. Saya nggak mau dong ribet dengan tanya harga barang dulu ke penjual dengan harus add pin BBM, add nomer whatsapp atau add line. Iya kalau balesnya cepat, kalau lama balesnya? Males juga kan akhirnya mau beli. Kalau saya, mending ke penjual lain yang sudah mencantumkan harga dan saya tinggal pesan aja waktu chat sama mereka. Okelah kalau itu online shop untuk barang handmade karena penjual barang handmade ini biasanya menghargai barangnya sesuai dengan kesulitan pembuatan.

Tapi dari keseluruhan, saya masih nyaman kok belanja di Shopious. Recomanded banget deh sebagai portal penjualan barang-barang fashion secara online. Ayo ke sana! Pilih-pilih barangnya yang cantik-cantik itu, dan dijamin pasti ketagihan.



Salam hangat,
Ria Rochma

***

Facebook - Twitter - Instagram - Google+

11 komentar:

  1. asik ya,ada tips2nya....namanya unik,shopious

    BalasHapus
  2. Semoga dapat baju yang diinginkan mbak. Bajunya cantik, warnanya aku suka :)

    BalasHapus
  3. ya ampun itu baju bagus banget yak... warnanya aku suka mbak :) cucok dan keren maksimal dah...

    BalasHapus
  4. Shopious, baru dengar nama toko onlinenya. Wah makin banyak ya sekarang toko online di negara kita. Bisa dipke ceki-ceki harga :D

    BalasHapus
  5. Bajunya cantik, saya suka warnanya.
    Smoga menang

    BalasHapus
  6. Gaun incaranmu cantik banget Mba... semoga berhasil mendapatkannya yaaaa

    BalasHapus
  7. bagus gaunnya, Mak. Semoga dapet, yaaa ^_^

    BalasHapus
  8. bajunya bagusss banget... aku yo pengen itu #pengenan :(

    BalasHapus
  9. Huooooo bajunya cakep bangeeeeetttt!!! Kok aku ga nemu baju ini ya.... Ya iyalah orang aku nyarinya ke bagian tas sama dompet aja. :D :D :D

    BalasHapus
  10. Oooo baru tau ada situs olshop baru :)

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^