Kamis, 30 April 2015

#BeraniLebih Mengenalkan Dunia Blogging pada Orang Lain


credit

Sebenarnya, nggak banyak yang tau kalau saya suka ngeblog. Apa itu blog, mesti ngapain aja pas ngeblog, trus dapat apa saja dari ngeblog, hanya beberapa orang saja yang tahu. Karena memang di lingkungan saya, ngeblog masih merupakan hal baru. Bahkan, ada beberapa teman yang masih beranggapan bahwa segala hal yang berhubungan dengan internet itu selalu menjadi dunia laki-laki.

Tapi bagi saya, dunia tulis-menulis itu nggak melulu orang sastra saja yang bisa, akhirnya saya beranikan diri untuk mengenalkan dunia blogging ke teman-teman. Berawal ketika buku kolaborasi fiksi kedua dan ketiga saya terbit dan beberapa kali dapat hadiah dari ikut giveaway. Ditambah lagi karena saya sering upload foto serunya punya teman baru karena ngeblog, membuat teman-teman saya semakin mengerti mengapa saya suka sekali ngeblog dan menulis. 

Jika prinsip dasar dari ngeblog adalah ‘share and care’, saya pun #BeraniLebih untuk melakukan itu. Saat saya dibutuhkan untuk membimbing siswa autis membuat blog guna persiapan ikut Olimpiade Siswa Nasional (OSN) khusus sekolah inklusi tingkat kabupaten, saya siap saja. Alhamdulillah, dia mendapat juara dua dan bangga sekali akhirnya siswa program inklusi bisa membanggakan sekolah dalam hal teknologi.

Sejak itu, banyak diantara siswa saya yang mulai memberanikan diri chatting dengan saya tentang dunia kepenulisan. Saya bahagia, sangat! Karena akhirnya saya bisa mengenalkan dunia blogging ke siswa-siswa saya dan menyemangati mereka untuk menulis. 

Oh iya, saya punya dua belas sahabat SMA yang solid. Kami dekat malah setelah kami lulus. Dan disaat kami mulai berbincang banyak hal tentang dunia perempuan, tercetuslah ide dari salah satu mereka supaya saya mau bimbing mereka untuk bisa ngeblog. Tapi karena kami semua memiliki kesibukan sebagai perempuan yang multitasking, akhirnya ide itu menjadi sebuah ide yang terendap. 

Hingga akhirnya, awal bulan Maret kemarin, ide yang terendap itu terwujud dengan bentuk yang berbeda. Kami sepakat untuk membuat sebuah blog bertema perempuan dan motherhood, yang mana kami semua bisa menulis di sana. Dan saya diberi tongkat kehormatan untuk menjadi admin dan editor sebelum mereka mem-publish tulisan mereka di blog. Alhamdulillah, blog Obrolan Kita resmi masuk dunia blogging tanggal 24 Maret 2015.

Blog Kroyokan emak-emak multitasking :D

Memunculkan semangat menulis dalam grup ini, sungguh suatu tantangan. Dan yang lebih menantang lagi untuk ke depannya adalah menjaga semangat menulis itu, karena ketigabelas perempuan multitasking ini juga memiliki kesibukan di dunia nyata. Ya, saya akui, kadang semangat kami menurun, tapi terus kami memotivasi diri untuk mau berbagi. Saya juga memotivasi mereka bahwa banyak manfaat yang bisa didapat dengan menulis sebuah artikel di blog ini, termasuk menulis bisa menjadi terapi saat kami stres. Bahkan dalam candaan kami, siapa tahu blog ini bisa menjadi warisan untuk anak-anak kami selain nantinya kami mewariskan ilmu kehidupan. 

Bismillah, semangat #BeraniLebih untuk mengenalkan dunia blogging pada orang-orang disekitar saya, semoga bisa terus saya lakukan. Karena saya sudah merasakan manfaatnya, dan saya yakin, suatu hari mereka pun merasakan manfaat yang sama seperti saya.

FB : https://www.facebook.com/Ria.Rochma?fref=ts
Twitter : @Ria_Rochma

***

Facebook - Twitter - Instagram - Google+

Tulisan ini diikutkan dalam kompetisi Tulisan Pendek #BeraniLebih

19 komentar:

  1. Bs jd begini y mak ketemu dg sahabt2 yg doyan nulis jg..jd lbh produktif lg yak..inspiratif nih..:)

    BalasHapus
  2. Semoga bisa jadi juara mba di kontes #BeraniLebih :)

    BalasHapus
  3. asik aja kl ngeblog rasanya,apalagi kalo bisa ngajak orang ngeblog...bahagia itu sederhana

    BalasHapus
  4. Wahhh.. keren bisa bikin komunitas lagi, mba... di sekitar saya, yang tau saya ngeblog cuma segelintir orang terdekat. malah dari blog lah saya mendapat teman-teman baru

    BalasHapus
  5. heem bener sekali mbak..seenggaknya kita bisa menularkan virus blogging pada teman2 :)

    BalasHapus
  6. kamu keren banget maaak....go go tularkan virus ngeblognya yaa :*

    BalasHapus
  7. keren banget mbak... bisa mengajak teman2 gitu, saya dulu sering banget ngajak teman2 untuk ngblog, tapi setelah... bisa dibilang menyerah... saya sampai pada perkataan mbah kakung (kalau tidak salah)... "pada akhirnya, ngblog bukan untuk semua orang".....

    BalasHapus
  8. Ngeblog dengan niat untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat agar bernilai ibadah
    Semoga berjaya dalam kompetisi
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  9. amin
    semoga ksnnya aq bisa tetep ngeblog jg mak
    berani lbh mngenalkan blog ke org apapun itu pasti bermanfaat
    salam knal ya mak
    @guru5seni8
    pnulis di www.kartunet.or.id dan http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Menebarkan virus kebaikan lewat blog ya Mak :)

    BalasHapus
  11. assalamu'alaikum
    saya termasuk pemula di dunia blogging...,
    masih ada beberapa pertanyaan kecil yang masih terperangkap dibenak saya tentang blog, krn sejauh ini saya hanya menikmati blog seperti nulis diary. semoga mba Ria bisa memberi beberapa pandangan tentang manfaat blogging lebih detil lagi :-)

    BalasHapus
  12. Banyak yang belum mengenal dunia blog ya mak, jadi ngga tahu gimana asyiknya, semangat terus tularkan virus ngeblognya maak

    BalasHapus
  13. Belajar berusaha dari kecil ,besar nanti jadi tangguh ya

    BalasHapus
  14. Terus semangat menebar virus blog, mak!

    BalasHapus
  15. ibu-ibu produktif! :D

    hebat nih mbak bisa #BeraniLebih melakukan hal-hal yang positif, mendukung setiap orang untuk blogging,-blogging itu memang asyik 6_^

    BalasHapus
  16. wih, berarti mbak ini tipe2 penggerak ya.
    mantaplah mbak, lanjutkan! :)

    BalasHapus
  17. Thanks for inspiring me, Mbak.. :D

    BalasHapus
  18. banyak orang yang belum ngerti apa itu blog, padahal banyak yang udah akrab sama internet. Semangat, Mbak :)

    BalasHapus
  19. emang bisa ngajarin anak-anak berwirausaha ?

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^