Senin, 04 November 2013

Nugget Sapi Ala Mama Arkananta

Nugget Sapi Homemade ^^
Ceritanya, saya kemarin habis gilingkan daging yang rencananya mau dibuat bakso. Pas proses bikin baksonya, jadinya banyak banget dan masih banyak sisa daging gilingnya. Saya simpan saja itu sisa daging gilingnya di freezer. Bakso habis, saya jadi mikir lagi itu sisa daging gilingnya buat apa enaknya. Sambil tenger-tenger, keinget postingannya mbak Enny Mamito kalau habis bikin nugget.

Baca postingannya mbak Enny, search juga resep nugget lain di google, dan akhirnya meneguhkan hati buat bikin nugget. Sip deh!


Bahan utama, gilingan/cacahan daging 250gr. Bumbunya, bawang putih, bawang merah, merica dikit aja, gula, garam. Bahan lain, 3 butir telur, roti tanpa pinggiran 3 lembar, susu full cream 500 ml, tepung panir.

Haluskan bumbu, tumis sebentar lalu campurkan ke daging yang sudah dicincang. Nah, karena daging yang saya gilingkan itu sudah ada campuran bahan itu tadi, saya lewati tahap campur-tumis itu.

Lalu siapkan roti tawar dan rendam di susu cair full cream. Kalau lebih dari 500ml, rotinya ngga bisa meresap susu semuanya. Sayang susunya juga kan, bisa buat diminum *emak pelit kumat*. Lalu campurkan rendaman roti tadi ke adonan daging yang udah dicampur bumbu tadi. Tambahkan wortel yang sudah dipotong halus, juga tambahkan kuning telur 2 butir. Campur aja sampai rata.

Lalu, siapkan wadah buat mengukus, olesi mentega. Masukkan adonan tadi ke wadah, kukus selama 20 menit. Setelah matang, diamkan sejenak biar nggak panas-panas amat. Kalau sudah dingin, potong-potong jadi bentuk persegi. Tapi jangan tebal-tebal ya, kalau ketebalan ntar pas digoreng ngga matang sampai dalam. Lalu siapkan telur dan tepung panir. Potongan bakal nugget tadi, lumeri dengan telur lalu gulingkan di tepung panir.
Adonan yang udah dikukus ^^

Adonan yang udah ditaburi tepung panir ^^


Kalau saya, setelah itu ngga langsung saya goreng, tapi saya simpan dulu di freezer. Kalau sudah beku, baru tuh saya goreng. Rasanya lebih kriuk. Lha sisa tepung panir yang ngga dipakai, saya campur sama telur ayam kampung dan sedikit garam buat makan siangnya Arya.

Saya pikir Arya ngga mau itu nugget, karena memang rasanya nggak sesedap yang beli jadi *ya iyalah, beli jadi penyedap buatannya banyak banget*. Ternyata Alhamdulillah, Arya suka banget. Sekali makan, habis dua nugget. Banyak juga untuk ukuran anak usia belum dua tahun. Aih, jadi semangat ngasih makan Arya makanan homemade deh, seperti waktu masih awal Arya MPASI dulu.

Sip!
Mari sehatkan anak kita dengan makanan buatan sendiri ^^

23 komentar:

  1. Maknyossss deh liatnya mak, tepung panir itu kan yang kuning2 disini susahhh

    BalasHapus
  2. Eh..aku sering tuh bikin nugget sendiri.. lebih hemat dan kalo aku suka aku tambahin parutan wortel.. kadang irisan bayem.. krn nugget itu anak2 doyan dan suka ngegado buat cemilan istirahat keluar main.. jadi aku pikir kenapa gak aku selipin sayuran juga di dalamnya.. tidak mempengaruhu rasa kok
    Tetep enak tapi anak otomatis jadi makan sayur juga pas nyemil

    BalasHapus
  3. @mbak hana. aku pernah baca tuh di internet, tepung panir bisa diganti sama tepung roti. roti kita keringkan pakai microwave atau digoreng, trus dihaluskan. jadi deh mbak pengganti tepung panir :)

    @mbak ade. nanti aku mau coba campur bayam juga, mbak. sip yah ternyata :)

    BalasHapus
  4. bikin makanan trus anak makan dengan lahap rasanya haruuu bangettt... mbak, intip resepnya yaah ^.^

    BalasHapus
  5. ya ampunnnn,,,kenapa g tanya aku???dulu q tahu resep nugget gara2 temenku anak UB bisnis nugget sm yogurt hehe,,tiap hari makan itulah hehehe.....
    mauuuuu...bungkus bungkusss :D

    BalasHapus
  6. itulah manfaat baca postingan orang. Jadi tahu membuat nugget sendiri kan kak

    BalasHapus
  7. @iis. hahahaha, aku lupa kalau kamu dulu ngekos sama siapa itu, lupa aku. hihihi...

    @websitemini. sippo.. itulah gunanya ngeblog :)

    BalasHapus
  8. Buatan emak sendiri lebih sehat dan aman.... Nugget yang sesuai 4 Sehat 5 Sempurna

    BalasHapus
  9. belum pernah bikin nugget pake daging sapi..pengen nyoba juga ah..thanks mb daku jd terinspirasi nih ^_^

    BalasHapus
  10. Emak cantik bisa masak hihihi

    BalasHapus
  11. @medical health. Terima kasih. Semoga bisa selalu menyehatkan anak kita :)

    @mbak enny. Eh, masa mbak? Sek, sek, masa aku salah baca postingan orang ya?

    @jiah. Saya mah emak ga bisa masak. Bisanya ngeblog ajah.:)))

    BalasHapus
  12. Waduh... tadi di rumah bu guru Hanna ada makanan.. sekarang dikasih artikel soal makanan lagi hihihi.. laper...lapeer

    BalasHapus
  13. woww bisa dicoba nih mbak buat Kynan :)

    BalasHapus
  14. sy selalu pengen bikin nugget sendiri. Tp gak ke sampean jg. Semoga stlh liat ini, sy makin semangat :D

    BalasHapus
  15. mampir dimari jadi pengen nugget,

    BalasHapus
  16. @om lozz. ayo, silahkan diincipi, mumpung baru mentas dari gorengan :)))

    @all. silahkan dicoba resepnya :)

    BalasHapus
  17. Bagiii donk,maaaa..Sepiring full ajah :D

    BalasHapus
  18. Rajinnya..
    Blum pernah nyobain nih bikin baso & nugget sapi..

    BalasHapus
  19. boleh mesen ga sama mba aja deh *ngiler

    BalasHapus
  20. ayo, ayoooo.. yang mau nugget dah jadi, ke gresik yaaaaa :)

    BalasHapus
  21. Liat fotonya nelen ludah sendiri jadinya... Belum pernah makan nugget sapi, nugget beli jadi biasanya ayam tok :D

    BalasHapus
  22. ayo bikin una, tuh dah kukasih cara bikinnya :)
    ntar aku bagian incip-incip :)

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^