Kamis, 28 November 2013

Manfaat Menggambar Bagi Anak Usia 2 Tahun

Mencampur warna :))


Saya termasuk salah satu pembaca blog milik mbak Lianny, karena banyak tulisan dari mbak Lianny yang memberikan banyak tips. Nah, waktu dia bikin GA November ini, langsung deh ubek-ubek blognya. Ubek-ubeknya sih udah lama, tapi baru kegarap sekarang *maaf baru setor*. Dan saya memilih tulisan ‘Kembangkan Kreativitas Anak dengan Melukis’ sebagai tulisan favorit saya. Dari tulisan mbak Lianny ini, saya jadi bisa menemukan manfaat menggambar bagi anak usia 2 tahun lho!

Dari tulisan mak Lianny ini, saya jadi mengetahui bahwa kegiatan melukis tidak hanya itu saja-saja. Bukan hanya melukis dengan cat air, selesai. Tapi banyak cara supaya kreatifitas si anak bisa muncul, seperti menaburkan garam supaya bertekstur, menggunakan biji-bijian, menempeli hasil lukisan dengan helaian benang, dan membingkai hasilnya. Tuh kan, banyak bisa dilakukan dengan melukis bukan?

Kalau saya nih, sebelum mengenalkan Arya melukis, saya sudah jauh-jauh hari mengenalkan Arya pada menggambar.  Karena bagi saya, sebelum mengetahui teknik melukis, ada baiknya si anak mengetahui dahulu teknik menggambar. Arya kalau diajak menggambar, bersemangat sekali. Tapi nggak masalah sih, karena menggambar banyak manfaat untuk tumbuh kembang Arya, baik secara motorik atau psikisnya.

Beberapa manfaat menggambar bagi anak usia 2 tahun sesuai dengan pengalaman saya adalah :

1. Menggambar dapat melatih kemampuan motorik halus anak. Kemampuan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan (sumber). Salah satu cara untuk melatih motorik halus anak adalah dengan menggambar. Keuntungan yang saya dapatkan, sebelum umur 2 tahun, Arya sudah baik lho cara memegang pensilnya.
Perhatikan deh cara Arya memegang bolpoin :)


2. Menggambar bisa menambah wawasan si anak. Saya tidak peduli dengan gambar saya yang acak kadut asal saya bisa menggambar bentuk bebek, kucing, sapi, rumah, pohon, mobil, bis, dan lainnya. Mengapa? Karena dengan menggambar, saya mengenalkan bagian-bagian pada tiap benda itu. Misalnya, berapa kaki kucing, berapa jumlah roda bus, dimana letak lampu motor, bagaimana bentuk roda, dsb.

3. Menggambar bisa melatih keberanian anak untuk bertanya pada orang lain. Bagi Arya yang masih berusia 2 tahun, menggambar bisa dengan cepat melatih kemampuan bertanya yang baik. Misalnya saat Arya bertanya tentang warna yang dia cari, dia saya latih untuk menggunakan bahasa yang sopan. Seperti, “Mama, crayon merah yang mana?”. Meskipun akhirnya Arya hanya bisa bertanya dengan kalimat, “Ayon eyah, ana, Ma?”.

4. Kalau kegiatan menggambar ini dilakukan bersama temannya, maka akan melatih kemampuan bersosialisasi anak. Kemampuan ini antara lain menghargai hasil karya orang lain, melatih anak untuk mau meminjamkan alat menggambarnya kepada temannya dan menjalin komunikasi yang baik antara anak dan temannya. Tetapi karena Arya masih 2 tahun, saya masih mengawasi dia dari jauh saat menggambar bersama temannya. Karena pada usia ini, sifat ke-aku-an anak sangat dominan. Saya nggak mau ujung-ujungnya bertengkar karena mereka tidak mau saling meminjamkan alat menggambarnya.
Menggambar bersama kakak Eba dan Umi :)

5. Menggambar akan mengenalkan anak pada bentuk. Kita bisa mengenalkan bagaimana bentuk segitiga, segiempat, lingkaran, garis panjang dan pendek, gambar kecil dan besar, dan masih banyak lagi. Mungkin hasil yang kita inginkan tidak akan terlalu terlihat pada hasil gambar mereka. Namun ketrampilan ini akan terlihat jika diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya saat menyuruh anak memasukkan benda yang sesuai dengan bentuknya. Atau saat si anak kita suruh menyebutkan benda mana yang besar dan benda mana yang kecil.

Demikian Mak manfaat menggambar bagi anak usia 2 tahun. Jangan bosan ya kalau si anak sukanya menggambar, karena selain lima manfaat di atas, masih banyak manfaat lain dari menggambar yang emak-emak bisa gali. Salam kreatif ^^

***

Ohya, syarat kedua, menentukan umur putrinya mbak Lianny. Baiklah, saya tebak. 7 tahun. Semoga benar *rapal doa berhari-hari*.

***

“Postingan ini diikutsertakan untuk memeriahkan GA Blog www.liannyhendrawati.com.”



9 komentar:

  1. sama Mak, keponakannku lagi seneng-senengnya gambar, seneng gambar orang. Jadi, ortunya bukannya beliin buku gambar tapi kertas hvs yang beberapa rim gitu, jadi dapat kertas banyak tapi murah... :D

    BalasHapus
  2. huo.. manfaatnya ternyata bnyk bgt ya miss

    Cateeeet.. :D

    BalasHapus
  3. catetttttttt.....siapa tahu bulan depan punya anak aminnnnn *ayo diamini ^^

    BalasHapus
  4. @mak sari. Saya juga belajar ini dari salah satu teman guru. Dia suka belikan anaknya kertas hvs yang banyak, biar si anak mau menggambar. Hasilnya, dia simpan di map plastik khusus :)

    @mak rini. Banyak banget manfaatnya, kalau emaknya mau peka sih ya..

    @iis. Amin... catat ya, catat. Ting.

    BalasHapus
  5. balita suka sekali menggambar ya mbak Alvin juga suka mengga,bar

    BalasHapus
  6. wah masih lama aku punya anaknya -_-
    buat keponakan aja deh..

    saya juga sudah follow blog anda, dan saya mohon untuk memfollow juga blog saya.
    terimakasih, saya blogger baru :)

    BalasHapus
  7. @Mama Calvin. Iya, suka banget tuh disuruh menggambar. Meskipun masih belum lihat mencampur warna :)

    @Klikgaul.com. Terima kasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  8. Iya zuh, anakku dr umur setaun udh seneng banget klo liat pulpen sm pensil,akhirny tkbeliin pnsil wrna sm crayon,dn skrg tembok rumah sdh penuh dg gambarnya (emake dilema krn rumah kontrakan hehehe)

    BalasHapus
  9. @Rosida. dulu anakku seneng coret-coret tembok. terus aku kasih dia kertas untuk tulis dan gambar. kertas apapun. baik itu ada tulisannya atau masih kosong. supaya dia tahu bahwa menulis itu di kertas, bukan di tembok :)

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^