Parenting - Lifestyle - Crafting

[Blogging] Cara Untuk Mengoptimalkan Blog Menjadi Lebih Profesional

| on
Tuesday, July 04, 2017
Ketika saya memutuskan untuk membuat blog pribadi dan tidak lagi menulis di Kompasiana, tanpa saya sadari saya akhirnya merubah pola penulisan yang biasanya saya lakukan. Di Kompasiana, saya banyak menuliskan tentang ide-ide perubahan karena memang di sana tempat yang tepat untuk menuangkannya. Sedangkan di blog pribadi, menuliskan ide-ide tetap saya lakukan tapi dengan gaya penulisan yang lebih santai dan lebih luas.

Namun seiring waktu, blog yang awalnya hanya saya gunakan secara santai ini, ternyata bisa saya maksimalkan untuk memberikan hasil yang lebih lagi. Tentunya, perlu beberapa cara untuk mengoptimalkan blog menjadi lebih profesional. Nggak saya pungkiri sih, saya sudah bisa menghasilkan beberapa ribu rupiah dari menulis di blog pribadi. Eits, tapi nggak mudah lho. Nggak asal abrakadabra langsung bisa kerja sama dengan beberapa brand dan agensi. 

Berbicara tentang optimasi blog, seorang teman blogging yang bernama Faycha, banyak menuliskan tentang optimasi blog di blognya, Imajinasi Asha. Beberapa cara yang dia sampaikan, sudah saya lakukan dan pelan-pelan sudah menunjukkan hasil. Tapi, beberapa memang belum sih, hehe. 


Ganti Template Blog

Sebagai penganut aliran penyuka template yang clean, saya menyarankan sekali untuk mengganti template kalian ke template yang clean dan sederhana tapi terlihat profesional, dengan penambahan widget yang mendukung. Saya dulu suka sekali mengunakan template yang ramai dengan berbagai macam warna dan memasang widget-widget lucu. Tapi setelah mengetahui bahwa banyak blogger profesional yang lebih suka menggunakan template yang clean, akhirnya saya berubah haluan secara drastis. Hasilnya, ya seperti tampilan blog saya yang sekarang.

Mengganti template mudah kok. Bisa dicoba dengan beberapa kreasi sesuai keinginan kita. Hanya saja, memang butuh ketekunan dan waktu luang yang cukup. Cara mengganti template, teman saya si Faycha ini mengajarkan tutorialnya dengan mudah. Bisa dicek di sini deh kalau nggak percaya.


Membuat Jadwal Blogging

Sebenarnya cara yang ini, bukan Faycha langsung yang menyarankan. Tapi dia memfasilitasi kalian kalau memang ingin lebih profesional. 

Cara ini, saya sendiri yang menyarankan ke kalian kalau memang ingin menjadi blogger yang profesional. Why? Karena dengan membuat perencanaan ketika blogging, akan melatih kita untuk tidak malas menulis dan selalu aktif dalam menggali ide. Ini saya alami langsung lho. Beberapa bulan yang lalu, saya mulai malas menulis dengan alasan punya baby Fatin baru lahir dan saya keteteran membagi waktu. Tapi sekarang, saya mau nggak mau harus kembali aktif menulis supaya blog saya nggak lumutan. Caranya, dengan membuat jadwal blogging dan menulisnya di blogging planner.

Sebenarnya, template untuk blogging planner banyak tersedia secara gratis. Tinggal download saja. Tapi, kalau ingin berkreasi, Faycha mengajarkan caranya, salah satunya adalah tutorial membuat kalender bulanan dengan kolom-kolom yang bisa diisi dengan ide-ide kita. 

Tampilan Email yang Juga Profesional

Menjadi blogger profesonal, artinya juga siap untuk bernegosiasi dengan klien, baik langsung dari brand maupun dari agensi. Ketika memilih untuk menjadi lebih profesional, kalian nggak mungkin dong asal-asalan dalam menuliskan email ataupun penyampaian maksud di dalam email kalian. Anggap saja, email ini sebagai ‘wajah kalian’ yang berhadapan langsung dengan klien. Kalau email kalian nggak profesional, klien bisa saja menganggap kalian juga nggak profesional.

Ada beberapa cara untuk menampilkan email supaya tampak lebih profesional:

1. Sampaikan salam pembuka, seperti kata: hallo, selamat sore, hai, dll.

2. Sampaikan perasaan kalian setelah membaca keseluruhan isi email. Misalkan, sampaikan terima kasih di awal karena brand sudah mengajak kalian untuk mengikuti campaign.

3. Sampaikan bahwa kalian sudah membaca dan memahami isi email itu dengan baik. Pastikan itu ya, jangan asal tulis saja lho.

4. Jika nanti akan ada negosiasi, sampaikan negosiasi itu dengan bahasa yang baik dan sopan. Jika nantinya terjadi penolakan, sampaikan pula dengan kalimat yang baik dan tidak mengkonfrontasi si pengirim email.

5. Di akhir email, sampaikan terima kasih kepada si pengirim email kalau mereka sudah bersedia membaca email kalian

6. Jangan lupa, menambahkan signature di bagian paling akhir email kalian. Apa itu signature email dan bagaimana cara membuatnya? Cuzz deh baca tulisan Faycha tentang signature email supaya lebih jelas.


Memaksimalkan SEO Blog

Arti dari SEO adalah Search Engine Optimization, yang artinya jika kita memaksimalkan SEO blog kita, maka blog kita akan mudah ditemukan di search engine. Salah satu cara untuk mengoptimalkan blog menjadi lebih profesional adalah dengan cara memaksimalkan SEO blog kita, supaya tulisan-tulisan kita banyak yang membaca.

Faycha memberikan tujuh tips memaksimalkan SEO blog. Penjelasannya bisa dibaca langsung di tulisannya ya, tapi saya tulis singkat saja di sini:

1. Buat judul yang SEO friendly yang sederhana, menarik dan deskriptif. Dan jangan lupa meletakkan kata kunci di judul ya.

2. Tingkatkan kualitas konten dengan cara: menulis artikel seoriginal mungkin, tidak copy paste, tidak hanya memasukkan kata kunci saja, beri nama yang tepat untuk image yang kita pakai di dalam konten, menggunakan heading, dan menulis lebih dari 400 kata.

3. Gunakan kata kunci. Letakkan kata kunci pada judul tulisan, URL tulisan kita, dan meletakkan kata kunci di awal dan akhir paragraf.

4. Gunakan meta-tag.

5. Sosialisasi. Artinya kalian haruslah aktif share tulisan kita supaya makin banyak yang membaca tulisan kita, dan makin banyak yang meng-share tulisan kita.

6. Gunakan link masuk dan link keluar dengan baik dan seimbang

7. Sering menulis artikel alias rajin nulis. Balik lagi, kalau mau rajin nulis, cobalah untuk membuat blogging planner.

.

.

Beberapa cara untuk mengoptimalkan blog menjadi lebih profesional ini, sudah saya lakukan. Dan Alhamdulillah hasilnya sudah terlihat baik dan terbukti sih. Nah, kalau kalian ingin menjadi blogger yang lebih profesional, bisalah cara-cara di atas dilakukan. 
12 comments on "[Blogging] Cara Untuk Mengoptimalkan Blog Menjadi Lebih Profesional"
  1. Terima kasih saran dan tipsnya mbak

    ReplyDelete
  2. Saran yang bagus untuk blogger pemula seperti saya mba. Terimakasih sharingnya.

    ReplyDelete
  3. Khusus meta tag nih saya masih belum benar-benar ngeh ehe ehe. Masih kudu belajar lagi biar tambah pro blognya. Eh empunya juga kudu pro attitudenya kan ya. Iyaaa

    ReplyDelete
  4. Makasih atas sarannya mbak :D

    ReplyDelete
  5. berhubung saya masih belajar menjadi blogger, dengan adanya informasi tips seperti ini akhir nya saya bisa agak sedikit memahami. terimakasih mba telah berbagi ilmunya

    ReplyDelete
  6. Sekarang urusan email pun maish banyak yang harus belajar lagi menyusun kalimat ya, Mbak. Bagaimana menempatkan etika supaya terlihat profesional :)

    ReplyDelete
  7. Tipsnya komplit Mbak Ria. Makasih :)

    ReplyDelete
  8. Makasih mbaaaaaa tipsnya :love:
    praktikin ah

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sarannya..
    Saya masih butuh pembelajaran semacam ini..

    ReplyDelete
  10. Masih belum paham meta tag apaan hehe...masih belajar seo, biar oke. Tapi kalau baca kadang suruh masukin rumus2 dan saya gak ngerti.
    Kayaknya kudu bikin jadwal posting biar terorganisir deh...

    ReplyDelete
  11. Wohohoho...keren inih...dan saya belom bisa sepenuhnya mengikuti tips2 tadi..hehehe. Banyakan alesan...semoga bisa ngeblog lebih pro yaa

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature