Parenting - Lifestyle - Crafting

[Kesehatan] Yuk Cegah Infeksi Saluran Kemih dan Anyang-Anyangan dengan Uricran

| on
Thursday, July 13, 2017
Seingat saya, ketika itu saya baru kuliah semester tiga ketika Ibu dinyatakan terkena infeksi saluran kemih oleh dokter. Sejak beberapa hari sebelumnya, kondisi kesehatan ibu memang sangat menurun, demam dan lemas. Melihat kondisi Ibu seperti itu, kami segera membawa ke rumah sakit meskipun ada klinik yang dekat dengan rumah kami. Harapan kami, Ibu mendapat pelayanan terbaik langsung dari dokter ahli.

Alhamdulillah, Ibu ditangani oleh dokter yang memang sudah dikenal baik dan telaten. Setelah menyelesaikan tes darah dan tes urin di laboratorium, barulah hasilnya keluar dan hasilnya sedikit menegangkan ketika tahu Ibu terkena penyakit ini. Yang membuat kami bersyukur lagi, Ibu tidak perlu rawat inap karena infeksi saluran kencingnya masih bisa ditangani dengan rawat jalan dan kontrol secara rutin.

Hanya saja, ada perlakuan khusus untuk penyakit ini. Dalam sehari, Ibu harus menghabiskan minimal tiga liter air putih supaya sering buang air kecil dan racun-racun bisa terbuang dengan cepat. Selain itu, Ibu harus minum obat khusus untuk infeksi saluran kencing dan kontrol secara teratur. 

Sore itu, saya menemani Ibu duduk di ruang tamu dan sedang memikirkan apa penyebab infeksi saluran kemih yang menyerang Ibu. Ketika Ibu manggut-manggut, saya bertanya kemungkinannya apa. Jawaban Ibu ketika itu karena sering menahan buang air kecil. Saya tertegun, karena kebiasaan ini kadang saya lakukan. Apalagi kalau melihat lokasi toilet yang jauh atau nanggung karena sudah kadung asyik dengan aktifitas.

Memang sih, saya sendiri belum pernah terkena infeksi saluran kemih. Ya, semoga saja nggak sampai kena ya. Tapi, kalau anyang-anyangan, saya pernah beberapa kali. Yang parah lagi, pernah saya anyang-anyangan ketika di kantor dan ketika jam mengajar di kelas. Karena anyang-anyangan ini nggak bisa ditahan, mau nggak mau ketika mengajar di kelas, saya pamit dulu untuk ke toilet.

Meskipun cairan yang keluar hanya sedikit dan terasa sakit. Itu bikin jengkel kan? Padahal anyang-anyangan itu salah satu indikasi menuju infeksi saluran kemih. Haduh, siapa yang nggak takut coba? 
Pernah diberi tahu oleh Mbah, cara mengatasi anyang-anyangan adalah dengan mengikat karet gelang di jempol kaki sampai anyang-anyangan itu hilang. Bukannya nggak nurut, tapi beneran nggak manjur cara itu buat saya. Trus, yang saya lakukan apa? Menunggu sampai anyang-anyangan itu hilang sambil minum air putih yang banyak, seperti ketika Ibu terkena infeksi saluran kemih dulu.

Lalu, kalau anyang-anyangan itu datang lagi, gimana dong?

Sepertinya saya akan tetap menunggu anyang-anyangan itu hilang sambil tetap minum air putih yang banyak. Tapi kali ini, sepertinya ditambah dengan minum Uricran.

Menurut informasi yang saya terima, Uricran direkomendasikan untuk dikonsumsi saat anyang-anyangan datang karena kandungan yang ada di dalamnya, yaitu mengandung buah cranberry. Kandungan alami dari buah cranberry ini bisa mencegah infeksi saluran kemih karena mengandung antioksidan yang disebut dengan proanthocyanidins dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi ini. Dan juga, proanthocyanidins juga bisa membuat bakteri ini tidak menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah terjadinya infeksi. 

Lalu, saya baca juga informasi kalau buah cranberry ini juga sudah diambil ekstraknya untuk digunakan sebagai bahan dasar perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Lalu, pada tahun 2004, lembaga pengawasan obat di Perancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kemih.

Baca juga : Multivitamin Bagi Ibu Untuk Mengembalikan Kondisi Tubuh Setelah Sakit


Mudahkah mendapatkan Uricran? InsyaAllah nggak sulit kok. Di apotek Guardian sudah ada yang jual, sehingga kalau anyang-anyangan itu tiba-tiba datang, kita tinggal beli saja di Guardian. Uricran dikemas dalam dua kemasan, yaitu Prive Uricran yang berbentuk kapsul dengan komposisi 250 mg ekstrak cranberry, dengan isi 30 kapsul per box. Selain kapsul, uricran juga dikemas dalam bentuk powder bernama Prive Uricran Plus dengan kandungan 375 mg ekstrak buah cranberry dan 60 mg Vitamin C, dengan isi 15 sachet per box.

Melihat begitu besar manfaat buah cranberry ini, saya bisa mengandalkan Uricran sebagai salah satu cara mengatasi anyang-anyangan. Bukankah hidup sehat dari bahan yang alami itu menyenangkan dan lebih baik? 
3 comments on "[Kesehatan] Yuk Cegah Infeksi Saluran Kemih dan Anyang-Anyangan dengan Uricran"
  1. Kudu siapin Uricran juga ya mba di rumah, biar kalo ada anggota keluarga yang terkena gejala langsung bisa diatasi

    ReplyDelete
  2. Nahan pipis kayanya perkara sederhana tapi efeknya bikin ga nyaman dalam waktu yang lama ya, MBa Ria. Saya pun mengusahakan ga nahan pipis lagi biar ga sakit.

    ReplyDelete
  3. Aduh sama, Mba. Saya itu males kalau buang air kecl di tempat umu, jadi mending ditahan aja sampai rumah. Ternyata itu bahaya ya. Kalau di kampungku sana, lucu lagi mitosnya. Penyebab anyang-anyangan itu katanya karena minum air panas yang dicampur air dingin. Alias anget2 gitu, hihi.
    Daripada mikirin mitos, lebih baik minum Uri-Cran saja ya, Mba. Yang sudah terbukti :)

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature