Selasa, 17 November 2015

[Blogging] Membangun Branding Diri bersama Fun Blogging 7 dan Smartfren #GoForIt

Ada beberapa peserta yang ngga ikut foto, salah satunya Kak Didik :)



Ketika pertama kali Mbak Ani Berta minta pendapat di facebook tentang rencana mau diadakan Fun Blogging 7 di Surabaya, saya cepet-cepet kasih komentar kalau saya memang udah lama nungguin acara ini. Alhamdulillah, nggak lama Mbak Shientaries pasang pengumuman kalau Fun Blogging 7 akan diadakan di Surabaya awal november, yang kerjasama dengan Smartfren, Qword.com dan Mobil123. Karena nggak mau ketinggalan acaranya, lekas saya daftar by email buat ikutan.

Fun Blogging 7 yang diadakan hari Sabtu, 7 November 2015 di Gedung Intilland, Surabaya, diawali dengan materi yang disampaikan oleh Mbak Haya Aliyah Zaki tentang cara menulis yang baik dan benar sehingga bisa menghasilkan konten yang hebat. Ibu tiga anak yang sudah melalang buana di dunia menulis sejak tahun 1990 ini menyampaikan, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis artikel di blog. 

Tiga pemateri hebat dari Fun Blogging :D

Yang pertama adalah kreatifitas dalam mencari ide. Meskipun tulisan kita hanya masuk blog pribadi, tapi kalau ide kita berbeda dengan yang lain, sejalan waktu pasti banyak pembaca yang suka dengan blog kita. Ujung-ujungnya, banyak pula brand yang akan mengajak kita untuk mereview produk mereka.

Selain kreatifitas dalam mencari ide, jika ingin tulisan kita disukai pembaca adalah rajin-rajinlah kita untuk menulis. Kenapa? Karena menulis itu merupakan proses. Nggak mungkin sekali goyang tongkat, cling, langsung bisa bagus tulisan kita. Perlu diasah terus menerus kemampuan menulis kita, kemampuan mengolah rasa kita, kemampuan bersosial kita, juga kemampuan self editing kita.

Setelah sesi dari mbak Haya selesai, sesi selanjutnya adalah tentang meningkatkan performa blog kita yang disampaikan oleh mbak Shientaries. Ada beberapa hal penting yang disampaikan mbak Shientaries sehubungan dengan materi ini. Yang pertama, tentang kemampuan kita untuk mengenal Google Analytic, Alexa dan beberapa tool yang diperlukan untuk meningkatkan performa blog. Meskipun saya sudah lama memasang Google Analytic di blog, tapi ada beberapa hal yang saya belum paham benar fungsinya. Dan mbak Shienta menjelaskan itu semua dengan gamblang dan jelas. 

Meskipun lesehan, tetap semangat sampai garis akhir :D

Selain materi di atas, founder dari Blogger Perempuan ini juga menyampaikan beberapa tips untuk membentuk personal branding dari blog kita. Selain menggunakan beberapa tool yang sudah dijelaskan mbak Shientaries di awal, beliau juga menekankan bahwa blog yang baik itu memiliki artikel yang hebat (berhubungan bukan dengan materinya mbak Haya?) dan kemampuan pemilik blog untuk menjalin relasi dengan orang lain. 

Abaikan muka kucel akibat keseringan welfie :D

Asyik kan dua materi ini? Inginnya sih lanjut terus, tapi karena udah waktunya masuk jam istirahat dan sholat, pending dulu untuk terima materi dari mbak Ani Berta. Kesempatan dong buat para blogger ini untuk kopdar. Serunya dari acara ini, ada beberapa blogger yang rumahnya jauh bisa datang ke Surabaya. Seperti pakdhe Cholik yang sekarang menetap di Jombang, mbak Lianny dari Jember, Mbak Widyawati dari Probolinggo yang sudah menerbitkan buku food combining, Mbak Nurul Noe si blogger traveller yang datang dengan mengajak baby Ranu yang anteng banget pas acara, Silviana Noerita dari Kediri yang kapan hari mau kuajak swap kartu pos, Kak Didik dari Bojonegoro yang aktif banget ikut organisasi di kotanya, dan beberapa blogger lain dari Malang dan Lamongan. 

Dengan mbak Lianny dan Sari Widiarti :D

Meskipun belum puas benar kopdar dengan sesama blogger karena materi ketiga dari Mbak Ani Berta harus segera disampaikan, tapi harus tetap semangat untuk masuk sesi selanjutnya. Sayang kan kalau pemateri bagus dicuekin?

Di sesi terakhir ini, mbak Ani menyampaikan materi bagaimana memanfaatkan media sosial untuk kepentingan ngeblog kita. Ada quote bagus di Fun Blogging 7 ini, yaitu 'Content is the King, Share is the Queen'. Sesuai banget dengan salah satu materi yang disampaikan oleh mbak Ani, bahwa share tulisan di media sosial itu perlu banget. Selain menjaring pembaca sebanyak mungkin, share tulisan juga berguna untuk mengenalkan diri kita kepada khalayak ramai bahwa kita benar-benar serius jalani kegiatan ini. Kedepannya, tak hanya pembaca saja yang terjaring, tapi juga kerja sama dengan brand akan mengikuti hobby kita.

Selain itu, mbak Ani juga menjelaskan tentang pentingnya memanfaatkan media sosial yang kita untuk kepentingan branding dan mengisinya dengan hal-hal yang positif. Nah, kalau diantara para blogger masih aja pegang smartphone hanya untuk menggalau, lebih baik tobatlah. Hahaha, termasuk saya pemirsa. Maka saya akan bertobat, supaya saya mendapatkan banyak manfaat dari media sosial seperti yang sudah mbak Ani tuturkan. 

Para penerima doorprize. Saya juga sih sebenarnya, tapi fotonya kelelep di twitnya mbak Eda :D

Alhamdulillah, acara keren yang diadakan di kantor Qword.com ini kasih manfaat yang banyak sekali buat saya dan peserta lain yang datang. Meskipun duduknya lesehan dan sedikit mengganggu karena saya hamil, selebihnya saya senang banget datang di acara ini. Ilmu dapat, relasi melebar, dan akhirnya ketemu juga dengan blogger-blogger keren yang selama ini hanya bisa dibaca lewat tulisannya saja. Terima kasih banyak buat mbak Haya, mbak Shientaries dan mbak Ani yang sudah memberikan ilmunya ke peserta dan menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta yang njelimet banget. 


Salam hangat,
Ria Rochma

***


25 komentar:

  1. Senang ya Mbak Ria bisa berkumpul dengan orang-orang hebat
    Saya hanya bisa menikmatinya di rumah hihih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada lagi lanjutan dari Fun Blogging ini, ya mbak Rahma. Dan semoga mbak Rahma bisa ikutan :)

      Hapus
  2. Upgrade diri di Fun Blogging 7 mantabbbbbbb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab banget, Kak.. Nggak nyesel deh pokoknya.

      Hapus
  3. Aah senangnya bisa foto bareng dirimu mba... Selama ini cuma kenal lewat blog. Dg ikut fb7 kita bs kopdar sambil belajar ilmu dr para suhu, yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa... Seneng banget akhirnya ketemu mbak Noe.. Padahal byk lho yg pgn ditanyain soal travelling bareng anak. Tp mmg waktu yg bikin ga bisa :)

      Hapus
  4. Senangnya bisa ketemu mbak Ria. Kapan ngefiksi lagi mbak *pertanyaan yang sama untuk diri sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang ngga bisa aku jawab, mbak. Hahahaha...

      Hapus
  5. Mba Liany...cantiiiik....*komentarnya teteup*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahahah... Yang komentar juga cantik, mbak :D

      Hapus
  6. Mba Liany...cantiiiik....*komentarnya teteup*

    BalasHapus
  7. mbak Ria, "boyok" apa kabar???
    jagoan ibu hamil bertahan lesehan berjam-jam
    smoga si dekbay bakalmjadi blogger internasional nantinya...kan dari janin dah denger kata blog dan alexa, hehehe

    smoga bisa berjumpa lagi. lain kali kita bawa banyak banyak makanan, okeehh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampe rumah lgsg ndeleh geger, mbak. Hahaha... Amiin amiin. Semoga besok anakku bisa jadi blogger femes juga.
      Ayooo... Kalau ketemh lagi, besok bawa banyak makanan yak... Biar ngerumpinya ga sambil lapar. Hahaha..

      Hapus
  8. Harusnya kemarin saya bawa kartu posnya ya, bisa foto bareng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, iya ya Sil. Kenapa juga nggak muncul ide gitu :D

      Hapus
  9. ilmunya dapet, hadiahnya juga dapet :)

    BalasHapus
  10. Aku duduk sendeh di pojokan, nggak sempat welfie bin narsis mbak Ria hehe. Bumil semangat cari ilmu, keren dirimu mbak :)

    BalasHapus
  11. Wah rame banget yaa dari mana2 tumplek blek disitu, nambah ilmu, temen sama kopdar terfasilitasi itu mbak :D

    BalasHapus
  12. Whoaa..
    Senengnyaaa Fun Blogging sekarang udah merambah ke Surabaya jugaaaa...kemaren kan abis dari Bandung tuh hehe...

    Asyik banget dapet banyak ilmu plus kopdar juga :))

    BalasHapus
  13. Aku sesekali laah pegang HP untuk menggalau. . . Hahaha

    BalasHapus
  14. Followback blognya ya kak :D barusan saya follow
    saya dari http://ekienglandmuse.blogspot.co.id/
    salam kenal

    BalasHapus
  15. saya ngeblog dari 2008,, isinya cuma share barang dagangan,,,,hehehehehe
    kepingin sih,,bisa nullis di blog dengan konten konten yang berbobot,,cuma bingung mau mulai nya

    BalasHapus
  16. Blogging bisa fun asal internet kenceng, tapi kalo udah lemot, kadang ngga semangat, apalagi untuk daerah yang sinyalnya kurang bagus

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^