Senin, 13 Juni 2016

5 Cara Ngeblog Asyik Ala Elisa Monic


Ngeblog bagi saya ngga lagi melulu soal curhat. Awal-awal dulu memang iya, dikit-dikit masukkan ke blog. Malah, dulu saya punya blog dengan platform Wordpress yang isinya menggalau melulu, mulai dari puisi, cerpen, dan curhatan alay. Tapi, karena sesuatu hal, blog itu harus saya hapus. Begitu pula awal ngeblog di Mama Arkananta ini, isinya ya tentang curhat. Ngga heran, blogpost di awal-awal dulu, isinya banyak melibatkan emosi. LOL.

Kemudian, makin ke sini, sudah mulai mengurangi curhat-curhat di blog. Mending disimpan sendiri saja uneg-unegnya. Sekarang, sudah mulai memikirkan kalau ngeblog itu tujuannya adalah saling berbagi. Iyes, berbagi apapun sesuai dengan minat saya. Itulah kenapa, akhirnya kembali serius memilah-milah kategori di blog ini. Memudahkan pembaca blog ini untuk merayapi artikel-artikel yang mereka butuhkan.

Apalagi setelah blog ini bisa menjadi pembuka jalan untuk menggendutkan rekening pribadi. Semakin semangat belajar dari para blogger bagaimana menjadikan blog ini tampak makin profesional. Salah satunya adalah membaca artikel-artikel tentang blogging dari Elisa Monic. Dari blogger Bekasi yang mengelola blog pribadinya dengan alamat www.elisamonic.com, setidaknya saya menyimpulkan 5 cara ngeblog asyik ala Elisa Monic. Apa saja itu?



1. Rajin posting
Ayayaya.. Saya ini masih terbilang males lho buat posting. Ada seribu alasan kalau disuruh rajin posting. Padahal nih ya, saya sudah merekap banyak ide di blogging planner yang saya download dari Pinterest. Beda dengan Elisa Monic, blogger lifestyle ini menjadwalkan buat posting 2x dalam seminggu. Iya, teratur. Beda dengan saya yang kalau mood, baru posting. Jangan ditiru ya, Teman-teman.


2. Gunakan tool yang memudahkan kita supaya nggak melewatkan jadwal ngeblog
Penggunaan tool ini memang disarankan bagi kita yang ingin membuat blognya tampak profesional. Karena layaknya pekerja, semua serba terjadwal dan terinci dengan baik untuk menghindari jadwal nulis yang semrawutan. 

Saran dari Monic, bisa pakai aplikasi yang bisa didownload di ponsel, contohnya Evernote. Jadi, mulai ide sampai penjadwalannya, disimpan di sana. Saya juga install itu Evernote, cuma buat nyimpen resep masakan *tutup muka pakai piring*. Hahaha... Sebenarnya, fungsi Evernote banyak. Bisa buat penjadwalan aktifitas kita alias to do list, buat simpen-simpen ide, buat simpen gambar-gambar juga buat ngedraft blog lewat ponsel. Praktis kan? 


3. Beri watermark pada image yang kita tampilkan di blogpost.
Secara pribadi, penting buat kasih watermark di atas image yang kita jadikan bahan pendukung blogpost. Secara ya, kan namanya juga image pribadi, foto pribadi, jadi ya pintar-pintarnya kita nih buat ngasih tau kalau image itu adalah milik kita. Terkait hak ciptalah istilahnya. 

Saran dari Monic, pemberian watermark bisa menggunakan tool yang khusus untuk membuat watermark, namanya Picmonkey. Melalui Picmonkey, kita bisa membuat satu watermark khusus dan menyimpannya dalam bentuk .png, yang kemudian bisa diaplikasikan di setiap image yang akan kita tampilkan di blogpost. Praktis kan? Kalau saya, biasanya pakai aplikasi Phonto, tapi hanya bisa lewat ponsel karena saya jarang sekarang buka-buka laptop untuk sekedar beri watermark. Phonto lebih praktis karena saya lebih mobile pakai ponsel. Kalau pakai PC, Picmonkey bisa jadi pilihan.



4. Jalin komunikasi dengan blogger lain untuk menjalin relasi
Saran dari beauty blogger yang memilih bekerja di perusahaan milik orang tuanya, menjalin relasi dengan blogger lain manfaatnya sangat besar. Selain menambah wawasan, bisa jadi pintu rejeki terbuka dari jalan ini. Oh iya, Monic ini juga ramah pada pembacanya. Terlihat dari aktifnya dia membalas satu per satu komentar yang masuk di tiap artikelnya. 


5. Berusaha menemukan aktifitas lain yang bisa mendukung aktifitas ngeblog
Poin ini dilakukan oleh Monic untuk mengerti hal-hal baru dan mengasyikkan. Sebagai contoh, Monic memaksa dirinya sendiri membuat newsletter, belajar desain melalui Canva, atau pun belajar SEO untuk memonetize blognya supaya bisa terindex baik oleh Google. Baginya, aktifitas baru seperti itu malah membuatnya semakin bersemangat ngeblog dan jadi nggak mudah bosan.


Ngeblog memang aktifitas yang menyenangkan. Tapi, ngeblog pun bisa jadi membosankan kalau kita nggak menemukan ritme yang tepat dan cara yang asyik untuk terus mempertahankan kemauan menulis. Cara ngeblog asyik ala Elisa Monic, bisa jadi masukan yang baik lho kalau kita tetap ingin ngeblog dengan nyaman.

11 komentar:

  1. heuu..mamaarkananta,
    merasakan naik-turunnya menulis, bagaikan naik jet-coaster.

    kalo lagi semangaat....rela minum kopi bergelas-gelas....tapi kalo lagi bad mood, bisa lamaaa tersimpan hanya jadi draft.

    heuuu....

    BalasHapus
  2. Evernote....boleh dicoba nih.

    BalasHapus
  3. Iya nih, aku belum nemu ritme yang bener. Masih sak karepe dewe :(

    BalasHapus
  4. Suka liat facenya monic yang disini, imyut-imyut sederhana. Berkat teman2 semua, saya mulai membiasakan nge draft pake note di hape. Kalau publish dan edit tetep buka lepi. Belajar dikit-dikit, dikit-dikit belajar.

    BalasHapus
  5. Watermark ini yang sering banget kelewatan setiap upload foto :( Padahal penting ya buat copyright. Kadang kalau udah ngepost, suka lupa lagi ngecek apa aja yang kurang.

    BalasHapus
  6. Saya termasuk jarang bikin watermark untuk blog. Entah kenapa malas aja. Padahal itu sebenarnya terkait dengan copy right ya mbak

    BalasHapus
  7. perlu ditiru ni tipsnya.. poin 2 dan 3 yang belum bisa saya lakukan mba. makasih Tipsnya :)

    BalasHapus
  8. Nanti saya nebar racun baru lagi deh, sekarang saya pakai trello, lebih wuauuw haha

    BalasHapus
  9. iya sudah mencoba hal-hal di atas, kadang adaa saja ya nemu masa yang diem dan enggak bisa nulis untuk ngepost blog. Hehee

    BalasHapus
  10. ahaa asyik banget tuh, aku dah coba juga cara2 asyik diatas :D

    BalasHapus
  11. Wooww mantap lagi dari pengalaman seorang beuty blogger mbak monica..

    Sebuah aspirasi berharga buat kita untuk terus belajar. Jangan berpuas diri.

    Seorang mbak monica juga gitu.

    Ternyata seorang pemula blogger harus ningkatin skill blogging..

    #Blogwalkingan

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^