Senin, 30 Maret 2015

Tips Mencegah Penuaan Dini

credit
Tips Mencegah Penuaan Dini - Saat usia semakin bertambah, pastinya ada kekhawatiran pada kebugaran tubuh. Saya pun juga merasakan seperti itu. Dulu, saat saya masih remaja sampai usia awal duapuluhan, energi saya masih melimpah. Seolah tak ada habisnya dan tidak mudah capek. Sedangkan sekarang, jika tidak diikuti dengan motivasi yang sangat kuat, pergerakan saya pastilah menurun drastis.

Sudah menjadi fakta, saat usia kita bertambah maka kita akan merasa semakin menua dan organ-organ tubuh kita fungsinya akan semakin menurun. Pernah suatu waktu, teman saya bilang kalau wajah dan tubuh saya lebih segar saat sebelum menikah. Saya nggak tersinggung saat dia bilang seperti itu, karena memang, selain usia saya semakin bertambah, bentuk tubuh saya pun sudah berubah karena KB hormonal, juga karena saya sekarang lebih sering terpapar matahari, kosmetik dan polusi.

Awalnya sih saya cuek saja sama kondisi saya. Tapi lama-lama, kok saya jadi khawatir sendiri ya. Misalnya nih, tiap naik turun tangga saat mengajar, saya jadi mudah capek. Saat berbicara di depan siswa, nafas saya juga lebih cepat ngos-ngosan, apalagi yang saya ajar adalah siswa yang masih remaja dengan energi paling besar dalam fase kehidupan. Atau, saat diajak Arya main bola, saya mudah capek. Efeknya, saat suami pulang kerja, saya kelihatan sekali capeknya. Kadang, malah esok harinya saya tampak kurang segar karena masih terasa capek.

Penuaan memang sudah mulai jalan dalam fase hidup saya, tapi setelah saya baca beberapa referensi, ternyata penuaan bisa dicegah. Anti aging namanya. Kalau dulu, saya kira anti aging itu hanya untuk kulit, ternyata anti aging malah untuk seluruh tubuh. Dengan anti aging, kita tetap mengalami penuaan, tetapi kita bisa merasakan fungsi organ tubuh itu dalam kondisi baik sampai pada batas maksimal. Misal nih, kalau saya menerapkan aktifitas anti aging dalam keseharian saya, meskipun nanti usia saya sudah 60 tahun, tetapi kondisi fisik saya masih seperti orang yang berusia 50 tahun. Begitulah kira-kira.

Caranya gimana?

1. Olah raga. Haish! Saya akui, akhir-akhir ini saya terlena dan malas untuk olah raga. Kalau dulu sebelum menikah saya rajin bersepeda, senam dua kali seminggu atau lari ringan pada hari Minggu, setelah punya anak, kuantitas olah raga saya jadi berkurang. Dan ternyata itulah yang menjadi penyebab utama nafas saya seolah pendek.

2. Jaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Bapak saya akhir tahun ini akan pensiun. Beliau selalu berkata ke saya, untuk selalu jaga asupan makanan dari sekarang. Beliau dan ibu sering bercerita, efek makanan tidak dirasakan sekarang, tapi saat kita sudah tua.

3. Tidak mudah stres. Saat kita menghadapi masalah, usahakan sebisa mungkin kita selesaikan masalah kita secepatnya. Jangan ditunda-tunda, karena akan semakin membuat kita stres. Dan saat kesulitan mencari jalan keluar, mintalah bantuan. Nggak mau juga kan kalau wajah kita kelihatan kusut banget saat bangun tidur karena teringat dengan masalah?

Sudah tahu manfaatnya anti aging untuk tubuh kan? Juga sudah tahu tips mencegah penuaan dini bukan? Yuk, kita mulai bersama sejak sekarang untuk menjaga kondisi tubuh supaya tidak mengalamani penuaan dini.

Salam sehat,
Ria Rochma

***


15 komentar:

  1. Waaahhh... terima kasih mak tipsnya, semoga ane berhasil melakukannya.. hehehe :D

    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) pojok Bumi Kayong, Ketapang-Kalimantan Barat

    BalasHapus
  2. Astagaaaa...itu pasti yang komen di atasku mas MF yaaah...bhuahaha...

    Aku pun sebisa mungkin berusaha untuk olahraga rutin siiih...
    Walopun sebatas senam bareng ibu2 komplek gitu, yang penting mah keringetan hehehe...

    Aku pernah dengeeer tentang infus vitamin C ini lhoooo...
    Cobak aku meluncur dulu kesonoh biar tahu harga infusnya berapaan hehehe...

    BalasHapus
  3. jauhkan stress ya mak biar ga cepat tua

    BalasHapus
  4. Makasih tipsnya mbak. Iya nih, aku sudah nggak pernah olahraga, meskipun cuma jalan kaki saja. Terakhir jalan pagi-pagi saat hamil anak pertama, habis itu nggak pernah lagi. Badan jadi gampang capek, tubuh melar hiks

    BalasHapus
  5. Aku juga dah dapet warning nih, mba. Harus merhatiin pola makan dan ya ampun itu, olahraga. Entah kapan terakhir kali olahraga -_-

    BalasHapus
  6. Aku juga dah dapet warning nih, mba. Harus merhatiin pola makan dan ya ampun itu, olahraga. Entah kapan terakhir kali olahraga -_-

    BalasHapus
  7. Kalau udah berkeluarga, ckup susah bagi waktu untuk olahraga ya, Mbak. :D

    BalasHapus
  8. olahraga dan selalu bahagiaaa yang ngaruh buat saya ..wkwk ... senam lagi dong minimal seminggu sekali gitu pas weekend , jadi engga ganggu waktu kerja :D

    BalasHapus
  9. Point pertama dan kedua, agak sulit Mak. Harus dimulai ya :)

    BalasHapus
  10. Makasiih tipsnya mak ... yg rada berat olah raga dan njauhi stress hihihiii

    BalasHapus
  11. yg no 1 itu susah bgt emg mba...perlu niat dan kemauan keras -_-.. kalo di aku tambah lg, dgn rutin memakai cream anti aging dr awal umur 30... malah vit e udh rutin aku konsumsi sjk umur 25.. Alhamdulillah sih cocok ya... dan kerutan ampe skr syukurnya blm ada :D

    BalasHapus
  12. Aku sudah menjadwalkan rutin olahraga, tapiii lupa terus maak

    BalasHapus
  13. Yuk olah raga murah meriah, jalan kaki, hihiii

    BalasHapus
  14. tip-tipnya menjadi catatan buat saya, nih. Soalnya lagi longgar sama ketiga hal tersebut. Lagi gak disiplin banget :)

    BalasHapus
  15. Karena saya hidupnya di lingkungan bapak-bapak serdadu, saya percaya banget kalo olahraga dan kegiatan fisik bisa bikin awet muda dan bugar. Bahkan sering wajah bapak-bapaknya keliatan lebih cerah sehat daripada ibu-ibunya :D

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^