Selasa, 25 Juni 2013

Review Blog : My Fingerprints - Ayu Citraningtyas

Sudah adakah diantara pembaca blog saya ini yang tahu tentang blognya Ayu Citraningtyas? Yang alamat URL-nya itu www.aiyuchee.blogspot.com dengan nama blog My Fingerprints? Kalau sudah tahu angkat tangan ya. Kalau belum tahu, yuk ngulik-ngulik tentang blognya Ayu yang satu ini.


TAMPILAN BLOG

Saya pertama kali tahu blognya Ayu saat dia mengikuti challange membuat flash fiction di Berani Cerita dengan saya, Mayya dan mbakOrin sebagai adminnya. Ayu adalah salah satu peserta yang aktif mengikuti challange yang kami adakan setiap minggu di hari Kamis. Karena tiap minggu para admin Berani Cerita ini diharuskan untuk blog walking ke karya milik peserta challange, akhirnya sedikit banyak kami tahu perubahan yang dilakukan pada tiap peserta pada tampilan blognya. Pun juga pada blog milik Ayu.

Sejak saya mengenal blognya Ayu, perubahan yang dilakukan oleh Ayu adalah melulu pada header blog. Dua kali Ayu menggunaan header dengan tema tekstur dengan masing-masing header memiliki pilihan warna kalem, kalau tidak salah warnanya krem dan pink. Tapi setelah beberapa waktu ini membuka kembali blog Ayu, sempat kaget juga dengan gambar yang dipilih oleh Ayu sebagai gambar header. Saya lebih suka yang ini! Gambar headernya menunjukkan kalau blog ini dinamis.
Tapi sayangnya, tidak didukung dengan background blog. Ayu lebih memilih tidak member gambar apapun sebagai pilihan background blognya. Ini membuat seolah ada ketimpangan pada tampilan blognya. Saat blog walking, saat saya pertama kali melihat headernya, saya pikir background blognya akan menunjang gambar di header. Ternyata tidak. Setelah melihat header yang penuh warna tiba-tiba disuguhkan pada tidak ada warna apapun di background blog, rasanya seperti berhasil dapetin tiket nonton konsernya Glee, ternyata konsernya batal gegara Glee batal datang ke Indonesia.

Ayu juga tidak terlalu banyak memasang widget pada blognya. Ini membuat time loading blognya Ayu terhitung cepat. Dia memasang beberapa widget saja yang dirasa penting baginya, seperti sosial media buttons, widget PR dari google, widget rating di alexa, dan beberapa banner blog community yang diikutinya. Namun, sayangnya ada yang terlihat mengganjal sih bagi saya pribadi. Dengan jumlah widget yang sedikit, harusnya Ayu bisa mengatur penempatan lokasi widget supaya terasa seimbang.


Contohnya adalah widget PR dari google dan widget rating alexa yang lokasinya berada di bawah banner blog community. Ukuran banner masing-masing blog community sangat besar, ada baiknya diubah ukurannya sehingga terlihat seimbang dengan dua widget di bawahnya. Saya pernah blog walking di blog milik seorang emak-emak yang tinggal di Kalimantan, tapi maaf, saya lupa alamat URL-nya. Si emak muda ini mengubah ukuran banner blog communitynya menjadi kecil dan bisa dibuat berjejer ke samping dan seimbang sehingga menghilangkan kesan banner-banner ini memenuhi side bar.

Ohya, ada baiknya Ayu menggunakan fasilitas jump break (pemotong bagian artikel pada paragraf tertentu) yang disediakan saat dia akan memposting tulisannya. Hal ini bisa menambah rasa penasaran para pengunjung blog saat membaca tulisan Ayu. Manfaat lainnya adalah supaya pengunjung tidak terus menggulung scroll bar untuk membaca tulisan-tulisan terbaru saat ada pengunjung yang blog walking melalui laman ‘home’. Ini akan membuat tampilan ‘home’ blog semakin manis dan terasa hemat tempat.


KONTEN

Ayu ternyata blogger lawas. Dia konsisten pada blognya yang terus dia kembangkan sejak bulan Maret tahun 2010. Sudah tiga tahun lebih Ayu menjalani aktifitas menulisnya. Tidak heran jika banyak tulisannya terlihat matang dalam hal penyampaian ke pembaca. Terbukti dengan banyaknya blogger yang menjadi follower blognya Ayu yang jumlahnya melebihi 150 followers.

Setelah mengobrak-abrik arsip tulisan Ayu, ada beberapa kategori yang sering ditulis Ayu dan memiliki kekuatan dalam penyampaian ke pembaca.

1. Motivasi. Ayu banyak menuliskan tentang motivasi berdasarkan kehidupan sehari-harinya. Bahasa yang dipakai tidak menggurui, bersemangat, dan tidak formal sehingga pembaca seolah diajak berada di posisinya dan belajar langsung dari pengalamannya.

2. Tips. Ayu banyak memberikan tips pada pembaca setianya. Tipsnya masih berhubungan dengan blog, online shop (karena Ayu punya dua online shop yang masih aktif) dan android. Banyak hal baru yang saya pelajari dari tulisan-tulisan Ayu yang memberikan tips-tips efektif. Terutama tips dalam nge-blog. Ya, sayanya sendiri baru setahun nge-blog. Perlu banyak belajar sama yang sudah lama malang melintang di dunia per-blog-an bukan?

3. Fiksi. Seperti yang saya bilang di awal tadi, saya mengenal blognya Ayu setelah dia aktif mengikuti challange di Berani Cerita. Dan setelah saya perhatikan, Ayu mulai aktif sekali menulis fiksi di tahun 2013 dengan mengikuti beberapa challange yang diadakan oleh Berani Cerita dan MondayFlash Fiction. Dan dari perkembangan tulisan fiksinya, fiksi-fiksi Ayu semakin matang dikemas karena Ayu mau membuka diri pada kritik, terutama yang berhubungan dengan penggalian ide dan kebahasaan.

Beginilah review saya tentang blognya Ayu. Semoga bisa jadi masukan buat Ayu dan bisa menjalin persaudaraan yang baik antara kami berdua. Lalalala.. selamat blog walking ke blognya si Gendhis yang memang ayu ini ya :)

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review ~ Saling Berhadapan

9 komentar:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. saya tahunya cuma my fingerprint nya aja mbak, tapi nggak tau alamat blognya,

    yang saya kagum dengan trafik blog *lirik alexa

    BalasHapus
  3. wah dah ngeripiu juga yaa mbak, eeh itu mbak ayu juga udah ngeripyu duluan yaa :D

    BalasHapus
  4. aku emang suka gonta ganti header mbak kalo uda bosen, heheh.
    kemaren nemu gambar manis jadi aku pake deh. kalo soal background emang iya sih agak hambar kalo kosongan gitu. tapi aku sukanya emang yang simpel sih mbak hehhe..
    selebihnya tak kantongi sebagai masukan ya mbak.. terima kasih mbaakkk hug-kiss

    BalasHapus
  5. Wah iya headernya bagus, ada nuansa artistik dan romantisnya. Hehehe :D
    Pas baca soal background, aku juga sempet mikir mungkin mba Ayu Citraningtias memang suka yang simple, pas liat di kolom komentar, ternyata bener :) Btw, semoga menang yah mba! ^^.

    BalasHapus
  6. @pakdhe cholik. masama pakdhe :)

    @sabda awal. hihihi, ayo bikin tulisan yang oke sip, biar banyak yang datengin blog kamu :)

    @niar. iyaaaa... si ayu mah rajin dah obrak-abrik tulisanku duluan :)

    @ayu. aku pernah baca di sebuah artikel yang ningkatin SEO juga, katanya seh salah satunya juga dari tampilan blog yang nggak penuh warna. entah ya, juntrungannya kemana. yuk yuk yuk... big hugh to you too..

    @nieke. iyaaaa.. ayu memang suka tampilan blognya simple. amin dan terima kasih dan baca reviewnya :)

    BalasHapus
  7. wahhh, lemgkap...sukses ya GA nya :)

    BalasHapus
  8. @mbak irma. makasih mbak :)

    BalasHapus
  9. GA itu bisa mendekatkan lagi yang udah dekat yah Mbak, kayak gini saling ngereview, saling ngasih komen dan masukan yang membangun..

    saya udah tau Ayu juga doong, salut dia konsisten ngeFF nya, karya2nya juga oke punya :)

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^