Parenting - Lifestyle - Crafting

[Tekno] Al-Qur'an Bahasa Indonesia, Aplikasi Membaca Al-Qur'an yang Mudah Penggunaannya

| on
Monday, June 26, 2017
Note : Untuk melihat gambar lebih jelas, silakan klik gambarnya ya.

Membaca al-Qur'an, sekarang ini bisa dilakukan dimana saja. Bahkan, sudah tidak perlu lagi kita membawa al-Qur'an berbentuk fisik kemana pun kita pergi. Karena sekarang ini sudah banyak aplikasi al-Qur'an yang memudahkan pengguna ponsel cerdas ketika ingin membaca al-Qur'an disela-sela aktifitas sehari-hari. Salah satu aplikasi yang berisikan ayat-ayat al-Qur'an beserta artinya adalah Al-Qur'an Bahasa Indonesia, yang mana menurut saya, aplikasi ini sangat mudah penggunaannya.

Pada aplikasi Al-Quran Bahasa Indonesia ini, ada enam menu utama yang penggunaannya sangat mudah sekali. User experience-nya diluar dugaan saya, ngga ribet, jelas, dan menu loading-nya ngga lama. Saya jabarkan satu per satu ya menunya apa saja.

 1. SURAH

Inti dari aplikasi ini ada di menu ini. Dalam menu ini, kita disajikan semua ayat al-Qur'an dari ayat pertama sampai terakhir, dari juz pertama sampai juz terakhir. Di menu 'surah' ini, pengguna akan diberi tampilan yang memudahkan dalam membaca al-Qur'an. Silakan lihat digambar, jelas bukan?

- Daftar surah

Menu ini menyajikan daftar surah dalam 30 juz dengan lengkap, dari surah al-Fatihah sampai surah an-Nas. Penyajiannya juga memudahkan karena menggunakan dua tulisan, yaitu tulisan latin dengan bahasa indonesia, dan tulisan arab lengkap dengan harokatnya.


- Penanda turunnya surah

Lihat disebelah kiri tulisan kan? Kalau diperhatikan lagi, ada dua logo kecil yang berbeda atau sama untuk masing-masing surah. Dua logo ini menandakan lokasi diturunkannya tiap-tiap surah. Logo berbentuk kubus adalah logo ka'bah, yang mana menjelaskan bahwa surah tersebut diturunkan di Mekkah. Sedangkan logo yang seperti gambar kubah masjid itu menjelaskan bahwa surah tersebut diturunkan di Madinah.

- Tampilan

Mari kita klik salah satu surahnya. Tampilan yang keluar seperti yang ada di gambar di atas. Setelah kita klik salah satu surahnya, akan muncul tiap-tiap ayat dari surat tersebut beserta artinya. Membaca keseluruhan ayatnya dengan cara men-scroll down sampai ke ayat terakhir.


Lalu, di bagian atas, ada menu mp3, yang mana kita bisa mendengarkan lantunan surah ini dengan suara. Sayangnya, kita harus men-download aplikasi lain jika ingin mendengarkannya.

Jika ingin lanjut ke surah selanjutnya, kita bisa swipe ke kiri. Tapi jika ingin kembali ke surah sebelumnya, tinggal swipe ke kanan. Geser-geser saja kalau ingin mencari surah yang kita inginkan. Tapi kalau ingin lebih cepat, kita bisa kembali ke menu halaman utama menu surah atau search di kolom pencarian.

Lalu, cobalah untuk menekan salah satu ayat dengan agak lama. Maka akan keluar kolom tambahan yang nantinya bisa kita gunakan untuk menandai tiap-tiap surah. Ada tombol 'bookmark' sampai tombol 'membatalkan'. Tombol 'bookmark' berguna jika kita ingin menyimpan ayat tertentu. Tombol 'memutar audio' digunakan jika kita ingin mendengarkan ayat ini dengan menggunakan suara. Tombol 'salin ke papan klip' fungsinya hampir sama dengan papan daftar lagu jika kita mendengarkan lagu. Lalu tekan tombol 'membagi' jika kita ingin membagikan ayat tertentu melalui sosial media yang kita punya. Lalu, ada tombol 'tambahkan catatan' yang berguna jika kita ingin membuat catatan tertentu pada tiap surat. Tampilannya, seperti gambar di bawah ini

Yang saya lingkari, itu adalah catatan tambahan

2. BOOKMARK

Seperti yang kita tahu, menu bookmark digunakan ketika kita ingin menyimpan suatu artikel ketika dirasa artikel itu penting. Kalau di aplikasi al-Qur’an Bahasa Indonesia ini, menu ‘bookmark’ digunakan untuk menyimpan ayat-ayat yang penting artinya untuk kita. Misalkan saja ayat terakhir yang kita baca atau ayat-ayat dengan arti penting dan kita butuhkan.


Tampilan dari menu ‘bookmark’ ini seperti pada gambar. Ketika belum diisi dengan ayat-ayat yang kalian bookmark, maka halamannya akan kosong. Tetapi jika sudah ada ayat yang di-bookmark, maka tampilannya akan seperti pada gambar di atas itu. 

Yang ada dihalaman menu ini setelah ada ayat yang di-bookmark adalah daftar ayat dengan rincian sebagai berikut: angka yang menunjukkan surah ke berapa, nama surah dalam bahasa indonesia, nama surat dalam bahasa arab dengan tulisan latin, dan ayat yang kita bookmark. Ketika kalian klik, akan muncul ayatnya dalam tulisan arab beserta artinya.

Menu ini merupakan menu yang sangat memudahkan saya. Terutama karena saya sering lupa akan melanjutkan ke ayat berapa dari terakhir saya tilawah karena saya tidak menghafalkan ayat ke berapa saya berhenti tilawah di rumah dengan menggunakan al-Qur’an berbentuk fisik. Jika kita ingin menghapus bookmark-nya, tinggal menekan saja pada kolom ayatnya, kemudian pilihlah kolom ‘hapus bookmark’ di kolom paling atas sendiri.

3. LANJUTKAN MEMBACA

Menu ini berguna ketika kalian menghentikan tilawah dengan menggunakan aplikasi ini. Yang muncul ketika meng-klik menu ini adalah ayat terakhir yang dibaca dengan menggunakan aplikasi ini. Sama, tampilannya ada adalah sama dengan tampilan pada halaman di menu ‘surah’.


4. AJIZA

Menu ini memudahkan pengguna untuk mencari ayat sesuai dengan juz-nya. Yang manakah juz satu, juz lima atau yang lainnya. Akan ada daftar juz, dari juz pertama sampai juz ketiga. 

Misalkan saja seperti ini:
Saya ingin mencari juz 5. Maka saya tinggal klik salah satu daftar yang di bagian depannya ada angka 5. Di situ ditampilkan kata pertama dari di juz 5, dan juz 5 ini dimulai dari surah apa dengan ayat berapa sampai dengan surah apa ayat ke berapa. 


5. PENILAIAN

Merupakan menu yang terhubung langsung dengan Play Store. Melalui menu ini, kalian bisa memberikan penilaian untuk aplikasi ini, layak mendapatkan bintang berapa dan kalian bisa memberikan komentar. 


6. MENEMUKAN AYAT-AYAT

Fungsinya hampir sama dengan kolom search di browser. Hanya saja, dalam menu ini, saya baru bisa menggunakannya kalau saya mencari di kolom search kata A, B atau C ada di ayat mana saja. Sayangnya, yang bisa diketik di kolom search ini hanyalah kata yang ada di dalam artinya saja. Maksudnya, ya hanya bisa mengetikkan katanya saja dalam bahasa indonesia karena basic dari aplikasi ini adalah aplikasi berbahasa indonesia. 

Misalkan saja saya mengetik kata ‘madu’. Maka yang muncul adalah nama surah-nya, surat nomer ke berapa serta jumlah ayat yang mengandung kata tersebut. Kita tinggal memilih saja, ayat manakah yang kita cari. Mudah kok, karena arti kata yang kita cari tadi itu di-high light dengan tulisan berwarna jingga.

.
.

Kelebihan dari surat ini adalah kalian bisa mengganti ukuran font, dari font dengan ukuran kecil, ukuran besar, dan kembali pada bentuk font awal. Selain itu, pengoperasiannya sangat mudah sekali karena tidak perlu menggunakan internet. Semua data base-nya sudah tersimpan sehingga kita akan mudah swipe kanan kiri atau scroll down untuk mencari surah dan ayat yang kita butuhkan.

Nah, mudah bukan penggunaan aplikasi ini? 

3 comments on "[Tekno] Al-Qur'an Bahasa Indonesia, Aplikasi Membaca Al-Qur'an yang Mudah Penggunaannya"
  1. wah kalau aku gak bisa kali ay, mata tuaku bakal pusing lht layar ponsel, aku baca saja pakai Al Quran yang besar, milik anaku dulu lagi kecil

    ReplyDelete
  2. Saya juga pakai ini mbak di tablet yg lama. Tp setelah rusak dan skrg pakai smartphone yg lebih kecil layarnya, memang terasa tulisannya imut2 banget meski fontnya sudah saya besarkan.

    ReplyDelete
  3. Aku juga pakai aplikasi itu mbak.. Emang bermanfaat banget ya

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature