Senin, 12 September 2016

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memilih Pakaian untuk Bayi


Saat masih hamil Fatin kemarin, saya sengaja memang nggak beli-beli baju untuk dia. Karena, ada baju-baju saat Arya masih bayi dulu yang masih bagus kondisinya. Dipikir-pikir, sayang juga kalau mau beli yang baru, karena kan anak bayi itu cepat sekali pertumbuhannya.

Benar ternyata. Baru saja dua bulan, eh, baju bayi yang sehari-hari dipakai oleh Fatin, sudah tampak sempit di badannya. Lubang kancingnya jadi melebar dan perut terlihat menyembul saat dia bergerak-gerak. Kalau dipaksa-paksa lagi untuk dilanjutkan pakai, kasihan juga meskipun anak bayi itu geraknya belum banyak. Akhirnya, mau nggak mau ya beli lagi baju-baju bayi yang sekiranya cukup untuk usia Fatin saat itu.

Tapi itu pun ngga bisa lama penggunaannya. Selang dua bulan saja, baju-baju yang baru beli tadi (dan masih bagus itu), udah ngga cukup lagi. Haishhh.. Tuh kan, anak bayi emang cepat sekali pertumbuhannya. Jadinya, mau beli baju agak banyak, sayang duit juga. Ehehe.. 

Saya ada tips memilih dan membeli baju bayi yang mungkin bisa dijadikan patokan kalau ibu-ibu sekalian lagi hamil. Jadi, ngga ada lagi ceritanya menangis menyesal *lebay* karena baju si bayi kita itu masih bagus tapi dipakainya kok hanya sebentar.


1. Pilihlah bahan pakaian yang mudah menyerap keringat si bayi
Ini penting! Ngga usah ditawar lagi. Gampangnya gini, kita saja yang sudah gedhe gini, kalau pakai pakaian yang bahannya ngga gampang menyerap keringat, jadinya bakal risih. Selain terasa lebih gerah, juga badan mudah bau keringat dan terasa sangat lepek di kulit. Apalagi anak kecil. Yang ada, malah dia bakal rewel karena badannya yang sangat berkeringat. 


2. Pilihlah model pakaian yang up to date
Ya iyalah ya. Masa bapak ibunya asoy cakepnya, anaknya berpenampilan biasa saja? Meskipun ngga harus bajunya secantik bajunya anak-anak artis, tapi setidaknya seimbang dengan penampilan bapak ibunya yang juga up to date. Ngga perlu kok baju yang kelihatannya ribet banget dengan penuh pita kain atau hiasan rempel di sekeliling bajunya. Simpel namun tampak ciamik, bisa saja kan?

Kalau saya, biasanya search dulu sih baju bayi model apa yang lagi up to date sekarang. Apa yang roknya model pulm, atau rok tutu, ataukah baju-baju yang membuat si bayi tampak lebih tomboi. Dan karena kemudahan teknologi, paling enak memang berbelanjanya secara online. Set set buat cari-cari model pakaian yang cocok, lihat keterangannya secara rinci yang diberitahukan oleh penjual. 

Nah, salah satu market place yang menawarkan pakain bayi dan anak-anak yang up to date adalah MatahariMall.com. Di sana banyak sekali model baju, celana, rok, alas kaki yang up to date dan saya yakin ibu-ibu sekalian pasti tertarik. Eh, ditambah lagi, di bulan September ini MatahariMall sedang adakan  diskon ulang tahun MatahariMall. Ada ribuan baju bayi dan anak-anak yang ditawarkan di sana. Kalau banyak diskon, emm.. Ibu-ibu siap-siap berburu sebanyak mungkin. Hahah..



3. Memilih pakaian dengan ukuran yang lebih besar daripada badan si anak
Dari sejak Arya masih bayi sampai sekarang ada Fatin, saya seringnya membelikan baju untuk mereka dengan ukuran lebih besar daripada badan mereka. Kecuali untuk baju-baju yang mengharuskan mereka berpenampilan sangat rapi, seperti baju batik saat ada keluarga yang sedang mengadakan pernikahan. Semisal pun tidak lebih besar, setidaknya baju itu tampak longgar dipakai oleh mereka. 

Alasan saya sih sederhana saja. Supaya mereka berdua bebas bergerak. Pernah nih, Arya protes ke saya karena baju baru yang saya belikan itu ngepas banget di badan, dia jadi kesusahan saat memakainya. Dan dia jadi bete. Itulah kenapa, sekarang kalau memilihkan baju-baju untuk Arya dan Fatin, saya selalu cermat di ukuran. 


4. Memilih warna yang cerah tapi juga tidak membuat mata silau
Percayalah, menggunakan dua prinsip warna ini, bayi kita akan tampak lebih segar. Kalau kulitnya coklat bahkan hitam, gimana? Cobalah untuk mencari warna baju yang cerah tapi kalem atau soft. Warna-warna shabby seperti tosca, peach, abu-abu dan lainnya, membuat bayi tidak tampak kusam kulitnya. Kalau perempuan, okelah kasih warna-warna shabby. Lha kalau laki-laki? Aish, Arya itu dari kecil sudah saya pakaikan baju-baju dengan warna-warna cerah tapi ngga menyilaukan mata. Kuning, hijau, merah. 


5. Kalau memilih pakai berbahan dasar kaos, pilihlah yang tidak mudah melar
Ini penting banget! Pernah nih, saya belikan baju buat bayi Arya di alun-alun kota. Saya pegang, bahannya halus sekali. Sayangnya, saya belinya waktu itu pas malam hari dan saya lupa ngga menarik bajunya untuk diuji kelenturan kainnya. Ternyata, belum sebulan, bajunya sudah molor. Huhuhu.. Padahal, saya mencucinya nggak pakai mesin cuci karena kami belum memiliki mesin cuci. 

Saran saya, coba searching merk-merk baju berbahan kaos yang sudah dijamin ngga gampang molor bahannya. Memang sih, harganya lebih mahal sedikit. Tapi kalau awetnya bisa lama, kan sebanding dengan waktu pemakaiannya. Kalau bayi Arya dulu, beberapa kaosnya yang awet sekali dan ngga gampang molor, sekarang bisa nurun dipakai sama Fatin.  Kemudian, adik ipar kasih referensi merk Carter juga, yang awet bahannya sampai setidaknya dua tahun pemakaian, tanpa dicuci dengan menggunakan mesin cuci.


6. Paling enak, pilih baju yang berkancing
Kalau saya, tetaplah untuk anak-anak itu yang paling nyaman buat mereka adalah pakaian dengan bahan kaos. Meskipun, juga butuh baju yang sedikit formal saat menghadiri acara-acara resmi seperti kondangan yang pihak keluarga sendiri yang adakan. Kan sekarang ada tuh, baju-baju yang tampak formal tapi ternyat a bahan bajunya adalah kaos.

Lebih enak lagi, udah bahannya kaos, ada kancingnya pula di sekitar leher. Kenapa saya sarankan cari kaos yang berkancing di sekitar leher? Supaya ngga molor lah itu krah baju karena keseringan kepala keluar masuk di kaosnya. Lebih membuat baju bayi kita awet bukan?


Pada dasarnya, memilih pakaian untuk bayi itu, yang dipikirkan pertama kali adalah kenyamanan si bayi. Jangan sampailah nantinya, kita repot sendiri hanya karena baju yang dipakai bayi kita itu ngga nyaman di kulit mereka yang masih halus. Oh iya, jangan sampai lupa ya untuk menikmati diskon ulang tahun MatahariMall di bulan September ini. Kan lumaya atuh kalau dapat diskon banyak. Bayi nyaman, ibu bahagia.

16 komentar:

  1. Nah ini khusus ibu-ibu rumah tangga hehe

    BalasHapus
  2. ohh ternyata saat memilih baju bayi kita harus memperhatikan banyak hal ya agar si bayi itu nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Jadi ya, ngga asal beli juga sih :)

      Hapus
  3. Pakaian bayi paling nyaman yang menyerap keringat ya mbak. Bayi bisa rewel kalo gerah dan baju yang dipakai nggak nyaman.
    Wow ada diskon ultah MM, intip-intip juga ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Kalau udah rewel, errr ... Pekerjaan tambahan banvet tuh

      Hapus
  4. Baju bayi mahal-mahal, masa pakainya sebentar aja ya Mbak. Iya sih, mending pilih yang besaran biar bisa dipakai sampai usia setahun. Itupun kalau badannya Fathin gak gemuk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Enaknya punya anak yg badannya stabil dan ga gemuk2 banget, mbak yun :p

      Hapus
  5. Wah, kalau saya yang kurang memperhatikan itu, masalah yg up to date :D
    Soalnya emaknya juga gak up to date soal pakaiannnn.... hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku poin ini, juga kadang2 aja. Wkwkw.

      Hapus
  6. Oh tyt penting ya milih2 baju bayi gak boleh asal lucu aja hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu'um, mbak. Kudu liat dulu, bikin gerah ngga?

      Hapus
  7. Hihihi.. entahlah saya ko belum tertarik belanja onlineshop *padahal dulu pernah jadi admin onlineshop* masih setia sama yang offline aja.. entah ya kalau kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha.. Teh Yuli lho, bisa aja sih

      Hapus
  8. saya juga suka baju berkancing, yang masukinnya gak lewat kepala. Kalau si dia tidur lebih mudah memakaikan baju karena lewat tangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baju tidur sih oke, memang mensingan pakai berkancing depan.

      Hapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^