Rabu, 11 Mei 2016

Kuliah Online, Solusi Bekerja Sambil Kuliah

http://www.mamaarkananta.com/2016/05/kuliah-online-jalan-solusi-bekerja-sambil-kuliah.html?m=1

Saya ingat bagaimana pesan Bapak saat saya masih kecil dulu. Bahwa saya dan adik haruslah sudah memiliki rencana pendidikan yang matang meskipun kami masih belum melewati masa itu. Saat Bapak memberikan pesan itu, saya masih SD dan belum mengerti betul bagaimana ‘merencanakan pendidikan’ yang tepat itu.

Kemudian, sebelum saya cuti melahirkan, dua bulan yang lalu saat saya melakukan bimbingan kelompok di kelas dengan tema ‘Sekolah Lanjutan’, seorang siswa saya yang berjenis kelamin laki-laki bertanya dengan lantang, “Bu, bisa nggak sih kalau saya besok kerja sambil kuliah?”


Sesaat saya tertegun. Pertanyaan seperti ini, sebenarnya susah untuk dijawab karena sifatnya adalah subyektif. Saya, adalah tipe orang yang hanya bisa berkonsentrasi dengan satu hal saja sampai tuntas dan saya bukan tipe multitasking. Kalaupun harus multitasking, itu membutuhkan banyak energi dan itu melelahkan sekali. Kalau dapat pertanyaan seperti itu, saya pasti akan jawab ‘Lebih baik kuliah saja atau kerja saja. Karena akan lebih mudah mengejar target’. Tapi, kalau saya jawab seperti itu, tentunya nggak fair buat siswa saya. oleh karenanya, saya harus lihat dulu bagaimana latar belakang keluarga siswa saya, terutama masalah finansial keluarga.

Kok ya kebetulan, siswa saya yang tanya itu, finansial keluarganya tidaklah terlalu baik. Jadi saya pahami kalau pertanyaan itu muncul karena dia ingin memperbaiki kualitas finansial dirinya (dan mungkin keluarganya juga) baru memikirkan tentang sekolah lanjutan pasca dia lulus sekolah menengah atas. Jadi jawaban saya ketika itu adalah, “Boleh, asalkan kalian betul-betul berkomitmen kerja sambil kuliah.” 

Karena kerja sambil kuliah itu betul-betul membutuhkan komitmen yang tinggi. Selain karena melelahkan, juga harus pintar-pintar membagi waktu antara kerja, kuliah serta istirahat.

Kemudian siswa lain bertanya, kampus manakah yang bisa jadi rujukan untuk keputusan seperti itu. Saya merekomendasikan sebuah universitas di kota saya karena mereka punya program kuliah sambil kerja.

http://www.mamaarkananta.com/2016/05/kuliah-online-jalan-solusi-bekerja-sambil-kuliah.html?m=1

Itu dua bulan yang lalu. Kemudian beberapa waktu yang lalu, saya dapat informasi bahwa ada kampus lain yang mengadakan program kuliah yang bisa diambil oleh para pekerja yang ingin melanjutkan studynya. Nama kampusnya adalah Binus University, yang menawarkan sebuah program bernama Binus Online Learning.

Apa itu? Lalu, apa hubungannya dengan pertanyaan siswa saya tadi?

Binus Online Learning adalah sebuah program kuliah online dari Binus University yang memberikan penawaran bagi para calon mahasiswa yang ingin belajar namun tidaklah perlu mendatangi langsung tempat perkuliahan karena perkuliahannya diadakan secara online. Binus Online Learning merupakan media pembelajaran bagi siapapun yang ingin mengembangkan diri dan maju meraih keberhasilan tanpa repot-repot memikirkan jadwal dan tempat.


Ada beberapa jurusan yang ditawarkan melalui Binus Online Learning, mulai dari program D3 sampai program Magister (S2). Beberapa jurusan, tampaknya sesuai dengan minat siswa-siswa saya. Saya makin semangat dong jadinya buat kasih tau tentang program dari Binus University ini. Oh iya, jurusan-jurusan itu antara lain :

• Program D3
1. Komputerisasi Akuntansi

• Program S1
1. Manajemen - Business Management
2. Sistem informasi - Corporate Information Systems
3. Akuntansi
4. Manajemen Marketing
5. Sistem Informasi

• Program S2 (khusus Jakarta)
1. Magister Teknik Informatika - MTI
2. Magister Manajemen Sistem Informasi


Keunggulan dari Binus Online Learning ini adalah tentunya, nanti para calon mahasiswa bisa melakukan perkuliahan tanpa harus bingung memikirkan pekerjaannya. Nggak ganggu jam-jam kerja dan malah punya waktu istirahat lebih banyak karena calon mahasiswa nggak perlu wira-wiri dari rumah ke kampus. Sedangkan mata kuliah yang nantinya diterima calon mahasiswa akan berupa beberapa bentuk seperti diskusi forum, tugas individu, video conference dan video pembelajaran, yang semuanya itu dilakukan secara online. Wah, asyik bukan? Benar-benar anak muda jaman sekarang diajak untuk #MajuTanpaBatas demi masa depan yang lebih baik.

http://www.mamaarkananta.com/2016/05/kuliah-online-jalan-solusi-bekerja-sambil-kuliah.html?m=1
BULC Malang (gambar diambil dr website Binus Online Learning)

Selain perkuliahan yang sifatnya online melalui http://online.binus.ac.id ini, BINUS Online Learning juga mengadakan perkuliahan untuk mata kuliah tertentu atau ujian secara face to face. Namun tenang saja, calon mahasiswa ngga perlu datang langsung ke kampusnya yang berlokasi di Jakarta, tapi bisa datang di Binus University Learning Community (BULC) yang berlokasi di Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. 

Dari semua informasi yang saya dapatkan itu, cocok banget kan sama keinginan siswa saya setelah dia lulus sekolah menengah atas nantinya. Tentunya, informasi ini akan saya sampaikan pada mereka dan juga pada adik-adik kelas mereka dan akan saya keep sebagai bahan untuk menyampaikan informasi tentang karier. Binus Online Learning ini, memang bagus programnya dan pas buat anak muda yang ingin #MajuTanpaBatas dengan keunggulan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

17 komentar:

  1. Semoga semakin banyak sekolah yang menerapkan sistem online learning itu ya mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, semoga saja.
      Keinginan untuk terus belajar jadi terfasilitasi :)

      Hapus
  2. inovasi berbasis teknologi dalam dunia pendidikan. saya pernah juga ditawari kulihah di universitas terbuka yang kuliahnya bisa online. sempat pengen nyoba juga sih, tapi sampai sekarang belum nyoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba, kalau memang sudah memantapkan hati buat kuliah :)

      Hapus
  3. AYO kuliah lagii..
    Alhamdulillah, semakin banyak pilihan kuliah secara online shg meskipun kerja ttp bisa melanjutkan kuliah lagi. *saya pengen jugak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pengen, mbak. Toss ah..

      Hapus
  4. Kyaaahhhh sepertinya tertarik dengan model pembelajaran sperti ini mbakk.
    terima kasih utk sharingnya ya mbak.e ^_^

    BalasHapus
  5. Era serba digital, sangat membantu bagi yang punya kesibukan bejibun
    salam sehat dan semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes. Betul banget, mas. Asal sih, orangnya bisa ngikuti perkembangan era digital ini :)

      Hapus
  6. di Bekasi juga ada nih binus online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku lihat di alamat binusnya :)

      Hapus
  7. Uwaaaw, ini ada di Malang dan tepat di seberang kantorku Mak. Emang sekarang dg adanya kuliah online jadi lebih mudah ya, lebih hemat juga karena ngga perlu ngekost.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betooolll..
      Nggak perlu ngekos dan segala tetek bengeknya :D

      Hapus
  8. Jadi pengin kuliah lagi nih *gayaneeeee :)

    BalasHapus
  9. Enake kuliah sekarang. Berkat teknologi.

    BalasHapus
  10. Bisa dicoba ni untuk S2 nanti hehe

    BalasHapus
  11. Kampus sistem online, solusi terpercaya di era digital seperti saat ini :) semangat belajar

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^