Selasa, 22 Oktober 2013

Wisata Murah di Kebun Teh Wonosari, Malang, Jawa Timur

credit
Seminggu yang lalu, saat ada momen cuti bersama hari raya Idul Adha, saya dan keluarga mertua pergi berlibur ke Kebun Teh Wonosari yang letaknya di Lawang, Malang. Sebenarnya ada dua alternatif tempat berlibur yang mau kita kunjungi. Di Songgoriti, Batu atau Kebun Teh Wonosari ini. Setelah rundingan, kita akhirnya sepakat Kebun Teh Wonosari saja deh. Hm, udah ngga rahasia lagi kalau Malang itu jadi tempat tujuan wisata saat liburan dan itu bakal macet banget. Kalau mau ke Songgoriti, kita kudu melewati tiga titik rawan macet yaitu pasar Lawang, pasar Singosari dan Karang Lo. Sedangkan kalau ke Kebun Teh Wonosari hanya melewati satu titik saja yaitu pasar Lawang. Dan lagi, saya sudah pernah ke Kebun Teh Wonosari, jadi recommend banget buat kesana.
credit

Rundingan selesai, waktunya pesan kamar. Maunya kita pesan villa yang empat kamar, ternyata udah penuh. Padahal masih sepuluh hari sebelum hari H. Daripada milih ke Songgoriti, akhirnya kita jadilah pesan villa tiga kamar dengan tambahan dua bed tambahan. Hm, besok-besok kudu pesen jauh-jauh sebelumnya ya.

Hari H. Kita berangkat dua mobil. Mobil mertua dan mobil Papa. Maunya kita sih, berangkat bareng gitu, sekitar setengah dua siang setelah saya dan adik ipar saya pulang kerja. Lha kok ternyata, Papa baru pulang dari pabrik (pabrik trouble itu kudu disiapin tang yang banyak *gregetan*) sekitar setengah satu, barengan sama saya. Walhasil, mobil mertua berangkat dulu buat jemput adik ipar yang di Krian, Sidoarjo, sedangkan yang ikutan mobil Papa berangkat habis sholat Asar. Awalnya sih lancar jaya, sampai akhirnya masuk tolTandes, padat merayap kendaraannya. Huwaaa.. alamat macet banget ini. Ternyata, ada truk yang terbakar di km 21 tol Waru. Alhamdulillah, setelah itu lancar jaya sampai tujuan *pijat kaki Papa*.

Masuk ke Kebun Teh Wonosari saat malam itu kesannya angker dan bikin jantung deg-deg ser. Jalan udah dingin, gelap, sempit, berliku, jauh juga ternyata dari persimpangan masuk di pasar Lawang. Kudu hati-hati banget *banyak baca sholawat*. Tapi setelah sampai di lokasi, rame banget. Kendaraan dari motor, mobil sampai bus, sudah memenuhi lapangan parkir dan halaman tiap-tiap villa.

Perjalanan 6 jam hilang akhirnya setelah mertua memberi hidangan di atas meja. Daripada beli, mertua memilih membuat makanan sendiri di rumah dan dibawa lokasi. Santai sejenak dan mengajak Arya tidur karena sudah malam. Tapi ya, namanya tiap hari di rumah Arya cuma ketemu beberapa anggota keluarga saja, pas di sana jadi nggak mau-mau tidur. Setelah tidur di mobil pas perjalanan tadi, lalu ketemu sama banyak orang yang pada liat Indonesia lawan Korea, walah, tidurnya jadi molor. Adegan rewel pun dimulai karena mungkin badannya capek tapi nggak bisa segera mulai tidur *sabar, sabar, lap keringat*. Kasihan Papa juga, nggak bisa segera istirahat. Dan setelah bergelut dengan esmosi jiwa, akhirnya Aryatidur-tidur sendiri sekitar setengah 12!!! *geleng-geleng*.

Paginya, kita pada belum mandi gegara dingin (gegara air panas nggak keluar), sudah pada main-main di taman. Naik komedi putar, liat-liat burung dalam sangkar, liat kolam ikan, foto-foto *abaikan muka tanpa make up*. Maunya liat sekitaran pabrik pembuatan teh, tapi karena ada empat bapak polisi tanpa senyum lagi berdiri dekat situ, keder juga mau kesana. Ceritanya, lagi ada kegiatan jalan sehat keluarga polres Malang gitu lah.
Arena bermain ^^
Arya heboh liar burung sebesar itu :)))
Capek bermain, liat ikan sama Papa jadi andalan :))
Nggak berani ke arah pabrik gegara bapak-bapak ini mukanya sangar :))

Oh ya, Kebun Teh Wonosari ini merupakan proyeknya PTPN XII yang memang menangani perluasan produksi teh dan mendistribusikannya. Berdiri tahun 1910 dan memproduksi teh celup dengan nama teh Rolas. Waktu saya masih SMA dulu, pernah studi wisata ke sini. Lihat saat panen teh, cara meremajakan pohon teh, memproduksi teh dan cara penyajiannya. Tapi detailnya saya sudah lupa, sudah sepuluh tahun yang lalu *maafkan*. Mungkin karena melihat semakin semaraknya wisata ke daerah dingin, akhirnya pihak Kebun Teh Wonosari merekontruksi lokasi wisatanya. Dalam sepuluh tahun itu, saya lihat banyak banget perubahannya. Mulai perbaikan villa yang semakin oke sip, permainan yang banyak banget macamnya, lokasi parkir yang semakin luas, dll. Semakin sering dikunjungi, semakin banyak yang tahu tentang lokasi wisata ini dan tentunya tahu juga dengan teh Rolas.

Penanda ketinggian :)

Oke, kembali ke cerita saya berlibur. Setelah mandi dan sarapan, saya, Papa dan Arya jalan-jalan ke koperasi buat beli oleh-oleh kemudian lanjut ke lokasi jual makanan. Setelah dapat bakso dan telur puyuh kecap buat makan siangnya Arya, kita balik lagi ke villa. Maunya sih menidurkan Arya, soalnya udah waktunya dia tidur. Tapi pas lihat para tante dan omanya mau berenang, ngintil juga dia. Ya.. Harus rela lagi ke tempat jual makanan karena lokasi kolamnya sekitaran situ. Hah, ambil nafas dulu. Sambil bawa baju ganti, cemilan dan susu punya Arya, ngikut juga saya dibelakang mereka dengan langkah tertatih *maaf lebay* karena Papa memilih tidur karena ntar bakal nyetir lagi.

Pas mau belok ke lokasi kolam, kereta kelinci pun lewat dan Arya minta naik. Uhuk, bolehlah. Secara tadi pagi saya belum sempat keliling di kebun tehnya buat liatin ibu-ibu panen teh. Akhirnya, saya, Arya, Oma dan Oya (mertua laki-laki saya) naik kereta duluan sebelum berenang. Nggak lama sih naik keretanya, hanya 10 menit. Tapi kita sudah diajak keliling melihat lokasi-lokasi penting di sana. Seperti kebun teh, prasati 100 tahun berdirinya kebun teh, liat ibu-ibu panen, gudang penyimpanan pestisida, villa-villa, rumah para pekerja, kebun binatang mini, perkemahan, lokasi outbond dan pohon-pohon teh yang diremajakan. Asyik. Kalau dipikir-pikir, butuh waktu seharian dan kaki tahan pegel buat kelilingi semua lokasi *terima kasih kereta kelinci, sayang*.

Saat di kereta, Arya nutup mukanya pakai tangan. Saya kira karena terpaan angin yang kencang, ternyata dia tidur! Memang sekarang Arya punya kebiasaan baru sih, menutup mukanya pas mau tidur kalau matanya kena silaunya matahari atau kena lampu yang terang banget. Tapi ya gitu, akhirnya acara tidurnya Arya terganggu juga dengan berhentinya kereta yang mengharuskan kita turun. Hap! Arya minta gendong terus deh sampai lokasi renang. Males jalan sudah.

Kolamnya lumayan besar kok. Buat dewasa dan anak-anak ^^

Untungnya, Arya nggak mau renang. Dibujuk model apapun, dia dah ilang mood. Hore!! sayanya yang senang. Arya mau patuh sama saya buat diajak balik ke villa buat tidur siang. Dia tidur, saya beresin barang-barang karena mau check out dan sayanya ngga takut Arya rewel karena jadwal tidurnya ngga terganggu. Ingat ibu-ibu, jadwal tidur balita itu penting. Patuhi itu, meskipun kita sedang berlibur. InsyaAllah balita kita nggak akan rewel dan tumbuh kembang otaknya bagus karena badannya ngga gampang capek.

Karena jam dua kita sudah harus check out, walhasil kita makan siang juga harus cepat-cepat. Nasi goreng pas sarapan tadi yang belum dimakan, dilahap juga. Saya, Papa, Arya, habisin nasi goreng telur. Arya malah pintar, makan sendiri nasi gorengnya dan bakso. Karena Arya termasuk anak yang makannya lama, akhirnya makannya dia berlanjut di mobil. Sambil ngemil telur puyuh. Biarlah, yang penting habis *senyum kemenangan saat Arya lagi GTM*.

Begitulah saudara-saudara kisah perjalanan saya *halah* ke Kebum Teh Wonosari, Lawang. Recomend banget!! Sewa villanya murah, lokasinya bikin otak, mata dan badan segar, banyak lokasi permainan buat anak-anak dan harga oleh-olehnya murah. Pas banget buat wisata keluarga. Selamat mengunjungi ^^.

26 komentar:

  1. Salam kenal!!
    Wuah Kebun Teh Wonosarinya sekarang makin rame yah... keingetan dulu lama sekali wisata kemari pas kolam renangnya masih baru dan sepi ... keren banget ...
    Jadi pengen kemari lagi deh

    BalasHapus
  2. kolam renangnya sudah bagus ya mbak.. dulu cuma benar-benar kolam renang saja hehe, aku suka teh rolas enak..jadi kangen malang hehehe

    BalasHapus
  3. tempatnya enak.. buat wisata keluarga emang pas banget ini :)

    BalasHapus
  4. emh, aku udah 3 kali kira2 kesana.. cukup menyenangkan.. :D

    BalasHapus
  5. jadi mupeng,catettttttt........

    BalasHapus
  6. meski diawali jengkel, tapi tetep seru ya liburannya. :)
    anak2 memang ada yg tidak nyaman jika terlalu lelah/tidur ditempat baru.

    BalasHapus
  7. Semoga bisa dimampukan pelesir ke sana.

    BalasHapus
  8. @all. Mari kemari lagi yuk. Menyenangkan sekali. Bisa dijadikan tempat wisata tujuan liburan nanti.

    BalasHapus
  9. Jadi inget kalau sudah lama sekalil saya enggak main2 ke Kebun teh. Kangen sama aroma sejuk dan hijaunya yang menyejukkan.

    BalasHapus
  10. setuju, Mak. Kl Jadwal tidur anak terganggu, acara liburan memang bikin kacau :)

    TEmpat liburannya enak :)

    BalasHapus
  11. Wah liburan keluarga yang mendidik mbak. Di kebun Teh. sayangnya sejak lahir, saya belum pernah ke kebun teh. padahal deket tuh, Wonosari Malang

    BalasHapus
  12. Mari kemari yuk. Emang ini lokasi wisata oke banget buat meringankan stres dan pas buat keluarga. Asal, saat membawa anak kecil, tetal terapkan istirahat yang cukup. Supaya nggak ganggu liburan kita :)

    BalasHapus
  13. pengen bgt liburan ke sini...
    pasti seru bgt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk, sempatkan ke sana. memang seru kok ;)

      Hapus
  14. salam kenal ya mbak.
    saya juga pernah kesana beberapa tahun yg lalu tp belum begitu rame ,yang saya tanyakan villanya diisi keluarga besar g pp ya? gak diperiksa petugasnya klo overload penghuninya? hehehe trus klo renang apa harus bayar sendiri? tlg dibalas ya koment saya ini. makasih.

    BalasHapus
  15. Artikel yang sangat menarik untuk dibaca, ditunggu postingan selanjutnya.

    Dari Wisnu Transport, http://travelmalangindo.blogdetik.com/, Flexi 0341 542 1672

    BalasHapus
  16. Menyenangkan sekali,..hari ini sy sekeluarga kesana... Apik Auto2000 Sutoyo Malang Pin:7E6BC633

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus ya pak? Saya aja pengen kesana lagi.. :)

      Hapus
  17. waaah..
    jadi kangen kampung halaman
    jadi kangen juga icip-icip teh rolasnya
    deket rumah saya nih mbak, di sumber suko dekat pasar lawang
    yaa, masih sekira 5 km lah :-D

    BalasHapus
  18. Kirain di Malang cuma ada kebun apel mak, ada kebun teh juga yaa

    BalasHapus
  19. Artikelnya bagus dan bermanfaat, kami juga menawarkan website kami tentang WISATA JOGJA .

    BalasHapus
  20. Kereeeen... Semoga aja widya bisa kesampaian buat kesini. :D

    BalasHapus
  21. pengeeen bisa ke sini, ngebayangin hawanya yang suejukk suegerr :)

    BalasHapus
  22. Kuliah 5 tahun di malang dan belum pernah ke sini hahahah

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^