Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Review Drama Korea Terbaru 2019 dan Pertama Produksi Netflix : Kingdom

| on
Sunday, February 10, 2019

Link 

Gara-gara sebuah story di Instagram seorang teman, yang me-mention beberapa orang kalau drama Kingdom ini menarik sekali. Sebenarnya, banyak teman yang sering share info tentang drama Korea. Tapi karena teman saya yang buat Instagram story ini seringnya share dorama, kan saya jadi tertarik.

Kingdom adalah drama Korea terbaru 2019 yang bercerita tentang wabah yang menjangkiti beberapa wilayah di Korea pada masa Joseon. Wabah penyakit menakutkan yang bermula bukan dari rakyat, tapi malah dari Raja Joseon itu sendiri. Orang yang terjangkit wabah ini akan menjadi zombie dalam waktu beberapa menit saja setelah dia meninggal, dan memakan orang-orang hidup yang ada di sekitarnya.
Link

Rasa penasaran Putra Mahkota (Ju Ji Hoon) karena Ratu mentutup-tutupi penyakit Raja, membuatnya nekat untuk keluar istana bersama pengawal pribadinya untuk mencari penyebab sakitnya Raja melalui tabib yang terakhir kali dipanggil ke istana Raja. Tapi nasib baik rupanya tidak berpihak pada Putra Mahkota. Rencananya untuk menggulingkan Raja, malah tercium oleh Perdana Menteri (Ryu Seung Ryong) yang sangat berambisi mengambil posisi Raja. Meskipun Perdana Menteri ini adalah ayah kandung dari Ratu, tapi dia terang-terangan menjadikan Ratu dan anak yang dikandungnya sebagai boneka pemuas ambisinya.

Saat dikejar-kejar oleh pasukan kerajaan, Putra Mahkota, pengawal pribadinya (Kim Sang Ho), seorang pembantu tabib (Bae Doo Na), dan seorang mantan prajurit, malah mengerahkan semua tenaga dan pikirannya untuk menyelamatan rakyat sebanyak mungkin dari wabah, supaya wabah menakutkan ini tidak menyebar ke ibu kota.

Lalu bagaimana lanjutannya?

Lanjutannya adalah ... jeng jeng jeng!!! Nggak ada, Pemirsa!! Alias nggantung!!!!!

Ceritanya kelar disaat lagi seru-serunya! Ceritanya ngga berlanjut di saat jantung ini lagi berdetak sangat kencang saking tegangnya! Ceritanya berhenti disaat belum ada jalan keluar apa-apa untuk mengatasi wabah! Jengkel nggak sih saya??? Banget!!!!!

Seperti baru pacaran dan lagi sayang-sayangnya, eh diputus tanpa sebab.

Drama Korea pertama buatan Netflix ini benar-benar bikin gregetan karena endingnya, tapi juga bikin puas sekali karena semuanya dari scene pertama sampai terakhir harus saya acungi banyak jempol *pinjam jempol kalian ya*.

Meskipun kabarnya nggak hanya satu season saja, tapi drama Korea terbaru ini belum bisa sepenuhnya memuaskan rasa penasaran saya dong. Lha wong cuma 6 episode saja, Pemirsa. Berharap sekali, season dua bakal segera tayang, nggak usah nunggu tahun depan seperti gosip yang tersebar di kalangan penyuka drama Korea.

Lalu, apa menariknya drama korea Kingdom ini?

Link

Alasannya karena saya suka film dan serial yang bercerita tetang zombie. Karena Kingdom ini berseri, saya jadi banding-bandingkan dengan serial barat berjudul The Walking Dead. Serial yang di tayangkan di FOX channel ini sendiri, sudah memasuki season ke sembilan, dengan rata-rata 30 episode per season. Saya sendiri mengikuti TWD sampai season ke tujuh kalau nggak salah, tapi kemudian terpaksa terhenti karena FOX nggak lagi tayang di area saya dan saya juga males streaming atau download.

Bedanya dengan TWD adalah, Kingdom ini memberikan kesan dark yang lebih kental. Kenapa?

Satu, karena setting waktunya oke banget. Ada dua setting waktu yang menarik perhatian saya sepanjang nonton drama korea Kingdom ini. Yang pertama adalah pengambilan ide munculnya wabah zombie di masa Joseon, dan yang kedua adalah kebanyakan adegan yang bikin jantung berdebar itu pas lagi malam hari.

Link

Nggak banyak film dan drama Korea bersetting masa kerajaan yang saya ikuti dengan baik, tapi untuk Kingdom, tanpa mengulang dua kali, drama ini langsung nancep di hati. Wong drama Moon Lover Scralet Heart Ryeo saja, setelah saya rerun barulah drama ini terkenang. Kebanyakan film dan serial tentang zombie, setting waktunya adalah masa kini, masa modern. Yang mana, banyak sekali alternatif pilihan untuk menaklukkan sekumpulan zombie yang menyerang peradaban.

Baca juga ini : 5 Film Rekomendasi Saya Dong!

Sedangkan Kingdom berbeda. Di season satu ini, yang dititikberatkan adalah bagaimana para manusia harus bertahan selama mungkin dari zombie yang pergerakannya cepat sekali, tanpa pengetahuan apa itu zombie dan tanpa peralatan canggih untuk menanggulangi wabah. Ditambah lagi, kala itu, kerajaan sedang memberlakukan pajak yang tinggi kepada rakyat karena harus berperang melawan Jepang untuk mempertahankan wilayah. Gambaran yang diperlihatkan pada kita pun makin mendukung, seperti banyak desa yang kumuh dan kotor, rakyat berpakaian sangat lusuh, banyaknya warga yang terluka akibat pertarungan untuk perebutan wilayah, banyak warga yang sakit tanpa pengobatan memadai, dan gambaran buruk lainnya

Link

Sedangkan untuk setting waktu yang malam hari, ini berhubungan juga sih ya sama setting tempat. Kalau wabahnya menular di zaman sekarang, jelaslah bisa sembunyi di mana saja. Tinggal cari gedung di depan mata, sembunyi di balik pintu yang terkunci, beres. Tapi bakal beda rasanya kalau wabahnya menular di zaman kerajaan, yang mana belum banyak gedung tinggi atau rumah untuk bersembunyi. Mana zombie di drama Korea terbaru 2019 ini keluarnya malam hari. Penduduk yang sehat mau sembunyi di mana? Mereka hanya bisa berlarian menuju hutan, sawah, padang rumput untuk menghindar dari zombie. Itulah kenapa, wabahnya bisa cepat tersebar, secara banyak korban akhirnya karena nggak ada tempat persembunyian.

Baca juga yuk : Belajar Memahami Orang Lain dari Drama 30 But 17

Apa lagi ya yang menarik perhatian saya?

Hm ... ah iya! Aturan ketat di zaman Joseon ternyata malah membuat sulit warganya untuk menumpas kejahatan zombie. Misalkan nih ada aturan begini, para bangsawan nggak mau anaknya yang jadi zombie di bakar seperti rakyat biasa karena mereka menganggap kedudukan bangsawan ini lebih terhormat. Celakanya, ada salah satu ibu dari bangsawan yang memasukkan mayat anaknya ke dalam kotak kayu dan membawanya berlayar ke kota lain. Saat malam, apa yang terjadi? Seisi kapal jadi lautan darah.

Link

Ini belum segambreng aturan kerajaan yang sebenarnya menyulitkan para penghuni istana. Gemes sendiri kan jadinya saya.
.
.

Kalian suka cerita genre seperti ini? Cuz deh nonton. Beneran bagus ini. Apalagi para pemainnya udah nggak diragukan lagi kiprahnya di perindustrian hiburan Korea. Ju Ji Hoon oppa cocok banget perankan Putra Mahkota. Kesan dinginnya dia di drama Princess Hour masih terbawa di drama Korea Kingdom ini. Hahaha, nggak nyambung sih *abaikan*.
54 comments on "Review Drama Korea Terbaru 2019 dan Pertama Produksi Netflix : Kingdom"
  1. Kak, aku belum nonton (TT_TT) Rencananya mau nonton sesudah finish Memory of Alhambra tapi terus aku tergoda marathon BTS Run. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaha..
      BTS Run bagus nggak? ini murid-muridku nyuruh liat, cuma akunya agak-agak males. hehe.

      Delete
  2. ih horor, kayaknya nggak berani nonton deh.
    mesti ajak suami buat nemenin nonton ini, dan nontonnya harus siang hari pula hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..
      nggak sehoror itu kok, mbak. aku juga takut horor tapi nggak sampai gimana gitu liat drama ini

      Delete
  3. Wah bagus banget tuh ya drama korea kingdom ini

    ReplyDelete
  4. Aku jadi pingi lihat drama korea ini juga nih. Habisnya bikin penasaran

    ReplyDelete
  5. Keren sekali tuh drama korea kingdom. Aku jadi pingin nonton

    ReplyDelete
  6. Wah lagi ngomongin tentang drama korea ya. Aku suka banget tuh sama drama korea

    ReplyDelete
  7. Terima kasih informasinya. Saya jadi pingin lihat juga nih drama koreanya

    ReplyDelete
  8. Ah, akhirnya ada yang review series ini haha. Saya sebetulnya ngga nonton langsung karena emang ngga suka film korea, tapi terpapar karena mamer kemarin nonton serial ini. Endingnya memang gantung sih, tapi semoga saja season 2 cepat keluar supaya ngga bikin penasaran. Mamer sempet nyari-nyari tuh sambungan filmnya heuheu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamer is mama mertua?
      season keduanya masih tahun depan, mbak. hehehe, masih lama yak?

      Delete
  9. Sebagai pecinta serial TWD, kayanya harus nonton nih drakor ini..tapi berani ngga ya karena kedengerannya lebih serem..denger endingnya gantung juga udah agak kesel duluan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tonton mbak, tonton! nggak mengecewakan kok. Beneran apik lho..

      Delete
  10. saya sebenarnya nggak suka film zombie-zombie gitu, tapi baca ulasan ini kok kayaknya seru ya? jadi pengen nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kok, mbak. cuzzz deh nonton.. nggak banyak pula episodenya.

      Delete
  11. aku tuh paling syebel kalau endingnya nggantung...kaya drama MOTA itu...duh....greget banget jadinya.
    eh tapi jangan-jangan emang cirinya netflix ya dengan ending nggantung-nggantung gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. entah ya mbak kalau drama. kalau film, nggak nggantung tuh. kaya film Bird Box itu, nggak nggantung sama sekali

      Delete
  12. Tetep acungi jempol ya Mbak meski endingnya menggantung.
    Btw kalo aku udah gak berani nonton setelah baca review ini. hihihi. Penakut ya akuuu 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..
      ih, kenapa sih kalian pada takut liat dramanya? padahal bagus lho..

      Delete
  13. Ini filmnya banyak gambar serem yang berdarah-darah zombie gitu ya mbak, lah kok cerita ending nya ngegantungin sih ah kan jadi baper, halagh. Mungkin kalau lagi nggak ada kegiatan bisa lah ikutan nonton film ini.. 😁👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...
      banyak adegan berdarah-darah. makanya nggak ditayangin di tv nasionalnya Korea. pasti nggak lulus sensor dramanya.

      Delete
  14. Aku suka banget Drakor, terutama yang berbau-bau Joseon seperpti ini. Kostumenya cakep-cakep. Masalahku cuma kalau sudah nonton sekali pantang berhenti, jadinya agak mengganggu pekerjaan sehari-hari. Sampai sekarang belum berani mencoba lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sih, ngeliat drama korea ini bikin ketergantungan banget kok. kudu bisa ngerem sih ya diri ini

      Delete
  15. Wah.. cerita zombi pengin nonton, tapi hanya di netflix. Sedih mba, karena kemariin gagal terus pas mau masuk ke netflix.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ajah tim download mbak, karena masuk webnya susah bener..

      Delete
  16. Drama Korea ini banyak sekali ya, jadi ingat jaman kuliah dulu sempat nonton drakor. Anehnya sekarang tuh malah males banget, padahal adikku dirumah juga nonton drakor ketika anaknya tidur. Tapi aku belum teracuni juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini. temanku sempat cerita juga yang dulunya suka banget nonton drama Korea, sekarang males mau lanjut nonton lagi.

      Delete
  17. Saya deg2an pas liat walking dead. Alur ceritanya tuh kayak nyata. Apalagi sound effect mendukung, nonton sendiri gak bakal kuat. Ih zombienya itu loo gitu banget mukanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, awal-awal liat TWD emang serem banget ya kesannya, mbak. eh, makin banyak episodenya, makin gila juga wajah zombienya

      Delete
  18. Aku nggak begitu suka sih Drakor setting zaman dulu, tapi sinopsisnya kece ya dan episodenya juga dikit..bisa nih coba ditonton..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemon coba, mbak. bagus kok, dan nggak bosen karena episodenya cuma dikit

      Delete
  19. Kalau sudah episode terakhir season memang suka bikin kezeeel..Karena endingnya sering gantung. Jadi kita penasaran sama kelanjutannya..Duh!
    Kepo saya sama Kingdom!

    ReplyDelete
  20. waaw...reviewnya menarik. tapi saya pasti ga akan nonton..soalnya saya anti film horor atau semi2 horor hahaha. Menarik ya film zombie dengan setting zaman baheula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm.. aku pun juga ngga suka film horor mbak. tapi kalau zombie atau drakula, bolehlah.

      Delete
  21. Huwaaa ada zombinya juga bisa bisa pipis di celana nih kalau nonton sendirian haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sampai kok, mbak, pipis di celana. hehehe.

      Delete
  22. Waktu baca paragraf2 awal langsung membatin..kok mirip The Walking Dead. Eh ternyata dibahas juga sama mbak Ria, hihi.. tapi saya kalo film2 kayak begini suka kebayang malem2 mbak gk bisa tidur.. jadi paling banter cuman nonton 1 episod saja, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena cuma 6 episode ajah, tonton sampai selesai, mbak. biar nggak penasaran.

      Delete
  23. Pengen nonton tapi 30 episode rasanya kok berat hehe. Aku cukup suka baca2 reviewnya aja. Sudah lama banget gak ada waktunya buat nonton drakor yg episodenya panjang2, skrng kalau nonton yang film sekali abis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang 30 episode itu The Walking Dead, mbak. Kalau Kingdom, cuma 6 episode ajah. Dua hari selesai kalau dikebut hehe

      Delete
  24. Mba.. aku baru sampai episode 3 nonton ini, kedistrek sama film netflix lain hahaha.. tapi emang seru sih. Coba nonton "The Flu" mba, itu juga film Korea tentang zombie, langsung tamat kok, rame juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, aku udah nonton The Flu mbak. karena rekomendasi dirimu ini. bagus banget yaaa... apalagi Jang Hyuk ahjussi yang main

      Delete
  25. Looh ...ending ceritanya, ngegantung ya, Mbak? Buat penasaran, dong? Hehehe
    Kalau saya kurang begitu suka genre yang membuat jantung berdebar, Mbak. Malah kurang nyaman, deg-degan sendiri hihihi
    Tapi saya suka dengan cerita dengan latar belakang kerajaan seperti ini. Kenapa gak romance aja, gitu ya..

    ReplyDelete
  26. Heemm...hemm...
    Belum nonton, padahal udah donlot dari pertama link nya muncul.

    Paling takut benernya nonton zombie-zombie an ginih...
    Heheh...cemen aku yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera ditonton, mbak. bagus kok, nggak mengecewakan meskipun endingnya nggantung

      Delete
  27. Penasaraannn... tapi kalo masalah hantu hantu saya paling gak berani nonton. Suka kebayang mulu soalnya. Bisa bisa gak berani masuk ke kamar mandi sendirian kalo malem. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang ya, kalau takut bakal nggak berani ke kamar mandi sendiri

      Delete
  28. Aku pernah nonton walking dead tapi ga dilanjut ga suka hantu2 begitu :D sama kayak mba IDa suka kebayang2 apalagi kalau suami plg mlm weslah gemes :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh,
      iya sih, saya ajah liatnya drama ini selalu siang. tapi memang bagus kok, nggak nyesel liatnya.

      Delete
  29. Jeng-jenggg baru aja kemarin aku copy film ini dari tmn, blm nonton saya keep dlu untuk ngejar review film lain hahaha, ternyata dpt gambrnx di sini, unch makin penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana mbak, udah nonton sekarang? menurut mbak gimana?

      Delete
  30. Kok jadi menyesal ya baca artikel ini. Udahlah gak nonton filmnya, tapi baca ceritanya digantung ikutan sebel :(

    Apalagi ini tentag zombie dan harus menikmati suasana malam hari. Aku buenci film kejar-kejaran begini kalau settingnya malam hari. Aku sih termasuk penyuka film genre kerajaan tapi yo gak zombie juga. Mending sing hohohihe sekalian, setting malam terus gapopo, aku rela.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak yun!!! cut, cut!!
      film hohohihi dilihat malam hari yo asek asek ajah. haha

      Delete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature