Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Review Drama Korea Because This Is My First Life (2017) : Kawin Kontrak Demi Sebuah Tempat Tinggal

| on
Monday, June 08, 2020
Poster drama korea berjudul Because This Is My First Life yang tayang di TvN dan Netflix

Karena sekarang sedang nonton drama Korea yang sedang on going berjudul Fix Me dengan Jung So Min sebagai pemain utama perempuan, saya jadi teringat drama dia di tahun 2017 lalu yang berjudul Because This Is My First Life.

Jadi kangen dengan drama itu. Akhirnya memutuskan berhenti dulu nonton Fix Me, lalu rerun Because This Is My First Life. Drama ringan penuh penggalian emosi yang menarik untuk ditonton ulang.

Details Drama Korea Because This Is My First Life 
Title: 이번 생은 처음이라 / Ibeon Saeng-eun Cheo-eumira
Also known as: This Life is Our First
Genre: Drama, romance, comedy
Episodes: 16 

Main Cast 
Lee Min Ki as Nam Se Hee
Jung So Min as Yoon Ji Ho 

Supporting Cast 
Esom as Woo Soo Ji
Kim Ga Eun as Yang Ho Rang
Park Byung Eun as Ma Sang Goo
Kim Min Suk as Shim Won Suk 

Salah satu adegan menarik di drama korea Because This Is My First Life adalah nonton pertandingan bola bersama

Sinopsis Drama Because This Is My First Life

Drama yang tayang di bulan Oktober sampai November 2017 ini, bercerita tentang konsep pernikahan dalam pandangan tiga perempuan yang bersahabat sejak SMA. Kisah dalam drama ini bermula dari dua tokoh center yaitu Yoon Ji Ho (Jung So Min) dan Nam Se Hee (Lee Min Ki).

Para pemain perempuan di drama Because This Is My First Life
Ho Rang, Ji Ho, Soo Ji

Yoon Ji Ho (30) berprofesi sebagai asisten penulis naskah drama yang selama ini dia tinggal di sebuah rumah di Seoul yang dibeli oleh orang tuanya, bersama adik laki-lakinya. Dan selama menulis naskah drama, dia tinggal di rumah penulis utama untuk mempermudah koordinasi.

Tiga bulan berlalu, dan tiba saatnya dia kembali pulang ke rumah. Tanpa dia sangka, ternyata adiknya sudah menikah tanpa acara resepsi dan keluarga sengaja tidak memberitahunya. Karena rumah yang dia tempati sekarang atas nama adiknya dan dia tidak ingin menjadi beban, Ji Ho memutuskan untuk keluar dari rumah dan mencari tempat tinggal sendiri.

Ternyata, pekerjaan sebagai asisten penulis naskah drama di televisi, tidak menjamin Yoon Ji Ho memiliki tabungan yang cukup untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Keputusasaan membawa dia pada Nam Se Hee, induk semang di sebuah apartemen.

Adegan kawin kontrak dalam drama Korea Because This Is My First Life

Nam Se Hee (38) merupakan seorang programer di sebuah perusahaan pembuat aplikasi ponsel. Untuk membayar cicilan pembelian apartemen yang sekarang dia tempati, dia menyewakan sebuah kamar kecil yang ada di apartemennya. 

Dengan beberapa syarat mudah, Yoon Ji Ho setuju menyewa kamar milik Se Hee dengan harga yang murah. Karena beberapa insiden yang muncul, terjadilah kawin kontrak di antara mereka berdua. Kawin kontrak tanpa perasaan, tanpa hubungan suami istri, tanpa pembagian harta gono-gini. Karena hubungan mereka hanyalah induk semang dan penyewa kamar saja.

Baca juga : Itaewon Class - Gantunglah Cita-Citamu!

Review Drama Because This Is My First Life

Drama ini adalah drama korea ringan yang sangat menarik. Meskipun ringan, tapi banyak emosi yang keluar saat menontonnya. Emosi ini muncul, bukan hanya dari segi cerita saja, tapi juga dari karakter masing-masing tokoh.

Lee Min Ki dan Jung So Min adalah pemeran utama dalam drama korea Because This Is My First Life
Nam Se Hee dan Yoon Ji Hoo. Mereka jadi cameo di drama What's Wrong With Secretary Kim.
Kalian bakalan emosi, kenapa sih Nam Se Hee segitunya sekali seperti robot yang tidak pernah tersenyum dan selalu mematuhi jadwal hariannya. Atau, bakalan gemes banget sama Yoon Ji Ho yang seolah-olah dia lempeng banget karena tidak bisa mengambil keputusan yang tegas, terutama saat dia ‘diusir’ dari rumahnya.

Tidak hanya dua tokoh utama saja, empat supporting cast juga bikin gregetan dan esmosi jiwa. Misalkan saja pasangan Yang Ho Rang dan Shim Won Suk yang selalu putus sambung karena hal sepele dan ujung-ujungnya putus beneran karena konsep pernikahan yang berbeda di antara mereka berdua. Atau, pasangan Woo Soo Ji dan Ma Sang Goo yang setiap hari isinya ngegas melulu kalau ketemu.

Lee Min Ki, Jung So Min, Esom, Kim Ga Eun, Park Byung Eun, Kim Min Suk adalah para pemain dalam drama korea Because This Is My First Life
Main cast dan supporting case yang masing-masing punya cerita yang sama-sama menguras emosi

Tapi justru dengan banyaknya emosi yang keluar yang dikemas dalam cerita yang ringan, drama Because This Is My First Life ini sangat sangat sangat layak buat kalian tonton!

Selain banyak emosi yang keluar, ada beberapa hal menarik di setiap episodenya. Apa saja?

Baca juga : Drama Chocolate - Perpaduan Manis Antara Makanan, Medis dan Cinta


Hal Menarik Di Drama Because This Is My First Life


Monolog Para Pemeran Utama

Monolog yang ada di semua episode adalah percakapan dalam hati milik Yoon Ji Ho dan Nam Se Hee sebagai tokoh utama. Monolog yang kebanyakan berada di pertengahan dan ending episode, seringkali menjelaskan tentang dilema masing-masing tokoh saat menghadapi percikan-percikan masalah.

Meskipun tokoh utama yang memberikan monolog, adegan-adegannya tidak selalu tentang si tokoh utama. Supporting cast pun juga ‘mendapatkan jatah’ untuk mendukung penggambaran perasaan mereka.

Para pemain laki-laki dalam drama korean Because This Is My First Life adalah Lee Min Ki, Park Byung Eun, Kim Min Suk
Won Suk, Sang Goo, dan Se Hee

Menariknya, monolog yang disampaikan oleh Ji Ho dan Se Hee, tidak melulu seperti mereka berbicara sendiri dalam hati. Ada banyak monolog yang diambil dari quote tokoh dan penulis besar, aturan-aturan tidak tertulis dalam masyarakat, pendapat pribadi atau cuplikan puisi.

Contohnya, ada sepotong pendapat pribadi yang menjadi monolog Nam Se Hee saat akan menyampaikan perasaan sukanya pada Yoon Ji Ho.
Kata-kata selalu lebih lambat dari hati. 

Atau monolog Ji Ho saat adegan pasangan Ho Rang dan Won Suk memutuskan untuk pergi kencan setelah lama mereka tidak melakukannya.
Berusaha keras demi orang lain, membuat hidup terasa memang suatu hal yang layak untuk dicoba.

Ho Rang dan Won Suk adalah pasangan kekasih selama 7 tahun dalam drama Korea Because This Is My First Life
Pasangan Ho Rang dan Won Suk

Baca juga : Lakukan 5 Hal Ini Saat Nonton Hospital Playlist


Cuplikan Puisi Yang Mengharukan

PENGUNJUNG 
Bertemu dengan seseorang dalam hidup, 
merupakan hal yang begitu menakjubkan. 

Itu karena, 
dia membawa masa lalunya, masa kininya, 
dan juga masa depannya. 
Karena dia membawa seluruh hidupnya bersamanya. 

Hati itu rapuh. 
Karenanya, bisa saja (hati itu) telah dirusak. 

(Dan) dia datang bersama hatinya. 
- Chong Hyon Jong- 


Puisi ini perhatian saya. Berkisah tentang datangnya orang lain pada kehidupan seseorang, pasti membawa cerita sendiri-sendiri.

Peom in the Korean Drama Because This Is My First Life with Chong Hyon Jong as a writer

Puisi yang mengharukan karena menjadi monolog Ji Ho saat menggambarkan perasaan suka pada Se Hee, yang mana Se Hee masih menutup hatinya untuk menerima cinta dari orang lain. Rangkaian kalimat indah ini, berasal dari sebuah buku berisi kumpulkan puisi milik Se Hee yang diberi oleh mantan kekasihnya semasa kuliah. Ji Ho mengambilnya diam-diam dari kamar Se Hee.

Dan puisi ini, sangat berhubungan dengan hal yang menarik lainnya, yaitu Kamar 19.

Baca juga : My First, First Love. Drama Korea Kedua Buatan Netflix


Sebuah Kamar Misteri bernama ‘Kamar 19’

Cerita kamar misteri milik seorang perempuan yang telah bersuami ini, berasal dari sebuah novel berjudul To Room Nineteen karya Dores Lessing. Berkisah tentang sebuah kamar rahasia milik seorang yang keberadaan kamarnya tidak ingin dia bagikan pada siapa pun. Karena kamar itu digunakan untuk menikmati waktu dalam kesendirian dengan nyaman.

Kamar 19 adalah sebuah cerita dalam drama Because This Is My First Life yang berasal dari buku To Room Nineteen
Kamar 19 milik Se Hee yang berhasil dibuka pelan-pelan oleh Ji Ho

Dalam drama Because This Is My First Life, Kamar 19 diartikan sebagai kehidupan seseorang (termasuk isi hati, keinginan, pilihan hidup dan luka masa lalu) yang disembunyikan dari orang lain. Tidak sembarang orang boleh membukanya tanpa ijin. Dan butuh orang yang benar-benar tepat untuk membuka Kamar 19 milik seseorang, tanpa paksaan.

Padangan Soo Ji dan Sang Goo adalah pasangan yang berpacaran juga dengan kontrak
Pasangan Soo Ji dan Sang Go

Penggambaran Kamar 19 di drama ini terlihat sangat natural ketika menceritakan hubungan Ji Ho dan Se Hee yang tidak bisa beranjak lebih dari sekadar induk semang dan penyewa. Kamar 19 ini juga sangat terlihat emosional ketika Woo Soo Ji berbicara tentang keluarga dan pilihan hidupnya, ketika kekasihnya, Ma Sang Go, berusaha ikut campur dalam kehidupan pribadinya.
.
.
Sebenarnya, selain tiga hal menarik dari drama Because This Is My First Life, ada satu hal lagi yang menarik untuk diikuti. Yaitu, banyak dialog dan monolog yang bisa menjadi quote hidup.

Gimana, hal-hal yang menarik dari drama ini layak untuk ditonton bukan? Segera masukkan ke dalam list kalau kalian lagi kehabisan ide mau nonton apa akhir pekan nanti.
43 comments on "Review Drama Korea Because This Is My First Life (2017) : Kawin Kontrak Demi Sebuah Tempat Tinggal"
  1. Wah ada drama baru lagi nih. Drama korea yang latarnya pernikahan ini bikin auto pengen nonton. Karena dari drama pun bisa belajar untuk bisa diaplikasikan ke kehidupan nyata kan?

    ReplyDelete
  2. Yay...nice sinopsis. Kalo baca artikel sih drama ringan tapi sebebernya berat ini film. lol. Ntar deh ak tonton. Thanks ria.

    ReplyDelete
  3. Penasaran nih sama dramanya gimana, karena banyak dialog dan monolog yang bisa jadi quote. Jarang-jarang ada drama yang bisa ada quotenya.

    ReplyDelete
  4. Mbak...
    Gimana caranya bisa review drama bagus gini? Panjang pulak, tuh.

    Aku jarang nonton drakor, baru-baru ini aja nonton. Itu pun nonton di FB dan ytube. Ini mungkin kapan-kapan bisa ditonton.

    ReplyDelete
  5. Endingnya gimana? Mereka jatcin ga? Penasaran deh. Kalau endingnya mereka jatcin mau ah nonton. Seru kayaknya

    ReplyDelete
  6. Aku baru nonton ini hihi sering diputar ulang di tv kabel tapi nggak tertarik, pas ditonton kok ternyata baguus ya...

    ReplyDelete
  7. Ku nonton drama ini dari episode pertama sampai akhir, gemas banget sama main actorya, Nam Se Hee, rasanya pengen ngajarin biar jadi orang yang mengasyikkan :)
    Bener, bener, drama ini banyak quote tentang hidup.

    ReplyDelete
  8. Kayaknya banyak drama kore ayang masuk watchlist ku..tapi kayaknya ini bukan genre yang aku suka..hihihi

    ReplyDelete
  9. ringan tapi penuh emosi di dalamnya malah aku suka yang gini jadi gak mikir berat :) Tapi tergantung mood sih aku nonton genre apa. Cari ah drakor ini belum aku tonton

    ReplyDelete
  10. Jadi inget juga yang model rumah kayak full house itu bagus
    tapi bertemu dengan seseorang apalagi yang bisa menemani relung hati memang sesuatu dalemnya

    ReplyDelete
  11. Sukaaa..
    Terutama saat buku Se Hee yang berisi puisi ini dibaca. Jadi inget mantan kalo aku siih...mantannya Se Hee yang hamil tapi gak dinikahi karena keburu keguguran.

    Sedih yaa...
    Drama ini plot ceritanya menawan hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riaa...
      Terus yaah...aku nemu Film lawas Lee Minki doonk...
      Very Ordinary Couple.

      Disini Minki banyak nyumpahin orang, merokok dan kasar sama pacarnya.
      Hhaha...lucu siih...gak serem.

      Tapi asa beda karakter di drama ini.
      Seratus delapan puluh derajat.

      Delete
  12. Wah menarik banget jalan ceritanya Mak... layak menjadi pilihan selama masa WFH ini...

    ReplyDelete
  13. Tema kawin kontrak banyak diangkat di Novel dan drama nih. Jadinya pas aku baca sinopsis drakor ini, aku gak minat mengikuti. Apalagi pemainnya gak terkenal wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang udah nggak ada ide yang benar-benar orisinal sih, mbak. mbak Leyla yang biasa nulis buku, paham betul lah soal ide-ide begini.

      oh ya, mbak.
      Jung So Min sama Lee Min Ki ini, pemain lawas di dunia drakor lho. Memang nggak seterkenal Song Hye Kyo, Lee Min Ho, Park Hyung Sik, atau Song Jong Ki. Tapi actingnya di drama sama film-film yang lain, mereka berdua bisa diadu.

      coba deh nonton, mbak.
      biar wawasan nama-nama pemainnya drakor nggak yang selalu terkenal ajah. wkwkwkw

      Delete
  14. Tampaknya ini drama banget, ya. Mungkin ceritanya sederhana, tapi penyampaiannya itu yang indah.

    ReplyDelete
  15. baca reviewnya mba aja aku udah semangat dan tertarik gimana kalo nonton langsung serialnya ya.. makasi ya mba udah sharing

    ReplyDelete
  16. Saya nonton serial drakor baru The World of The Married dan Revolutionary Love. Itu pun karena diputar di Trans Tv, hehe..

    Dan sekarang banyak yang ngereview drakor, jadinya serasa pengen nonton semua deh!

    ReplyDelete
  17. Aku suka banget drama ini Zuh.. 2 ato 3 kali ya aku nonton ulang wkwkwk.

    ReplyDelete
  18. Ah iya jadi inget drama ini, catat dulu judulnya ah. Aku belum sempat nonton, karena aku mau fokus habisin 1 drama dulu baru beranjak ke drama lain, biar ngeblognya juga nggak bolong-bolong karena terlalu asik nonton drama. Wkwkkk padahal drama ini udah lama juga ya!

    ReplyDelete
  19. aku suka banget nih sama drakor because this is my first life. suka dengan alur ceritanya. apalagi lihat MLnya, kaku tapi ngegemesin gitu

    ReplyDelete
  20. Ini drakor ada puisi dan quotes nya ya. Btw aku ga ngikutin drama Korea hehehe jadi ga begitu paham deh :) Sesekai boleh deh kapan soalnya ada pelajaran hidup yang bikin termehek2 kayaknya seru plus sedih hihihihi :D

    ReplyDelete
  21. Wuih jadinya dengan dua tokoh utama saja, empat supporting cast sudah membuat drakor ini semarak buat ditonton ya. Jago ya orang-orang di balik layar mengemasnya.

    ReplyDelete
  22. Wah aku belum pernah nonton drama ini mba. Tapi pemeran cw nya sering aku lihat. cerita drakor ini mirip kayak full house ya mba. Kan tentang kawin kontrak juga kan ya.

    ReplyDelete
  23. Drama Korea yang banyak dialognya. Selama ini saya suka intip-intip anak saya yang lagi nonton drama Korea, kelihatannya jarang banget ada dialog yang panjang. Cenderung lambat dengan dialog yang pendek-pendek. Ah, saya saja kali yang tidak nemu.

    ReplyDelete
  24. LAgi nyari pilihan drama korea yang bisa ditonton. Lagi non yang unfamiliar family. Kayaknya ini bisa jadi pilihan deh :) Makasih mba

    ReplyDelete
  25. bakal jadi daftar aku selanjutnya nih, btw makin banyak nih yang nulis review korea, aku jadi banyak dapat informasi dan itu detil

    ReplyDelete
  26. Kayaknya quote-quotenya menarik nih, Mbak. Agak jarang juga ya drama yang konsepnya begini

    ReplyDelete
  27. Aku kok jadi pengen nonton ini lagi ya, hahaha. Karena drama ini ngena banget, jadi aku semangat nulis review drama. Pemeran pendukung semuanya juga keren dan cerita gak kalah seru dari pemeran utama

    ReplyDelete
  28. Aku baru nonton drama inii ternyata bagus yaaa bikin ketawa dan nangis..gemes lihat cowoknya..terus pemeran pendukung juga dapat cerita sendiri yang nggak kalah dari pemeran utama..

    ReplyDelete
  29. Aku malah fokus ke drama on going fix me, itu ditonton di mana ya? belum nemu di Viu & Netflix nih apa aku yang gak bener lihatnya ya.
    Drama because this is my first life kalau dilihat dari reviewnya jalannya ceritanya aku suka nih

    ReplyDelete
  30. Monolog dari para pemainnya, meskipun bukan pemeran utama bisa menggambarkan karakter si pemain tersebut tanpa susah-susah berakting. Cakep.

    ReplyDelete
  31. Semakin di rumah aja semakin banyak yang nulis review drakor ya dan aku semakin bingung ini mau milih yang mana Keren keren euy hahah

    ReplyDelete
  32. I always admire the many different stories of Korean drama. Most of them are very interesting I suppose

    ReplyDelete
  33. Scena pas monolog itu gimana sih mba, aku kok ngebayanginnya ga sampe gitu. Apa misal pas lagi baca itu, terus adasuara si pemeran yang kayak ngomong sendiri gitu kah?

    ReplyDelete
  34. Aku juga sudah nonton ini
    Setidaknya tahu bahwa terkadang orang mengambil keputusan untuk menyelamatkan sesuatu, entah diri, reputasi atau orang orang dicintai

    ReplyDelete
  35. Agak lucu juga ya, mereka Kawin kontrak tanpa perasaan, tanpa hubungan suami istri, tanpa pembagian harta gono-gini karena mereka hanya induk semang dan penyewa kamar.:D

    ReplyDelete
  36. Ini cerita nya Because This Is My First Life hampir sama ama full house ya mba,,, walaupun sedikit2 berbeda alurnya

    ReplyDelete
  37. Aaaarrggg makin banyak daftar drama Korea yang perlu saya tontin. Hahahha Makasih Mak jadi aku tinggal klik judulnya aja di viu.

    ReplyDelete
  38. Meski baru 1-2 drakor yang aku tonton aku pun tertarik utk lihat ini.. kayaknya seru ya..

    ReplyDelete
  39. Ini sedikit mirip full House yang dibintangi Rain itu kali ya Mak

    ReplyDelete
  40. wah makin banyak nih rekomendasi drakor, penasaran juga sama yang satu ini, noted mau ku tonton tar ah.

    ReplyDelete
  41. Waah, ini drama terfavoritku banget :") Sampai nyimpen quote-quote-nya haha. Penyampaiannya realistis dan pembahasan topiknya menarik dan relevan banget (mostly tentang problematika jadi orang dewasa, kayak masalah karier dan hubungan romantis). Awalnya kirain bakal klise (karena tentang kawin kontrak haha), ternyata fresh dan membekas banget huhu, debes lah.

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature