Menyeduh secangkir kata yang kebanyakan berisi lifestyle, beauty, parenting dan psikologi, yang semoga bermanfaat untuk orang lain

3 Alasan The Red Sleeve Mendapat Rating Tinggi di Dua Episode Terakhir

| on
Minggu, Januari 02, 2022
Halo, teman Mama Arkananta!

Untuk artikel kali ini saya mau bahas tentang drama Korea yang baru saja tamat tadi malam dan bikin geger dunia perdrakoran karena ratingnya selalu bagus sejak episode 3. Iyap, The Red Sleeve. Rating nasional untuk The Red Sleeve episode 16 adalah 17%, sedangkan rating episode 17 adalah 17,4%.

Drama The Red Sleeve


Sebagai salah satu drama terbaik di tahun 2021 kemarin, The Red Sleeve banyak menyita perhatian beberapa pecinta serial drama Korea, apalagi untuk genre romantis dan berdasar pada kisah nyata yang berakhir tragis.

Tapi, menurut saya, ada tiga alasan The Red Sleeve menjadi drama dengan rating lebih dari 15% di dua episode terakhirnya. Apa saja sih alasannya? Simak terus ya. Tapi, sebelumnya saya cerita singkat dulu sinopsis The Red Sleeve.


Sinopsis The Red Sleeve


Sebagai drama Korea terbaru yang populer, The Red Sleeve berkisah tentang seorang Putra Mahkota bernama Yi San (diperankan Lee Jun Ho) yang menghadapi berbagai tekanan, baik dari keluarganya sendiri maupun dari luar. Semenjak kecil, dia sudah disiapkan untuk menjadi seorang raja, menggantikan kakeknya, raja Kim Yeong Jo (diperankan oleh Lee Deok Hwa).

Hingga suatu hari, saat dirinya masih kecil, Yi San bertemu dengan seorang dayang muda istana yang pemberani bernama Seong Deok Im (diperankan oleh Lee Se Young). Mereka bertemu dalam pemakaman salah satu selir raja.

Waktu terus berlalu dan momen bertemunya mereka berdua hampir saja terhapuskan. Namun takdir berkata lain. Mereka kembali bertemu dan sering terlibat dalam beberapa kejadian di dalam istana kerajaan. Lama-lama, mereka berdua jatuh cinta. Namun, hirarki dalam istana memaksa mereka untuk memendam rasa cinta.

Drama Korea The Red Sleeve


3 Alasan The Red Sleeve Mendapat Rating Tinggi


Kalau membaca sinopsis di atas, kisah Yi San dan Seong Deok Im terdengar seperti biasa saja. Tapi, malah disitulah yang membuat The Red Sleeve menjadi drama Korea romantis 2021 yang kisahnya membuat hati tersayat.

Baiklah, baiklah, langsung saja alasan The Red Sleeve mendapatkan rating tinggi sejak episode awal, dan semakin melonjak di dua episode terakhir.


Karena Pemeran Utama Pria Adalah Lee Jun Ho, Member 2PM


Siapa diantara pembaca Mama Arkananta yang ter-Junho-Junho? Saya pun! Kalau kalian bilang aura Jun Ho berlipat-lipat di drama ini, saya pun merasakan itu. Hahaha.

Drama Korea The Red Sleeve ini merupakan comeback Lee Jun Ho setelah dia selesai wajib militer (wamil). Saya sendiri enggak menyangka kalau comeback-nya Jun Ho di drama Korea bertema kerajaan kali ini benar-benar sukses. Karena drama-drama Jun Ho yang lainnya, hm, kurang berkesan untuk saya.

Lee Junho 2PM


Tapi, saya lupa kalau pemeran pria ini adalah Lee Jun Ho. Seorang idol Korea yang sejak debut bersama 2PM sudah memiliki tatapan tajam saat menyanyi dan menari di atas panggung, memiliki senyum tipis yang lebar, juga dikaruniai wajah yang tampan penuh serbuk berlian. Ditambah sepulang wamil, garis wajahnya makin tampak tegas, dan disempurnakan dengan rambut hitam yang sedikit curly.

Iya, Iya. Sudah saya wakili nih penggambaran Jun Ho yang bikin kalian terseok-seok dan meleyot itu. Hehehe. Karakter Jun Ho di dunia nyata ini memang pas banget jika dimasukkan ke dalam peran dia sebagai Putra Mahkota Yi San, yang makin mempesona saat menjadi raja Jeong Jo. Wajah tampan, acting mengagumkan. Pas deh!

Lee Jun Ho
Siapa yang nggak meleleh ditatap seperti ini sama Junho???


Menceritakan Kisah Cinta Antara Raja dan Dayang Istana


Dari semua kisah cinta yang ada di dalam drama menarik ini, yang paling menonjol adalah kisah cinta antara raja dan dayangnya. Di awal kisah, kita melihat rasa cinta raja Kim Yeong Jo kepada selir Yeong yang semula merupakan seorang dayang. Dan di masa depan, cinta antara raja dan dayang kembali terulang pada Putra Mahkota Yi San dan Seong Deok Im.

Kalau kalian terbiasa menonton drama Korea bertema kerajaan, kalian akan pasti tahu ada aturan bahwa dayang istana adalah milik raja. Kain merah yang ada di lengan baju para dayang istana melambangkan aturan ini. Raja berhak melakukan apapun pada dayang istana, termasuk menjadikan mereka selir. Dan salah satu cara seorang dayang naik kasta adalah menjadi selir raja.

Dalam perjalanan menonton The Red Sleeve, kalian nanti akan paham betul mengapa konflik-konflik sengit yang terjadi di dalam istana, termasuk meninggalnya ayah Yi San, bermula dari penolakan cinta raja Kim Yeong Jo kepada seorang dayang istana bernama Cho Sang Gung, dan lebih memilih selir Yeong yang dulunya juga seorang dayang dan teman dekat dayang Cho.

The Red Sleeve


Tapi tidak semua dayang mau menjadi selir. Salah satunya adalah Seong Deok Im. Meskipun dia mencintai Putra Mahkota Yi San dan beberapa kali dayang Cho meminta dia menjadi selir Yi San, Seok Deok Im menolak melakukan itu semua. Menurut dia, menjadi selir akan membuat kebebasannya terenggut, dan dia tidak bisa melakukan apapun yang dia suka. Selain itu, Seok Deok Im sendiri tidak rela kalau cinta dan waktu Yi San terbagi antara ratu, selir-selir Yi San, dan dirinya.

Kesalahpahaman ini makin runcing karena sebagai calon raja, Yi San sudah dilatih untuk memendam perasaannya, sehingga sulit bagi dia mengatakan cintanya secara langsung kepada Seok Deok Im.

Ide cerita tentang kisah cinta antara raja dan dayang istana ini yang membuat drama The Red Sleeve ini menjadi lebih menarik. Saya sendiri, baru kali ini menonton drama Korea yang melibatkan dayang istana sebagai otak konspirasi di kerajaan Joseon, juga yang mengisahkan kisah cinta seorang dayang secara detail, rapi dan apik.

Meskipun kisah cintanya menurut saya sih, tragis.

Drama Korea Romantis The Red Sleeve


Chemistry Apik Antara Lee Jun Ho dan Lee Se Young


Alasan lain mengapa drama ini sukses mengambil hati penontonnya adalah karena chemistry yang dibangun oleh Jun Ho dan Se Young dibangun dengan baik banget. Enggak hanya saat di depan layar, bahkan saat dibelakang layar pun, terlihat sekali kalau mereka berdua tuh nyaman banget.

Bahkan Se Young udah menggil Jun Ho dengan sebutan Oppa!

The Red Sleeve Behind The Scene


Jun Ho sendiri bilang dalam salah satu wawancara, kalau keberhasilan drama The Red Sleeve ini juga dikarenakan Se Young yang bisa mencairkan suasana bahkan saat tidak dibalik layar. Sedangkan Se Young bilang, kalau mereka berhasil meraih rating tinggi karena usaha Jun Ho saat berperan menjadi raja Jeong Jo.

Aishhh.. Suka banget sama couple drama ini. Saling mendukung, tapi juga enggak canggung. Kalau kalian lihat behind the scene-nya, dududu.. meleleh deh lihat mereka berdua. Bahkan antara mereka dengan pemain lain. Benar-benar suasanya tuh ceria banget!
44 komentar on "3 Alasan The Red Sleeve Mendapat Rating Tinggi di Dua Episode Terakhir"
  1. Saya termasuk swam dg dunia drakor tapi membaca sinopsis disini sukakk krn saya suka drama Kolosal mak, makasih ya makkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, coba baca review yang lainnya juga..

      Hapus
  2. Hmmm jadi pengen nonton..kayaknya bagus ya ..ratingnya aja segitu...coba ntar cari ah drakor Red Sleeve

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari mbak, cari.. bagus banget ini drama memang

      Hapus
  3. Aku baca ini tok ae mbrebes mili.. LAGI
    Saking cocok banget chemistry-nya aku pgn mereka jadi beneran hiks 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa yang nggak mau??? Aku un mau. Saking bagusnya chemistry-nya mereka hiks

      Hapus
  4. Hooo. ternyata si junho ini member 2pm to... wah, dramanya head to head sama rekan se-grup donk. ok taecyeon kan juga ada drama secret royal agent joy. aku prefer lihat dramanya taecyeon karena lebih familiar untukku, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kemarin nggak selesai lihat dramanya Taecyeon, Mbak. Berhenti di episode 6 hehehe

      Hapus
  5. Mbaaa ini akhirnya tragis, berarti sad ending yaaa 😔? Aku udah nunggu2 Drakor ini tamat, karena penasaran. Tapi sengaja tunggu selesai soalnya mau tau ending happy atau sedih. Soalnya aku avoid banget nonton drama yg sad ending atau gantung 🤣.

    Jadi kalo sad ending, aku lebih bagus baca spoilernya aja 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm, ngga sad ending kok. Ya meskipun cerita aslinya sad ending sih..

      Hapus
  6. Nah drama ini memang keren, gak jauh beda sama drama-drama lainnya tapi pengemasannya yang baik membuatnya jadi menarik. Apalagi pemeraannya member 2PM, hemm gak hanya Taechyeon yang selalu bikin melting, raja Junho juga bikin baper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya semua member 2PM kalau main drama bikin melting sih. Meskipun siapa tuh leadernya, aku lupa namanya

      Hapus
  7. Ternyata kalau cerita drakornya bikin hati tersayat seperti Red Sleeve ini malah bisa menjadi drama dengan rating tertinggi di tahun 2021 hehehe. Langsung terasa nyezzz di hati nontonnya ya mbak :) Kisah raja dan dayang biasanya menggugah perasaan banget. Kepoin ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ayo kepoin yuk mbak.. bagus banget ini dramanya

      Hapus
  8. Wah ternyata begitu ya cerita Red Sleeve. Kadang asyiknya itu kalo pas nonton drakornya. Bisa liat sendiri gimana konflik dibangun dan bikin hati yg nonton jd gemes, sebel, sedih dan senang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nonton drama korea tuh emang segitu banyaknya emosi yang bakal terkuras

      Hapus
  9. Berarti chemistry yang terbangun juga menjadi salah satu kunci rating drama ini tinggi ya, Mbak. Karena kerjasamanya memang udah asik

    BalasHapus
    Balasan
    1. stasiun TVnya juga kadang suka bagikan chemistry pemain di belakang layar. Bisa keliatan banget bagus nggak chemistry-nya mereka juga sih

      Hapus
  10. Wah, dari review lengkap ini saya jadi paham kenapa Red Sleeve mendapat rating tinggi. Pemeran utama yang idolakkkk, kisah cinta raja dan dayang istana dan chemistry kuat couple dramanya yang juwaraaa adalah alasannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kisah cinta yang tragis banget sih sebenarnya, kalau dilihat dari cerita aslinya

      Hapus
  11. Drakor berlatar sejarah Korea selalu aku suka mbak tapi yg ni ku belum nonton si. Beberapa hari ni berseliweran review di IG dan sosmed lainnya. Coba deh ntar kucari dan nonton. Makasih rekomendasiny

    BalasHapus
  12. Ah iya bisa dibilang drama ini jadi salah satu drama saeguk terbaik
    Detail penggambarammya lengakap banget, kisah nyata yg diangkat bisa disajikan dgn apik ya mbak
    Pantes saja ratingnya selalu tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Bahkan kagetnya, detail peralatan yang dipakai shooting pun juga detail banget sesuai sama adat istiadat sana

      Hapus
  13. Idih aku udah mau nonton ini tapi belum kesampaian banget. Kayaknya harus segera nonton deh. Banyak yang juga rekomendasikan dan ratingnya juga tinggi setau aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ayo mbak, segera nonton deh, bagus banget emang dramanya

      Hapus
  14. Sering banget aku terpapar postingan drakor Red Sleeve ini di socmed karena banyak yang ngomongin bagus. Awalnya tuh nggak notice, soalnya akutu agak kurang suka sama drakor kerajaan, tapi kenapa ini makin lama bikin penasaran haha. Apalagi yang mainnya ternyata Junho 2PM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga jarang nonton drakor kerajaan, tapi untuk drama ini, kuakui aku nggak menyesal nonton

      Hapus
  15. Aku nonton iniiiii hahha
    Sebenarnya ada juga drama lawas yang mengisahkan ini kan aku, kalau gak salah judulmya Yi San, jd kyk udah ketebak2 gtu alurnya
    Dan ini menarik krn dr sejarah asli, cuma aku bete sama endingnya nih, kenapa gk sampai dibikin mereka nikah dan bahagia, udah tamat gtu gak usah dilanjutiin wkwkwk
    Tp kuakui aktor2nya keren2 jg yaa, walau intriknya gk banyak dan gk terlalu lebay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan emang drama lawas itu, menceritakan kehidupan mahkota raja YiSan sebelum jadi raja?? Coba sih aku otw cari

      Hapus
  16. Red Sleeve memang lagi hits banget ya, jadi penasaran pengen nonton. Dari tatapan matanya (di foto) kelihatan kalau chemistry-nya sudah terbangun dan aktor Korsel tuh jago banget aktingnya ya, sampai ke ekspresi juga pinter dan gak dibuat-buat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangettttt... Itulah kenapa aku suka nonton drakor karena memang actingnya mereka sedetail itu sampai ke raut wajah, bahkan ke tatapan mata

      Hapus
  17. Aku blm nonton mba. Tp baca ini dpt garis besarnya kalo kisah cinta zaman kerajaan itu yee. Istri sahnya nikah krn politik, selirnya nikah krn cinta. Emm, skrg gmn tuh. Wkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha, bener bangettttttt... Raja-ratu selalu nikah karena politik. Tapi dengan selir, beda lagi.

      Hapus
  18. Nah ini, saya suka dengan drama yang menceritakan kisah romansa seperti itu. Meski ternyata banyak juga halangan cinta putra mahkota dengan dayangnya itu ya...

    BalasHapus
  19. Belum nonton The Red Sleeve, Baru aja kelar nonton The King's Affection hihi. Aku catet dulu nih The Red Sleeve untuk tontonan berikutnya

    BalasHapus
  20. Ih, aku belom nonton nih drakor ini. Udah sejak lama kepengen nonton. Tapi nunggu beres dulu. Eh kemaren pas mau nonton, kok baca yang curhat tentang episode akhirnya. Aku jadi nonton Snowdrop sama Ghost Doctor dulu. Duh aku galau deh. Tapi tetep sih, bakalan nonton. Kangen juga nonton sageuk. Mana ada Lee Se Young.

    BalasHapus
  21. Ih, aku belom nonton nih drakor ini. Udah sejak lama kepengen nonton. Tapi nunggu beres dulu. Eh kemaren pas mau nonton, kok baca yang curhat tentang episode akhirnya. Aku jadi nonton Snowdrop sama Ghost Doctor dulu. Duh aku galau deh. Tapi tetep sih, bakalan nonton. Kangen juga nonton sageuk. Mana ada Lee Se Young.

    BalasHapus
  22. 3 member 2PM dramanya rilis hampir barengan ya. tapi aku paling suka Junho sih kalau urusan akting. Beebrapa kali liat dia main drama selalu bagus. Jadi idol rasa aktor.. hehehe.

    BalasHapus
  23. Wah drama red sleeve udah tamat ya mbak, thanks mbak nulis reviewnya jadi kebayang endingnya bagaimana hehe karena saya sempet stag di pertengahan, maklum emak-emak sok sibuk, siap nonton endingnya ah.

    BalasHapus
  24. Terjunho-junho, hahaha..
    Tapi gak sampe jadi HOTTEST, Ri?
    Nambah lagi fandommu entar..

    Aku nonton dan aku sedih.
    Emm, berat mau komen tapi kudu komen, hahhaa...

    Jadi aku juga setuju kalau drama The Red Sleeve ini menjadi pemenang Best Drama di 2021 MBC Drama Awards dan best best yang lainnya.

    Chukaaee~

    BalasHapus
  25. Penasaran sama ceritanya mba, jadi itu akhirnya si dayang jadi selir kah? Perbedaan kasta gini nih memang sangat menghalangi cinta kasih yang seharusnya dengan mudah bersatu yaaa. duh duuhh bahasaku, maafkan yaa.. :))

    BalasHapus
  26. baru aja dibahas sama sobiku di grup katanya Red Sleeve rame dan sekarang baca reviewnya jadi kayak nyambung gitu hahaha..suka sama pemain cewenya mba

    BalasHapus
  27. Aku suka alur ceritanya.. tapi kelemahan aku tiap nonton drakor tipe kerajaan gini suka bingung ama tokoh-tokohnya. Mukanya keliatan sama aja karena pakaiannya kebanyakan seragam 🤣

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature