Menyeduh secangkir kata yang kebanyakan berisi lifestyle, beauty, parenting dan psikologi, yang semoga bermanfaat untuk orang lain

3 Fakta Di Balik Rilisnya Mini Album Pertama D.O. EXO

| on
Senin, Juli 26, 2021
D.O. EXO
Wajahnya ajah seadem embun pagi


Hore!!!!
D.O. akhirnya solo debut!!!

Aku sebagai fans beratnya, hanya ingin menangisi momen ini. Huhuhu, akhirnya ya, Dek... Akhirnya kamu debut juga sebagai soloist *cry....


D.O. debut solo dengan mini album pertama berjudul Emphaty dengan lagu utama (tittle track) berjudul Rose. Music Video (MV) Rose ditayangkan di channel SMTOWN hari ini, 26 Juli 2021 pukul 16.00 WIB. Yang mana, hari ini juga ditandai sebagai tanggal debut solo D.O. Oh iya,  MV D.O. bisa kalian lihat di sini ya. Saya jamin deh, seneng banget liat MV-nya, lagunya easy listening banget. 

Sebagai EXO-L yang jadikan D.O. sebagai ultimate bias, tanggal 26 Juli 2021 ini bakal selalu diingat terus sampai kita tua atau sampai EXO selesai dengan tugasnya menghibur para penyuka musik Korea. Debut solonya D.O. ini memang ditunggu-tunggu sekali sama EXO-L, bahkan oleh fandom lain.

*Bias adalah sebutan untuk grup idol atau soloist yang kita suka/kita dan kita jadikan idola
*Ultimate bias adalah seorang member yang kita ngefans sekali dibanding member lainnya dalam sebuah grup
*Fandom adalah sebutan kelompok penyuka sebuah grup idol. Biasanya, tiap fandom punya nama sendiri-sendiri yang unik karena idolnya juga turut serta menamai fandomnya.


Tittle Track album D.O.
Langit sama dia, sama-sama healing stress


Fakta Di Balik Rilisnya Mini Album Pertama D.O. EXO


1. Terdapat Delapan Judul Lagu


Idol yang memiliki nama asli Doh Kyungsoo ini, memanjakan telinga kita para EXO-L dengan delapan judul lagu, dengan suara khas D.O. yang rendah, tapi stabil. Enam lagu berbahasa Korea, satu lagu English version, dan satu lagu Spanish version.

Bahkan sampai di sini saja nih, saya enggak habis pikir, kenapa fans service D.O. nih bagus banget?? Udah dikasih album yang kita tunggu-tunggu, dimanjain sama suaranya, MV yang nunjukin kepribadian D.O. banget, eh, ditambah dengan ngasih lagu dengan bahasa selain bahasa Korea.

Untuk lagu berbahasa Inggris ini, sebenarnya adalah versi Inggris dari tittle tracknya, Rose. Saya sih sebenarnya enggak terlalu kaget dengan English version lagu Rose ini. Karena memang D.O. ini salah satu member EXO yang punya pelafalan English yang bagus. Dan kalau menyanyi dengan bahasa Inggris pun, suara dia tetap stabil.

FYI ya, idol Korea tuh sama seperti penyanyi Indonesia yang juga masih menggunakan bahasa ibu dalam kesehariannya. Jadi saat mereka menyanyikan lagu dengan bahasa Inggris, seperti sesuatu yang langka.


Lagu dalam album Emphaty
Sungkem sama stylist noona-nya. Suka banget sama style ini


Baca juga :


2. D.O. Menulis Sendiri Lirik Lagu ‘Rose’


Iya benar, D.O. menulis sendiri lirik lagu untuk lagu ‘Rose'. Lagu sederhana yang berisi penyampaian isi hati seorang laki-laki yang menyukai seorang perempuan, dan ingin memberikan bunga terindah, yaitu mawar. Tapi mawar ini masih tidak bisa mengalahkan kecantikan perempuan itu.

Duh, perempuan mana yang enggak meleleh digombalin pakai lagu ini, Dek? Noona juga berdebar lah kamu gombalin gini.

Beberapa kali dalam wawancara di majalah atau sebuah acara, D.O. selalu berkata ingin menunjukkan sisi lain dari dirinya di depan publik. Beberapa dari kita, mungkin sudah tahu D.O. sebagai actor dengan nama panggung Doh Kyungsoo. Dia membintangi beberapa judul film dan drama, seperti 100 Days My Prince, It’s Okay That’s Love, Swing Kids, My Annoying Brother, Along With The God, dan beberapa judul lainnya.

Bagi saya, dia sudah berhasil mencengangkan dunia perfilman dengan acting yang bisa diacungi jempol, meskipun masih terbilang rockie.

*rockie adalah sebutan untuk para penyanyi atau actor/actress yang belum lama tampil di depan publik.

Dan sekarang, laki-laki yang lahir di tahun 1993 ini berhasil membuat kami tercengang dengan lagu Rose, dengan lirik lagu yang simple tapi mewakilkan rasa sayang pada seseorang.
 

fakta di album D.O. EXO
Senyumnya, bikin hati noona jingkrak-jingkrak


3. Gitar Akustik Sebagai Pengiring Lagu di Album Emphaty


D.O. sendiri yang memilih untuk menjadikan gitar akustik sebagai pengiring lagu-lagu di album Emphaty ini. Bahkan ‘Rose’ yang menjadi tittle track-nya pun, dari menit pertama sampai terakhir, hanya diiringi gitar akustik saja.

Member EXO yang sudah menyelesaikan wajib militer di bulan Januari 2021 lalu ini, mengatakan kalau dia ingin mencoba hal lain dalam bermusik dan ingin fokus di sana. Salah satunya adalah memasukkan unsur gitar akustik dalam albumnya.

Dia bilang, gitar akustik membuat dia nyaman. Itulah kenapa, dia ingin menampilkan suara gitar dalam lagu-lagunya, dengan harapan orang yang mendengarkan bisa merasa lebih nyaman.

Huhuhu.. Iya Kyungsoo, Noona udah putar lagu-lagumu dari tadi. Dan aku merasa rileks sekali, padahal seharian tadi Noona tuh hectic sekali lho.

.
.
Debut Solo D.O. EXO


Review Pribadi Debut Solo D.O. EXO dan Mini Album Empathy


Kalau ditanya bagaimana perasaan saya dengan debut solo D.O. ini, saya hanya bisa bilang kalau saya enggak bisa berkata apa-apa lagi. Hanya bisa bersyukur karena dia akhirnya melakukan debut solo.

Kami yang menjadikan D.O. sebagai ultimate bias sangat menunggu momen ini. Sempat berfikir macam-macam pada agensi karena dari ketiga main vocal di EXO, hanya D.O. saja yang belum mengeluarkan album solo sama sekali.

Tapi, setelah keluar mini album Emphaty ini, saya akhirnya menyadari satu hal. Bahwa setiap orang memiliki waktunya sendiri untuk bersinar

Dan waktunya D.O. bersinar ya sekarang ini.

Bukan sebagai pengganti atau pengisi kekosongan di saat beberapa member sedang wajib militer dan ada member yang sedang melakukan jadwal individu. Tapi memang ini saatnya D.O. bersinar, terutama dalam dunia bermusik solo.

Lagu-lagu dalam albumnya juga menunjukkan usaha dia yang maksimal sekali dalam mempersiapkan album ini. Dia memang pernah kasih spoiler di Bubble Lysn, kalau dia akan memberikan sesuatu yang berbeda dalam albumnya.

Dan yes, itu benar sekali.

Iringan gitar di lagu-lagunya, dia yang menulis sendiri lirik lagu ‘Rose’ dan ‘I’m Fine’, suaranya yang tetap mantap meskipun nyanyi sendiri dan lama vakum karena wamil, adanya lagu berbahasa Inggris dan Spanyol, collab dengan Wonstein, dan MV yang sederhana tapi ceria dan bisa menggambarkan apa yang ada di lirik lagunya.

Huhuhuhu, pengen nangis jadinya.

Enggak sabar unboxing albumnya, semoga cepat sampai di rumah ya. Nanti saya upload di YouTube, InsyaAllah.

Dan sebelum saya akhir tulisan yang penuh haru biru ini, saya cuma mau bilang ke D.O. saja sih.

“Selamat ya, Dek, atas debut solomu. Kamu ingin memberikan lagu yang menenangkan seperti lagumu sebelumnya, That’s Okay, di album ini. Iya, keinginanmu sudah terwujud kok. Aku, Noona-mu, tenang banget dengerin lagu-lagu kamu di album ini. Selepas ini, mari tetap bahagia dengan apa yang sudah kamu capai sekarang ini. Noona akan terus dukung kamu!”









25 komentar on "3 Fakta Di Balik Rilisnya Mini Album Pertama D.O. EXO"
  1. Iyaa happy dan lega akhirnya D.O punya album solo juga soalnya suaranya bening banget jadi penasaran pengen dengar solonya Alhamdulillah langsung dapat 8 lagu enak yaa.. Ditunggu unboxing albumnya..

    BalasHapus
  2. Ini tuh semacam nasehat yg mengingatkan aku, ..
    Bahwa setiap orang memiliki waktunya sendiri untuk bersinar.
    Makjelb banget, aku pernah merasakannya.
    Dan kini D.O membuktikan yaa, semoga sukses dengan Solonya. Mauu kepoinn ahh.

    BalasHapus
  3. Mba Ria hepi benerrr ini mah pastinya.
    Btw, aku setuju kalo pake akustikan gitar, jadinya lebih adeeemm gitu yak.

    DO EXO ingin menampilkan suara gitar dalam lagu-lagunya, dengan harapan orang yang mendengarkan bisa merasa lebih nyaman.

    Sepakaaatt!

    BalasHapus
  4. ganteng ya Mak, aku belum tau dia, belum pernah nikmatin projeknya dia, baca ulasanmu jadi kepo juga sama Oppa ganteng ini, hehehe

    BalasHapus
  5. Emang jarang ya penyanyi menyayikan beberapa lagu dalam satu album tiga bahasa sekaligus seperti D.O ini. Otomatis penyanyi belajar bahasa baru lagi ya biar fasih, kecuali emang udah menguasainya dan itu termasuk keren abis

    BalasHapus
  6. saya nih tau DO pas main di nokdu. kalau nggak ada nokdu mungkin ga tau DO itu siapa.. hahaha

    BalasHapus
  7. entah kenapa kalo baca tentang EXO aku malah jadi inget anak magang di kantor yang secinta itu sama EXO, sampai-sampai dia mau nularin ke aku

    BalasHapus
  8. Tepat kalau disebut mini album, ya. Soalnya inget zaman dulu biasanya satu album berisi 12-20 lagu.

    BalasHapus
  9. Aku tuh EXOL, jadi seneng banget lihat artikel ini, hihi... DO ini member favoritku, suaranya merdu, empuk, jago akting juga. Seneng deh lihat dia rilis mini album solo

    BalasHapus
  10. Ikut bahagiaaaa. Aku seneng banget kalau ada lagu dengan aransemen akustik. Wah bisa puas puasin dengerinnya nih. 8 lagunya bakalan hits semua kayanya yah

    BalasHapus
  11. Hmm jadi pengen dengerin juga nih lagu-lagunya. Mungkin di youtube ya bisa dengerinnya or spotify. Cuss ahh..

    BalasHapus
  12. Wah keren ya D.O bahkan lagu Rose ditulis sendiri. Dan setuju bahwa setiap orang memiliki waktunya sendiri untuk bersinar. Sukses buat albumnya!

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah senang banget ada album D.O walaupun dia ngga bisa maksimal promo ya karena syuting film tapi albumnya banyak yang suka.. lagu-lagunya memang enak di kuping..

    BalasHapus
  14. Anak saya juga fansnya DO EXO, saya jadi tau DO juga karena kehebohan anak saya yang ngefans banget.
    Waktu dia main film, saya juga suka dengan aktingnya, bagus dan ganteng siih hihihi. Saya lupa filmnya, kalau gak salah dia jadi seorang adik yang kakaknya jadi penjahat gitu..

    BalasHapus
  15. Aku dapat merasakan kekaguman level berat di tiap tulisanmu tentang EXO, Mbak. Harapanmu selanjutnya apa nih buat Dek D.O? Konser di Indonesia?

    BalasHapus
  16. Ya mapun mbak jam segini butuh penyemangat disuguhi yang segar-segar gini jadi mood booster banget.
    Aku kurang ngikuti perjalanannya nih cuma tau gitu aja. Jadi tau istilah2nya nih aku sekarang, jadi ga bingung lagi kalau ada yang lagi ngobrolin nanti.

    BalasHapus
  17. Jujur aja aku gak tau D.O EXO itu siapa *emak2 gak gaul, ya. Yang tau malah anakku, ternyata dia termasuk fans nya EXO, sampai dijadikan wallpaper hp nya hahaha.

    BalasHapus
  18. wahh iya albumnya DO EXO
    emang jika tiba waktunya, pasti akan ada solo karir nya juga ya mak
    dan lagu lagunya easy listening banget

    BalasHapus
  19. embun pagi di malam hari aku liatnya nyamaaaaan*eh
    semoga sukses albumnya dan jadi bisa dinyanyiin banyak kpopan di seluruh dunia

    BalasHapus
  20. Mba jangan nangis terus ya. Hehe. Kan ada mini album D.O 😊

    BalasHapus
  21. Setuju Mak.
    Mendengarkan lagu dari idol memang bisa nge-boost mood ya!
    Apalagi dengan nuansa akustik, pasti semakin ciamik!
    Klepek-klepek dah.

    Sukses buat albumnya ya, D.O!

    BalasHapus
  22. Ya ampun, aku udah sering baca kata "bias" di tulisan teman-teman yang bahas group band Korea, tapi baru tahu artinya setelah membaca tulisan ini. Bahkan nambah lagi kosakata yang saya tahu, "Fandom"

    BalasHapus
  23. Jadi inget anakku minta dibelikan album haha tapi ntah album apa lagi yak...sprtinya NCT... bagus juga ada mini album nih EXO

    BalasHapus
  24. musiknya khas ya mbak, aku jadi buka dulu deh albumnya yang rose itu, hehe biar nyambung komennya hihihi btw aku suka sama sepedanya, jadi inget sepedaku waktu tinggal di Jepang. duh kangenn huhuhu

    BalasHapus
  25. Aku nonton film DO pas dia sebagai atlet Judo, dan tersentuh banget, suka sama EXO dan DO tapi lebih suka sama Xiumin hihihi.

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature