Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

EXO Comeback bersama EXO-L Dengan Special Album Berjudul Don’t Fight The Feeling

| on
Saturday, June 12, 2021
Don't Fight The Feeling

Menjadi seorang fans Korean Pop alias KPop, yang paling ditunggu-tunggu adalah kabar dari idolnya. Karena saya dan teman-teman KPop-er lainnya memahami betul, bahwa berani nyemplung di dunia KPop, berarti siap untuk enggak dapat banyak kabar dari artisnya.

Karena, kami ngerti sekali, kehidupan idol di Korea tuh susah sekali buat diulik dan dikepoin. Berbeda dengan penyanyi di Indonesia yang setiap detik ada saja kabar terbaru. Itulah kenapa, saat EXO ada slentingan kabar bakal comeback group, rasanya deg-degan setengah mati. Padahal masih slentingan kabar lho, belum announce langsung dari agensinya, SM Intertaiment.

DAN.. ENG ING!!!! EXO BENERAN COMEBACK DONGG!!!

Dengan judul lagu yang sama dengan nama albumnya, DON’T FIGHT THE FEELING.

Ada rasa yang enggak bisa diungkapkan saat EXO comeback dengan lagu yang easy listening, ditambah dengan MV (Movie Video) yang berbeda dengan MV EXO yang lainnya karena banyak menggunakan teknik CGI.

Sebagai EXO-L, pasti mengerti sekali kenapa comeback EXO kali ini seperti mengharu-biru dan penuh dengan tangis bahagia. Selain memang lagunya yang bikin terlena, tapi juga ada banyak cerita yang bikin comeback kali ini tuh terasa spesial.

Sebelum saya cerita, siapin popcorn sama teh adem dulu yuk. Karena cerita saya kali ini bakalan panjang. Tapi saya jamin, menyenangkan buat dibaca sampai selesai. Let’s go, Baby!!


Special album EXO
Salah satu photo concept EXO

EXO Comeback Setelah 1,5 Tahun ‘Hiatus’


Hiatusnya EXO kali ini bukan tanpa sebab. Member yang bergantian menjalankan wajib militer (wamil) menyebabkan grup idol Korea terbaik ini harus mengurangi banyak aktifitas secara grup. Xiumin sebagai member pertama yang berangkat wamil tanggal 7 Mei 2019, disusul dengan D.O. pada tanggal 1 Juli 2019. Ditambah dengan Lay yang sedang menjalankan aktifitas solonya di China.

Jumlah member yang tersisa tinggal enam orang. Suho, Chen, Baekhyun, Chanyeol, Kai, dan Sehun. Mereka harus berbagi part secara seimbang saat mereka memulai konser EXO Planet #5 The EXplOration yang dimulai di Seoul pada 19 Juli 2019 dan comeback dengan lagu baru berjudul Obsession pada bulan November 2019.

Teori EXO Planet
Salah satu yang menurut teori mirip setting-nya dengan Tempo


Setelah itu, EXO enggak banyak memiliki kegiatan bersama secara grup. Kebanyakan, jadwal yang dijalani adalah jadwal secara personal atau sub-unit. Seperti keluarnya album solo Suho, Chen, Baekhyun, Kai, dan album sub-unit EXO-SC yang terdiri dari Sehun dan Chanyeol. Selain album solo dan sub-unit, member yang tersisa juga lebih banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan fashion karena mereka menjadi brand ambassador dari beberapa merk fashion terkenal.

Enggak terasa ya, waktu berlalu sampai 1,5 tahun lamanya. Secara tiba-tiba, EXO memberi sebuah video di akun YouTube-nya pada tanggal 8 April 2021, bersamaan dengan perayaan debut EXO yang kesembilan. Video apa? Video spoiler lagu terbaru!

Siapa yang enggak kaget coba, kalau ternyata tiba-tiba muncul spoiler langsung dari yang bersangkutan??


Baca juga :

Ya ya ya, meskipun Sehun, Kai dan Baekhyun sudah beri kode-kode spoiler (bahkan Xiumin ikut-ikutan beri spoiler saat fansmeet online), serta gaung EXO comeback sudah sejak tahun 2020, tapi tetap saja EXOL jerit-jerit enggak jelas saat video spoiler ini keluar. Apalagi di video itu, mereka pakai kostum saat pembuatan MV dan menyuruh D.O. menampilkan sedikit dance untuk lagu terbaru mereka.

*Ria kibar bendera putih waktu lihat Kyungsoo (D.O.) ngedance ^____^

Saya ingat betul, EXO langsung jadi trending topic di Twitter dan jadi banyak pembicaraan di fandom lain waktu itu.

Meskipun merasa di-ghosting selama hampir dua bulan pasca video spoiler keluar, akhirnya SM Entertaiment announced comeback mereka dong!

And here we go! Keluarlah lagu terbaru dari EXO berjudul Dont Fight The Feeling pada 7 Juni 2021 kemarin. MV bisa kalian lihat di sini ya!

*Horrayyyy..!!!!!!!

Baekhyun Xiumin
Photo concept Xiumin-Baekhyun


EXO Comeback Dengan Album Special Untuk EXO-L Berjudul Don’t Fight The Feeling (DFTF)


Sebagai fans, hal yang paling membahagiakan adalah ketika kita tuh diingat selalu sama idola kita. Sebagai EXO-L yang baru menginjakkan kaki di tahun kelima, saya tuh sudah merasakan sekali kalau EXO memang sesayang itu sama EXO-L.

*hiks sroott.. aku nangis kalau ingat ini

Ada banyak sekali yang sudah EXO tunjukkan kalau mereka tuh saya banget sama EXO-L dan menganggap EXO-L itu penting buat mereka. Bahkan Chanyeol sendiri membuat tato bertuliskan ‘L-1485’ di pergelangan tangannya yang memiliki arti tanggal berdirinya fandom EXO-L. Dan banyak atensi-atensi dari member EXO untuk EXO-L.

Dan sekarang, mereka menunjukkan lagi rasa sayangnya ke EXO-L, ke saya juga *bangga dulu*. Iyap, dengan meluncurkan album berjudul Don’t Fight The Feeling, yang merupakan special album selepas dua member mereka, Xiumin dan D.O., keluar dari wamil.

 
EXO-ship Saga
EXO-Ship Saga adalah game khusus yang bisa dimainkan oleh EXO-L di ponsel. Link permainan di sini.


Kenapa spesial?

Setelah SM Entertaiment announced kalau EXO akan mengeluarkan special album dengan tittle track berjudul Don’t Fight The Feeling, EXO-L seluruh dunia tuh menebak-nebak arti dari special album ini apa.

Ada yang kasih asumsi, kalau ini adalah album sebelum Chanyeol dan Baekhyun berangkat wamil. Ada yang bilang kalau ini album khusus karena permintaan Xiumin dan D.O., seperti yang disampaikan mereka di video spoiler lagu yang menghebohkan itu. Terus, ada yang bilang, spesial karena akan ada pemecahan teori-teori dari EXO Planet yang tersebar di semua MV EXO.

Dan banyak dugaan lainnya.

Selama sebulan setelah announced itu, kami dibuat penasaran setengah mati dengan arti ‘special album’ ini. Karena seperti itulah SM Entertaiment dan para talent-nya, selalu kasih spoiler tuh setengah hati *cry.

Kemudian muncullah Kai yang bilang di bubble dengan kalimat kira-kira begini, ‘Nikmati saja lagu terbaru dari kami tanpa mempedulikan yang lainnya. Karena nanti kamu akan paham maksudnya apa.’

DANNNN... keluarlah MV Don’t Fight The Feeling!!!

BLAARRRR!!! Saya teriak-teriak dong pas lihat MV itu!!!! Karena sama sekali enggak kepikiran kalau EXO bakal memberikan MV seapik ini untuk kami para EXO-L.

*bentar, aku nangis dulu ngetik ini

KENAPAA??? BACA TERUS YAAA...!!!


Welcome Back Lay


Sudah dua tahun lamanya member EXO yang berasal dari China, Lay (Zhang Yixing), tidak ikut comeback di beberapa album EXO karena aktifitas solonya di China. EXO-L merasa tipis kemungkinan Lay akan ikut comeback kali ini kalau melihat semakin banyaknya aktifitas dia di negara asalnya. Ditambah lagi kondisi pandemi yang enggak memungkinkan dia untuk wira-wiri Korea-China dengan mudah.

Ketika ada yang bilang ‘Teruslah berharap meskipun harapan itu kecil’, lebih baik kita percaya dengan itu. Saat teaser album berupa foto-foto member sudah keluar, saat itulah kami hampir percaya kalau Lay benar-benar tidak diikutkan dalam comeback Don’t Fight The Feeling.

Hingga akhirnya, SM Entertaiment announced kalau Lay ternyata diikutkan comeback!!!!!

*bentar, aku merinding nulis ini

Lay ikut comeback EXO
Salah satu photo concept Lay


Kagetlah seantero jagat perbucinan EXO, karena moment ini benar-benar kami tunggu sejak terakhir Lay gabung di album Don’t Mess Up My Tempo tahun 2018 lalu, dan muncul di MV Tempo yang hanya 3 detik saja.

Moment ini bakalan kami ingat betul karena teaser foto Lay muncul tepat saat Super Blood Moon tanggal 27 Mei 2021 kemarin, pukul 18.00 WIB. Ingat betul saat itu saya siapin kamera untuk ambil moment Super Blood Moon yang tertutup mendung, sambil terus scrolling timeline di Twitter yang ramai sekali karena teaser foto Lay sudah keluar.

Dan, enggak itu saja ternyata. Agensi yang menaungi EXO ini, ternyata sudah menyiapkan secara matang konsep MV lagu yang lagi-lagi spesial untuk EXO-L.

Apa itu???

LAY MUNCUL DI MV DON’T FIGHT THE FEELING!!!!

Enggak hanya tiga detik, tapi bermenit-menit! Enggak hanya muncul kelihatan wajah saja, tapi juga menyanyikan part dia, dance part dia, dan dance bareng sama member EXO lainnya *nangissss banget!!!*.

KOK BISAAA??? Katanya lagi pandemi, kok bisa jadi sebuah MV??

Lay ikut serta dalam special album

 
Thanks to technology yang membuat kehadiran Lay itu tampak nyata di tengah-tengah para member. Dengan teknologi bernama Computer Grafic, Lay dengan mudahnya dihadirkan di tengah-tengah member lain di MV.

Meskipun banyak yang kecewa karena kualitas GC yang tidak terlalu apik dibandingkan dengan MV dari grup lain dari SM Entertaiment, dan beranggapan kalau EXO sebenarnya layak mendapatkan MV yang lebih baik daripada sekarang, saya pribadi tidak peduli. Euforia diikutkannya Lay dalam comeback ini tuh lebih emosional ketimbang komentar-komentar tidak menyenangkan di luar sana.


MV Bertabur L-1485 Dan Frasa ‘With EXO-L’ Yang Menghebohkan Jagad EXO Planet


Sebenarnya, keterkejutan kami dengan di-publish-nya video spoiler untuk comeback Don’t Fight The Feeling itu, bukan hanya karena mereka ada kepastian bakalan comeback. Tapi karena ada tulisan L-1485 yang sangat besar di MV setting.

L-1485 ini memiliki arti yang besar buat kami. L yang artinya EXO-L, dan 1485 adalah tanggal berdirinya fandom EXO-L, nama resmi fans pendukung EXO, pada 5 Agustus 2014.

Ternyata, setelah MV resmi keluar, tulisan L-1485 ini bertabur di dalam MV. Kalau mau jeli, ada beberapa set, bersamaan dengan nomor punggung para member yang sedari awal mengikuti kemana pun member tampil, yaitu 99, 12, 4, 10, 61 dan 94.

With EXO-L

 
Oke, sekarang beralih ke credit tittle.

Seberapa penting credit tittle untuk sebuah film atau movie video? Bagi saya sangat penting. Karena dari credit tittle inilah kita bisa tahu siapa saja yang bekerja dengan keras sehingga sebuah film atau movie video.

Tidak biasanya, SM Entertaiment menampilkan credit tittle dalam MV talent mereka. Durasi lagu Don’t Fight The Feeling memang tidak sepanjang lagu-lagu EXO yang lain, hanya 3 menit 14 detik saja. Tapi total MV-nya sendiri adalah 3 menit 42 detik. Ternyata, sisa waktunya dipakai untuk menayangkan credit tittle setelah MV selesai.

Dengan tulisan berwarna jingga, credit tittle ini berjalan lumayan cepat. Kemudian muncullah tulisan ‘WITH EXO-L’ di akhir credit tittle dengan ukuran yang sangat besar diiringi dengan high note-nya Baekhyun!!!

Teriakkk??? Iyaaaa dongggg!!!!!

*bentar, aku mrabak mili ngetik ini*

Photo concept EXO
Salah satu photo concept D.O. dan Chanyeol


Kami (EXO-L) enggak tahu lagi bagaimana mengekspresikan keterkejutan karena nama kami tampil di credit tittle. OH MY GOSH!!! Sayang banget sama EXO yang masih memikirkan konsep keikutsertaan EXO-L dalam comeback mereka.

*Hiks srooot*


Special MV Lagu ‘Just As Usual’


Selang dua hari setelah MV Don’t Fight The Feeling keluar, yaitu tanggal 9 Juni 2021, kami dikejutkan lagi dengan munculnya special video salah satu lagu di album EXO Don’t Fight The Feeling, Just As Usual. Dengan adanya special video Just As Usual ini, kami sebagai fans merasa semakin dekat dengan EXO dengan melihat aktifitas para member supaya album ini sukses.

Spesial karena di video Just As Usual menampilkan aktifitas member EXO yang bekerja keras pada pembuatan album ini. Mulai dari meeting dengan tim produksi, proses rekaman album, dan latihan dance di studio. Enggak hanya itu saja, ada sekelumit scene yang menampilkan Xiumin latihan dance untuk ditampilkan saat online fanmeeting tanggal 27 Maret 2021 lalu.

Special video Just As Usual, bisa kalian tonton di sini ya!
 
Kai Sehun
Kai dan Sehun adalah maknae dari grup EXO

.
.

Sudah enggak tahu lagi bagaimana saya harus menggambarkan bahagianya sebagai EXO-L dan menulisnya dalam sebuah tulisan. Jujur saja, tulisan ini tidak segera selesai karena memang saya kesulitan menguraikan rasa bahagia dan bangga untuk disampaikan ke kalian.

Kalau memang tulisan ini jadinya panjang sekali dan tidak saya pecah jadi dua tulisan, karena memang saya ingin kalian tahu seberapa kompleks rasa bahagia saya saat album Don’t Fight The Feeling ini keluar. Terima kasih sudah bersedia membaca tulisan yang super panjang ini, tulisan berisi kebucinan seorang Ria terhadap grup idol Korea bernama EXO.

Laff you all..

We Are One! EXO Saranghaja!
1 comment on "EXO Comeback bersama EXO-L Dengan Special Album Berjudul Don’t Fight The Feeling"
  1. Merinding banyak banyak!
    Terimakasih atas kerja keras EXO membaa..
    Semoga semakin banyak cinta dari para EXO-L dan WE ARE ONE!

    Don't fight the feeling.

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature