Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Lakukan 5 Hal Ini Saat Nonton Hospital Playlist (2020)

| on
Tuesday, June 30, 2020
Hospital Playlist
Para dokter spesialis kesayangan aku :))

Yang sama dengan saya karena tidak terlalu minat dengan serial berbau medis siapa? Angkat tangan coba sih, saya ingin tahu. Saya sedikit menghindari serial medis terutama kalau spoiler sudah menunjukkan adegan-adegan membedah anggota tubuh. Terbayang terus gitu adegan-adegan di ruang operasi. 

Tapi semua berbeda saat nonton drama Chocolate yang mampus bagus banget, karena memadukan antara makanan, medis dan cinta. Eh, setelah drama Chocolate kelar, dilanjut dengan drama Hospital Playlist. Meskipun ada kata ‘rumah sakit’-nya, tapi drama ini tidak banyak mengulas tentang proses operasi. Malah kalian bakal lihat langsung sisi lain dokter dan perawat yang yah ... like a ordinary people, bahkan saat di lokasi kerja. 

Detail Drama Korea Hospital Playlist 

Judul: 슬기로운 의사생활 / Seulgiroun Uisasaenghwol
Genre: Drama, medis
Episode: 12 

Daftar Pemain Drama Hospital Playlist 
Jo Jung Suk sebagai Lee Ik Joon (spesialis hepatopankreas)
Yoo Yun Suk sebagai Ahn Jeong Won (spesialis bedah anak)
Jung Kyung Ho sebagai Kim Joon Wan (spesialis torakoplastik)
Kim Dae Myung sebagai Yang Seok Hyeong (spesialis obstetri dan ginekologi)
Jun Mi Do sebagai Chae Song Hwa (spesialis saraf) 



SINOPSIS DRAMA KOREA HOSPITAL PLAYLIST 


Drama ini sebenarnya berkisah tentang pertemanan lima orang dokter spesialis yang bekerja di salah satu rumah sakit di Seoul, Yulje Medical Center. Mereka bertemu di tahun pertama di bangku kuliah. Lee Ik Joon dan Kim Joon Wan yang merupakan teman satu kampung, Ahn Jeong Won dan Yang Seok Hyeong yang merupakan teman sejak SD, kemudian mereka berempat dipertemukan dengan satu-satunya perempuan dalam persahabatan ini, Chae Song Hwa. 

Para Pemain Utama Hospital Playlist

Kisah mereka di Yulje bermula ketika ayah Ahn Jeong Won sebagai pemilik rumah sakit meninggal dunia. Karena beberapa sebab, Ahn Jeong Won mengajak keempat sahabatnya untuk bekerja di bangsal VIP Yulje Medical Center. 

Menariknya dari Hospital Playlist adalah, banyak sub cerita menarik dari masing-masing dokter spesialis ini. Baik cerita tentang kehidupan pribadi mereka masing-masing, pekerjaan, persahabatan, hubungan dokter dengan pasien, atau hubungan antara dokter dengan residennya. 


APA YANG HARUS KALIAN LAKUKAAN SAAT MENONTON DRAMA HOSPITAL PLAYLIST? 


1. Nikmati Lagu-Lagunya 


Kenapa ada kata playlist di belakang kata hospital

Kalian bisa bayangkan tidak, lima orang dokter berusia 40 tahun membentuk sebuah band? Iya, mereka berlima ngeband! Lee Ik Joon sebagai gitaris utama, Kim Joon Wan juga sebagai gitaris, Chae Song Hwa memegang bass, Yang Seok Hyeong memainkan keyboard, dan yang paling bikin saya klepek-klepek adalah Ahn Jeong Won yang memainkan drum. Di special episode after end, mereka menamakan grup mereka dengan Mido Farasol, atau dengan aksen Korea dibaca Mido Parasol

Mido Parasol

Sepertinya, bakal aneh banget kalau kalian dengarkan mereka main band. Itu karena kalian punya ekspektasi yang tinggi dengan sebuah band yang punya performa sempurna dalam memainkan alat musik seperti Dewa 19 atau Sheila On 7 yang masih eksis sampai sekarang. Tapi soal vocal dan cara mereka memainkan alat musik sudah okelah. Padahal beberapa dari mereka dadakan lho bisa mainkan alat musiknya. Saya sampai dibuat terlena. 

Oh iya, mereka ngeband juga sejak kuliah. Udah lama. Kemudian berhenti karena kerja di rumah sakit yang berbeda-beda.

Para Pemain Hospital Playlist
Momen saat pertama kali mereka ketemu. Di gudang hahaha.

Mereka ngeband karena itu adalah salah satu cara mereka untuk merilekskan pikiran seusai kerja. Lokasi latihannya adalah di ruang bawah tanah di rumah Yang Seok Hyeong, dan hanya berlatih saat akhir pekan saja. Bahkan sampai episode 12 pun, mereka hanya punya dua penonton, ibu Ahn Jeong Won dan sahabatnya. Itupun mereka hanya menonton satu kali saja. Hahaha. 

*Eh, mereka punya penonton setia lainnya sih. Penonton drama Hospital Playlist. 

Lagu-lagu yang mereka mainkan kebanyakan lagu-lagu lama. Beberapa lagu malah sudah pernah jadi OST di drama dan film cakep lainnya, yang bisa kalian tonton saat liburan telah tiba. Tapi mereka bisa memainkan alat musik dan menyanyikan lagunya dengan bagus dan feel-nya dapat. 

Menariknya, beberapa lagu sesuai dengan cerita yang sedang dikisahkan. Kalau kalian jeli, kesesuaiannya bukan karena ada scene lalu ada OST-nya seperti kebanyakan drama yang kalian tonton. Tapi lagu yang dimainkan mereka berlima, liriknya menggambarkan apa yang terjadi di episode itu

Yoo Yeon Seok
Yoo Yeon Seok yang kalemnya bikin nyesss di hati saya, eh hati penonton :))


2. Jangan Lupa Perhatikan Detail Tiap Scene 


Memperhatikan detail di drama korea Hospital Playlist ini, malah saya sadari setelah nonton untuk yang kedua kalinya. Karena nonton yang pertama, saya terbawa alur ceritanya dan tidak sempat memperhatikan detail-detail scene-nya. 

(Ini larinya ke spoiler ya. Kalau mau lanjut baca silakan, atau bisa pilih berhenti kalau tidak mau kena spoiler

Misalkan saja, ketika salah satu dokter residen laki-laki, Ahn Chi Young, diam-diam memberikan segelas air putih kepada Chae Song Hwa saat makan siang bersama geng bedah saraf. 

Ahn Chi Yong
Chae Song Hwa dan Ahn Chi Young

Saat nonton pertama kali, saya mengabaikan ini. Tapi setelah nonton yang kedua, adegan ini ternyata manis sekali, Pemirsa. Sampai saya ulang beberapa kali hanya untuk nonton yang manis-manis begini. Dari adegan ini juga saya akhirnya flash back ke episode-episode sebelumnya, yang ternyata Ahn Chi Young sangat sering kasih perhatian ke Chae Song Hwa tapi sayanya saja yang tidak sadar-sadar. Hihihi. 

Ada lagi. Saat Kim Joon Wan memberi jeruk kepada Ahn Chi Young saat makan siang bersama Chae Song Hwan dan Lee Ik Joon. Karena camburu, diam-diam Kim Joon Wan mengambil lagi jeruk yang tadi dia berikan. 

Adegan ini sempat terlewat dari mata saya karena saya fokusnya ke percakapan antara Ahn Chi Young dengan Lee Ik Joon tentang Lee Ik Soon, adik perempuan Lee Ik Joon. 

Kalau diperhatikan lagi, adegan yang mengandung kecemburuan ini, lucu juga. Apalagi kamera nge-shoot-nya dari jarak jauh. Jadi kelihatan sekali kalau kecemburuan Kim Joon Wan ke Ahn Chi Young ini jadi hal yang menyebalkan, karena ketiga tokoh lainnya tidak peduli. Ya karena mereka bertiga tidak tahu kalau Kim Joon Wan lagi pacaran sama Lee Ik Soon. Wkwkwkw. 

Dan masih banyak detail-detail menarik lainnya yang bisa kalian perhatikan dan bisa bikin kalian senyum-senyum sendiri atau ber-oooo panjang.


3. Nikmati Kisah Persahabatan Empat Laki-Laki dan Satu Perempuan 


Banyak penonton yang iri sama Chae Song Hwa karena dikelilingi sahabat yang ganteng-ganteng dan perhatian. Karena satu-satunya perempuan di antara Lima Sekawan ini, empat laki-laki ini seolah menjaga sekali supaya Chae Song Hwa ini tidak sampai merasa sendirian. 

Padahal karakter Chae Song Hwa ini mental baja sekali lho! Dia pribadi yang pintar, tegas, pengertian pada sahabat dan residennya, dan tidak mudah terhanyut pada emosi yang muncul. 

Persahabatan Hospital Playlist
Momen persahabatan mereka itu, paling sering saat main band, makan siang di RS, dan makan malam setelah kerja 💖


Namanya juga perempuan di sarang penyamun lelaki, pasti ada kisah romantis yang muncul ya. Meskipun kisahnya ya ... gitu deh akhirnya. Hehehe. Tapi tetap jadi kisah yang manis kok, apalagi cerita-cerita jaman masih kuliah yang seringkali masih dibawa-bawa saat mereka kumpul bareng

Menariknya dari drama ini, kisah persahabatan lima dokter Yulje Medical Center ini tidak hanya dikisahkan oleh adegan-adegan mereka saja, tapi juga diceritakan oleh orang lain. Yaitu, teman masa kuliah mereka berlima, Bong Kwang Hyeon, seorang dokter di UGD. 

Asyiknya, yang mendengarkan cerita Bong Kwang Hyeon ini adalah para residen dari kelima dokter di drama Hospital Playlist ini. Yang kalau ingin mendengarkan kisah tentang atasannya, harus menyogok segelas kopi dulu. 


Pemain Hospital Playlist
Menunggu mereka di season 2 akhir tahun ini


4. Nikmati Ke-uwu-an Hubungan Keluarga Masing-Masing Tokoh 


Yang paling nempel di otak adalah ke-uwu-an Lee Ik Joon dengan anaknya yang masih TK, U-Ju. Nggak ada yang bisa nandingi gemasnya interaksi mereka berdua. Ya tidak heran sih kalau U-Ju ini gemay sekali anaknya. Lha wong bapaknya sering lontarin joke-joke segar. 

U-Ju        : Appa, bolehkah aku minta roti lapis lagi? 
Ik Joon    : Kamu belum menghabiskan roti lapismu. 
U-Ju        : *hanya memandangi ayahnya tanpa ekspresi* 
Ik Joon    : Baiklah. Baiklah. Tapi tunjukkan sisi imutmu pada Ayah.
U-Ju        : *kedipkan mata kiri* 
Ik-Joon    : *badannya merosot di kursi sambil pegangin dada seolah kesakitan kena panah cinta* 

*dan penonton jadi tertawa 

Lee Ik Joon dan U-Ju

Atau ketika Yang Seok Hyeong diperkirakan akan mewarisi harta benda ibunya setelah orang tuanya bercerai, Ik Joon dengan santainya bertanya kepada Seok Hyeong, “Seok Hyeong-a, bisakah kamu mengangkatku dan U-Ju menjadi anakmu dan memasukkan kami ke dalam KK-mu?” 

*lagi-lagi saya tergelak tertawa 

Selain menikmati gemasnya hubungan Ik Joon dengan anaknya, kalian juga bisa menikmati gemasnya hubungan Ik Joon dengan adiknya, Ahn Jeong Won dengan ibunya, Chae Song Hwan dengan ibunya (walaupun hanya lewat telepon), atau bahkan manisnya hubungan antara salah satu residen badah torakoplastik dengan istrinya.


Salah satu adegan Ik Joon dan U-Ju di RS :)))


5. Nikmati Saja Kisah Cinta Yang Muncul di Lokasi Kerja 


Yang paling saya tunggu-tunggu tiap episode adalah kisah cinta antara Ahn Jeong Won dengan satu-satunya residen di geng dokter bedah, Jang Gyeo Ul. Sampai penggemar drama Hospital Playlist ini punya sebutan tersendiri buat mereka, Winter Garden Couple. Meskipun kisah percintaan mereka alurnya lambat, tapi justru momen mereka berdua ini yang paling bikin hati deg-deg-an. 

Winter Garden Couple

Selain winter garden couple, ada beberapa kisah cinta lain yang muncul di sini. Semuanya, digambarkan dengan manis, dengan detail-detail yang tentunya jangan kalian lewatkan (karena itu adalah clue!!). Semua alur kisah percintaan di drama Hospital Playlist ini tidak tergesa-gesa meskipun episode drama ini hanya 12 saja

Apa semua kisah berakhir manis? 

Hm, langsung nonton sendiri saja ya. Dijamin tidak menyesal karena porsinya seimbang antara medis, persahabatan dan kisah percintaan yang ada di antara para tokoh utama dan tokoh pendukung.
39 comments on "Lakukan 5 Hal Ini Saat Nonton Hospital Playlist (2020)"
  1. kalau saya paling suka scene Uju sama appa :) gemesin hahaha
    kalau karakter fav suka sama Song Hwa, ga sabar nunggu season 2 nya

    ReplyDelete
  2. Bener mbak, scene U Ju pas ngedip itu kocak banget 😁

    ReplyDelete
  3. Ujuuuu, Ik-Joon ya ampuuun aseli gemesshh bgt dah lihat Bapak anak ini :D
    Bapaknya terutama, udah gemes, jago dance, pokoke top markotop!
    Btw, kenapa Andrea dan ceweknya dikasih julukan "Winter Garden Couple" ya Mba? Masih penisirin akuuu

    ReplyDelete
  4. Aku paling suka dengan kisah cinta yang tidak tergesa-gesa.
    Mengalir, seperti di dunia nyata ya.
    Aku pernah mendapatkanya di film Hollywood, Pride and Prejudice.
    Sudah nontonkah?

    ReplyDelete
  5. Semua hal yang ada di Hospital Playlist kusuka. Belum bikin reviewnya karena biar gak kangen nunggu season 2. Itu yang adegan jeruk Kim Joon Wan, aku ingat banget, hahaha

    ReplyDelete
  6. Ya ampun, aku masih belum move on dari drama ini dong
    Sukaaa banget ama kelakuan polos dedek Uju yang gemaaaash, kecil-kecil udah tau mertua segala atuhlaaaah hahaha.

    Harus nunggu setahun nih buat jawaban Song Hwa, semoga gak PHP yaaah hahaha

    ReplyDelete
  7. Masya Allah. Usia 40 tapi pada tsakep-tsakep yak hehe. Menarik ini, ya kisahnya buat usia dewasa matang.

    ReplyDelete
  8. Oke noted. Emang masuk playlist nih, tapi ntar aja nontonnya kalau udah habis nonton DM dan IONTBO. Semangaaat

    ReplyDelete
  9. Penasaran nonton bagian mana yang bikin deg-degannya

    ReplyDelete
  10. Adegan terfavorit adalah saat Ik Joon dan U-Ju di rumah sakit itu kalau aku, karena tau-tau dia pakai kepala Darth Vaders.

    ReplyDelete
  11. Ohhhh...Playlist ini karena mereka anak band. Baru tau karena aku belum nonton. :D Btw, ngeliat gengsnya kok seneng, yaa. Temen kuliah terus kerja dalam satu atap. Ada manis2nya laagii. Pasti seruuu.

    ReplyDelete
  12. Drama ini manis dan sederhana ya sama dan memang harus ditonton fokus tanpa disambi biar ngga terlewat detilnya..favoritku jugaa ngga sabar season duanya

    ReplyDelete
  13. Baru baca sinopsisnya ini aja udah gemes, penasaran pengen nonton ih!
    Makasiiih referensi drakornya ya mbak.

    ReplyDelete
  14. wow. I have the darama but can't watching. I am still watching every Drama or Film Hyun Bin, hahaha. I am corious with his role with besides Crash lansding on you. And i just spend my time 2-3 hour to watching. So be late to finished. nest time i will watching this drama

    ReplyDelete
  15. Jadi gak melulu tentang medis ya, aku suka ngeri kalo lihat adegan2 di ruang operasi haha. Drama Hospital Playlist ini tampaknya menarik untuk ditonton.

    ReplyDelete
  16. Hospital Playlist,, bagus ya mbak? aduh aku masih galau mau pilih nonton drakor apa lagi ya

    ReplyDelete
  17. Gini doonk yaa...
    Yo Yeon-seok dikasih kisah kasih.
    Hahha...selama ini baru beberapa drama yang cintanya doi diterima. Kesian jadinya kan yaa...

    Uri Yeon-seokiii oppa~

    ReplyDelete
  18. Aku suka nonton drama yang berbau medis mbak, entahlah suka aja sih haha cool gitu apalagi kalau yang pemeran utamanya perempuan, hebatlah dokter perempuan. Tangguh gitu.

    ReplyDelete
  19. Ik Joon ama U Ju asik banget candaannya, hahahaa
    Seru ya udah kepala empat, tapi masih suka nge-band. Jadi makin solid hubungan kerja mereka

    ReplyDelete
  20. Aku bukan penonton drakor nih mba. Ceritain dong akhirnya seperti apa biar ga penasaran loh. Menarik ini ada kisah percintaan dengan latar belakang cerita medis yang kuat gini.

    ReplyDelete
  21. Wah episodenya ga terlalu panjang ya. Cuma 12 episode aja. Bisa lah nonton ini

    ReplyDelete
  22. Di Indonesia pun ada dokter2 yang suka ngeband lho, udah lbh sepuh lagi malah hehe. Lupa apa nama bandnya.
    Ini beberapa kali dramanya muncul diulas di timeline medsosku tapi ku blm dapat hidayah nonton. Mungkin setelahngabisin drama yg kutonton saat ini hehe

    ReplyDelete
  23. Paling gemas kalau nonton drakor yang ada anak-anak kecilnya. Kayak pengen bawa kabur aja bawaannya haha.

    ReplyDelete
  24. Tema cinta memang selalu mengundang minat apalagi jika dibalut dengan persahabatan, apalagi ini ada pula tema medisnya. Kebayang serunya. Nanti deh setelah kerjaan kurang mau juga intip-intip, siapa tahu ketagihan

    ReplyDelete
  25. Hospital Playlist ini belum ku tonton huhuh tapi udah masuk wishlist nih

    ReplyDelete
  26. seru banget sih dokter-dokter ngeband. aku suka nonton serial dokter dan rumah sakit, tapi aku nontonnya serial barat kaya Greys's Anatomy yang udah bertahun-tahun ga tamat-tamat.

    ReplyDelete
  27. Saya sesekali juga nonton drakor, Mbak. Karena ceritanya tidak bertele-tele dengan episode sedikit. Drakor medis juga saya suka, jadi sekalian mengenal istilah-istilah medis juga.
    Dan kayaknya seru ya, pertemanan 4 cowok dan 1 cewek. Apalagi bikin band juga. Waji nih, ditonton.

    ReplyDelete
  28. Wah nggak bertele-tele nih ya drakornya, cuma 12 episode jadinya padat dan menggemaskan. Coba ceki-ceki dah ah

    ReplyDelete
  29. Yang bisa di ambil pelajaran dari film korea Hospital Playlist yaitu persahabatan nya, mengingat mereka udah dewasa yang bisa aja saking mementingkan ego masing masing ya.

    Aku belum pernah sih nonton film ini,tapi keliatannya recommend tuk jadi salah satu daftar tontonan

    ReplyDelete
  30. Banyak yang bahas drama ini di medsos, dari sinopsisnya keren nih makanya banyak yang suka, aku tanya kakakku ah, dia lebih suka K-drama ketimbang aku~

    ReplyDelete
  31. aku tuh nonton Hospital Playlist ini baru sampai episode 5 aja mbaa, belum aku terusin nih tapi memang kisahnya seru ya, apalagi dengan tema dokter seperti ini

    ReplyDelete
  32. Apapun filmny kl udah ttg Korea suka bngt deh. Liat mas n mbaknya itu sejenak melupakan masalah

    ReplyDelete
  33. Jomblo jomblo ganteng dan cantik kalau ketemuan seru juga. Sudah pintar, ganteng, mau dong masuk geng dokter ganteng.

    ReplyDelete
  34. Penasaran,, kepingin coba nonton Drakor yang satu ini :) sudah bosan dengan kisah romantis

    ReplyDelete
  35. Aku belum nonton nih, masih dalam wishlist untuk memperbaiki moodku setelah nonton Reply 1988, kata temenku harus nonton Hospital Playlist ini. Bener juga ya, agak mirip nih persahabatan 4 cowok 1 cewek dan kehangatn keluarga

    ReplyDelete
  36. wah kayaknya seru ya pilemnya... perlu nih ditonton.. lumayan buat isi waktu WFH.. hehe

    ReplyDelete
  37. Aduduuu...dokter keren bikin grup band. Bisa dibayangin yaaa seberapa meleleh ciwi2 yg lihat meskipun mungkin belum tandingannya Dewa. 🤣🤣

    ReplyDelete
  38. wah seru sih saya suka lihat kehidupan lain dari pekerjaan berseragam
    seperti dokter ini apalagi yang pas main musik itu ya seru banget
    makasih refrensinya mbak

    ReplyDelete
  39. Bagus ya drakornya, jadi pengen nonton juga. Kirain film ini mau seperti grey anatomy, tapi ternyata beda jauh sekali. Lumayan suka dengan film medis

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature