Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Keinginan Berwisata ke Taman Buah Mekarsari Bogor dan Trans Studio Bandung

| on
Sabtu, Januari 26, 2019
Akhir tahun kemarin, sepulang saya, suami dan anak-anak dari Jakarta, mertua tiba-tiba bilang, “ke Bogor atau Bandung yuk?”. Karena saya belum pernah ke Bogor, saya highlight ke kota ini pas nanggepin keinginannya mama mertua. “Mama ingin ke mana kalau ke Bogor?”.

Namanya juga orang yang sudah berumur ya, jadi mau ke wahana yang memacu jantung juga mungkin beliau ogah. Inginnya lihat-lihat bunga mekar sambil foto-foto di Bogor. Padahal adik ipar sudah nyeletuk ke Bandung saja, ada Trans Studio Bandung juga. Saya senyumin saja sambil godain adik ipar, “tiket masuk trans studio Bandung, kamu yang bayarin ya.”

Saya dan suami ini, kalau kemana-mana apalagi kalau bepergian hampir bisa dipastikan selalu bawa anak-anak. Bisa dihitung dengan jari berapa kali kami keluar jalan-jalan sendirian. Artinya ya, kalau kemana-mana selalu memasukkan tempat wisata yang ada wahana untuk anak-anak, atau setidaknya lokasi wisatanya ramah dengan anak-anak.

Kami berdua nggak bisa ya egois dalam menentukan lokasi wisata. Nggak bisa terus-terusan lokasi wisata yang kami pilih ini harus memuaskan kehendak dan kesenangan kami berdua saja. Tentunya, dengan waktu yang terbatas, kami juga menentukan lokasi wisata yang mana anak-anak juga bakal senang.


Pikir kami sederhana kok. Kalau anak-anak bahagia setelah diajak ke lokasi wisata yang memuaskan hasrat jalan-jalan mereka, mereka nggak bakalan rewel untuk diajak jalan-jalan ke lokasi wisata lain yang kami pilih. Biasanya memang, lokasi wisata untuk anak-anak kami berikan jatah di hari pertama, atau kalau waktunya mepet sekali, kami berikan di tujuan pertama kami. 

Oke, balik lagi ke Bogor dan Bandung. Kalau ke Bandung, saya sih sudah pernah. Meskipun hanya sekadar jalan-jalan di kotanya saja, sambil belanja-belanja dan kopdar sama bu Dey waktu itu. Trus kalau mau ke dua kota ini, lokasi wisata mana saja yang sepertinya rekomen banget buat saya dan keluarga? Catat ya, ada anak-anak di antara kami. Ada dua lokasi wisata yang ingin saya datangi kalau saya bekunjung ke dua kota ini. Meskipun nggak menutup kemungkinan untuk datang ke lokasi wisata lainnya.


1. Taman Buah Mekarsari

Lokasi wisata yang ada di Bogor ini adalah salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika yang ada di Indonesia. Mungkin hampir sama dengan Kebun Raya Purwodadi yang ada di Pasuruan, Jawa Timur. Kalau di Kebun Raya Purwodadi, meneliti banyak pohon dan tumbuhan. Kalau di taman Buah Mekarsari, sepertinya penelitiannya lebih menitik beratkan pada jenis buah-buahan unggul dari seluruh Indonesia.

taman-buah-mekarsari-bogor-jawa-barat
link


Trus apa isinya hanya buah-buahan saja? Oh nggak dong ya. Ada buah-buahan, sayuran, bunga dan tanaman hias yang diteliti, diperbanyak bibit unggulnya dan kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Menariknya nih, selain banyak spot-spot untuk mengambil foto yang bagus, kita juga bisa menyaksikan beberapa event yang diselenggarakan di sini. Event-event ini sepertinya menarik banget ya, saya aja tertarik coba? Salah satunya adalah program ‘Banjir Durian’, yang mengajak para pengunjung untuk memasuki area perkebunan durian dan menikmati berbagai jenis durian yang dikembangkan di sini *usap iler*.

harga-tiket-taman-buah-mekarsari-bogor
from google


2. Trans Studio Bandung

Tempat wisata yang ada di Bandung ini, ramai sekali jadi bahan perbincangan. Dengar-dengar ya karena lengkap sekali wahana yang ada di dalamnya. Wahana untuk anak-anak ada, untuk usia remaja ke atas juga ada. Dengan mengeluarkan uang sejumlah IDR 180.000 saat weekday dan IDR 280.000 saat weekend untuk tiket masuk Trans Studio Bandung, nggak rugi juga lho. Trus buat anak-anak, ada wahana apa saja?

trans-studio-bandung-jawa-barat
from Traveloka web

Ada Wahana Anak, yang mana bisa jadi piihan sebagai tempat wisata anak di Bandung karena banyak permainan yang diperuntukkan untuk anak-anak yang belum diperbolehkan untuk menaiki wahana ekstrim. Ada mini train, mini bumper car, tea cup, carousel, bumper boat, dan komedi putar, yang bisa dinikmati anak-anak usia 0-7 tahun.

Pernah nonton di Bolang alias Bocah Petualang yang ditayangkan di Trans TV? Nah, di sini ada wahananya lho. Kita seperti diajak menikmati acara ini, tapi langsung ke lokasinya. Selain itu, ada juga Giant Swing yang sepertinya uji jantung juga untuk naik ke pendulum raksasa yang diputar-putar begitu *oh tidak!!*. Atau, ke wahana Jelajah kalau ingin merasakan berpetualang di hutan Afrika. Benar-benar seperti menjelajahi hutan rimba, karena kita nanti akan bertemu hewan buas, melihat langsung air terjun yang tinggi, dan merasakan melewati jurang yang curam.

denah-lokasi-wahana-trans-studio-bandung
link

Ah, jadi ingin ke Trans Studio Bandung deh. Banyak sekali wahana yang bisa dinikmati di sana. Setelah kepoin sana-sini, beneran deh, dengan harga tiket masuk Trans Studio Bandung segitu, rasanya nggak rugi.



43 komentar on "Keinginan Berwisata ke Taman Buah Mekarsari Bogor dan Trans Studio Bandung"
  1. Jadi pingin liburan lagi nih wkwk

    BalasHapus
  2. Wah seru banget pastinya ya kak kalau liburan main ke trans studio bandung

    BalasHapus
  3. mba ria, gimana kalau kita janjian aja ke bandung. Ngiler ya ke sini

    BalasHapus
  4. Belum genap sebulan nih dari libur akhir tahun udah pengen liburan lagi, terdekat yang belum dikunjungi itu Transtudio Bandung...
    #liattanggalmerah

    BalasHapus
  5. Banjir durian, hmmmm #gleg nelen ludah deh jadinya. Tapi kl yg di mekarsari itu boleh metik buahnya buat dimakan gt ga sih?

    BalasHapus
  6. aku pernah ke trans studio bandung
    seru abessss

    BalasHapus
  7. Mba itu HTM Uda termasuk tiket terusan ya ? Gak perlu bayar2 lagi kan ?

    BalasHapus
  8. Yap. Karena juga bawa anak, ke tempat yg ada mainan anaknya juga. Biar Mereka gak bosen dan gak nolak kalau kita ajak lagi. Kalau sama orang tua juga, asyik tuh ke mekarsari. Sesuai keinginan mama mertua mbak yaa...

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah ke Mekarsari. Padahal dulu gak begitu jauh dari rumah. Tapi, gitu deh kebiasaan ditunda. Sampai udah gak tinggal di sana lagi, saya belum pernah ke Mekarsari. Pengen banget bisa ke sana apalagi pas musim durian

    BalasHapus
  10. Destinasi impianku juga nih.. etapi kmrn liburan deket ama Mekarsari tp gak kesana haha.. keburu main ke tempat lain.

    BalasHapus
  11. kalo ke Taman Buah Mekarsari justru udah 2 kali mampir ke sana, karena dekat sama rumah, tapi kalo Trans Studio Bandung malah belum sama sekali.

    BalasHapus
  12. Pertama kali ke Mekarsari waktu baru buka. Tahun berapa tuh ya, udah lama banget kayaknya haha. Pengen ke sana lagi, karena pasti udah banyak perubahan tapi belum kesampaian. Pengin cari bibit2 buah2an.

    BalasHapus
  13. Aku belum kesampaian nih ke Trans Studio Bandung. Baca artikel teman2 terus dan enggak kesana-sana. Sampe ngiri nganan tak terbendung nih. :))

    BalasHapus
  14. Aku belom pernah ke dua tempat itu. Dulu waktu belom punya anak pengen nyobain ke taman buah mekarsari, tp sampe punya buntut tetep aja gak kesampean. LOL.

    Nah kalo trans studio bandung sih cita2 banget. Tapi ya kudu nabung kenceng karena bandung mihils yaaa

    BalasHapus
  15. 2 tempat yg pingin aku datangi juga tapi blm kesampaian. Padahal udah pernah 3.5 th tinggal di jabar 😢

    BalasHapus
  16. Wah jadi mupeng...Kalau ke Mekarsari sudah pernah 2 kali tapi dah lamaaa sekali. Kalau ke Trans Studio Bandung belum pernah. COba kepoin ah

    BalasHapus
  17. aku udah ke taman mekarsari, pulangnya bisa borong buah2an atau tanaman hias. kalo ke trans studio belum. waktu itu mau masuk ke trans studio makassar ga jadi krna 2 boyz masih kekecilan dan kita ga mau rugi wkwkkw

    BalasHapus
  18. Saya juga lebih mengutamakan anak-anak kalau pengen pergi piknik. Dipilih tujuan yang diperkirakan membuat mereka senang dan nyaman.

    BalasHapus
  19. kalau aku pengen nyobain nginep di Hotelnya, mba..
    Hotel Trans Studio Bandung...
    Ke Trans Studio Bandung udah ada rencana sih, anakku yang pengen.
    Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa ke sana sekalian nginep di hotelnya :)

    BalasHapus
  20. Kalau ngajak orang tua pasti mereka maunya pergi ke tempat yang hijau dan terbuka. Cocok banget nih Mekarsari, bisa jalan santai trus ikut metik buah. Pulangnya bawa oleh2 buah, pasti Mama seneng yaa.

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah ke Trans Studio Bandung hihi nabung dulu kalau mau bawa bocah-bocah lumayan soalnya tiketnya ya

    BalasHapus
  22. Liburan sama anak-anak memang gak boleh egois orang tua yang menentukan ya. Biar mereka juga ikut seneng.

    Di trans studio Bandung memang banyak sekali wahana yang ada. Di sana lokasinya juga luas dan banyak beraneka macam pilihan spot. Semoga bisa ke sana suatu saat nanti...

    BalasHapus
  23. Dah lama ga ke Trans Studio Bandung, seru nih kalau bawa anak-anak.

    BalasHapus
  24. Keduanya juga destinasi impianku, apalagi yang taman Mekarsari mbak, Tapi blm kesampaian jg ke sana. Pengen ngajak anak2 juga kapan2 ke sana, moga tahun ini kesampaian bisa mengunjungi kedua tempat itu :D

    BalasHapus
  25. Anak saya malah udah sejak tahun lalu minta ke Trans Studio Bandung. Semoga saat pulang kampung nanti bisa main ke sana. Penasaran.

    BalasHapus
  26. Saya pernah ke sana, sampe di tempat udah jelang maghrib, gak jadi masuk deh. Padahal pengen banget

    BalasHapus
  27. Kalau ke Taman Buah Mekar Sari saya sudah pernah tapi kalau Trans Studio Bandung belum pernah, jadi penasaran deh pengen kesana. Semoga dalam waktu dekat bisa main ke Trans Studio Bandung.

    BalasHapus
  28. Kamu gak inget akuu, Ri...
    Kalo ke Bandung, jadwalnya kita kopdar lalu naik bandros.

    Hhahah~
    Senenganku naik bandros waee...
    Padahal Surabaya pun punya bis-bis kece yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi...
      Uda ada tanggalnya belom Ri...?

      Whuahahhaha~

      Hapus
  29. Main ke Trans Studio Bandung harus datangnya dari pagi. Supaya bisa menikmati semua wahananya. Bisa main sampai malam, deh! hehehe

    BalasHapus
  30. Aku pengen banget ke taman buah mekarsari belum terwujud juga, padahal juga ga jauh. Pengen coba nginap di rumah pohonnya

    BalasHapus
  31. Persoalan Trans Studio ini, jalan sekitarnya selalu macet. Makanya aku yang warga Bandung aja wegah kalo main ke sana..

    BalasHapus
  32. Kepengen liburan akutuh jadinya

    BalasHapus
  33. Dua duanya belum nih..sebagai pecinta buah pengen bgt KE taman buah mekarsari ..

    BalasHapus
  34. Apalagi kalo pas ada penampilan tarian. Biasanya suka ada pas mau sore. Seru juga acaranya

    BalasHapus
  35. Wahh awal maret baru dari TSB.. keren sih emang meski harganya uhuk2.. dan seru pastinya. Nah Mekarsari nih belom. padahal ya klo akhir tahun liburannya stay gak jauh dr Mekarsari

    BalasHapus
  36. Aih jadi pengen juga Mbak Riaaa. Kapan ya saya bisa ke sana?

    BalasHapus
  37. Samaan mbak Ria...aku belum pernah kesana juga kok. Ke Bandung baru sekali dan itu pas masih kuliah dulu. Sekarang pengen ke Bandung bareng keluarga buat liburan...

    BalasHapus
  38. Jaman jadi guru TK hampir tiap tahun ada fieldtrip ke Taman Buah Mekarsari, Mba. Terakhir jaman hamil Wafa kayaknya. Inget banget metik melon bentuk macem², ada yang kotak dan segitiga. Hahaha.

    Kalau TSM Bandung kujuga belum pernah, huhu. Yuk barengan Mba. Kapan yaaa~

    BalasHapus
  39. Terimakasih info mengenai paketnya mba, jadi bisa nyiapkan budget manatahu mau kesana kan hehe

    BalasHapus
  40. Taman Mekarsari ini udah ada sejak jaman aku masih SMP dan masih eksist sampai sekarang ya. Dan parahnya, aku belum pernah ke sini, hahahaha.

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature