Jumat, 10 Oktober 2014

Mengajak Anak Menabung di myBCA

credit

- Sponsored Post -

***

Mengajak Anak Menabung di myBCA - Menabung di bank, saat ini menjadi hal yang dirasa penting sekali. Memang, menabung sudah menjadi anjuran semenjak kita kecil, tapi cara menabung zaman dahulu dengan saat ini sangatlah berbeda jika dilihat dari segi fasilitas.

Banyak sekali bank-bank yang menawarkan fasilitas yang bisa dipilih oleh calon nasabah. Dan tentunya, pilihan-pilihan ini, perlulah disesuaikan terlebih dahulu oleh calon nasabah sebelum akhirnya memilih akan menyimpankan uangnya di bank mana.

Langkah-langkah seperti ini, juga berlaku bagi saya. Sebelum saya menabung, tentunya saya akan memilih fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh tiap-tiap bank yang akan saya sesuaikan dengan kebutuhan saya.

FYI, saya merupakan ibu rumah tangga dengan satu orang anak, yang memiliki profesi sebagai guru dan terjun pula di dunia kepenulisan. Dengan melihat keseharian saya, tentunya saya butuh fasilitas dari bank yang memudahkan saya untuk bertransaksi dan tentunya, untuk memberikan kesadaran menabung di bank untuk anak dan siswa-siswa saya.

Lalu, Bank Central Asia (BCA) sebagai salah satu bank swasta di Indonesia memberikan penawaan produk yang sesuai dengan kondisi saya; Tahapan Xpresi, sebuah produk tabungan yang cocok untuk siapa saja yang berjiwa muda karena semua transaksi perbankan tersedia secara online.

Cara membuatnya juga cukup mudah, selain datang ke cabang terdekat, saya juga bisa membukanya di sebuah mall. Iya, Mall!

Saat saya datang ke myBCA Ciputra Surabaya Mall, saya sempat kaget. Karena di sana selain ada jajaran mesin ATM, terdapat pula layar-layar komputer beserta tempat duduknya, hingga sebuah mesil yang kemudian diketahui sebagai mesin Flazz dimana kita bisa membeli kartu Flazz secara mandiri! 
Jajaran mesin ATM yang siap pakai

Berbeda dengan cabang BCA, di myBCA tidak ada meja customer service atau meja teller. Saat saya masuk, saya didatangi oleh mbak Duty Officer (DO) myBCA dan ditanya memiliki keperluan apa?

Saat saya sampaikan pertanyaan, apakah di sini bisa membuka rekening tabungan? Si Mbak pun menjawab “Bisa!”, lalu kemudian dia menjelaskan terlebih dahulu mengenai Tahapan Xpresi dari A-Z!

Setelah mendengar penjelasannya, saya pun makin tertarik untuk coba membuka. Dan mbak DO pun lalu mengantar saya menuju sebuah booth yang di dalamnya terdapat sebuah mesin yang mirip dengan mesin ATM dengan sebuah tempat duduk. 
Booth untuk membuka tabungan Tahapan Xpresi

Ternyata, dengan mesin itu adalah mesin yang akan membantu kita membuka rekening Tahapan Xpresi BCA. Namanya; mesin video banking.

Awalnya saya sedikit kikuk karena tidak dipandu oleh DO yang mengantarkan. Mbak DO yang cantik itu hanya membantu mengarahkan saya untuk menekan tombol ‘Pembukaan rekening’ jika ingin membuka Tahapan Xpresi.

Tidak lama kemudian, pada layar di depan saya, muncul sebuah video dari seorang customer service cantik. Saya pikir itu hanyalah video rekaman, dan ternyata tidak! Itu adalah video live dengan dengan customer service yang berlokasi di Jakarta.
Saya saat berbicara dengan CS di Jakarta via video call

Customer service pun dengan ramah membantu dan dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan. Dia juga lalu membimbing saya untuk melengkapi dokumen-dokumen yang harus di-scan dan otomatis terkirim padanya.

Setelah proses scan selesai, kita bisa mengetik sendiri data-data kita melalui layar touch screen atau jika kita ragu, kita bisa meminta tolong customer service untuk mengisikan sesuai dengan KTP kita. Kalau kemarin, saya ketik sendiri. Penasaran sih.

CS menjelaskan tentang tahapan Xpresi dan proses pembuatannya melalui layar touch screen
Mesin mulai scanning dokumen yang dibutuhkan untuk membuka tabungan Xpresi

Setelah data-data dinyatakan lengkap oleh customer service, kita masuk pada tahapan yang menyenangkan, yaitu memilih desain kartu ATM/debit atau dikenal dengan Paspor Xpresi yang sesuai dengan karakter kita.
Ada 30 pilihan desain, bahkan kita bisa lho memasang foto kita di Paspor Xpresi ini. Setelah proses pencetakan Paspor Xpresi selesai, sampailah kita pada pembuatan PIN dan selesailah keseluruhan proses pembuatan rekening Tahapan Xpresi.
ATM sudah jadi dan keluar dari mesin pencetak ATM
Desain ATM pilihan saya. Sebenarnya saya bisa selfie tapi wajah saya lagi gak karuan *alasan*

Lalu buku tabungannya? Online dong!

Nah, ini lho yang membuat beda. Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja, saya nggak perlu riwa-riwi ke bank untuk cetak transaksi pada buku tabungan dan hanya perlu melakukan pengawasan history transaksi secara online pada KlikBCA, dengan periode waktu transaksi dua bulan sebelumnya dan pada bulan berjalan.

Kelebihan lainnya, kita bisa membuka rekening Tahapan Xpresi BCA ini untuk anak dengan nama anak kita tertera di sana. Belum lagi, pilihan desain kartu ada yang bertema musik dan olah raga yang pastinya disukai anak-anak.

Tetapi harus kita ingat, bahwa orang tua tetaplah yang menyimpan kartu Paspor Xpresi mereka supaya tidak sampai disalahgunakan oleh anak. Dan saya yakin, proses membuka tabungan Tahapan Xpresi BCA, akan membuat si anak penasaran. Karena memang merupakan proses yang canggih dan berbeda daripada yang lainnya.

Lalu, saat anak kita akan menabungkan uangnya, kita bisa mengajak mereka ke bank untuk menyetorkan uangnya dan mengecek bersama-sama transaksinya secara online. Selain mengajarkan anak menabung, kita juga bisa mengajarkan tentang aturan-aturan menyimpan uang di bank dan memberikan wawasan baru tentang kemajuan teknologi.
Foto dulu ah di depan booth

Jadi, untuk para ibu rumah tangga yang sudah repot dengan tugas-tugas di rumah yang segambreng itu, nggak perlulah bingung jika ingin menyimpankan uangnya di bank dan mengajarkan kebiasaan menabung pada anak. Tabungan Tahapan Xpresi BCA yang dibuka di myBCA bisa jadi pilihan terbaik untuk anda.

35 komentar:

  1. semua kekurangan di Menabung cara biasa, seperti, antri lama, ribet karena salah paham, kereennya sudah teratasi dengan inovasi myBCA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Ahmed.. teratasi semua..
      dan sangat canggih. :)

      Hapus
  2. Nggak usah antri dan ribet cetak buku tabungan ya mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak.. kita nggak usah repot-repot antri hanya untuk cetak buku tabungan :)

      Hapus
  3. Enaknya tahapan Xpresi ini meski anak usia di bawah 12 tahun pun bisa punya rekeningnya yah, Mbak. jadi bisa dijadikan bahan edukasi (perbankan) buat mereka sejak usia dini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali.. bisa ngajak anak kita buat liat canggihnya alat-alat perbankan juga :)

      Hapus
  4. Masuk ke myBCA disambut senyum ramah CSnya, berbagai kemudahan perbankan bisa kita dapatkan di myBCA. Kita tunggu lagi inovasi2 perbankan terbaru dr BCA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap.. mari kita tunggu innovasi-inovasi terbarunya BCA :)
      pasti nasabah malah semakin senang :)

      Hapus
    2. saling bantu vote, tengkiu mbak
      http://misbach138.wordpress.com/2014/10/14/mybca-masa-depan-teknologi-perbankan/

      Hapus
  5. Hmm memang BCA ini ngga ada matinya , dengan myBCA serasa kita bertemu kantor cabang digital, dan Tahapan Xpresi sungguh fun buat anak muda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya awalnya belom tertarik jadi nasabah BCA. setelah tahu BCA ada beberapa inovasi terbaru, pengen nyoba. dan ternyata asyik juga :)

      Hapus
  6. Wahhh asyik nih, jd pengen bikin myBCA jg :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mak Irma,
      ke myBCA yuk.. recommended banget lho..

      Hapus
  7. kartu atmnya canggih nih, bisa pilih-pilih sesuai keinginan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... ada sekitar 30an desain yang bisa kita pilih :)

      Hapus
  8. Saya bukan nasabah bca, tapi saya sudah melakukan transaksi perbankan seperti transfer, cetak rekening koran, pembayaran dll dari rumah hampir 2 th dengan internet banking. Saat ini memang sudah tidak zamannya antei dan membawa uang cash banyak di dompet karena belannja sudah bisa debet rekening dg atm visa kecuali belanja ke pasar tradisional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul memang, sudah nggak jamannya lagi antri di bank hanya untuk melakukan semua transaksi yang pak Edi sampaikan :)

      Hapus
  9. BCA yang ini oke banget.. Bisa pakai foto sendiri pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa selfie di kartu ATM sendiri kan, mbak Nunu :D

      Hapus
  10. Aku gagal move on sama bank konvensional satu ini. Fasilitasnya itu lho yang nggak bisa bikin aku tutup rekeningnya. Berharap BCA syariah segera hadir di kotaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sudah punya beberapa rekening di beberapa bank dengan tujuan menabung masing-masing. tapi dengan BCA ini, saya baru aja buka rekening ya kemarin itu. Dan langsung terkagum-kagum :)

      Hapus
  11. Balasan
    1. ayo mak, bikin tahapan Xpresi.. biar tahu secara langsung kerennya BCA yang paling baru :)

      Hapus
  12. myBCA emang keren ya mbak,,aku juga udah punya loh paspor dgn gambar selfieku,,,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. selamat ya mbak dwi, akhirnya punya paspor BCA yang ada fotonya sendiri :)

      Hapus
  13. Awalnya aku juga kikuk, Mbak pas liat monitor-monitor itu. Apalagi nyoba video call nya. Pertamanya ragu-ragu ngangkat gagang telpon. Dan begitu ada suara dan melihat depan layar ada Mbak CS, eh kikuknya langsung ilang. Habis ngobrol-ngobrol sama Mbak CS, eh malah pengen coba lagi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo nyoba lagi aja, mbak yuni. aku aja pengen kesana lagi kok :)

      Hapus
  14. ngomong ngomong bank bca ada yang syariah gak ?

    BalasHapus
  15. Cetak tebungan online ni yg menarik bgt, jd gk perlu ijin dr kantor klo pas mw liat slipnya.....mantab mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mbak dwi. Ga perlu sering2 ijin buat ngeprint

      Hapus
  16. pas banget ini buat emak2 yg males antre lama2 di bank. praktis :D

    BalasHapus
  17. dari dulu mau buka tabungan di bank yang satu ini tapi belum sempat terus *sok sibuk banget* >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gitu, segera buka rekening deh di sana :)

      Hapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^