Senin, 03 Februari 2014

Tentang Event J50K dan Tips Menulis untuk Mengikutinya

credit

Tentang Event J50K dan Tips Menulis untuk Mengikutinya - Menulis sebanyak 50.000 kata selama sebulan? Mungkinkah? Oh, mungkin saja. Meskipun saya masih meragukan untuk menulis sebanyak itu dalam waktu sebulan. Masa banyak sih? Eits, 50.000 kata itu sangat banyak sekali lho! Masa sih? Kan kita biasa bikin artikel di blog sebanyak 700-1500 kata sehari. Ya, ya, ya, itu kalau di blog lho ya. Syukur-syukur kalau nulis di blognya tiap hari dengan jumlah segitu, pasti 50.000 kata tercapai. Tapi, kadang kitanya ini luput mau nulis blog tiap hari karena sibuknya aktifitas kita di dunia nyata.

Dan, Kampung Fiksi mengadakan event tiap tahun buat menulis 50.000 kata setiap bulan Januari. Akhirnya, nama J50K muncullah sejak tiga tahun yang lalu. Saya, sudah ikutan selama 2 tahun ini. Tapi selalu saja gagal buat capai goal. 2 tahun yang lalu, gagal total karena saya nggak buat draft meskipun niatnya hanya mau membuat kumpulan cerpen. Meskipun membuat cerpen tiap hari, tapi perlu kumpulan ide dan plot sederhana supaya pengerjaannya mudah. Dan saya melewatkan proses itu.

Dan tahun ini, saya gagal lagi. Berhenti di 24.985 kata. Plot yang sudah saya siapkan, tidak bisa saya selesaikan. Konflik antar tokoh, juga belum ada jalan keluarnya. Proses editing? Apalagi itu, belum sama sekali karena naskahnya belum kelar.
Itu tuh, total kata yang saya dapatkan :)


Ada rasa menyesal karena tidak menyelesaikan goal saya tahun ini. Tapi bagaimana lagi? Selama seminggu, saya dan Arya sama-sama terkapar karena batuk pilek. Belum lagi, di awal Januari, saya membantu ibu mengurus pernikahan adik. Ah, itu semua adalah sebagian alasan kenapa saya gagal capai goal. Alasan lain? Karena ada masalah pribadi yang harus diselesaikan. Akhirnya, saya harus puas capai 24.985 kata dan harus mampu mencari-cari penyebab saya nggak bisa konsisten menulis. Hihi..

Baiklah, baiklah, saya tidak akan meratapi nasib karena tidak bisa capai goal *saya nggak mau menangis berdarah-darah*. Lebih baik, saya bagi tips menulis buat pembaca tulisan saya ini, yang berniat tahun depan ikutan J50K. Check it out!

1. Siapkan niat yang teguh untuk menulis 50.000 kata selama sebulan. Niat, niat, niat! Apalagi sih kalau nggak niat? Kalau kitanya setengah-setengah, nggak akan tuh selesain goal kita.

2. Siapkan draft dan hasil riset sebelum Januari. Kalau kita memang mau buat sebuah novel atau kumpulan cerpen, siapkan draft yang sudah matang betul sebelum Januari itu. Dan riset sudah kita lakukan setelah draft itu selesai. Kalau kita garap draft dan riset bersamaan dengan menulis saat even J50K, bisa jadi kitanya malah keteteran dan target nggak akan terselesaikan.

3. Sediakan waktu khusus untuk menulis. Memang ada beberapa orang yang kalau menulis bisa kapan saja. Tapi lebih efektif lagi kalau menulisnya itu terjadwal dan tidak menganggu aktifitas sehari-hari. Sebagai tambahan, kita bisa menulis di waktu-waktu longgar. Misalnya, setelah makan siang, saat pekerjaan rumah tangga selesai semua, atau sambil nungguin suami pulang kerja. 

4. Selalu jaga kesehatan. Ini terbukti sekali! Kalau kesehatan kita terganggu, mikir aja susah. Apalagi mau lanjutin tulisan kita?

5. Selalu sediakan antangin untuk antisipasi masuk angin. Hahaha, serius lho! Apalagi yang punya jadwal nulis dini hari macam saya. Menulis setelah menidurkan Arya sambil nunggu Papa pulang, atau bangun dini hari jam 3 pagi untuk melanjutkan menulis, harus benar-benar melawan hawa dingin Januari yang sok-sok romantis itu.

6. Kopi! Saya suka kopi yang dingin, meskipun nggak selalu tiap hari saya minumnya. Lawan kantuk dengan kopi memang efektif. Itu sudah trik lama bagi penulis. Hayhay..

7. Jangan ngemil. Walah, ngemil saat menulis itu nggak ampuh buat saya, Sodara! Yang ada, malah ngemil terus dan saking asyiknya akhirnya tulisannya terbengkalai. Trus kalimat-kalimat yang melayang-melayang di otak itu hilang seketika.

8. Menulis status di facebook tentang J50K dan tetek bengek keberhasilan kita, boleh-boleh saja kok. Nantinya, komentar teman-teman itu akan membakar semangat kita. Apalagi kalau sudah di minggu-minggu terakhir, semangat kita kadang sudah menurun.

9. Jangan baca buku saat proses menulis. Ini akan mempengaruhi pembentukan karakter tokoh kita. Karakter tokoh yang sudah kita draft sebelumnya, secara tidak sadar akan terpengaruh juga dari karakter tokoh di novel yang kita baca. Apalagi kalau novel yang kita baca itu ternyata apik dan membekas di hati. 

10. Lanjutkan menulis berapapun jumlah kata yang kita dapatkan. Sudah, jangan pedulikan itu jumlahnya masih sedikit atau sudah banyak. Tulis saja. Mumpung kalimat-kalimat itu masih terbang di otak.

11. Kalau tidak selalu bertemu laptop atau komputer, kita bisa pakai ponsel atau menulis di kertas. Mungkin ada yang kurang terbiasa menulis di ponsel atau malah mengetik ulang tulisan yang ada di kertas. Tapi, lagi-lagi ya, supaya kalimat-kalimat di otak itu segera tertuangkan dan tidak kabur.

Oke, oke. Mungkin begitu saja cerita dari saya tentang J50K dan tips dari saya untuk siapa saja yang mau ikutan J50K tahun depan. Silahkan digunakan kalau itu cocok dengan gaya menulisnya kalian. Yang penting adalah teguhkan niat lalu menulis. Biarpun isi tulisan itu banyak sampahnya, nanti kan ada proses editing kalau naskah kita mau dikirim ke penerbit.

Yuk, selamat menulis.

Salam kreatif,
Miss Rochma.

22 komentar:

  1. semoga tahun depan g gagal lagi ^^

    BalasHapus
  2. Semangat untuk tahun depan... :)
    Tahun ini aku ditemani ngemil dan efeknyaaaa.... BB nambah, hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yang naik BB waktu ikutan #MFFIdol kemarin, mbak. Bulan desember itu. Naik lgsg 3 kg gara-gara ngemilnya sambil makan nugget :))

      Hapus
  3. wih keren nih, tipsnya okeh :D

    BalasHapus
  4. aku malah baca buku waktu ikutan J50K, karena ikutan Reading Challenge :)))
    eh hebat loh dapat 24K. aku masih 5K huwaaaaa *isin* :))))
    ini pengalaman pertama, dan ternyata seruuuuu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mmg konsentrasi buat iikutan event ini tiap tahun, mbak. Tapi ya begitu, gagal lagi tahun ini. Tahun depan ikutan lagi yukkk...

      Hapus
  5. wah banyak juga ya sebulan 50.000 kata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan seharinya harus menulis 1700 kata untuk bisa capai itu. Mau lebih? Silahkan...

      Hapus
  6. saat ini fokus ke novel... tapi juga tak ingin blog saya terabaikan, hiks 50.000 kata basih dalam bayangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang, efeknya, bulan januari sy cuma bisa publish 5 tulisan di 2 blog :))

      Hapus
  7. Wah,tips ny oke. Tahun INI ini g ikutan krn udh tau bkal keteteran.Tanya dunk,gmn dg mengikuti event lomba nulis yg lain saat sedang ikutan J50K?sebaikny direlakan g ikutan event lain atau gmn bagi wktuny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sulit kalau mau bagi waktu antara J50K, atau menulis novel (jumlah kata banyak) dg event lomba tulis lain yang menggiurkan hadiahnya. Saya saja melewatkan setidaknya 10 lomba tulis dan giveaway. Tapi ya, memang harus diprioritaskan yang mana. J50K sendiri bukan lomba, dan kalau tak sampai target bisa dilanjutkan bulan depannya lagi. So, semua balik di kita, mak :)

      Hapus
  8. 50.000 kata memang berat. Saya aja yang hampir tiap hari nulis kayaknya belum tentu sp 50.000 kata. Itupun bukan fiksi. Salut buat yang bisa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang berat mak Chi. Apalagi untuk kita-kita yang tak terbuasa menulis banyak. Tapi, seirng waktu, itu bisa dilatih dan disiplinkan. Semisal,, dg menulis blog tiap hari :)

      Hapus
  9. Tinggal dilanjutkan saja sekarang, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, rencananya mau dilanjut. Semoga saja bisa terselesaikan sebelum januari thn depan :)

      Hapus
  10. suka sama tips yang pertama...niat yang teguh, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh..halah...semangat terus mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah, gimana-gimana kalau niat lurus maka perilaku kita juga lurus. Hadeh, tambah ngelantur ngomongnya :))

      Hapus
  11. I admire your efforts. You have a very good blog design.

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^