Rabu, 22 Januari 2014

Tips Memilih Online Shop yang Tepat

credit
- Sponsored Post -

***

Tips Memilih Online Shop yang Tepat - Sekarang ini, sudah banyak sekali online shop dan hampir kita temui dimana-mana. Kalau dulu online shop menjamurnya di facebook atau para penjual membuat website sendiri khusus berjualan, sekarang berbagai media sosial bisa digunakan.

Contoh lain facebook adalah instagram, twitter, pinterest dan BBM. Maksud hati ingin share foto-foto hasil jepretan sendiri di instagram, eh, saya pun di spam para penjual. Kalau saya share foto diri sendiri alias selfie, tiba-tiba sudah dispam penjual peralatan hijab. Pernah juga, saya di mention online shop di twitter yang jualan baju-baju korea. Hm, tampaknya memang para penjual online kini memang sudah sangat bersaing layaknya penjual offline.

Dan banyak dari kita, terutama perempuan, yang sudah akrab dengan membeli barang secara online. Saya pun juga begitu. Sampai ada tetangga saya heran, kok sering sekali para mas-mas kurir itu nyamperin rumah saya. Hihi..

Karena seringnya membeli barang secara online, saya akhirnya belajar secara otodidak memilih online shop yang tepat *apaan sih ini ngomongnya?*. Karena nggak semua online shop yang menurut orang-orang terpercaya itu, akan tepat buat kita. Saya beri bocorannya ya :

1. Pilihlah online shop yang dipercaya orang. Lho, tadi katanya terpercaya belum tentu tepat? Tapi bagaimanapun, kata terpercaya itu harus kita masukkan dalam daftar sebagai pertimbangan awal meskipun belum tentu nantinya kita akan berbelanja di sana.

2. Pilihlah online shop yang memiliki testimoni yang baik. Fungsi widget testimoni yang ada di web online shop, selain menarik orang lain untuk membeli di sana, juga berfungsi bagi kita sebagai pembeli yang akan membeli di sana. Pilihlah online shop yang memiliki testimoni baik dan bisa terpercaya. Ini akan terlihat dari kalimat testimoninya kok.

3. Pilihlah online shop yang mana teman-teman kita biasa beli di sana. Dengan begitu, kita nggak akan ragu mau beli di sana karena kita sudah dapat rekomendasi kalau online shop itu oke.

4. Pilihlah online shop yang lengkap menunjukkan ciri-ciri barang yang mereka jual. Misalnya nih untuk baju. Kita harus jeli lihat panjang baju, dada, lengan, ukuran, dsb. Atau untuk tas, jelilah lihat ukuran tasnya, panjang talinya, bahan yang dipakai, foto bagian dalam tas, dsb. Kalau ukuran tas, biasanya saya ambil dua penggaris untuk mengukur panjang dan lebarnya. Pernah nih ya, saya beli kaftan yang katanya ukuranya XL. Pas barangnya sampai, lha kok kecil? Ternyata itu ukuran XL untuk body yang yahud. Walhasil, bajunya sekarang dipakai sama tante saya yang bodynya yahud *tepok jidat*.

5. Sesekali boleh kok kita cari online shop yang beri diskonan besar. Kalau yang ini, jarang saya lakukan karena was-was barangnya ada yang rusak. Tapi nggak semua online shop seperti itu ya. Kadang mereka kasih diskon karena habiskan stok. Nah, kalau begini ini saya biasanya langsung kalap mata.

6. Manfaatkan saudara atau teman kita yang jualan. Kalau dapat diskon kan lumayan. Haha.. Selain supaya kita menghindari rasa nggak enak karena seringnya kita ditawari buat belanja di dia. Kalau nggak ada barang cocok, pilih saja barang yang lagi didiskon atau yang harganya murah dan sekiranya kita nanti akan butuh barang itu. Kalau nggak ada yang cocok, ya tolak saja. Kalau kita udah beli trus nggak cocok, ya tolak saja kalau besok-besok diminta beli lagi di sana. Nggak perlu sungkan, karena mereka pun juga sudah membekali mentalnya untuk ditolak orang lain, sekalipun itu saudara.

Salah satu online shop yang saya percaya itu adalah Zalora. Mengapa? Karena Zalora memiliki testimoni yang baik dari banyak pembeli. Seorang teman saya malah sering beli di sana, terutama tas dan sepatu. Dan yang saya suka, mereka mencantumkan berbagai informasi dari barang yang mereka jual. Misalnya tas. Mereka mencantumkan ukuran tasnya, bahannya, panjang talinya, ornamen yang menghias tas itu bahkan jumlah tas yang ready di gudang mereka. Oke kan? Apalagi mereka memberi gratis ongkos kirim. Meskipun ongkos kirim mungkin hanya beberapa belas rupiah saja, tapi itu bisa jadi bahan pertimbangan bukan?
Screen shot dari salah satu tas yang dijual Zalora :)


Nah, nah, begitu tips memilih online shop yang tepat dari saya. Memang banyak dari kita yang masih suka belanja offline karena bisa memilih barangnya langsung. Tapi belanja online bisa jadi pilihan, terutama jika barang incaran kita tidak dijual offline atau kita terlalu sibuk untuk keluar berbelanja.

Salam penuh kasih,
Miss Rochma

27 komentar:

  1. Belanja online memang lebih praktis ya mbak. Cuma memang harus super hati-hati memilih olshop yang tepat :)

    BalasHapus
  2. @mbak lianny. bener banget, mbak. harus hati-hati. kalap mata boleh tapi tetep harus hati-hati :)

    @mbak isti. ini tas yang kupilih :)

    BalasHapus
  3. sebagai pelaku online shop harus baca yang beginian nih, semoga pelayanannya lebih baik.
    makasih sharingnya mak :)

    salam dari Cepu, Blora-Jawa Tengah
    @ZakiaNurhadi, founder @NuansaMuslim_ID

    BalasHapus
  4. @mak Zakia. makasih, mak. semoga bisa jadi masukan buat yang punya OS ya :)

    BalasHapus
  5. Iya mak kita memang harus hati2 n pilih2 olshopnya, soalnya aku pernah juga nerima barang yg kualitasnya ga bagus *jadi kecewa

    BalasHapus
  6. @rumah jurnalku. harus teliti sekali beli secara online, mak. memang kita nggak pegang barangnya. Tapi sebelum beli, kita bisa search info barangnya di google :)

    @iis. apik yo? aku aja naksir :))

    BalasHapus
  7. Cring cring...
    Aku paling suka belanja di Groupon, murahhh hehe...

    BalasHapus
  8. @una. tapi di groupon harus daftar dulu ya sebelum liat-liat koleksinya?

    BalasHapus
  9. Aku jarang belanja online, Mak. Phobia... hehehe

    BalasHapus
  10. aku biasanya cari rekomndasi temen dulu kaau beli online mbak

    BalasHapus
  11. @mak nia. hihi.. kalau aku seringnya online mak. soalnya di gresik sini kadang masih susah mau cari apa-apa :)

    @mama cal-vin. bener tuh Ma, harus cari rekomendasi dulu. biar nggak terjebak :)

    BalasHapus
  12. waaah belum pernah belanja online hehe karena ga tau apa yg bener2 pengen dipunya

    BalasHapus
  13. @linda. mending beli offline aja deh. kalau udah kena online, kalap mata, lin :)))

    BalasHapus
  14. saya sedang memilih2 sepatu di zalora :)

    BalasHapus
  15. Belanjanya seneng, atmnya yang nangis :))

    BalasHapus
  16. saya termasuk yang keranjingan belanja online :D

    BalasHapus
  17. aku juga termasuk yang rada sering belanja online, terutama untuk item yang sulit ditemukan disekitarku. aku juga panjual online *promosi. ngehehe
    oiya mba beberapa waktu yang lalu aku mengungkap kebohongan suatu online shop loh. maaf ya titip link ini, semoga bermanfaat/ga ada yang kena tipu online shop penipu ini lagi --> http://bermimpimeraihsukses.blogspot.com/2013/12/waspada-penipuan-nagoya-seluler.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh nggak papa nitip link, selama itu bukan link abal-abal. hihi..
      makasih ya sudah mampir untuk baca :)

      Hapus
  18. Paling nyebelin kalau belanja di OS adalah barang di foto sering sangat indah namun saat delivery sangat mengecewakan. Entah dari segi warna atau tehnik menjahit..Mudah2an Zalora tak begitu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Zalora itu ada yang namanya proses 'ketidakpuasan' alias bisa mengembalikan barang yang sudah kita beli kalau kita nggak puas. Tapi, sejauh ini, saya puas-puas aja belanja di sana :)

      Hapus
  19. Jarang beli online shop, masih konvensional :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dicoba online shop itu, bikin ketagihan. ahahaha..

      Hapus
  20. Online shop pasti ketagihan kan caranya praktis

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^