Sabtu, 18 Januari 2014

[Blogging] Selamat Ulang Tahun yang Kedua untuk KEB

credit
Selamat Ulang Tahun yang Kedua untuk KEB - Saya mengenal KEB lebih dari setahun yang lalu. Saat itu saya memutuskan untuk membuat blog pribadi yang isinya memang tentang keseharian saya. Karena saya terbiasa dengan blog kroyokan di Kompasiana, saya nggak ngerti kalau ternyata blog kita itu juga butuh ditingkatkan viewnya supaya informasi yang kita tulis itu bisa banyak dibaca. Secaralah, saya nggak ngerti begituan karena saat di Kompasiana, saya nggak pedulikan tentang itu.

Hingga suatu hari, saya blogwalking dan menyadari bahwa komentar yang mampir di blog saya itu tidak terlalu banyak dan komentarnya tidak menunjukkan kedekatakan personal. Padahal, ada banyak blog yang saya baca, penulis artikelnya dengan si pemberi komentar memiliki feed back yang baik. Nah, hingga suatu hari saya melihat banner Kumpulan Emak Blogger (KEB) di salah satu blog. Coba-coba klik, eh, ternyata larinya ke websitenya KEB. Setelah baca-baca sebentar, ada komentar yang menyebutkan tentang grup KEB di facebook. Saya search, dan tralala..!!! Saya ajukan diri untuk gabung.

Dan setelah bergabung dengan KEB, saya menyadari bahwa saya memang membutuhkan grup blogger sendiri berdasarkan gender. Mengapa? Ada beberapa alasan personal ya..

1. Saya perempuan. Dan saya membutuhkan informasi tentang perempuan dan seluk beluknya. Dan itu saya dapatkan di KEB. Misalnya, saat saya membutuhkan informasi tentang make up, atau tentang oven dan microwave, tentang travelling ala perempuan, atau tentang apa saja. Semua terangkum dalam tulisan para emak di KEB.

2. Saya seorang ibu. Dan tips-tips parenting itu banyak sekali saya dapatkan setelah saya bergabung di KEB. Kan masih banyak sih artikel yang kita tinggal search di google? Hm, bagi saya pribadi sih ya, tips itu kalau tidak kita praktekkan langsung, itu hanya sebuah tips parenting, bukan jalan keluar dalam mendidik anak. Sedangkan para emak KEB, banyak memberikan tips-tips parenting setelah mereka praktekkan ke anak mereka masing-masing. So, belajar langsung dari yang sudah mempraktekkan itu lebih pas di hati lho *kedipin mata*

Saya juga sering share pengalaman saya mendidik anak saya, Arya. Mungkin pengalaman yang sama juga dirasakan oleh emak-emak yang lain. Tapi setiap manusia pasti mengalami perbedaan emosi, sikap dan problem solving yang berbeda meskipun pengalamannya sama. Dan ini serunya, kita bisa saling memberi masukan.

3. Saya seorang guru. Dan saya belajar cara mendidik anak didik saya juga dari para emak-emak di KEB. Ada beberapa materi bimbingan dan konseling yang saya berikan kepada anak didik saya yang idenya berasal dari tulisan para emak di KEB. Dan saat saya menghadapi permasalahan siswa, juga sering saya share di KEB. Tanggapan bagus kok. Kalau ada yang kurang, mereka bersedia menambahi sesuai pengalaman masing-masing dan itu bisa dijadikan masukan bagi saya *kedipin mata saat kamera mendekat* 

4. Saya seorang crafter, scrapbooker. Meskipun crafter abal-abal sih. Tapi semenjak gabung di KEB, saya makin semangat ngecraft. Secara saya bisa share hasil karya saya ke para emak dan komentar mereka memompa semangat saya untuk semakin rajin ngecraft. Banyak juga para emak di KEB yang juga crafter. Meskipun jenis craftnya beda, tapi kami memiliki problem yang sama. Yaitu penghargaan terhadap hasil karya. Dan itu bisa kita minimalkan dengan saling memberi semangat antar crafter di KEB.
Card yang saya buat untuk di swap dengan mbak Dey :)

5. Saya fictionholic. Meskipun fiksi saya belum ada yang tembus ke penerbit mayor, tapi saya getol sekali bikin fiksi. Meskipun toh itu hanya sebatas menulis status, seringkali saya buat se-mendayu-mendayu mungkin *kumat*. Dan saya menemukan banyak teman berfiksi ria d KEB. Semisal nih, Mayya dan Mbak Orin. Yang akhirnya kami buat proyek Berani Cerita. Dan mbak Carra yang asalnya kita cuap-cuap saja, eh, jadilah Monday Flash Fiction. Dan akhirnya banyak juga yang mengenal saya sebagai emak galau penghasil fiksi *tertawa ngikik ala mak lampir*.

6. Saya sedang belajar fotografi. Banyak sekali para emak yang memiliki kemampuan jepret sana-sini dan hasilnya bagus, meskipun kamera yang dipakai itu hanya kamera HP. Itu jadi kekaguman tersendiri bagi saya. Dan saya selalu kagum dengan kegigihan para emak yang nggak mau kalah sama para lelaki yang kemana-mana bawa DSLR dan tripod. Bahkan akhir-akhir ini, banyak emak yang mulai menyadari bahwa foto yang bagus akan membuat para pembaca itu merasa nyaman membaca artikel kita dan betah buat blogwalking di blog kita.

Begitulah pemirsa KEB di mata saya. Begitu mempesona, begitu mudah menyalurkan semangat, begitu mudah berbagi informasi, bergitu mudah memberikan ilmu, dan begitu mudah membuat kita nyaman bergabung di sana. Love you KEB, so much!!!

Selamat ulang tahun yang Kedua untuk KEB. Semoga kita semakin jaya, semakin gagah, semakin menginspirasi *ciumi emak satu-satu*.


NB : Saya pengen kopdar *gigitgigit piring*

Salam cinta,
Miss Rochma

21 komentar:

  1. Selalu deh, itu foto kenapa jadi aneh begitu size-nya?
    *nangis di pojokan kamar mandi*

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah menjadi bagian dari KEB sejak awal, semoga selalu betah dan tak bosan berbagi kepada emak blogger lainnya.
    Yuk, mari bersama-sama kita besarkan KEB dan meraih impian bersama :*

    BalasHapus
  3. kita kan udah kopdar??? berdua wkwkwkwkwkw..g seru blas hehehehe

    BalasHapus
  4. kita kan udah kopdar??? berdua wkwkwkwkwkw..g seru blas hehehehe..kl banyak kan tambah seru bangettt hahaha

    BalasHapus
  5. KEB memang okehh bangetss yah... btw kapan yah kita kopdar mak? padahal deket yah :(

    BalasHapus
  6. Kopdar?? Ayooooo #pelukkk :*

    BalasHapus
  7. ayuk kopdar :)

    memang bagian yang paling kusuka dr KEB justru warna-warninya. mau info ttg apa saja ada, bak supermarket saja :D

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah merasakan sensasi kopdaran hehehe, Selamat ulang tahun KEB ^^

    BalasHapus
  9. @mak indah juli. sama-sama... peluk mak indah.. *big hugh*

    @Iis. Waduh, kurang seru ya? Padahal kemarin aku sudah bersyukur sekali ketemu dirimu. Hm.. *aduk-aduk kopi*

    BalasHapus
  10. @mbak muna. iya yaaaaa... kapan? kapan? semenjak aku kecelakaan, aku nggak berani kemana-mana sendiri, mbak. ke surabaya apalagi, padahal dekat :(

    @mak icoel. ayo!!! kopdar!!!

    BalasHapus
  11. @mbak La.. ntar kalau aku ke semarang, semoga kita bisa kopdar ya.. sekalian liat dirimu tampil mbak ;)

    @titis. saya juga baru saja merasakan kopdar kok. dan itu menyenangkan sekali....

    BalasHapus
  12. Mak, aku juga ingin banget bisa Kopdar dengan dirimu, ayuk kapan ke Bandung? :)

    KEB memang pemersatu para emak ya? Membuat keakraban tercipta dengan begitu hangat, dan saling berbaginya itu lho, terasa begitu indah dan mengharukan. Selamat ultah yang kedua KEB! Sukses terus yaaa. :)

    BalasHapus
  13. Itu kartu buat diriku ya Mak .. hehe

    BalasHapus
  14. Emang nyaman ya mak kalau sesama EMak :D peluk muah ahh buat mu

    BalasHapus
  15. Hebat sekaliiiiii! Aktifitasnya banyak banget ya, Mba. Pasti banyak bahan untuk ditulis, mulai dari rumah, sekolah sampai hobi. Jos mbyanget!

    Oya, saya koq lupa, ya. Gabung di KEB mulai kapan. :D

    BalasHapus
  16. Yuk, kopdar, Mak :)
    Terima kasih sudah menjadi bagian dari keluarga besar KEB.
    Senang bisa mengenalmu, mak Miss #eh hihihi *peluk erat*

    BalasHapus
  17. karena KEB kita jadi kenal dan deket ya Miss walau baru secara virtual belum cubit-cubitan hehehhe

    BalasHapus
  18. @mak alaika. salah satu orang yang pengen aku kopdar memang adalah dirimu, mak. begitu sangat aku pengen dengar cerita-cerita heroik darimu secara langsung. Aih, pokoknya pengen kopdar :)

    @mbak dey. hihihi, iyaaaaaa..

    BalasHapus
  19. @mak hana. peluk cium muah muah buat dirimu juga ya, mak...

    @idah. hahaha, saya mah gabungnya udah setahun lebih. tapi ya gitu, hasil tulisannya masih nggak sebanyak dirimu. meskipun bahannya banyak :)))

    BalasHapus
  20. @mak sari. panggil saya Rochma atau Ria juga boleh, mak. hahaha.. yuk ah, kopdar!!!

    @mak junita. pokoknya ntar kalau kopdar aku diajarin potret memotret :)

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^