Bismillah. Mari Menyeduh Manfaat dari Secangkir Kata

Mempercayakan Antar Jemput Anak Pada GOJEK Driver

| on
Thursday, April 04, 2019

Salah satu perkara yang saya dan suami pikirkan saat Arya masuk SD adalah perkara antar jemput anak. Saat bapak saya masih hidup, beliau berjanji kepada cucu-cucunya akan mengantar-jemput mereka di mana pun mereka sekolah. Sekalian beliau mencari kegiatan setelah tidak lagi bekerja karena pensiun. Tapi ternyata Tuhan berkata lain terhadap keinginan hamba-Nya. Beliau meninggal dua tahun yang lalu dan meninggalkan PR pada saya dan suami untuk mencari jalan keluar terhadap perkara antar jemput ini.

Awalnya, Arya akan kami ikutkan layanan antar jemput yang disediakan oleh pihak sekolah. Saya mendengarkan dengan sungguh-sungguh saat kepala sekolah menjelaskan detail-detail layanan ini. Tapi, setelah saya diskusikan dengan suami, ternyata biaya yang dikeluarkan untuk layanan antar jemput anak sekolah sangat besar dan berada di luar budget bulanan kami. Hal itu dikarenakan rumah kami berada di ring terakhir dari lokasi sekolahnya Arya.

Ditambah lagi, jam penjemputan Arya sangat pagi. Ini menjadi kendala utama sebenarnya karena Arya sendiri agak-agak istimewa ketika makan. Kebiasaan dia sejak toddler untuk mengunyah makanan sampai halus (karena kalau nggak halus, dia seolah akan muntah), membuat rutinintas makan jadi lama. Kalau kami paksakan Arya untuk ikut layanan antar jemput ini, saya nggak bisa bayangkan bagaimana buruknya rutinitas sarapan dia setiap harinya. Kasihan dia malah. Oh iya, cara supaya anak makan dengan cepat sudah pernah saya tulis di sini, supaya kita enggak 'gupuh' disaat injury time.

Salah satu jalan keluar yang akhirnya kami pilih adalah kami menjadi ‘sopir pribadi’ dia. Saat saya berangkat dan pulang kerja di hari Senin sampai Jumat, Arya bersama saya. Dan hari Sabtu, bagian suami saya yang menjadi ‘sopir’ karena Arya yang meminta begitu. Saya pikir, ini jalan keluar terbaik bagi kami karena tetap ada manfaat mengantar anak ke sekolah. Dengan begitu, hubungan kami bertiga tetap terjaga baik, karena saat perjalanan berangkat atau pulang, kami masih bisa mengobrol tentang sesuatu atau apa saja yang terjadi di sekolah. 

Tapi kemudian muncul masalah lain. Kalau saya sedang sakit atau ada keperluan lain yang tidak bisa ditinggal, bagaimana urusan antar jemput ini? Arya berangkat dan pulang dengan siapa? Kalau berangkatnya, masih oke-oke saja. Suami saya masih bisa mengantarkan sekalian berangkat kerja. Sedangkan pulangnya, bagaimana? Awalnya, kami pikir layanan antar jemput dari sekolah akan memberikan opsi untuk penjemputan harian. Ternyata tidak. Lalu ada opsi untuk naik angkutan umum saja, tapi kami coret opsi itu karena tempat mangkal angkutan umum yang menuju rumah kami itu sangat jauh untuk ukuran anak SD kelas satu.


Satu-satunya jalan keluar yang bisa saya andalkan adalah memesan layanan ojek online. Awalnya kami ragu dengan jalan keluar ini karena berbagai macam kekhawatiran yang muncul karena pemberitaan negatif tentang ojek online di grup-grup chat. Hingga suatu hari, saya benar-benar tidak bisa menjemput Arya pulang sekolah karena ada urusan pekerjaan yang belum terselesaikan. Saya beranikan diri untuk memesan ojek online untuk mengantarkan Arya pulang. Saya percayakan layanan ini kepada GOJEK.

Apa enggak takut si Arya enggak sampai rumah? Bismillah, karena ini jalan satu-satunya yang bisa kami pilih, kami menepis kekhawatiran Arya enggak sampai rumah dengan selamat. Lalu, kenapa saya begitu percaya pada GOJEK driver?

Live tracking GOJEK driver  yang sering saya pantau di aplikasi GOJEK

Karena aplikasi GOJEK menyediakan halaman live tracking, yang mana saya bisa memantau dengan baik abang GOJEK-nya sudah sampai di mana. Kalau saya merasa perjalanan pulangnya melambat, saya bisa hubungi abang GOJEK secara langsung dan menanyakan kenapa tidak segera sampai di rumah. Yang membuat saya #UninstallKhawatir adalah sesampainya abang GOJEK mengantar Arya dan memberikan laporan bahwa Arya sudah sampai, ibu saya akan menelepon untuk memberi kepastian kalau Arya sampai dengan selamat atau tidak.

Sejauh ini, Alhamdulillah, saya terbantu sekali dengan aplikasi GOJEK online untuk urusan antar jemput Arya. Oh iya, kabarnya lagi, GOJEK akan meluncurkan beberapa fitur dan program yang akan membantu penumpang untuk selalu merasa aman dan nyaman dalam perjalanan bersama GOJEK driver. Apa saja sih fitur dan programnya?

Fitur Panggil Bantuan Darurat GOJEK online ada di paling bawah

Yang pertama, ada yang namanya fitur Panggil Bantuan Darurat yang bisa digunakan kalau kalian sedang berada dalam situasi darurat, seperti ketika mengalami kecelakaan atau tindak kriminal. Ketika kalian menggunakan tombol ini, kalian akan dihubungkan langsung ke Unit Darurat GOJEK yang selalu stand by 24 jam dari hari Senin sampai Minggu. Kabar baiknya nih, Panggil Bantuan Darurat ini sudah tersedia untuk pengguna GO-CAR di seluruh wilayah Indonesia. Semoga saja, segera bisa diakses oleh penumpang GO-RIDE juga ya.

Fitur Bagikan Perjalanan di aplikasi GOJEK

Lalu ada fitur Bagikan Perjalanan, yang mana kalian nanti bisa bagikan perjalanan kalian melalui link yang bisa kalian kirim ke keluarga atau teman yang kalian percaya. Apa saja yang dibagikan? Lokasi pick up dan drop off, detail informasi GOJEK driver, serta status perjalanan, yang bisa saya pakai untuk memantau abang GOJEK yang mengantar Arya. Gampangannya, kalau saya share link ini ke suami, dia bisa tahu di mana lokasi saya saat keberangkatan dan bisa secara langsung memantau lokasi saya sekarang saat perjalanan sudah usai.

share link button di aplikasi gojek
Contoh link yang menunjukkan lokasi saya berada

Kemudian ada program Driver Jempolan, yang mana GOJEK Indonesia berusaha sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan yang memuaskan, dimulai dari proses rekruitmen yang ketat, hingga pemberian berbagai pelatihan untuk pelayanan yang baik.

Program profesional ini bekerja sama dengan Rifat Drive Labs atau RDL GOJEK, yang dipandu langsung oleh Rifat Sungkar sebagai duta keselamatan berkendara. FYI, program ini sudah berjalan selama 4 tahun. Dimulai sejak proses perekrutan driver, sampai dengan pemberian pelatihan kepada driver supaya keterampilan driver terasah dengan baik. Dan GOJEK driver yang menunjukkan performa yang baik, akan mendapatkan penghargaan sebagai Driver Jempolan dari GOJEK. Tahu dari mana kalau driver-nya udah jempolan banget? Mereka pakai pin khusus yang disematkan di jaket.

Jadi ingat Om saya sendiri yang sekarang menjadi GOJEK driver. Saat pertama kali mendaftar untuk menjadi driver, dia datang dengan menggunakan sandal. Ditolaklah oleh pihak GOJEK, karena dianggap kurang profesional. Keesokan harinya, beliau kembali dengan berpakaian rapi dan bersepatu, serta mengikuti beberapa tes sampai akhirnya lolos sebagai driver.

Keterangan dari program asuransi bisa dibaca langsung di aplikasi 
Lalu ada program Asuransi GO-RIDE. Apalagi ini ya? Program merupakan layanan asuransi yang diberikan kepada penumpang supaya terus merasa aman sepanjang perjalanan. Asuransi bisa diklaim ketika penumpang mengalami pencurian terhadap barang pribadi (misalnya ketika kena begal) dan jaminan keselamatan dari kecelakaan. Semoga saja, saya dan kalian selalu aman saat menjadi penumpang bersama GOJEK driver ya.

Wah, wah, ternyata fitur dan program dari GOJEK ini benar-benar sudah lengkap dan membuat saya #uninstallkhawatir. Untuk bisa pakai fitur dan merasakan program dari GOJEK ini, kalian perlu update versi aplikasi GOJEK terbaru. Om saya sempat bercerita sih soal fitur dan program ini, dan ternyata memang selengkap ini lho GOJEK berupaya buat lindungi penumpangnya. Kalau sudah begini, apa saya masih tidak percaya pada GOJEK Gresik untuk urusan antar jemput Arya ketika dalam situasi yang tidak bisa kami atasi?
30 comments on "Mempercayakan Antar Jemput Anak Pada GOJEK Driver"
  1. Antar jemput itu anak 80-90an banget ya Mbak hahaha kalau anak sekarang udah ada GOJEK, lebih praktis dan makin aman deh dengan fitur2 baru ini

    ReplyDelete
  2. solusi aman buat anak naik kendaraan umum ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Masih banyak orangtua khawatir antar jemput anak dengan Gojek, takut si anak-anak kenapa-napa. Bener juga sih, tapi kalau sekarang sudah ada fitur bagikan perjalanan, orangtua tetap bisa memantau sekalipun sedang di kantor, ya

    ReplyDelete
  4. Di bekasi sudah sering daku ngeliat anak sekolah naik gojek. Allhamdulillah kalo fiturnya bentar lagi ada. Jadi kalo pas di perjalanan pake gojek ga perlu ngecek WA sering-sering buat laporan, ya. Tinggal shareloc dari aplikasi gojeknya.

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka dengan fitur baru gojek. Tapi kalau sepeda motor, saya kadang merasa khawatir, soalnya sepeda motor lebih suka menyalip kendaraan lain dibandingkan mobil.

    ReplyDelete
  6. Aku setiap hari pulang kerja selalu naik gojek. Semoga dengan fitur keamanan, menambah rasa aman para orang tuanya.

    ReplyDelete
  7. Saya pengguna setia Go-Jek, gak pernah pake layanan aplikasi online yang lain tapi baru tahu euy tentang fitur daruratnya setelah baca tulisan ini. Ya ampun, berani banget saya ngaku pengguna setia *tepukjidat*

    ReplyDelete
  8. Aku juga kepikiran pakai GOJEK kalo oas ga bisa jemput bocah, cuma anakku maunya yg jemput harus perempuan. Mudah2an setelah fitur2 kece ini ada juga fitur yg bisa memungkinkan utk memilih driver mau perempuan atau laki ya kaya yg ada di go massage.

    ReplyDelete
  9. Kami juga pengguna setia Gojek terutama kalau pas travelling, membantu mobilitas kami dari stasiun ke hotel dan objek-objek wisata.

    ReplyDelete
  10. Kayak keponakanku, sekarang antar jemput pakai Gojek, cepet sih kan pakai motor 😁
    Btw, waktu ke Gresik agak kaget juga kalau plat nomernya sama kayak Sidoarjo 🤣 aku kira dulu pesen gocar, orangnya dari Sidoarjo, ternyata plat nomer gresik dan gresik, sama aja 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  11. Wah... Gojek memang terbaik, selalu mengalami perkembangan.
    Cocok untuk antar jemput siswa sekolah, terima kasih Kak artikelnya, sangat menarik, bisa aku sampaikan ke kakak saya yang juga khawatir sama putranya.

    Salam kenal ya Kak.

    ReplyDelete
  12. Keberadaan ojol ini memang sangat membantu mba. Dan dari segi harga jauh lebih murah dibanding ojek pangkalan.

    ReplyDelete
  13. Live tracking ini membantu banget ya, kadang kita was was.. Sampe mana yaaa, kok lama ya. Apalagi ini yg di antar jemput Arya, anak kecil hehe. Alhamdulillah ya, sekarang sudah makin komplit fitur Gojek, #uninstallkhawatir deh

    ReplyDelete
  14. Praktis ya antar jemput anak pakai gojek, apalagi sekarang fitur keamanannya makin canggih dan lengkap :)

    ReplyDelete
  15. Menggunakan layanan gojek untuk antar jemput anak memang solusi paling praktis ya. kita bisa track anak sudah sampai mana dengan live tracking, bahkan ketika anak memesan sendiri, sudah ada fitur ride sharing juga.

    ReplyDelete
  16. lumayan unisntall khawatir ya mak, karena keberadaan anak tersayang bisa dipantau secara live via aplikasi. Memang sdh seharusnya nih fitur ini ada, bikin nyaman pengguna maupun driver... ya kebayang kan dihubungi terus, anak saya sdh sampai mana nih pak? orangtua juga terbantu karena bisa langsung cek

    ReplyDelete
  17. Fitur terbaru gojek ini super pokoknya, buat kita pelanggan setia jd makin merasa aman. Sukaaak

    ReplyDelete
  18. Fitur terbaru ini menenangkan orang tua juga ya.., alhamdulillah ada solusi untuk antar jemput anak sekolah,
    kalau dulu jaman anak2 masih kecil kupercayakan sama opal yang masih satu RT dengan kami dan sudah kenal baik

    ReplyDelete
  19. Bisa jadi solusi ya mba. Aku jg perlu ojek buat anakku nanti nih pas lagi repot lahiran. Enak fiturnya bikin nggak khawatir. Bisa live track

    ReplyDelete
  20. Iyaaa nie keren... Kalau aku masih agak khawatir antar jemput anak tanpa aku sendiri ya anakku masi 1thn kalau dah besar dah sekolah ga papa ya mom

    ReplyDelete
  21. Gojek ini udah jadi teman bunda untuk tugas menjemput anak sekolah ya. Kalo jam pulang sekolah, abang driver banyak tuh yang udah stand by di pintu gerbang sekolah.

    ReplyDelete
  22. Saya pun jadi kepikiran ntar kalau antar jemput anak pas sudah masuk SD mbak, Gojek bisa jadi pilihan ya, sempat mikir gitu kalau saya juga kepepet gak bisa, apaalagi sudah ada fitur yang mendukung cek posisi perjalanan.

    ReplyDelete
  23. Akhirnya ya mba sekarang sudah nggak perlu khawatir lagi denga driver gojek karena sudah tersedia fitur2 baru yang membuat customer merasa lebih aman & nyaman

    ReplyDelete
  24. Jadi tenang ya Mbak mempercayakan antar jemput anak ke Abang Driver Gojek.

    ReplyDelete
  25. Masalah jemput antar anak ke sekolah sebenarnya rumit juga ya mbak. Apalagi kalau anak udah SD. Syukurnya ada llayanan GOJEK terus sekarang kita ga perlu khawatir lagi juga

    ReplyDelete
  26. Aku sampe sekarang sih belum berani ngelepas anak naik ojol. Mungkin nanti ya kalo udah pada smp. Itu pun juga lebih tenang ya nanti kalo ada fitur seperti ini.

    ReplyDelete
  27. live tracking ini sangat membantu buat #uninstallkhawatir, lho. Suamiku biasanya nanya melulu udah sampai mana. Kalau share trip gini kan dia bisa langsung cek.

    ReplyDelete
  28. Nah karena pake gojek jadi tenang ya anak dah aman. Apalagi driver jempolan gojek udh ga diragukan lagi kualitas nya

    ReplyDelete
  29. Anakku yang sulung andalannya naik gojek. Latihan, les, mau main sama temen pake gojek. Hahahaha

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah, makin tenang ya soal urusan antar jemput anak sekolah :)

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature