Parenting - Lifestyle - Crafting

Tutorial Menyematkan Foto Instagram di Tulisan Blog (Blogpost)

| on
Monday, May 22, 2017


Salah satu yang membuat sebuah postingan itu menarik adalah menyematkan foto ke dalam blogpost. Dalam menyematkan gambar dalam blogpost kita, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menyematkan gambar dari website lain atau menyematkan gambar milik kita sendiri. Kalau menyematkan gambar dari website lain, tentunya juga nggak semena-mena dong kita asal ambil dari Google. Karena nanti akan terkait dengan hak milik sebuah gambar. Solusinya adalah mengambil gambar dari website yang memberikan foto secara gratis. 

Kalau saya, sebenarnya lebih suka menggunakan cara kedua, yaitu menyematkan foto saya sendiri. Salah satunya dengan cara menyematkan (embed) foto instagram di blogpost. Saya lebih suka menyematkan foto sendiri karena nggak pakai mikir soal hak milik foto. Dan sering menyematkan foto instagram karena lebih ringan sebab bentuknya adalah sebuah code HTML tapi ketika sudah posting, maka akan keluar foto beserta keterangan foto sesuai dengan yang ada di instagram.

Menyematkan foto instagram ini bisa dilakukan melalui PC atau juga melalui smartphone, asal ada browser, beres deh. Hanya saja, kalau menggunakan smartphone, siap-siap saja mata kita mendelik-mendelik. Hahaha. Gimana sih caranya? Cuz deh ikuti langkah-langkahnya ya.

PS : Silakan klik gambar untuk melihat lebih jelas lagi ^_____^

1. Buka instagram kalian lewat browser dan login ke akun kalian ya. Setelah itu, pilih foto yang akan kalian sematkan di blogpost.


2. Lihat di bagian pojok kanan bawah. Ada titik berjajar tiga buah, klik.

3. Setelah itu akan muncul dua kotak perintah, yaitu ‘embed’ dan ‘cancel’. Pilih ‘embed’.



4. Kemudian akan keluar kotak code HTML yang nanti akan kalian copy paste-kan code itu ke dalam blogpost kita. Di dalam kotak perintah itu, ada kotak kecil yang menjadi pilihan untuk menyertakan caption foto kita atau tidak. Silakan dipilih dengan cara meng-klik kotak kecil itu. 

5. Kemudian, blok semua code HTML yang ada untuk meng-copy code itu. Atau, paling mudah setelah memblok semua codenya, tekan tombol Ctrl+P. Setelah itu klik kotak ‘Copy Embed Code’


6. Lalu, buka dashboard blog kalian, masuk ke menu ‘entri’ untuk membuat draft tulisan.

7. Di pojok kiri atas, ada kotak ‘compose’ dan ‘HTML’. Pilih yang ‘HTML’ ya.



8. Nah, kalian akan dibawa ke halaman yang nantinya berisi tulisan kalian beserta code-code HTML-nya. Tapi karena ini masih latihan, kolom yang saya contohkan masih kosong dan belum ada tulisan apa-apa.

9. Paste-kan code HTML dari foto instagram tadi. Caranya dengan menekan tombol Ctrl+V.

10. Nah, foto kita yang dari instagram sudah tersemat di blogpost kita. Tinggal merapikan saja.

11. Saat merapikan foto instagram ini, saya biasanya merapikan fotonya dengan cara meletakkan posisi foto di tengah-tengah tulisan atau menggunakan rata tengah dan mengecilkan ukuran foto. 


12. Untuk meletakkan foto supaya berada di tengah, saya memberikan code <center> di bagian depan code HTML foto dan </center> di bagian akhir code HTML. Jika ingin menggunakan rata kiri atau kanan, tinggal menggantinya dengan code <left> atau <right> dan mengakhirinya dengan </left> atau </right>.

13. Untuk mengecilkan ukuran foto, tinggal mengganti angka di bagian yang saya lingkari itu ya. Saya biasanya pakai angka 65% supaya ukurannya nggak terlalu besar karena saya suka mencantumkan caption dari foto.


14. Tarara...!!!! Selesai sudah langkah-langkah menyematkan foto instagram ke blogpost kita. Tinggal mengecek saja, apakah berhasil atau tidak.


15. Caranya, klik kotak ‘compose’ di kiri atas. Kalau foto kita berhasil tersemat, maka akan muncul kotak foto kita tapi tidak muncul gambarnya. Nggak perlu khawatir, nanti kalau sudah di-publish, fotonya bakal keluar kok.

16. Tekan tombol publish dan lihat hasilnya.



Selamat!! Kalau hasil akhirnya sama seperti yang ada di image saya itu, maka prosesnya berhasil dan kalian berhasil menyematkan foto instagram ke blogpost kalian. Kalau belum berhasil, silakan diulang caranya. Harus teliti, supaya nggak amburadul code HTML-nya. 

Kalau ada kesulitan dan ada pertanyaan, silakan menulis di kolom komentar ya. Semangat!!
22 comments on "Tutorial Menyematkan Foto Instagram di Tulisan Blog (Blogpost)"
  1. bermanfaat, ntar saya mau nyobain blog yang di blogger deh :)

    ReplyDelete
  2. Iyeeeee, postingan instagram masuk ke blog dech. Dulu aku juga otak atik sendiri Mbak, kudu bisa kudu bisa. Alhamdulillah di sini ada tutorialnya.

    ReplyDelete
  3. Ya ya ya pernah liat beberapa blog. Terimakasih ya infonya. Mau coba akh

    ReplyDelete
  4. Bisa dicoba nih tutorialnya biar gak berat

    ReplyDelete
  5. makasih mbak sharingnya. dari kapan hari mikir gimana ya kok bisa nongol foto ig nya.hehehe.. mau coba ntr. save dulu.

    ReplyDelete
  6. Waah...Tengkiu mbaa...bisa dicoba nih..

    ReplyDelete
  7. sy pernah embed foto dari IG, ketika inet lagi lelet fotonya lama muncul
    itu bgmn solusinya mbak?
    trims ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah, mbak. Saya coba lagi sih, setelah inet mulai stabil dan alhamdulillah bisa. Karena kalau inet ngga stabil, harus sabar banget perkara load pas perpindahan dari buka IG ke kotak HTML tulisan kita.

      Delete
  8. Wah, pas banget nih lagi nyari cara masukin foto dari IG. Ternyata di embed yaa, siip deh nanti bakal dicobaa. Karena emang udh lama banget pengen bisa kaya gini :)

    ReplyDelete
  9. Wah tutorialnya komplit. Makasiiiih mbak. Saya belum pernah nyoba nih. Paling pernah nyoba yg menyematkan video dari youtube aja :-)

    ReplyDelete
  10. Boleh nih dicobain. Thanks Mbak :)

    ReplyDelete
  11. Wah terima kasih bunda caranya membuat saya harus smakin melek teknologi nih 👍

    ReplyDelete
  12. kalau saya sudah srring coba dari awal dulu, tapi kalau pernah buka via hape gambarnya jadi gak muncul. Atau kalau lola, meski di web tetep gak muncul juga.

    ReplyDelete
  13. Iya ya Mbak, ternyata kalau buka di aplikasi IG via hp, nggak ketemu embednya. Btw, trims Mbak tipsnya. Entar saya coba juga ah.

    ReplyDelete
  14. bermanfaat infonya...terimakasih mbk...

    ReplyDelete
  15. Halo, terima kasih buat sharing-nya, mbak. Bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  16. Sangat bermanfaat banget, terima kasih infonya

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  17. Ria, mainanmuu....^^
    Heehhe...
    Aku mau coba ahh...semoga bisa.

    Ini jadi gak makan memori foto di blogpost kita kah, Ri..?

    ReplyDelete
  18. Berguna nih buat saya mb Ria... Blm pernah coba

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature