Parenting - Lifestyle - Crafting

5 Menu Wajib untuk Isi Perut di Makassar yang Patut Dicoba

| on
Thursday, April 20, 2017
Libur segera tiba! Beberapa bulan ke depan kita akan menyambut bulan suci umat Islam, Ramadan. Kemudian hari raya lebaran segera menjelang. Bagi Anda yang merencanakan mudik ke Makassar sekaligus berlibur bersama keluarga, tidak ada salahnya mencicipi masakan khas kota ini. Ada banyak tempat untuk mengisi perut yang enak di lidah. 

Berikut ini 5 makanan khas Makassar yang sesuai dengan yang saya baca, yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi perut di Makassar. Coba, yuk!
Credit from google

1. Coto Makassar
Soto atau Coto ini termasuk menu wajib yang patut dicoba. Ketika di Malang dulu, saya punya warung langganan buat makan coto makassar ini. Tapi, ketika sedang Anda berada di Makassar sekitar Jalan Nusantara nomor 32, jangan sampai melewati rumah makan ini. Nama bekennya adalah Coto Nusantara, sesuai dengan nama jalannya.

Coto Makassar memiliki rasa unik, dengan perpaduan berbagai rempah. Jika Anda suka makan isi perut sapi atau jeroan, maka kuliner ini cocok untuk Anda. Bayangkan potongan daging sapi yang diiris tipis dan disiram kuah coto yang khas. Jika suka Anda bisa menambahkan ketupat.

Jika ingin mencicipi Coto Makassar lain coba susuri Jalan Sultan Hasanuddin dan beberpa jalan utama lainnya. Ada berderet warung yang menjual jenis masakan ini, seperti Coto Gagak.


2. Mi Kering Makassar
Mi khas Makassar juga tidak kalah nikmat. Ada dua tempat makan terkenal yang menyajikan menu mi kering ini, yaitu “Mie Hengki” dan “Mie Titi” yang cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Credit

Mie Hengki terletak di Jalan Nusantara nomor 354, sedangkan Mie Titi memiliki banyak cabang. Anda bisa langsung datang ke Jalan Bumitamalanrea atau Jalan Datumesang.
Pilihan mie lainnya adalah Mie Awa Pattimura, dengan kuah kental lezat dan harga yang terjangkau, Anda dapat menemukan kuliner ini di Jalan Pattimura nomor 19, Bulogading Makassar.


3. Iga Bakar dan Sop Konro Karebossi
Siapa sih yang nggak suka iga bakar? Saya suka banget makanan berbahan baku iga sapi. Di Makassar, adq iga bakar dan sop konro buatan warung makan Karebossi memang terkenal seantero Makassar. Catat alamatnya di Jalan Gunung Lompobattang Pisang Utara. Harga makanan di sini dijual dari mulai 30 ribu rupiah.

Credit

Dua jenis masakan khas Makassar tersebut dapat dinikmati bersama ketupat. Jangan sampai kalap ketika mencicipi iga bakar dan sop konro di sini, bisa-bisa kolesterol ikut naik!


4. Palubassa
Masakan khas Makassar lain yang patut dicoba adalah palubassa. Awalnya saya pikir palubassa ini terbuat dari pisang atau setidaknya ceminal yang manis. Ternyata saya salah besar! Deng deng!Ternyata, jenis makanan ini memakai daging sapi empuk yang menggoda selera Anda. Daging sapi berkuah kaldu cokelat, ditambah parutan kelapa ternyata sangat lezat. Kemudian tambahkan pula telur mentah, sambal cair, dan jeruk nipis agar perpaduan rasanya semakin sedap.

Credit

Anda dapat mencicipi palubassa di Kedai Palbas Serigala, di Jalan Serigala nomor 54. Harga Palubassa di tempat ini sangat terjangkau, cukup mengeluarkan uang 20 ribu rupiah per porsi. Kalau mau tambah telur, tambah 3 ribu rupiah ya.


5. Pisang Epe plus Sarabba
Terakhir pisang epe yang disantap dengan Sarabba, atau minuman hangat yang terbuat dari jahe, pala, santan, susu, dan bahan lain. Makanan manis ini cocok untuk pencuci mulut.
Credit

Proses pembuatan pisang epe cukup unik, yaitu dengan dua kali pembakaran pisang. Anda dapat membeli kudapan ini di sepanjang Pantai Losari Makassar dengan harga Rp6.000, tinggal pilih akan memakan rasa apa? cokelat, keju, durian, atau beberapa kombinasi rasa lainnya.
.
.
Jika tertarik ingin mencicipi kelima masakan khas tersebut, mengapa tidak berlibur dan menginap beberapa hari di Makassar?

Jangan takut dengan akomodasinya, ada banyak hotel murah di Makassar yang bisa Anda temukan. Beberapa di antaranya bisa Anda temuka di Airy Rooms, jaringan hotel terbesar di Indonesia yang menyediakan akomodasi dengan harga terjangkau dan layanan prima.

Credit

Kamar hotel di jaringan Airy Rooms memiliki fasilitas lengkap seperti shower air hangat, wifi, TV layar datar, serta perlengkapan mandi. Anda bisa berbaring di tempat tidur bersih di kamar ber-AC, dan ada pula air minum yang disediakan pihak hotel. Cukup pesan melalui website atau aplikasi resmi di google store atau Apple App.

Selamat berwisata kuliner di Makassar ya!
9 comments on "5 Menu Wajib untuk Isi Perut di Makassar yang Patut Dicoba"
  1. Mie keringnya penampilannya mirip IFumie ya mba Ria. Btw kalo di bekasi saya belum nemu lagi kedai coto makassar yang rasanya bener2 sreg di lidah. Dulu taun 2008an ada deket rumah. Yg punya orang makassar asli. Eh ga tau gimana beliau pindah. Alhasil saya kehilangan kedai coto makassar fav.

    ReplyDelete
  2. Lamaa kalii ga bewe ke mari hehe
    Sekalinya lihat.postingan ttg makanan khas makasar. Ak pengen pisangnya yang harganya murah itu.. Hihihi..

    ReplyDelete
  3. Penasaran banget ih sama Palubassa ini mbak, kayaknya rasanya 'kaya' banget

    ReplyDelete
  4. makanan Makassar itu jadi favorit anak2 saat buka puasa
    dekat rumah ada yang jual, masih resep tradisional..
    anak2 suka banget es pisang ijo sama jalangkote..
    rasanya ngeliat menu2 di atas jadi pengen jajal di tempat asalnya

    ReplyDelete
  5. Penasaran dengan rasa Palubassa, sering dengar tapi belum pernah mencoba.

    ReplyDelete
  6. Palubassa ternyata... itu telor mentah!

    ReplyDelete
  7. Di Medan juga udah ada Coto Makassar dan Sop Konro, tapi pingin juga cobain langsung yang di Makassar :)

    ReplyDelete
  8. Mie kering itu, mienya digoreng trus dikasih kuah gitu ya, Mbak? aku jadi penasaran nich

    ReplyDelete
  9. Foto-foto masakan makasar di artikelnya asli buat saya jadi ngiler..hihi

    Oh iy salam kenal ya mbak, mari berkunjung ke blog saya di http://www.amiraja.com/ . blog saya masih belia banget. saya sudah Follow blog mbak, di tunggu Folbacknya ya mbak. hehehe

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature