Rabu, 02 Desember 2015

[Parenting] Menstimulasi Aktifitas Motorik Anak bersama Dancow Excelnutri+ di Ranch Adventure

Peluncuran Dancow Excelnutri+ di Royal Plaza, Surabaya

Anda memiliki putra yang sedang berada pada masa aktif-aktifnya? Sama dong dengan saya. Arya yang sudah berusia empat tahun, sekarang memasuki masa ‘memiliki energi yang nggak pernah habis’. Kalau dulu di awal saya khawatir banget gimana mengembangkan kemampuan motorik kasarnya, sekarang ngga. Setelah Arya masuk di Kelompok Bermain, pelan-pelan kemampuan motorik kasarnya terasah dengan baik karena dia bertemu banyak teman yang sama-sama berusaha untuk berkembang.

Kalau sudah mulai bagus perkembangan motorik kasarnya, sayang banget kan kalau nggak dapat stimulasi yang bagus. Ini dia yang jadi PR besar buat saya dan Papa Arya sebagai orang tuanya. 

Artinya begini, janganlah merasa cukup hanya dengan memasukkan anak ke Kelompok Bermain dengan segala program dan aktifitasnya. Kenapa? FYI, Arya itu hanya dua jam saja lho di Kelompok Bermainnya, dari jam 08.30-09.30, dan hanya tiga hari selama seminggu. Selebihnya, ya di rumah. Mau nggak mau, saya dan papa Arya nggak boleh dong gitu aja merasa puas dengan program yang diberikan di sekolah. Kami harus putar otak bagaimana caranya supaya Arya bisa terus menerima stimulus yang baik dari kami.


Generasi Arya nanti, tentunya akan punya tantangan yang berbeda dengan generasi pada jaman saya dulu. Persaingan yang lebih ketat dengan penentuan target yang lebih rinci, akan bersaing dengan fasilitas yang lebih melenakan dibandingkan dengan masa saya kecil dulu. Kalau si anak tidak dijadikan sebagai anak yang 'Life-Ready', orang tua akan keteteran juga jika nanti si anak menjadi anak yang tidak mandiri, mudah menyerah dan tidak pandai memanfaatkan kemampuan pribadinya.

Para pemateri talkshow tema parenting :)

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Veta Itabiliana H, Psi, seorang psikolog anak dan konselor sekolah dalam acara peluncuran Nestle Dancow Excelnutri+ di Royal Plaza, Surabaya, pada hari Sabtu tanggal 28 November 2015. Selain menyiapkan anak menjadi generasi yang 'Life-Ready', orang tua hendaknya memiliki rasa cinta yang besar dan sifat yang bijaksana saat memberikan stimulus pada anak. 

Lalu apa hanya stimulus saja yang penting untuk perkembangan anak? Tentu saja tidak. Orang tua juga hendaknya memikirkan bagaimana kesehatan anak yang nantinya bisa menunjang proses belajar anak, sehingga anak bisa mencapai tumbuh kembang yang optimal. Dokter Ahli Gizi, Dr. dr Saptawati Bardosan, M. Sc, menjelaskan bahwa penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan anak terutama memberikan perlindungan pada saluran cerna. Kenapa menjaga kesehatan saluran cerna itu penting? Karena bakteri jahat dan bakteri baik, banyak berkumpul di saluran cerna. Jika bakteri jahat ini lebih mendominasi, maka kesehatan anak akan terganggu. Dan secara otomatis, aktifitas si anak ikut terganggu pula.

Sedangkan cara untuk menjaga kesehatan saluran cerna adalah selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan cukup sesuai dengan usia anak. Sari Sunda Bulan, AMG, seorang ahli gizi yang memiliki dua anak, menjelaskan pentingnya menentukan nutrisi yang dikonsumsi oleh si anak. Karena jika jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak itu kurang, maka akan mempengaruhi kesehatan anak dan tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal. Semisal saja, pentingnya sarapan untuk anak karena dapat memberikan tenaga yang besar untuk aktifitas anak di pagi hari, dan akan menjadi lebih penting lagi ketika si anak mulai sekolah. 

Salah satu bahan makanan yang bisa dipilih oleh orang tua untuk memenuhi nutrisi tubuh bagi anak adalah menyediakan susu pertumbuhan sebanyak dua gelas setiap hari. Orang tua dapat memilih susu Dancow Excelnutri+ yang menunjang penuh aktifitas anak karena kandungan gizi yang seimbang di dalamnya. Namun, tentunya tidak hanya mengkonsumsi susu saja jika ingin mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Tubuh pun juga memerlukan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral sehingga kebutuhan nutrisi anak menjadi seimbang.

Penampilan drama tentang Ranch Adventure

Salah satu bentuk dukungan Dancow Excelnutri+ untuk mendukung aktifitas StimuLearn anak adalah mengadakan acara Ranch Adventure yang bersamaan dengan peluncuran Dancow Excelnutri+ pada tanggal 28-29 November 2015. Dalam acara ini, anak bisa melakukan banyak aktifitas menarik seperti memerah sapi, memberi makan kuda poni dan domba, memancing ikan, bercocok tanam, menelusuri labirin petualangan, mewarnai dan berfoto ala koboi. Apa hanya untuk anak saja acara ini? Nggak dong. Karena untuk melindungi petualangan si kecil, perlu peranan kedua orang tua. Dancow pun juga memberikan nutrisi kepada orang tua berupa parenting talkshow, konsultasi psikologi untuk anak, konsultasi nutrisi anak dan demo memasak makanan sehat.

Arena bercocok tanam
I
Arena foto menggunakan baju koboi

Arena mewarnai dan kreatifitas

Yang paling Arya suka di Ranch Adventure adalah saat memasuki arena memancing ikan dan bercocok tanam. Biasanya, ketika hari Minggu dan kami sedang longgar, Arya kami ajak ke alun-alun kota untuk memancing ikan-ikanan yang terbuat dari plastik. Tapi tantangan untuk kali ini adalah Arya harus memancing ikan beneran dan menggunakan saringan ikan dengan gagang yang lebih panjang. Sedangkan di booth bercocok tanam, Arya senang karena memang dia diperbolehkan berkotor-kotor dengan tanah. Hihi, anak mana sih yang nggak suka berkotor-kotor? Tapi, sebenarnya tantangan terbesar buat dia adalah saat berada di booth kreatifitas untuk mewarnai. Arya diharapkan berkonsentrasi penuh supaya gambarnya lekas selesai, sedangkan saat itu Ranch Adventure penuh sesak dengan anak-anak dan orang tua saking banyaknya peminat di acara ini.


Arya toleh-toleh melulu. Ngga konsentrasi karena ramai banget :)

Benar lho, Arya senang, saya dan papa Arya juga senang. Kami bertiga mendapat banyak manfaat datang ke acara ini. Selain Arya bisa merasakan petualangan seru dengan kondisi yang lebih ramai dari biasanya, saya dan papa Arya juga mendapatkan ilmu parenting yang bisa kami terapkan saat di rumah nanti.

Salam hangat,
Ria Rochma

***

8 komentar:

  1. wuih keren nih postingan barunya :)
    mampir dan komen balik ya bro di blog saya
    http://ekienglandmuse.blogspot.co.id/2015/12/wisata-pantai-gunung-kidul.html
    salam blogger
    salam blogwalking

    BalasHapus
  2. Seru acaranya, banyak mainannya. :D
    Saya jadi ingat film anak The Good Dinosaur yang kemarin saya tonton, mengajarkan anak untuk "life-ready".

    BalasHapus
  3. Seru acaranya, banyak mainannya. :D
    Saya jadi ingat film anak The Good Dinosaur yang kemarin saya tonton, mengajarkan anak untuk "life-ready".

    BalasHapus
  4. Apiiik yo mbak, keren-kereeeen :)

    BalasHapus
  5. anak saya juga berusia empat tahun mak dan saat ini sedang aktif-aktifnya :)
    susu yang diminumnya pun dancow, yaitu dancow 3+ :)

    BalasHapus
  6. seru... acaranya..ya mak.. bisa foto ala baju koboy...

    bikin semua happy dan bikin anak lebih kreatif..

    BalasHapus
  7. yihaaa jadi koboi ya. Anak-anak sekarang perlu berinteraksi langsung dengan binatang

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^