Jumat, 06 September 2013

Sebelum 30 Tahun

credit
Banyak yang bilang bahwa memasuki usia tigapuluh perlulah kesiapan yang sungguh-sungguh karena di sinilah gerbang kedewasaan yang sebenarnya dimulai. Hm, entahlah apakah pendapat seperti itu benar atau tidak, karena usia saya belum genap tigapuluh tahun. Beberapa teman yang usianya sudah kepala tiga menyampaikan bahwa usia tigapuluh tahun merupakan usia yang tidak main-main. Karena proses menuju pendewasaan selama ini, mulai teraplikasikan di rentang usia ini. Namun ada juga yang menyampaikan kalau dia tidak merasakan apa-apa yang berbeda di usianya yang ketigapuluh.

Ya, itulah pndapat perkepala yang tentunya memiliki alasan berbeda-beda karena pengalaman hidup masing-masing. Namun yang jelas adalah, sebelum memasuki suatu rentang umur, pastinya memiliki beberapa keinginan atau impian yang menjadi target hidup. Hm, saya juga gitu lho. Ini nih keinginan saya saat sebelum memasuki usia tigapuluh tahun :

1. Saya ingin naik haji. Mungkin terdengar biasa saja. Tapi bagi saya ini menjadi hal yang ingin sekali saya capai. Mengapa? Ini karen kebiasaan orangtua mengajak saya untuk mengunjungi orang-orang yang sudah melakukan ibadah haji atau umroh. Tiap tahun dicekoki cerita-cerita hebat di Tanah Suci, membuat saya benar-benar ingin merasakannya sendiri. Tapi tampaknya keinginan ini harus ditahan dulu. Ya tau sendiri kan peminat menjadi jamaah haji sekarang itu gimana? Buka rekening tahun ini saja, berangkatnya perkiraan empatbelas tahun kemudian. Sabar.

2. Saya ingin punya tiga anak. Entah kenapa tiga. Tidak empat, lima atau seterusnya. Tapi yang jelas, dua anak menurut pemerintah itu baik, menurut saya itu kurang. Hahahaha! Saya adalah dua bersaudara. Yang saat kecil selalu bertengkar dengan adik laki-laki saya. Saya cukup dengan pengalaman itu. Tapi saya pun juga ingin anak saya, Arya, tidak hanya merasakan enaknya punya satu saudara. Tapi dua saudara sekaligus. Pengalamannya bertambah bukan?

3. Sebenarnya saya ingin sekali melanjutkan kuliah saya ke jenjang yang lebih tinggi. Ini sebanarnya adalah cita-cita saat saya masih kuliah S1 dulu. Tapi nyatanya, setelah saya lulus, mencapai itu ternyata susah. Alasan saya buat-buat. Hingga pada akhirnya saya merasa nyaman di zona saya yang sekarang, dengan bekerja menjadi seorang guru.

4. Menerbitkan sebuah buku fiksi. Kenapa buku? Karena ada tantangan membuat layout di sana. Saya termasuk orang yang mudah bosan dan angin-anginan. Sedangkan layout, akan mematangkan ide-ide fiksi yang selalu berteriak di otak saya. Saat mengikuti event J50K tahun ini, saya gagal menyelesaikannya. Karena layout saya tidak matang. Mengapa fiksi? Sejak saya SD, saya suka fiksi. Hanya saja kurang saya asah. Dan lagi, saya ini lemah di adu argumen *tutup wajah pakai kain lap*. Jadinya ya, enggak cocok kalau saya nulis buku tentang argumen atau ulasan tajam tentang sesuatu.

5. Menjalin komunikasi yang lebih intens lagi dengan ibu-ibu muda di lingkungan saya. Tujuannya apalagi kalau enggak mencari info sebanyak mungkin dalam hal parenting. Atau, bertukar pendapat tentang parenting. Membetulkan kebiasaan yang salah untuk mendapatkan anak yang berkualitas. Sayangnya, ibu-ibu muda di lingkungan saya masih pada malu-malu kucing. Jarang ada yang mau setor wajah. Yang rajin malah emaknya yang sudah usia lanjut. Apalagi kalau tidak menggosip.

6. Kopdar! Saya akui, saya belum pernah kopdar semejak saya kenal dunia blog tahun 2009. Ada saja penghalang saat akan kopdar. Dulu, salah satu teman di Kompasiana asal Lamongan mengajak kopdar, tapi batal karena dia ada keperluan mendadak. Mau kopdar sama mbak Orin, lha kok kita sama-sama terjebak macet sampai malam hari. Batal deh. Seperti kata Omjay, belum blogger kalau belum kopdar. Betul juga seh.

7. Diangkat jadi PNS. Bagi sebagian orang, menjadi PNS mungkin pekerjaan yang nggak banget. Ya, banyak berita miring mengikuti. Tapi, melihat loyalitas saya selama ini *halah*, boleh dong saya punya impian itu?

8. Mencarikan Arya sekolah yang baik untuk perkembangannya. Kenapa perkembangannya? Banyak sekolah di jaman sekarang yang tidak lagi mengedepankan perkembangan siswanya. Meraih target siswa sebanyak-banyaknya. Meraih prestasi sebanyak-banyaknya. Artinya, saya dan Papa harus jeli jika ingin mencari sekolah yang sesuai dengan perkembangan fisik dan psikisnya Arya. Yang mendukung bakatnya, yang mendukung kemampuannya, yang mendukung ibadahnya juga membentuk pribadi berkualitas.

____

- Tulisan ini diikutsertakan dalam GA AIDA.MA -

17 komentar:

  1. Amin
    semoga segala impian dan cita-citanya terkabul

    BalasHapus
  2. Moga smua keinginan itu terwujud, Miss! Gue doain ... 30, mama dateng! :-)

    BalasHapus
  3. aamiin...semoga bisa tercapai semua yg dicita-citakan ya, mbak :)
    Btw, saya dan suami sama2 dari tiga bersaudara. Kami sepakat punya 3 anak karena merasakan sendiri bahwa 3 bersaudara itu seru lho ^_^
    Semoga sukses untuk GA-nya :)

    BalasHapus
  4. ada beberapa yang sama... salah satunya ingin nerbitin buku :) waa.. semangat ya :)

    BalasHapus
  5. sama mbak. saya juga dua bersaudara, dan sejak kecil saya selalu bertengkar dengan kakak laki2 saya. -_-

    BalasHapus
  6. @iis. huwwwaaaaaaa... kalau sama kamu mah yo gak kopdar namanya. tapi temu kangen :)

    @mak lisa, eksak, mbak inna, mbak esti. amin, amin. terima kasih :)

    @mbak kartika. hihihihihi, iyaaaa. isinya ramai terus dirumah. tapi sekarang kangen dengan masa-masa itu :)

    BalasHapus
  7. hwuoo.. ternyata saya lebih senior yah :D

    BalasHapus
  8. Semoga menang ya Mbak GA-nya...
    Aku juga belum 30 loh *njuk*
    Pengen juga sama yang kayak no. 1 di list nya Mbak :D

    BalasHapus
  9. semoga di usia 30 tetap terus maju dan sukses aja amin :)

    BalasHapus
  10. Semoga impian dan harapannya terkabul ya mbak... Aaamiinn ^^

    BalasHapus
  11. Aamiin.. semoga tercapai semuanya, eh BTW, saya juga menjelang 30 nih :D pingin juga nambah 1 anak, cewe, aamiin

    BalasHapus
  12. huwaaaa... terima kasih semuanyaaa sudah baca list ini. semoga terkabul semuanya....!!!! amin... :)
    *ketcup satu-satu*

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^