Parenting - Lifestyle - Crafting

Pemerintah Tomohon Sukses Menggelar Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2018

| on
Sunday, September 02, 2018
sumber
Tanggal 9 September 2018 besok akan ada event besar di Malang yang berhubungan dengan bunga yaitu Malang Flower Carnival (MFC) 2018. Saya jadi ingat kalau awal Agustus 2018 kemarin, ada juga event menarik yang berhubungan dengan bunga di Sulawesi.

Tepatnya, di Sulawesi Utara, pada 8 – 10 Agustus 2018 kemarin, diadakan satu event besar yang menampilkan keindahan dunia. Halah. Eh, tapi emang beneran indah kok. Event yang diadakan selama tiga hari ini bernama Tomohon International Flower Festival, atau lebih mudahnya nanti saya sebut dengan TIFF 2018. Event besar ini ternyata sudah yang kedelapan dilaksanakan oleh pemerintah Tomohon. Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah ‘Beautiful Tomohon, Sing with Flowers’. Cucok deh buat Anda semua yang suka dengan bunga dan event yang menampilkan keindahan bunga. 

Setelah saya buka website resmi dari event TIFF, ternyata event ini hampir dilaksanakan selama tujuh tahun berturut-turut. Yaitu tahun 2008, 2010, 2012, 2014, 2015, 2016 dan 2017. Dan untuk tahun ini, tampaknya pelaksanaanya tidak ada cela sehingga bisa dilanjutkan tahun depan. Kenapa tiada cela?

Namanya juga skala event-nya sudah skala internasional, banyak para peserta yang ikut andil mengirim delegasinya untuk mengikuti event ini. Dan nyatanya, acara ini sukses meskipun diadakan cuaca yang tidak menentu begini. Sebut saja Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Thailand, Bhutan, Georgia, dan masih banyak lagi, menjadi peserta TIFF tahun ini. Para peserta mancanegara ini, nggak hanya menampilkan mobil hias saja, tapi juga kesenian khas negara masing-masing.

Pak Arief Yahya membuka event TIFF 2018 di Jakarta (sumber)

Bahkan Menteri Pariwisata, pak Arief Yahya, memberikan apresiasi yang besar sekali karena suksesnya acara TIFF tahun ini. Menurut beliau nih, event ini jelas bergengsi sekali, terbukti dari banyaknya peserta mancanegara yang ikut mengirim perwakilannya ke Indonesia. Bahkan kata beliau, event TIFF 2018 ini bisa disamakan dengan festival bunga di Pasadena, Amerika. Ckckckc.. Cukup bangga bukan?


Hari ini kegiatan Asian Games 2018 telah ditutup dengan Closing Ceremony Asian Games 2018 yang menampilkan berbagai artis, baik dalam negeri maupun luar negeri, dengan kualitas suara yang nggak usah diragukan lagi. Ada Bunga Citra Lestari, JFlow, Super Junior, iKon, RAN dan Afgan. 

Dan sebenarnya nih, event TIFF 2018 ini mendukung sekali dan ikut mempromosikan pelaksanaan Asian Games 2018 ini. Terlihat dari indahnya mobil hias milik Kementrian Pariwisata yang tampil dengan bentuk badak, yang mana badak itu menjadi salah satu maskot Asian Games 2018. Apa hanya badak? Tentu tidak dong. Karena maskot Asian Games 2018 yang lainnya juga ditampilkan dalam pose sedang berolah raga.

Tapi yang paling fenomenal tampaknya kendaraan hias dari Kementrian Pertanian. Kenapa? Karena menampilkan tema Alice in Wonderland lengkap dengan berbagai karakter yang mendukung cerita dongeng ini. Agak terkejut ya, saya pikir awalnya mereka akan menampilkan tema sayur, buah dan sejenisnya. Tapi apa hasilnya memuaskan? Sangat. Apalagi duh, mbak-nya yang berdiri di atas kendaraan hiasnya itu sangat cantik sekali. 


Festival yang masuk ke dalam 100 event unggulan pariwisata nasional ini, ternyata memiliki value yang tinggi. Karena jumlah pengunjung yang hadir untuk menghadiri gelaran tahunan ini semakin meningkat setiap tahunnya. Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementrian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, event ini juga mampu menggerakkan roda ekonomi di Tomohon dengan sangat baik. Misalkan saja dalam hal pengadaan bunga yang dipakai dalam event ini. Semua bunganya berasal dari Tomohon, dan mereka membeli langsung dari petani bunga di Tomohon.

Oh iya, selama tiga itu, nggak hanya menampilkan mobil hias dengan banyak bunga yang menutupi body mobil. Tapi juga ada banyak side event untuk menambah kemeriahan event ini. Sebut saja pameran Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo, Jungle Flowers Enduro Challenge, hingga Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara. Beberapa acara malah sudah dimulai sebelum acara inti berlangsung.


Hanya itu saja? Oh tentu nggak dong ya. Para wisatawan yang datang bisa cuci mata untuk melihat pemandangan indah di Tomohon. Karena Tomohon sendiri paket lengkap karena ada gunung, danau dan air terjun. Misalnya saja Gunung Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan. Sedangkan danau yang bisa dikunjungi ialah Danau Tampusu, Linow, Pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean. Istilahnya, sekali dayung, dua tiga pulau terlampui juga.

sumber

Memang sih, event ini sudah berlalu. Tapi nggak perlu putus harapan karena saya yakin kalau tahun depan event ini akan berlangsung lagi. Pak Arief Yahya sendiri mengatakan kalau event ini sangat luar biasa, karena memadukan banyak budaya dan mampu menghadirkan banyak pengunjung manca negara.

Tuh kan, kita percaya saja ya apa kata bapak Menteri kita. Kalau memang diantara teman-teman semua berniat datang ke Tomohon, bisalah dijadwalkan untuk awal Agustus tahun depan pergi ke sana.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature