Parenting - Lifestyle - Crafting

Cara Menambah Tulisan pada Gambar GIF Secara Online

| on
Monday, April 16, 2018

Berawal dari ngerumpi di grup whatsapp Ning Bloger Suroboyo, saya akhirnya membuat tutorial menambah tulisan di gambar GIF ini. Mungkin, beberapa teman sudah paham, tapi ya sudahlah, saya hanya ingin membuat tutorialnya saja karena tutorial berbahasa indonesia ternyata sulit juga ditemukan.

Jadi ceritanya, di grup ini ada beberapa emak-bloger-nan-cantik-gemulai yang ternyata pengagum para oppa di negeri Korea nan jauh di sana. Tapi mereka sampai sejauh ini hanya bisa mengagumi tanpa bisa memiliki, yang ujung-ujungnya malah jadi halusinasi. Ea.

Lha gimana nggak, Indah muncul dengan satu gambar GIF Jang Hyuk ajusshi yang ngucapin selamat ulang tahun buat mbak Dwi Sari. Kemudian muncullah Kwang Soo oppa yang ngucapin assalamu’alaikum dan berlanjut ke oppa-oppa yang lainnya. Ramelah pada minta bikin, tapi Indah si pembuat geger grup nggak mau segera ngasih tahu. Gemeslah saya, nyari tutorial di Google, nemu. Tapi, errr.. si pembuat tutorial agak pelit ngasih keterangan jadinya harus coba satu-satu fiturnya. Setelah ngulik kira-kira 15 menit, jadilah Ji Yong oppa alias G-Dragon ngucapin selamat malam buat para anggota grup.



Saya garis bawahi dulu ya sebelum saya ngasih tutorial lengkapnya gimana. Editing ini dilakukan secara online lewat browser. Bisa pakai ponsel, bisa pakai PC. Kalau mau pakai ponsel, setting browser ke ‘dekstop mode’ biar kelihatan semua fitur. Tapi harus sabar ya kalau pakai ponsel, karena jari harus lincah besar-kecilkan layar atau geser kanan-kiri supaya hasil edit bisa oke sesuai kemauan.

Oke, lanjut ke tutorialnya. Saya lampirkan gambar step by step-nya. Silakan klik gambarnya untuk memperbesar kalau kurang jelas.

1. Cuzz ke www.gifntext.com dulu ya


2. Untuk memulai proses edit, ada dua cara. Cara yang pertama, kita bisa memasukkan link dari gambar GIF yang udah kita pilih. Tinggal copy paste saja di kolom paling atas. Atau pakai cara kedua, yaitu kita ambil gambar GIF yang kita simpan di PC. Tinggal klik tombol biru kemudian pilih gambar yang mau di edit.

3. Sesi selanjutnya adalah proses upload. Ini yang harus sabar. Kemarin saya coba ambil gambar GIF dari galeri di ponsel, tapi nggak mau proses. Entah kenapa. Trus saya coba dengan copy paste-kan link, berhasil. Jadi kalau semisal ada error di salah satu cara, bisa dicoba dengan cara yang lain. 


4. Kalau berhasil proses upload ke websitenya, ntar di hadapan kita ada layar berisi fitur-fitur untuk edit gambar, serta gambar GIF yang akan kita edit. Silakan perbesar gambarnya untuk melihat detailnya.



5. Sudah paham fiturnya apa saja kan? Atau minimal paham fitur yang mau kita pakai, langsung cuzz pandangan kita ke sebelah kiri ya. Ada tombol bertuliskan huruf T yang artinya buat nambahin teks. Klik ajah.

6. Ntar keluar semua fitur untuk menambah teks di dalam gambar. Di situ ada kolom untuk menuliskan teksnya, tombol untuk memilih warna teks, ukuran teks, dan sebagainya. Hampir sama dengan ketika kita lagi ngetik di Microsoft Word kok. Jadi udah pasti bisalah.


7. Yuhuuuuu.. sekarang waktunya buat ngulik-ngulik mau dikasih tulisan apa. Kalau udah lincah, nggak ada lima menit ajah, udah kelar.

8. Udah selesai editnya? Udah pas tulisannya? Udah cucok nggak warna sama background-nya? Kalau udah selesai semua, lanjut klik tombol ‘create the GIF’ untuk proses terakhir. Tunggu dengan sabar sampai selesai. Nggak lama kok, tenang ajah.


9. Kalau berhasil, maka tampilan layar akan seperti gambar di bawah ini. Kalau mau masukkan gambar yang udah di-edit ke blogpost, bisa pakai dua cara. Yaitu memasukkan link penyimpanan hasil editan kita atau dengan cara memasukkan kode HTML. Etapi, memasukkan link penyimpanan, nggak bisa copy paste dari halaman yang ada di sini lho karena gambar ini bakal dihapus secara berkala oleh pemilik website. Ntar deh, saya kasih tau gimana caranya, setelah semua step by step tutorial-nya kelar ya.


10. Kalau kita maunya hanya menyimpan gambar saja, bisa klik kanan, lalu pilih ‘simpan gambar sebagai’. Kalau lewat ponsel, bisa klik pada gambar dan tahan yang lama, ntar keluar pilihan untuk download gambar. 


.

Udaaaahhhh.. selesai caranya. Gampang bukan?

Silakan deh, pakai gambarnya sesuka kalian. Mau dikirim buat rame-ramean di grup, boleh. Dipasang di tulisan kita di blog, boleh. Jadi wallpaper ponsel, boleh sekali. 

Etapi, tadi saya bilang jangan langsung pasang direct link setelah edit gambar kan? Untuk itu, kita bisa masuk ke www.imgur.com. Ntar di sana kita upload gambar yang udah diedit tadi dengan cara menekan tombol ‘new post’. Setelah berhasil, kita bisa kasih hashtag supaya orang lain mudah mencari gambar kita. Kemudian juga, bisa copy link atau copy kode HTML untuk memasukkan gambar kita tadi di blogpost kita.


.

Demikian ya teman-teman semua cara untuk menambah tulisan pada gambar GIF. Mudah dan segera praktekkan untuk bersenang-senang dengan teman-teman satu grup.
5 comments on "Cara Menambah Tulisan pada Gambar GIF Secara Online"
  1. Save dulu lah, cari gif yg cocok buat ditambah tulisan dulu, selain gif oppa oppa hahaha. Tfs

    ReplyDelete
  2. Oh ini rahasianya. Klo via fb aku pernah ga sengaja bikin gif hehe

    ReplyDelete
  3. Ternyata gampang sih buat gif kasih tulisan mudah ya. Okelah bisa dicoba, hehe. Makasih tipsnya.

    ReplyDelete
  4. Aku malah nggak pernah otak atik gif, suka ngliatin aja gif yang di share teman2, lucu-lucuuuu. Noted deh, kapan2 mau cobain tutorial ini.

    ReplyDelete
  5. Ji Soo...
    Ternyataaa...selera kita samaaa Riaaa...

    Mau bikin GIF Uri SOG aah~~

    Efek masih baper sama drama terakhirnya.
    Hiiikss~~

    ReplyDelete

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature