Jumat, 08 April 2016

Ruangguru.com, Portal Cerdas untuk Membantu Masalah Kesulitan Belajar Siswa


Sebagai orang tua, kita selalu memiliki keinginan untuk mendampingi anak-anak kita belajar, termasuk membantu membantu mereka saat mengalami kesulitan dalam pelajaran di sekolah. Tapi, ada beberapa orang tua yang pada tahap tertentu, akan merasa kesulitan saat si anak bertanya tentang suatu tema pada mata pelajaran tertentu. Hal ini biasanya disebabkan oleh pengetahuan orang tua terhadap tema itu kurang. Kalau sudah menghadapi hal tersebut, langkah yang biasanya dilakukan orang tua adalah mencari materi tersebut di buku lain, searching di Google, atau mencarikan guru les.

Ada dua macam tipe anak dalam belajar, yaitu anak yang mudah belajar secara berkelompok, namun ada pula anak yang membutuhkan usaha yang besar untuk berkonsentrasi saat belajar kelompok. Jika anak kita merupakan tipe nomer satu, bisa kita leskan di berbagai macam bimbingan belajar yang ada di kota masing-masing. Tapi untuk tipe anak yang kedua, jika butuh untuk dileskan, sebaiknya memang secara privat saja. Hanya saja, kendalanya adalah mencari guru les privat sekarang tidaklah mudah.

Sebagai guru BK yang salah satu tugasnya adalah membantu proses belajar siswa di sekolah, saya sering kali ditanya oleh orang tua apakah saya bisa membantu mencarikan guru privat untuk anaknya yang memiliki masalah kesulitan belajar. Jujur saja, saya tidak bisa membantu mencarikan karena memang beberapa guru (yang saya kenal) yang dulunya memberikan les privat sepulang sekolah, sudah tak lagi melakukan itu dengan alasan waktu dan usia. Disinilah terkadang saya melihat, orang tua akhirnya merasa putus asa karena tidak ada jalan keluar dan saya pun jadi ikut merasa bersalah.

Tak berselang lama sebelum saya menulis artikel ini, saya membaca di internet bahwa ada sebuah portal yang bisa membantu para orang tua untuk mencarikan guru privat bagi anaknya yang memiliki kesulitan di mata pelajaran tertentu. Namanya adalah Ruangguru.com.


Ruangguru.com adalah sebuah wadah yang menghubungkan calon murid dan calon guru untuk menambah pelajaran di luar jam sekolah, atau untuk mengembangkan keahlian tertentu. Karena juga untuk mengembangkan keahlian tertentu, Ruangguru.com tidak hanya menawarkan guru privat yang mengajar mata pelajaran tertentu saja, tapi juga guru privat yang membantu calon siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

Melalui Ruangguru.com, calon siswa dan orang tua bisa memilih guru yang sesuai dengan klasifikasi yang diinginkan karena Ruangguru.com menampilkan profil calon guru yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Enaknya lagi, calon siswa dan orang tua bisa memilih calon guru sesuai dengan kota tinggal masing-masing. Saya sudah mencoba masuk ke portalnya dan mencari guru untuk mata pelajaran tertentu di Gresik. Ternyata, memang sudah banyak yang mendaftarkan dirinya di portal ini untuk menjadi pengajar privat.

Portal yang digawangi oleh Iman Usman sebagai co-founder dan CEO Ruangguru.combukanlah portal untuk les privat secara online via room chat atau secret grup lho. Ruangguru.com malah menjadi fasilitator kegiatan les privat yang bisa dilakukan di manapun sesuai kesepakatan kedua pihak. Dalam artian, nantinya calon murid dan calon guru akan melakukan les privat secara tatap muka seperti les privat kebanyakan. Yang membedakan adalah pada proses pencarian guru dan proses pembayaran, keduanya dilakukan secara online melalui akun yang sudah dibuat di sana.

Selain menawarkan jasa pencarian calon guru privat, Ruangguru.com juga membantu calon siswa yang ingin meningkatkan kemampuan belajarnya melalui pengerjaan soal-soal secara online (tes online). Page yang bisa digunakan bernama Tes.ruangguru.com.


Tes.ruanguru.com menyediakan ratusan soal latihan berdasakan mata pelajaran, yang tersedia secara gratis bagi pelajar maupun masyarakat Indonesia. Untuk pelajar, latihan soalnya yang tersedia adalah latihan soal harian, semester dan ujian nasional. Soal-soalnya terjamin baik kualitasnya karena disusun oleh tim Ruangguru.com yang bekerja sama lembaga-lembaga lain. Tidak hanya itu, Tes.Ruangguru.com juga memberikan analisis performa berdasarkan nilai, waktu pengerjaan dan penguasaan topik, yang nantinya bisa dijadikan bahan petimbangan untuk melanjutkan proses belajarnya.

Tampilan home di aplikasi Ruangguru

Yang menarik lagi, selain melalui portal, Ruangguru.com juga bisa dinikmati penggunaannya oleh calon siswa melalui aplikasi di Android yang bisa diunduh di Playstore. Nama apilkasinya adalah Ruangguru. Aplikasi yang bersifat edukasi ini bermanfaat sekali karena bisa membantu calon siswa dalam menyelesaikan soal-soal sulit dengan bantuan para guru di Ruangguru.com. Caranya mudah kok, calon siswa hanya perlu mengupload contoh soal melalui aplikasi ini dan tinggal menunggu bantuan dari Ruangguru datang.

Upload soal sulit, klik 'kirim' untuk meminta bantuan :)

Sayangnya, saat saya mencoba aplikasi ini, ada beberapa ketidaknyamanan yang saya rasakan. Antara lain :
1. Tidak bisa mengupload contoh soal dari hasil download. Hanya bisa mengupload contoh soal dari hasil jepretan kamera saja.
2. Harus menunggu lama (lebih dari 100 detik) untuk menghubungkan ke guru yang tersedia setelah contoh soal berhasil di upload
3. Jika tidak ada guru yang tersedia, maka saya harus menunggu lebih lama lagi sampai ada guru yang siap membantu.

Menunggu lagi :(

Namun, kendala ini tidak terjadi pada teman saya. Salah satu teman saya, Mbak Lidya, malah berhasil melakukan chat dengan guru yang bersedia membantu menyelesaikan contoh soal yang mana anaknya merasa kesulitan dalam penyelesaiannya. Artinya, saya masih merekomendasikan untuk mendownload aplikasi ini, mengingat manfaatnya yang besar untuk kemajuan belajar anak kita. Ayo dicoba dulu aplikasinya, ada free credit 30 menit dengan referral code : belajargratis.

Berdasarkan pengalaman saya mengulik portal Ruangguru.com dan aplikasinya, saya merasa perlu memberitahukan tentang ini pada orang tua yang nantinya akan bertanya lagi pada saya tentang ketersediaan guru les privat saat mereka berkonsultasi. Selain membantu orang tua dalam mencarikan guru les privat bagi anaknya, si anak juga bisa membantu dirinya sendiri untuk mengembangkan kemampuannya. Dengan begitu, akan ada interaksi yang baik antara orang tua dan anak dalam hal menyelesaikan masalah kesulitan belajar anak.

Salam, 
Ria Rochma

4 komentar:

  1. Anakku sudah nyoba soal-soal di test ruang guru untuk persiapan unas bulan mei nanti.
    Oya selamat buat kelahiran adiknya Arya ya mbak Ria :)

    BalasHapus
  2. Saya penasaran sama ruang guru. Siapa tau bisa membantu untuk persiapan ujian sekolah :)

    BalasHapus
  3. Aplikasi ini idenya aku suka mba, bagus. Moga bisa menuhin, ngatasin masalah yg masih ada yah, ketidaknyamanannya bisa nol...

    BalasHapus
  4. Waaah sempet sampe nunggu lama juga ya.. Mungkin guru-gurunya lagi sibuk juga ngajar yang lain ya Mak.. Tapi sepertinya RuangGuru jg lagi mau nambah guru deh lewat program intenshipnya.. Mudah-mudahan kedepannya ngga ada lagi nunggu2 lama gitu yaaa. Apalagi kalo udah berbayar yaa. Hehe

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^