Senin, 01 Februari 2016

Meningkatkan Branding Diri di Acara Lenovo Vibe S1 Selfiedence Talkshow

Mbak Vivid memberi materi tentang branding diri ke blogger Surabaya
Meningkatkan Branding Diri di Acara Lenovo Vibe S1 Selfiedence Talkshow - Untuk jadi blogger profesional, kita perlu memikirkan dengan cermat apa saja yang perlu dipersiapkan. Karena kita harus siap dikenal banyak orang dengan ide dan bentuk tulisan kita yang pastinya nggak asal-asalan. Nah, untuk itulah, kita nggak mungkin dong hanya gitu-gitu aja kalau target kita sebesar itu. Itulah kenapa, kita butuh mem-branding diri kita supaya kita memiliki ciri khas dan berbeda dengan blogger lainnya.

Perlunya mem-branding diri bagi seorang blogger itulah, menjadi tema yang menarik untuk dibicarakan saat launching smartphone canggih, Lenovo Vibe S1, di The Light Cup Cafe di Surabaya Town Square pada hari Sabtu, 30 Januari 2016. Dengan pembicara Vivid F. Argarini, blogger Surabaya diberi materi sip banget untuk mem-branding diri dengan suasana yang penuh kekeluargaan. 

Menurut young motivator ini, branding diri perlu sekali dipikirkan oleh seorang blogger supaya ide-idenya bisa dibaca khalayak ramai. Istilahnya gini, kan sayang banget kalau ide kita udah bagus banget, eksekusi juga udah bagus tapi nggak banyak yang baca hanya karena blog kita kurang dikenal banyak orang.

Motivator tiga anak ini menjelaskan, branding diri bagi seorang blogger ngga bisa dibangun secara instan karena perlu dipikirkan step by step-nya dengan matang betul. Salah satu caranya adalah dengan menganalisa SWOT diri sendiri yang nantinya bisa dihubungkan dengan blog yang dimiliki. SWOT yang terdiri dari Strenght, Weaknesses, Opportunities dan Threats ini, perlu pula ditunjang dengan tujuan yang spesifik mengapa seseorang melakukan aktifitas berkarya di blognya. Sehingga, jika analisa SWOT itu betul dan tepat, maka diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri blogger. 

Foto dulu sama mbak Vivid :D

Selain membentuk branding diri, seorang blogger perlu juga kan ya memfasilitasi dirinya dengan perangkat-perangkat yang canggih. Tujuan sederhananya, supaya kreatifitas blogger bisa terasah dengan baik. Gimana-gimana, ngeblog sekarang memang perlu tampilan yang oke dari segi image, baik foto-foto penunjang artikel, quote atau infografis. Bahkan sudah banyak pula blogger yang menyelipkan video kreatif di artikelnya sebagai bentuk totalitas berkarya.

Salah satu brand gadget besar di Indonesia, Lenovo, ternyata melihat peluang itu. Salah satunya adalah dengan memproduksi smartphone canggih bernama Lenovo Vibe S1. Gadget ini memiliki banyak kelebihan, terutama untuk meningkatkan branding diri bagi seorang blogger. Effendy Susanto, Product Trainer untuk brand asal negeri Tirai Bambu ini mengatakan, gadget segmen menengah ke atas atau high-end ini dapat menunjang seorang blogger untuk meningkatkan kreatifitasnya dalam menghasilkan image dan video penunjang artikel. 
Credit

Coba dilihat lagi deh spesifikasi gadget ini ya. RAM yang diusungnya adalah 3 GB, yang pastinya besar banget dan nggak akan habis kalau mau diisi dengan aplikasi-aplikasi pendukung ngeblog yang tentunya membutuhkan ruang yang besar. Kan ngeblog juga butuh share artikel di berbagai media sosial yang dimiliki blogger itu. Tahu sendiri kan berapa besarnya byte yang kita download untuk sebuah aplikasi media sosial? Belum lagi aplikasi forum chat yang sekarang sudah mulai dilirik blogger untuk menyebarkan link artikelnya. Nangislah kalau RAM smartphone-nya sedikit, nggak kebayang gimana lemotnya.

Lalu, yang jadi andalan di smartphone ini adalah kameranya. Kamera utamanya yang berada di belakang, dibekali dengan ukuran 13 MP dengan resolusi 4128x3096 pixels. Dan kalau kebanyakan smartphone memiliki kamera depan hanya satu buah, berbeda dengan gadget ini. Kamera depannya ada dua lho! Masing-masing 2MP dan 8MP dengan penggunaan disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Bakal asyik kan kalau dibuat selfie dan video call?

Pak Effendy Susanto menjelaskan tentang keunggulan kamera Lenovo Vibe S1

Pak Effendy juga beri bocoran, kalau Lenovo Vibe S1 ini juga memiliki aplikasi bawaan untuk editing photo semirip di PC atau laptop. Artinya, kita udah nggak perlu-perlu lagi download aplikasi lain untuk editing photo yang nantinya bisa penuh-penuhin memori smartphone kita. Bahkan, pak Effendy mempraktekkan secara langsung di layar slide gimana sih step by step editing photo yang kita butuhkan setelah kita mengambil gambar.

Acara yang diadakan dari jam 13.00-15.30 ini benar-benar mendapatkan apreasiasi yang baik dari tiga puluh lebih blogger Surabaya. Pemateri branding diri yang handal karena pernah berkecimpung di dunia jurnalistik selama tujuh belas tahun, ditambah dengan presentasi smartphone yang baik dan ditutup dengan suasana cafe yang asyik. Sayangnya, acara ini dimulai lebih cepat dari jadwal yang sudah diterima para blogger yaitu pukul 14.00.

Yuk, yang mau menjadi blogger profesional, barsama kita siapkan diri dengan branding diri yang tepat. Supaya ide-ide kita melalui tulisan, bisa tepat sasaran dan bisa jadi inspirasi banyak orang.

Salam,
Ria Rochma


23 komentar:

  1. Acaranya kereeen. :D Sayang saya gak bisa hadir, padahal pingin banget. :( Jauh uy

    BalasHapus
  2. ada aplikasi bawaannya asyik juga ya, bisa edit foto

    BalasHapus
  3. Self branding penting banget banget ya mak buat blogger..makin semangat ah membranding diri biar makin cethar hehhe

    BalasHapus
  4. Wah, harus mulai menganalisa swot nih supaya bisa maksimal membranding diri.
    Lenovo nya cocok sebagai alat tempur blogger tuh.apalagi kamera dpnnya ada dua. Makin asyik ngambil foto buat postingan.

    BalasHapus
  5. keren bgt HPnya punya dua kamera depan :D

    BalasHapus
  6. ahhhh rame2 begitu bikin mupeeeng ih...semupeng ngeliat hapenya :)

    BalasHapus
  7. Makasih sharingnya, Mba. Wah, lenovo makin kece aja nih. Dg software bawaan, jd kita ga perlu pusing2 cari apps dr pihak ketiga ya, Mba. Dan... ga menuhin memory space. :)

    BalasHapus
  8. Dresscodenya samaan sama mba vivid jubir #eh hehehe

    BalasHapus
  9. Wah aku nggak ikutan acaranya :( tapi udah praktik swot sendiri sih.. Makasih ilmunya kak, lumayan buat referensi branding

    BalasHapus
  10. Jadi teringat smartphone dan laptopku yang keduanya lemot. Pernah gagal posting giveaway karena last minute malah ngadat si leppie. Huhuhu...
    Asik kali ya pakai lenovo, ngeblog bisa wuss wusss....

    BalasHapus
  11. keren acaranya ya mba. bisa upgrade dua hal sekaligus. upgrade ilmu branding dan upgrade hapee,.. :-)

    BalasHapus
  12. Lagi ngetrend nih hape yg ada aplikasi bawaannya. Jadi gak usah cari2 di market google

    BalasHapus
  13. Acaranya keren nih, sebagai blogger harus kreatif gitu kan ya mbak :)

    BalasHapus
  14. Mba vivid emang inspiratif banget..

    BalasHapus
  15. Ini senyata-nyata smartphone branding beneran dih, Mba.. Kamera depannya aja sampe dobel gitu.. Ada yang 8 Mp pula.. Puas deh kalo mau selfie. Eh... Branding diri, ding. :D

    BalasHapus
  16. Hpku Lenovo lo, kok nggak bikin acara di Jogja ya? :))

    BalasHapus
  17. Wuiss, manteb 3 Gb. Hapeku cuman 1 Gb udah penuh aja sama aplikasi-aplikasi.

    BalasHapus
  18. Cakep yah mbaa acaranyaa..oh ada 2 yah cam depannya. Klo ada plugin gini,ngga usah repot instal ngubek2 market yah,praktisss
    Nice share mbaa

    BalasHapus
  19. Hapeku juga lenovo kok gak ada -.- hehe..

    BalasHapus
  20. Aku ketinggalan materi gara-gara kakehan ngeciwis #haduh

    BalasHapus
  21. Betul banget Mba Ria Rochma, Blogger memang identik dengan Self Branding, lengkap banget dah ulasannya. BTW kalo boleh usul blognya diutak-atik lagi biar readable mba Ria

    BalasHapus
  22. Hmmm.. Rupanya SWOT juga bisa menjadi tolak ukur branding diri .. Bukan hanya di marketing perusahaan aja swot digunakan.. Jadi semakin tahu.

    BalasHapus
  23. produk baru nih, aku baru tau. Spesifikasinya oke juga yaaa

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^