Blog milik Ria Rochma, blogger Gresik, Jawa Timur. Tulisan tentang parenting, gaya hidup, wisata, kecantikan, dan tips banyak ditulis di sini.

Penyuluhan Narkoba untuk Guru SMP di Gresik, Jawa Timur

| on
Kamis, Juni 04, 2015
 
 
Penyuluhan Narkoba untuk Guru SMP di Gresik, Jawa Timur - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Gresik sekarang sedang gencar memberikan edukasi tentang narkoba untuk guru-guru di berbagai sekolah di Gresik. Hari Kamis tanggal 28 Mei 2015, SMP Negeri 4 Gresik yang menjadi tempat saya mengajar, mendapatkan giliran untuk diberi edukasi tentang narkoba.

Materi penyuluhan kali ini disampaikan langsung oleh Kepala BNN Kabupaten Gresik, Bapak Agustianto. Yang pertama disampaikan bapak Agustianto itu adalah, 'Jika memiliki anak atau saudara yang terkena narkoba, silakan datang ke BNN dengan kesadaran sendiri. Karena akan bebas biaya dan bebas hukum'.

What? Pecandu narkoba bebas hukum? Iya lho, beneran! Asal si pecandu narkoba itu mau datang sendiri ke kantor BNN dan tidak kena ciduk aparat kepolisian. Sedangkan saat kena ciduk lalu pihak keluarga membawa tersangka ke BNN untuk minta suaka politik, BNN akan menolak. Karena jelas, si tersangka haruslah menghadapi proses pengadilan terlebih dulu. Baru setelah itu, pengadilan akan memutuskan apakan tersangka akan mendapatkan hukuman penjara atau rehabilitasi untuk pecandu narkoba.
 

Kita semua tahu, bahwa menggunakan narkotika itu diperbolehkan. Ya, jika narkotika itu dipakai dalam aktifitas medis, misalnya pada saat operasi besar yang mengharuskan mengambil langkah anestesi. Tapi, jika narkotika itu dipakai diluar aktifitas medis dan tanpa pengawasan dokter, itu yang tidak diperbolehkan. Nah, inilah yang dinamakan penyalahgunaan narkoba.

Lalu, kalau sudah ada pecandu narkoba yang datang sendiri ke BNN, apa sih yang didapat? Tentunya dong, si pecandu akan dapatkan rehabilitasi. Ada dua rehabilitasi sih sebenarnya, yaitu rehabilitasi sosial yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan rehabilitasi medis, yang mana pengobatannya dilakukan oleh dokter dari BNN.

Nah, kabar terbarunya, BNN kabupaten Gresik sudah kerjasama dengan beberapa pesantren untuk menerima pecandu narkoba yang ingin mendapatkan rehabilitasi. Jika memang si pecandu dan pihak keluarga ingin juga mendapatkan siraman rohani secara terjadwal, bisa memilih pesantren sebagai alternatif tempatnya.

Mengapa sasaran BNN kali ini adalah guru? Karena diharapkan guru akan menjadi partner untuk menanggulangi penyebaran penggunaan narkoba yang nyata-nyata usia penggunanya adalah usia produktif, salah satunya adalah usia pelajar. BNN mengharapkan para guru sekarang lebih jeli untuk melihat apakah siswanya menggunakan narkoba atau tidak, sehingga siswa yang menggunakan narkoba bisa segera direhabilitasi dan disembuhkan.
 
Berbagai jenis narkoba dalam bentuk tiruan

Lalu, bagaimana ciri-ciri orang yang menggunakan narkoba? Simak ya, siapa tahu bisa bermanfaat untuk kita semua.

A. Ciri-ciri fisik pengguna narkoba :
1. Kesehatan menurun, ditunjang dengan badan yang kurus, lemah dan muncul rasa malas
2. Mata kemerah-merahan dan berair
3. Wajah pucat dan bibir menghitam
4. Tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan
5. Badan gemetaran
6. Bicaranya mulai cadel/pelo
7. Memiliki bekas suntikan di tangan
8. Batuk dan pilek yang berkepanjangan
9. Sakit perut dengan alasan yang tidak jelas
10. Suhu badan tidak beraturan
11. Kesadaran mulai menurun
12. Penampilan yang mulai tidak rapi pada siang hari, karena pengguna narkoba menggunakan narkobanya pada malam hari
13. Memiliki komunitas tertentu dan memiliki kata-kata sandi untuk mengaburkan perbincangan tentang narkoba

B. Ciri-ciri psikis pengguna narkoba :
1. Sangat sensitif dan mudah sekali bosan
2. Jika ditegur membangkang
3. Mudah tersinggung dan cepat marah
4. Memiliki kecurigaan yang berlebih
5. Memiliki ketakutan yang berlebih
6. Hilang ingatan dan berusaha untuk menyakiti diri sendiri
7. Selalu berada dalam dunia khayalan

Ohya, BNN juga memberikan langkah-langkah saat menghadapi orang yang diduga atau sudah menggunakan narkoba. Simak lagi ya.
1. Menghadapi dengan tenang
2. Jangan menghakimi
3. Munculkan empati yang besar
4. Yakinkan kalau kita bisa membantu mereka
5. Tidak menginterogasi
6. Mendengarkan secara aktif
7. Mengajak orang tua untuk turut serta aktif dalam program rehabilitasi
8. Mewaspadai sikap manipulatif

Sudah disimak kan ciri-ciri pengguna narkoba dan bagaimana menghadapinya? Penyuluhan narkoba serta panduan dari BNN ini, bisa dijadikan acuan bagi siapa pun jika memiliki keluarga atau siswa yang diduga atau sudah menggunakan narkoba. Semakin cepat kita mengetahuinya, semakin mudah pula penangannya. Narkoba sekarang sudah menjadi PR bersama antara pemerintah dan masyarakat. Kerja sama yang baik, sangat dibutuhkan jika ingin memberantas narkoba sampai ke akar-akarnya.

Salam hangat,
Ria Rochma

****
 
9 komentar on "Penyuluhan Narkoba untuk Guru SMP di Gresik, Jawa Timur"
  1. Anak SMP itu memang rawan banget. Nggak mau dianggap anak kecil, tapi belum gede juga. Kalau galau gampang dipengaruhi pengguna narkoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Remaja yang masih butuh kedisiplinan dari orang tua, mak Lusi :)

      Hapus
  2. banyak sekali ciriciri nya yang terlihat jelas yaa .. terimakasih pelajaran yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. soal yang bebas hukum *Term&Condition berlaku in baru tau...tfs mbak, bermanfaat bgt buat yg belum paham soal beginian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga baru tahu setelah dapat penyuluhan kmrn itu :)

      Hapus
  4. Paling serem kalau sudah mendengar dan melihat dampak jahatnya narkoba. Terima kasih ilmunya ya maaak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, lihat dampaknya itu lho, mengkhawatirkan :)

      Hapus
  5. soal yang bebas hukum *Term&Condition berlaku in baru tau...tfs mbak, bermanfaat bgt buat yg belum paham soal beginian :)

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^

Custom Post Signature

Custom Post  Signature