Kamis, 19 Desember 2013

Mengenalkan Sikat Gigi Pada Arya

credit
Setelah gigi Arya sudah genap yang bagian depan dan sudah ada empat gigi gerahamnya, saya akhirnya berfikir kalau sudah waktunya Arya untuk sikat gigi. Belum lagi, Arya dah mulai makan macam-macam makanan dan paling suka banget makan gula! Ya, cuma gula aja, nggak pakai air, nggak pakai roti, nggak pakai sayur. Baiklah, singsingkan lengan baju dan mulai  mengenalkan sikat gigi pada Arya serta menjadikan aktivitas menyikat gigi sebagai rutinitas.



Setelah beli pasta gigi dan beli sikat gigi yang ukurannya pas untuk mulut dia, pulangnya saya pamer-pamer ke Arya kalau saya punya sikat gigi baru buat dia. Semangat banget itu anak dengan sikat giginya yang warna kuning dan pasta gigi yang wananya merah. Sambil dia pamer-pamer ke neneknya, saya kasih tahu kalau sorenya nanti dia saya sikat giginya. Dia hanya mlonga-mlongo belum ngerti apa itu sikat gigi.

Dan benar, Arya nangis kenceng banget! Hahaha.. mungkin dia kira sikat gigi itu menyenangkan kali ya. Karena tiap hari dia lihat orang rumah sikat gigi dan sepertinya di otak dia sikat giginya itu nggak sakit.

Dan insiden sikat gigi sambil menangis itu berlangsung selama sekitar seminggu. Dan saya jadi galau dengan nangisnya Arya melulu.

Dan Papalah yang menyelamatkan kegalauan saya *kayaknya penyelamat saya itu selalu Papa deh**pijat kaki Papa*

Ide Papa adalah membiarkan Arya mengenal sikat gigi dan terbiasa dengan sikat gigi di mulutnya. Saya bengong, gimana caranya?

Dengan santai Papa jawab, "Biarkan Arya gigit-gigit sikatnya setelah mandi."

Apa??? Gigit sikat? Kan sayanya malah melarang Arya gigit-gigit barang yang bukan makanan biar giginya nggak cepat rusak. Kok malah Papa menyuruh menggigit-gigit sikat gigi sih? *taring saya langsung keluar*

Tapi entah kekuatan apa yang dipakai Papa sehingga saya angguk-angguk aja menyetujui. Haha, namanya juga emak galau. Gampang banget kena sugesti dan solusi *Mengingatkan untuk tidak sering-sering galau*.

Dan mengenalkan sikat gigi pada Arya dinyatakan berhasil!! Hore!

Sejak itu Arya kalau disikat giginya nggak pernah nangis lagi. Malah suka aja tuh disuruh kumur-kumur pakai air matang dan emaknya juga disuruh kumur. Yippy...

Tapi dengan catatan, sekarang Arya sudah tidak gigit-gigit sikat giginya karena sikat gigi yang lama sudah saya sembunyikan dan saya ganti sikat gigi yang baru dan nggak selucu sebelumnya *ketawa ala mak lampir**emak cerdik*.
*Foto sikatnya belum kuupload nih. Soalnya sikat yang lama belum ketemu :))

11 komentar:

  1. haha.. mak & papa arya kreatif.. terima kasih sudah menginspirasi...

    BalasHapus
  2. itulah bapak2,membiarkan anaknya berkresi,sedangkan emaknya jingkrak2 g karuan,takut kenapa2..padahall....hahaha...

    BalasHapus
  3. Bapak memang selalu banyak akal dan terkadang lebih ramah ke anak dibanding emaknya.
    ^_^

    BalasHapus
  4. ayo Arya semangat ya menyikat giginya

    BalasHapus
  5. @mrs. amidy. semoga menginspirasi ya :)

    @iis. ahahaha, bener banget tuh is. kita emaknya udah khawatir banget, eh, bapaknya malah santai-santai. :))

    BalasHapus
  6. @siti nur janah. hihih, iya yah. saya juga menyadari kalau bapaknya ini lebih sabar dan lebih dekat kalau masalah beginian sama anaknya :)

    @mama calvin. sekarang udah pinter ma. dah nggak nangis lagi dan udah mau diajak sikat gigi setiap hari :)

    BalasHapus
  7. Jd inget Sinta ponakanku, dia lebih suka pegang odol :D

    BalasHapus
  8. @jiah. kalau Arya dipegangin odol, malah dikeluarin itu odol dan habis seketika :)

    BalasHapus
  9. Anakku sejak 10 bln wes tkkenalin sikat gigi soalny giginy udh 6 n udah maem macam", tp msh tnpa odol,kdg" mw sikat gigi kdg jg ndak, trgntung mood,biasany mauny skat gigi sndri,dn smbil mnyanyi *emake yg nyanyi*hehe, yaa biarin aja,namany jg msh prknalan

    BalasHapus
  10. @rosida. aku dari arya belum punya gigi, aku sudah sikatin gusinya. pakai sikat gigi yang dari bahan kaya karet dengan gigi sikat yang tumpul-tumpul itu. aku lakukan itu sampai gigi dia ada empat di bagian depan. yang perkenalan sikat gigi ini, aku lakukan setelah keluar gigi geraham :)

    BalasHapus
  11. gosok gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi kita.. terutama sebelum tidur sangat di anjurkan dan sesudah makan..

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^