Rabu, 19 September 2012

Pernak-Pernik Backstreet Boys, Barang Jadul Milik Saya (Note 1)

Barang jadul milik saya? Kaset lagu dan gantungan kunci. Walah, wong cuma kaset sama gantungan kunci aja kok dibanggain? Jelas dong, itu barang kesayangan saya sejak saya SMP. Tahun 1998.

Sejak saya masuk SMP, saya punya banyak teman yang suka sekali dengan boyband. Masih ingat nggak dengan Backstreet Boys, N'Sync, Boyzone, Blue, dan lain sebagainya? Waduh, dulu kalau sudah ngomongin boyband, nggak ada habisnya. Jelas dong, namanya juga anak SMP, namanya juga remaja, masih suka sama yang namanya pengidolaan kan? Nggak jaman dulu, nggak jaman sekarang, idola itulah media peniru terbaik.

Kalau saya, dulu sangaaaaatttt suka sama Backstreet Boys alias BSB. Sampai saya pasang posternya besar sekali *dan banyak* di kamar. Sayangnya, setelah SMA dan saya mengambil jalur pesantren, berdasar ceramah kyai yang melarang ada poster di kamar, akhirnya poster-poster itu saya cabut dan simpan. Sekarang, sudah terbuang entah dimana *sayang sebenarnya*.

Ups, Nick Carter kala itu keren abis boo..!! Bayangin, dari semua personel, hanya dia yang paling muda dan paling ganteng. Hahaha, anak SMP mana ngefans sama yang udah kumisan macam AJ? Nggak kali. Meskipun suara dia paling nggak enak, tapi sumpah, ketika itu senyumnya menggoda sekali. Dengan satu ujung bibir ditarik ke atas sambil mengangkat sedikit kepala. Kwkwww.

Itu wajah Nick Carter di kalender mini. ganteng bukan?


Sampai saya 'mbelani' menabung hanya untuk membeli kaset-kaset BSB. Secara bapak ibu saya memberi uang jajan mepet sekali karena saya udah sarapan di rumah. Mau nggak mau, gimana caranya itu kaset bisa terbeli. Pernah, saya sampai nitip seorang teman beda kelas ketika kelas 3 SMP (Tahun 2001) yang punya kenalan anak radio (Wijaya FM nama radionya, lokasi Surabaya), untuk beli sebuah kaset BSB judulnya Black & Blue yang khusus berhadiah poster ukuran 100x60 cm dan kalender mini bergambar personel BSB. Ajagile, kesempatan itu dipakai teman saya untuk memanfaatkan kami (saya dan beberapa teman) alias kami memberi upeti tambahan. Coklat.

Kaset perjuangan. jiaaahhh...

Karena saking cintanya sama itu kaset, sampai kertas album kasetnya saya lapisi dengan isolasi bening ukuran besar!! Kata teman saya, bikin kaset lebih awet, nggak menguning kertasnya. Dan memang iya, masih bagus meskipun sudah 11 tahun berlalu. Tapi jadinya malah menggelmbung dan ngepres banget kalau tempatnya di tutup.

Tampilan dalam kaset yang saya isolasi. ada puisinya. puisi jaman SMP dulu. :D

Ohya, jaman saya SMP, lagi ngetrend banget yang namanya laminating. Teman-teman seneng banget barang-barang berharganya dilaminating. Sampai para guru pun senang memberi tugas melaminating. Dari surat cinta, kliping, nilai tugas bagus, potongan gambar, foto dan macam-macam lainnya. Dan saya ikut-ikutan. Yang saya laminating adalah potongan gambar BSB dari sebuah majalah remaja. Sebelum saya laminating, saya gunting membentuk gerigi *niat banget*. Saya pakai gunting biasa karena saya nggak punya gunting gerigi. Lalu cepet-cepet saya laminating dan saya plong ujungnya, pasang di kunci kamar. Tapi hanya hiasan kunci saja, secara kuncinya sampai sekarang nggak bisa dipakai soalnya nggak pernah dipakai mengunci. Hehe..

Gantungan kunci yang pinggirannya saya guntingi sendiri. hehehe, usaha bangetttt..

Bagi saya, barang-barang itu berharga sekali. Karena mengingatkan saya pada sebuah masa remaja yang menyenangkan dan penuh sorak-sorak riuh tentang sang idola. Meskipun sekarang BSB masih tetap eksis, tapi euforianya sudah berbeda ketika mendengar mereka bernyanyi di televisi atau radio. Artinya, saya masih beruntung bisa merasakan kebebasan mengidolakan mereka ketika saya masih SMP dulu.

Love love love..!!!

26 komentar:

  1. BSB mah jaman saya kerja... waktu ABG saya nge-fans NKOTB ...*jadul banget .. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. NKOTB aku juga masih seneng lho mak dey..
      meskipun jadul banget itu grup :)

      Hapus
  2. walah, beneran itu barang masih ada yaa. Aku lebih suka sama Hanson itu lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada mbak Mira..
      itu aja pakai bongkar-bongkar dulu. kasetnya? udah nggak bisa diputer. lha wong udah nggak ada tape-nya :D

      Hapus
  3. owaaa..saluuutt. koleksi kuh ntah hanyut di mana.
    tp mimi dulu lbh prepare N Sync mak.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mereka sejaman kan? koleksiku tinggal itu aja. sisanya, hanyut di tong sampah. ini? dieman-eman.. disayang-sayang :)

      Hapus
  4. wahh jaman saya juga masih buming nih boyband, mungkin sama halnya ketika saya nge-fens banget sama Robert Downey Jr ya hehehehhe dan sampai sekarang masih nge-fans heheehehe

    kalau musik saya juga punya koleksi beberapa tapi beda aliran mungkin ya karena beda jaman heheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi penasaran alf umur berapa sekarang. hahahaha,

      Hapus
  5. waaah kalo zaman saya SMP ngefansnya ke trio kwek - kwek n Aaroon Carter adiknya abang Nick Carter...
    btw tulisannya menginspirasi saya bikin tulisan ttg koleksi kaset jadul nih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. trio kwek-kwek emang keren, kompak banget. kalau aaron carter, sebenernya sama cute-nya sama nick carter. cuma, sayang, nggak setenar abangnya :)

      Hapus
  6. Tahun 1998 SMP? Seumuran dong kita! hihihi...

    BSB keren banget, apalagi klo udah liat vid-klipnya yang nari2 pas jaman MTV dulu. Tapi dulu aku sukanya malah The Moffats, Westlife ama Britney dong hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha, masa seumuran? horeeee..!!! ketemu teman sepantaran alias seumuran.. *toss dulu mak*

      jaman dulu MTV masih hore-horenya, yippy banget dan full dari pagi sampai malam. mau les, MTV dulu. mau makan, MTV dulu. jiah, gandrung. sekarang, entah kemana :(

      the moffats emang seh, ganteng-ganteng. tapi masih oke BSB. kwkwkw..

      Hapus
  7. masih ada aja nih koleksinya.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada bunda ke2nai. masih tersimpan rapiiiii banget. tapi nggak pernah diputar lagi. tape recordernya udah dijual :D

      Hapus
  8. waa..msh dismpen ya mam.. keren :))
    aku dulu suka New Kids On The Block..suka koleksi pernik2nya juga..tp gk tau skrg dimana semua..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan aja mama enny tersimpan. kemaren tanpa disadari ditemukan kembali. :)

      Hapus
  9. Masih ada ya ... ? :)
    Tahun 98 masih SMP? Waduh ... saya sudah setahun lulus kuliah itu .. *tua amat yak hehehe*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih, yang tua adalah umurnya. jiwanya masih muda kan?

      Hapus
  10. wah penggemar NKOTB juga ya ,sama dong .

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya penggemar BSB, tapi NKOTB hanya sekedar suka saja :)

      Hapus
  11. salam kenal sesama fans bsb,, hihiih..

    BalasHapus
  12. Tahun 1997-1998 saya masih playgroup. Nyesel bgt dlu blm ngerti apa2. Malah skrg ini saya baru suka bgt sm BSB. Nick carter dlu di as long as you love me cakeppppppp bgttt taun 1997, imut bgttt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, nick carter emang TOP BGT waktu itu. :)

      Hapus
  13. wah saia jg punya kaset itu...tp dulu paling suka album millenium apalagi pas nick nyanyi i need you tonight
    duh bs garuk2 tembok klo dngerin apalagi pas malem2....:D

    BalasHapus

Jangan lupa kasih komen setelah baca. Tapi dimoderasi dulu yak karena banyak spam ^____^